Ketemu Giant Panda di Beijing Zoo

Ke Beijing ngga afdol kalau ngga liat panda si bulat-bulat putih hitam nan lucu. Sayangnya waktu pertama kali ke Beijing, kami sekeluarga ngga bisa lihat panda karena akhir November pandanya lagi hibernasi. Jadi ketika berencana ke Beijing lagi, saya niat ke Beijing zoo sekalian juga biar anak-anak bisa jalan-jalan keliling kebun binatang di sana. 

Dari Jakarta pula saya pastikan kalau bulan Februari Beijing zoo ngga tutup, cara beli tiketnya dan gimana cara menuju ke sana. Dari info yang saya baca ketika browsing google, ada yang menyarankan untuk membeli tiket Beijing zoo secara online, tapi kok ya saya cari-cari ngga nemu yaaa, jadi akhirnya nekat aja nanti beli on the spot. 

Beijing zoo bisa dicapai dengan naik subway line 4 (warna ijo tua) kemudian turun tepat di stasiun Beijing zoom, jangan salah keluar, ambil aja exit B dan gerbang selatan kebun binatang bisa langsung terlihat. Kalau masih pusing, ikutin aja orang-orang yang pada bawa anak hahahaha, mereka semua pada mau datang ke Beijing zoo.

Karena bulan Februari bukan high season, makan antrian untuk turis ditutup, kami berbarengan dengan masyarakat Beijing beli tiket di tempat yang sama. Karena Abah mirip orang Cina, jadi kadang mereka ngajak abah ngobrol bahasa Cina hahahaha.

Harga tiket untuk masuk disesuaikan dengan bulan, seperti dibawah ini: 
  • Tiket Beijing Zoo : CNY 15 (April - Oktober), CNY 10 (November - Maret)
  • Combo tiket Zoo + Panda Hall: CNY 19 (April - Oktober), CNY 14 ((November - Maret)

Karena tujuan awal adalah melihat panda, kami membeli tiket combo seharga CNY 14. Anak-anak gratis, seumur Raya pun gratis jadi saya hanya membayar 2 tiket total CNY 28. Ternyata langsung masuk beli tiket ngga masalah, ngga perlu beli online di website, alhamdulillah lancar jaya beli tiket disini.

Pintu masuk tempat membeli tiket Beijing Zoo
Setelah mendapatkan tiket, langsung masuk ke dalam soalnya Raya udah ngga sabar pengen liat panda secara langsung.

Beijing zoo ini ternyata luaaas banget saudara-saudara, luasnya 500.000 m2! Wassalam kan kalau mau ngelilingin itu kebon binatang, mamih & abah bisa zompo pegel-pegel abis dari sini hahaha. selain panda, tentunya ada banyak binatang yang ada disini, seperti di kebun binatang pada umumnya, karena terlalu besar, saya hanya mengunjungi area panda, aquarium & harimau (sesuai keinginan Raya) sisanya bhay ajalah, dilewatin naek odong-odong aja biar ngga pegel, mana dingin banget, ah peer aja kalau mau ngelilingin kebun binatang ini mah, lagian di Indonesia juga sama lah binatangnya paling bedanya mereka ngerti bahasa Cina aja 😅.


Yang happy mau liat panda
Dari pintu masuk, kami langsung memilih jalur untuk masuk ke panda hall, ngga perlu lah ya liat-liat yang lain hahahha. Oh iya untuk masuk ke panda hall, harus beli tiket combo di loket depan ya, ngga bisa beli sendiri di dalam. Jadi kalau memang niat mau lihat panda, langsung aja beli tiket combo biar ngga ribet dan balik lagi ke pintu depan.

Setelah mengecek tiket, kami langsung masuk ke giant panda hall, trus mikir mana pandanya? Hahahaha. Pas nyari-nyari ada satu panda yang lagi action, panda gendut agak kotor ntah kenapa doyan banget akrobat di pohon, Raya seneng banget liatnya. Saya bingung ini panda kenapa disimpen sendirian ya, kirain saya akan melihat panda-panda bergerombol kayak di tv. Ternyata emang sengaja dikandangin sendiri-sendiri karena kalau disatukan panda-panda itu cenderung berantem. Mereka akan disatukan lagi kalau musim kawin, jadi panda juga menganut faham "make love  not war" #eh 😅







Nontonin panda in action
Sebagian besar pengunjung kebun binatang ini memang warga Cina, dan mereka juga sangat exited ngeliat si panda ini. Meskipun cuman bisa liat satu panda, tapi ngga papa lah mayan, daripada manyun 😁.

Setelah itu kami melanjutkan jalan-jalan sekeliling area panda, ada banyak kandang panda yang kosong, katanya sih karena panda-pandanya lagi istirahat. Oke deh panda, kamu yang penting jangan capek-capek ya hahaha. Kemudian kami masuk ke area Olympic Games Panda House, disini ada beberapa keterangan tentang panda-panda yang ada di Beijing zoo, dan juga ada toko souvenir, yaaay!! Saya hepi karena souvenirnya bagus-bagus dan harganya ngga terlalu beda sama yang di Wangfujing, mungkin sedikit lebih mahal tapi kualitasnya lebih bagus. Jadi saya ngeborong oleh-oleh buat keponakan, dll disini.

Setelah belanja, ternyata ada satu panda yang baru bangun dan bisa kami lihat dari panda huose ini, dedek juga yang tadinya bobok terus, terbangun dan akhirnya bisa lihat panda.




Belanja oleh-oleh sambil liat panda di panda house
Belanja udah, liat panda udah, Raya lanjut pengen liat harimau katanya, okelah, kami keluar dari panda hall, pas keluar ada odong-odong parkir dan kami sepakat naik odong-odong biar ngga capek hahaha, bayar CNY 10 doang, anak-anak seperti biasa masih gratis, dan cus lah kami berangkat mengelilingin kebun binatang Beijing diiringi lagu Cina serasa ada di film kungfu Cina jaman saya SD hahahha.

Odong-odong akhirnya berhenti di depan Beijing Aquarium, kirain saya emang berhenti disitu, karena semua turun jadi kami juga ikut turun. Ternyata oh ternyata, odong-odong masih bisa lanjut, dan yang lain itu mau masuk ke aquarium.... Krik krik krik, untungnya Raya ngga masalah dan malah ngajakin masuk ke aquarium... Hmmmm... oke lah, tapi untuk masuk ke aquarium ini kami harus membayar CNY 150 per orang, anak-anak gratis. Tapi karena aquarium ini gede banget, ternyata kayaknya saya bakal nulis pengalaman masuk ke Beijing aquarium ini tersendiri, sabar menanti yaaa #gaya hahahha 😅

Dari aquarium, kami lanjut lihat harimau. Area harimau ini cukup besar juga, dan ketika masuk sudah disambut oleh patung harimau yang segede gaban.
Mari masuk ke area harimau nak.. Haauuummm!
Konsep Beijing zoo ini keren sih menurut saya, setiap area binatang selalu ada patung yang menandakan binatang apa yang ada di area tersebut, kebersihannya juga sangat terjaga, ngga kayak kebun binatang di Indonesia yang banyak sampah. Meskipun saya lihat ada beberapa keluarga yang membawa makanan dan makan di area istirahat, tapi tetap bersih, dan saya lihat juga banyak petugas kebersihan yang membersihkan area secara berkala kalau ada sampah, jempol banget!

Lanjut ke area harimau, kami hanya melihat satu harimau di satu kandang (sebetulnya bisa lihat di kandang yang lain, tapi kami udah capek banget karena di aquarium itu lama dan bikin pegel karena areanya luaaas banget). Harimau yang ada di kandang ini gede banget menurut saya & abah, beda sama harimau yang ada di Indonesia, kecil-kecil. Ini gede dan gagah aja gitu, warna bulunya juga keren banget plus mengkilat, sampe jadi mikir pantesan aja kulit harimau banyak diburu untuk dijadikan tas atau barang-barang lain, karena emang baguuusss banget.


Raya mayan hepi lihat satu harimau 😆
Selesai dari area harimau, kami langsung pulang, karena Raya udah teriak-teriak lapar (padahal kami bawa bekal nasi goreng & roti tapi teteup ngga cukup) emang jalan-jalan di kebun binatang beijing ini cukup melelahkan dan bikin lapar. Jadi kalau mau kesini jangan lupa bawa makanan dan minuman karena makanan yang dijual disini tidak terjamin kehalalannya.

Overall, kami puas sih masuk dan lihat-lihat Beijing zoo, meski tidak semua area dikunjungi, tapi cukuplah. Dengan harga CNY 14 ini menurut saya murah banget, karena bisa keliling kebun binatang sampe enek 😆, plus pemandangannya pun bagus, sayang kami ke sana masih masuk musim dingin, jadi bunga-bunga dan pohon disana belum bermekaran dan terlihat hijau, tapi tetep keren karena ada efek-efek sungai beku & pohon-pohon berguguran gitu.

Wishlist untuk ngeliat panda di Beijing zoo akhirnya terlaksana, kami pulang dengan perut lapar hahaha, untungnya stasiun dekat dengan mall, jadi kami bisa langsung makan dulu sebelum pulang. Dan disitu kami menemukan makanan korea yang murah banget, gede banget enak banget cuma seharga CNY 20 dan tidak mengandung babi karena pake tuna, asli yamiii... Sayang ngga sempet foto saking laparnyam jadi maaf yaaa 😅.

Cerita selanjutnya semoga istiqomah nulis tentang Beijing Aquarium yang gedenya udah mirip gelora Bung Karno. Buat yang mau jalan-jalan ke Beijing, jangan lupa masukin Beijing zoo ke itinerary, apalagi kalau bawa anak, top lah pokoknya.

Abah & para model yg udah kelaparan 😉
Beijing Zoo
137 Xizhimen Outer St,
DongWuYuan, Xicheng Qu,
Beijing Shi, Tiongkok, 100037
Subway: Line 4 turun di Beijing station
Jam buka: 
April - Oktober: 07:30-18:00;
November - March: 07:30-17:00.

Buat yg nyari makanan halal di Beijing bisa baca juga: Restoran Halal di Beijing - Western Mahua & Dong Lai Shun

CONVERSATION

45 comments:

  1. Pandanya ga bersih banget yah? Gak putih gitu? Hihih. Eh itu Harimaunya juga gede ya, perkasa. Enak dong anak2 masih gratisan, kalau di Indonessia mah anak 3 tahun ke atas udah bayar sendiri. Ditungguin cerita aquarium nyaaa yaa teh Sandra.

    ReplyDelete
  2. bagus yaaa Beijing Zoo itu. Anak2 mah klo lihat hewan pasti hepi lah. Gw aja mamak2 pun hepi. Ky pas ke Ueno Zoo kynya gw yg lebih hepi drpd boys. Haha..

    ReplyDelete
  3. aku nyesel pas ke zoo ini cm liat panda thok . tp wkt itu krn lg hamil sebulan, jd ga mau maksain liat binatang lain san. mikirnya, kalo harimau ato aquarium mah di indo jg ada :p. makanya puas2in liat anda. tp wkt aku ksana january, pandanya banyak di kandang. ada yg ditaro di tempat terbuka juga walopun dipagerin.beneraaaan ih aku pgn peluk hahahaha. sayang ga boleh

    ReplyDelete
  4. Bagus banget Teh, belum sempet ajak Gen ke bonbi juga huhu jadi pengen ke bonbin juha nih makasih infonya yah

    ReplyDelete
  5. pandanya belum mandi kayanya, kotor ya ga seputih pemikiran saya. hha dan harimaunya ko masih endut di ragunan ya.

    ReplyDelete
  6. Ke Beijing Zoo ini berarti... seharian ya mak! Semoga bisa bawa anak-anak ke sana, pasti happy liat panda, liat tiger, dll

    ReplyDelete
  7. Cakep ya kebun binatangnya. Itu panda meski ndut kok berotot bangats ya, hahahaa geli liatnya. Info tentang beli tiketnya bakalan bermanfaat banget buat berkunjung ke sini untuk orang lain Mba :D

    ReplyDelete
  8. Kok pandanya kotor semua ya mbak? Atau emang pada dasarnya warna putihnya emang gitu ya.

    Aku pernah lihat panda di hongkong kalau gak salah. Tapi bukan masuk zoo seh, jadi lupa lihat pas acara apa ya, hahahaha

    ReplyDelete
  9. belum pernah ke kebun binatang selain yang di jakarta sama puncak deh kayanya, hihihi
    wl kumel2 pandanya tapi lucuuu, gemesss

    ReplyDelete
  10. Haahaha, "Make love not war", saya ngakak bacanya. Kalau dijadiin satu kandang berantem, kalau musim kawin akur. Issh Panda mah gitu.

    Luar biasa ya, Beijing zoo sampai 500000 m², bakalan pegel-pegel deh itu kaki kalau dikelilingi semua. Konsepnya memang bagus ya. Terus murah masuk ke situ. Anak-anak gratis juga.

    ReplyDelete
  11. A very quality time with family, Kak. Dan sangat mengedukasi anak-anak di Beijing Zoo ini.

    ReplyDelete
  12. Pandanya belom mandi berapa lama itu ya? Kok kudel sih #ehhh. Jadi penasaran 14 CNY itu berapa kurs rupiah ahahaha. Kok masuk aquarium 150 bedanya jauh amat.. ������

    Liburan yang menyenangkan ya mbak Sandra, selalu suka sama krucils cantik2nya ����

    ReplyDelete
  13. Aku terakhir ke kebun binatang itu di Jatimpark 2 itu mba...pegel2 juga kakinya. Bedanya ga ada panda 😁

    Btw, padahal segmen paling banyak ke kebun binatang itu anak2 ya mba...tapi kenapa malah usia anak2 gratis tiket masuk ya mba. Baik banget berarti ya, pemerintah beijing .Operasional disubsidi pemerintah kali ya mba.. yang penting binatang2nya terawat+makmur...kita liatnya juga seneng. Soalnya aku sering liat klo yang di Indonesia itu, kadang klo harga tiketnya murah...binatangnya ga gitu sejahtera

    ReplyDelete
  14. Aquariumnya kok mahal yaa HTMnya. CNY 150 itu bukan typo? Duh sayang banget pandanya belum mandi. Tapi cakep ginuk2 gitu

    ReplyDelete
  15. Luas banget ya kebun binatangnya... Tanpa odong-odong bisa langsung jompo tak karuan plus laparnya datang makin cepet..

    Tapi kebayar ya, pandanya keliatan, tefeh juga happy liat harimau

    ReplyDelete
  16. Ya ampun liat panda sedekat itu pasti anak2 senang banget ya.. Lucu dan ngegemesin pandannya embul...

    ReplyDelete
  17. Jadi bayangin gajah dan harimau di Ragunan yang bulunya kusam, enggak gemuk juga, wajah melas...duh!.. di China mah terawat artinya binatangnya.
    Dan ini kebun binatang apa kecamatan yak, luas syekaliii.
    Baiklah jadi kalau ke Beijing masukkin zoo ke itin klo pergi sama nakanak...noted!
    Ditunggu kisah aquariumnya..jangan kelamaan nulisnya ya hahaha

    ReplyDelete
  18. Anakku senang kalau diajak ke kebun binatang. Kalau diajak ke Beijing ini dia ya pasti suka sekali. Mba, ini kalau di rupiahkan harga tiket masuk berapa ya ? ;)

    ReplyDelete
  19. Waah asyik banget liburannya de, bukanya bulan tertentu aja ya, hewannya bikin merinding tapi mau tau hehe

    ReplyDelete
  20. Woohhh kalau wilayah aquarium nya mirip 2 GBK, trus total luas Beijing Zoo seluas mana nih 😂 bisa bayangin kalau dikunjungin semua hheee
    TfS buat sharing nya Mbak 😍

    ReplyDelete
  21. Hadeuh, kabitlah lihat jalan-jalannya Mamih Sandra kali ini. Bisa lihat panda langsung di tempat kelahirannya. Dan lihat kebon binatangnya, aku jadi ngebandingin sama bonbin Bandung. Aduuuh, jauh pisan. Kapan ya bonbin kita bisa secakep ini. Terakhir ke sana malah binatangnya cuma dikit. Anak-anakku kuciwa deh.

    ReplyDelete
  22. Binatang di bonbin negara subtropis ngapa pada bersih bersih ya
    Mana gemuk gemuk lagi seperti yang sedang komen ini heuheuuuu

    Asyeeeg abah mirip orang china, jadi aman lah ya harga tiket ehehhe

    Hmmm, nungguin postingan aquarium geuraaaa mba saan uploaaaad, cuz ! Ehehehhe

    ReplyDelete
  23. Panda yang lain sedang istirahat terus kok panda yang satu ini kelayapan? Jangan-jangan dia dikucilkan oleh kawan-kawannya hahaha. *Drama banget.

    ReplyDelete
  24. Tempatnya kayak yang dipake buat film film laga ya.

    ReplyDelete
  25. Tingkah polah Pandanya emanh lucu gitu ya. Mereka goleran aja gemes apalagi jalan2 gitu. Masuk ke Zoo itu bikin nambah pengalaman

    ReplyDelete
  26. Waah seru banget nih jalan"nya dan bisa lihat panda secara langsung pula. Aku sampe sekarang lihat panda cuma di TV doang hehe

    ReplyDelete
  27. Senang sekali ini bisa lihat panda begini ya, gemes pasti. Jadi pengen bikin liburan ke Beijing juga sama anakku habis lihat cerita seru dari mbak Sandra.

    ReplyDelete
  28. Dimanapun negara dan tempatnya kalo diajak ke zoo emang paling bersemangat ya mba. Aaaah semoga bisa menjadi pilihan destenasi buat aku nanti ke beijing

    ReplyDelete
  29. wah abah diajak ngomong bahasa Cina, siapa tau bisa dapet diskon mbak hehehe. Jadi tiket Beijing Zoo beda ya tergantung season, kirain sama semua. ANakku dibawa ke sini suka banget kaya nih

    ReplyDelete
  30. Whoaaa mupeng euyy. Pengen bisa main sampe ke Beijing. Klo list aku yg pengen banget ta datangi itu masjid Jami di Xi'an

    ReplyDelete
  31. Sayangnya tuh panda kelihatan kotor. Tapi lumayan lah bisa lihat panda unyu dari foto. Enak ya anak-anak gratis. Gampang juga kalau mau ke Beijing Zoo. Makasih infonya, mbak.

    ReplyDelete
  32. Baru tau kalau panda engga boleh disatukan, ntar bertengkar. Duuhh udah kayak netizen nyinyir aja ya hahaaa... tengkaaarr muluk.

    Itu harimaunya kok kayak lemes sih jalannya pas membelakangi. Waktunya bobok kali yaaa... Duuh senengnya nih Raya keturutan melihat panda dan harimau. Ajakin tante dong teteeehh...

    ReplyDelete
  33. Masya Allah.. senangnya bisa ketemu panda langsung.. saya pengen banget ngajak anak ngeliat panda.. lucu bangett ya mba.. mudah2an ada kesempatan juga kesana

    ReplyDelete
  34. Pengin ngajak keluarga deh kapan2 kesini, secara bocah2 penyuka binatang. Beidewei, penasaran cerita aquariumnya. Konon katanya bagus yaa?

    ReplyDelete
  35. Mupeng Mamih. Biasanya kalau berkunjung ke kota lain kami juga selalu ke kebun binatangnya. Duh, kapan bisa ke LN sama anak-anak. Doain ya, Mi. Btw kebun binatangnya bersih ya. Kadang ke kebun binatang suka agak jorok gitu. PAdahal nggak bagus juga buat kesehatan binatangnya. TOPlah kalau ini mah

    ReplyDelete
  36. Ah serunya mba bisa liat panda in action, aku ngeliatnya kok mirip panpan yg di we bare bears, lincah 😆😆 ditunggu cerita aquariumnya mba saaan 💕

    ReplyDelete
  37. Semoga naya juga bisa lihat panda langsung di beijing bukan cuma taman safari yaaa, hahaha. Ngikutin orang yg bawa anak ngga kayak ngikutin angkot di jakarta kan kaaaak, hahaha.

    ReplyDelete
  38. gemeyyyy bgt si mauuuuu ketemu pandanya. itu tetehnya super happy ya :D semoga rezeki bisa ke beijing zoo juga kaya mamih sekeluarga

    ReplyDelete
  39. Kebun binatangnya cakeeep, aku jadi pengen lihat langsung sungai dengan air membeku dan daun daun berguguran

    ReplyDelete
  40. Hwaaa tokyoooo.... Aku belom pernah kesana apalagi ajak anak atau keluarga.. Pengem banget target taun ini bs jalan2 ke luar.. Aminnn

    ReplyDelete
  41. Pandanya mirip ama yang di Taman Safari , cuma beda bahasanya aja ya mereka *wkwk yakali

    Hmm.. jadi baru tau kalau panda ini meskipun di zoo tetep butuh hibernasi juga ya..

    ReplyDelete
  42. akupun pas liat panda di TSI aja udah girang banget..soalnya ngegemesin sih bentuknya mereka..

    ditunggu cerita selanjutnya yaa mamiiihhh

    ReplyDelete
  43. Mih, padahal abah kan mirip orang padang bukan orang cina? #netijenprotes ����

    Luar biasa.. panda aja kudu dijaga mood-nya bener-bener (((berperikehewanan))) dimanjain banget. Kalah sama w kudu kerja lembur baghaii qudha, lupa rasanya dimanjain #egimana ��

    Ditunggu ya mih postingan aquariumnya, penasaran aya ikan dugong teu di China. Wassalam.

    ReplyDelete
  44. Wih kayaknya seru tuh pergi ke sana. Semoga aku bisa menyusul untuk berkunjung ke sana. Aamiin...

    ReplyDelete
  45. Agak drop begitu lihat Panda yang nggak bersih warna putihnya. Padahal dalam bayangan itu putih bersih

    ReplyDelete

Back
to top