Cerita Baby Shasha dan Perlindungan dalam 1000 Hari Pertamanya

Buat yang suka baca blog ini (emang ada yang baca saaan hihihi), pada sadar ngga sih kalau saya jarang atau malah belum cerita banyak tentang Shasha 😉. Entah kenapa saya ngga terlalu pengen berbagi tentang Shasha (posesip), tapi kok ya rada ngga seimbang ya dengan cerita Raya yang rajin saya tulis dari jaman lahiran sampai perkembangannya hahahhaa.

Jadi kali ini saya mau cerita sendikit tentang Shasha marisha hey hey baby balabala numero due ini 😆

Kehamilan Shasha ini, kejadiannya sama seperti Raya, ketika saya sama Abah udah pasrah siap-siap punya anak tunggal, tiba-tiba kami dikasih kepercayaan lagi untuk memiliki anak. Jadi lumayan gempor karena saat itu umur saya sudah menjelang 40 tahun dan saya takut kondisi umur bisa mempengaruhi kesehatan janin. Untungnya obgyn saya cukup telaten dan tahu bahwa umur saya udah masuk umur rawan hamil, jadi beliau memberikan tambahan vitamin, plus saya harus mengikuti tes darah keseluruhan untuk TORCH, diabetes, asam urat, Anticardiolipin Antibody (ACA), tes genetik (agar bisa melihat apakah bayinya memiliki cacat bawaan seperti down syndrom atau tidak), dan lain-lain. Karena saya sempat mengalami kekentalan darah (ACA) dikehamilan pertama dan harus mengkonsumsi obat pencair darah, saya rada khawatir juga kalau kehamilan kedua ini akan mengalami keadaan yang sama.

Setelah hasil tes keluar, alhamdulillah semua normal, bahkan darah saya pun tidak megalami kekentalan sama sekali, duh rasanya senaaang banget! Tapi tetap, entah kenapa saya deg-degan. jadi saya betul-betul menjaga kehamilan kedua dengan asupan makanan yang baik, tidak terlalu stress (meskipun di kantor rasanya pengen marah-marah terus) dan banyak-banyak beristirahat agar tidak kelelahan karena ketuban saya yang sering rembes kalau kecapean.

Usaha saya menjaga asupan gizi saat kehamilan kedua kemarin sangat tepat, karena ternyata 1000 hari perlindungan pertama anak dibagi menjadi 2 yaitu masa kehamilan (pra natal) dan masa setelah kelahiran (post natal): umur anak 0 - 2thn. Masa ini disebut juga "Golden periode", masa ini merupakan masa kristis di mana anak memerlukan perlindungan menyeluruh karena seluruh organ penting dan sistem tubuh mulai terbentuk dengan pesat, yang signifikan bagi anak kedepannya.

#1000HariPelindungan Sleek Baby
Jumat tanggal 27 Juli 2018, saya mendapatkan kesempatan keren untuk menghadiri talkshow mengenai pentingnya 1000 hari pertama anak dengan para pakarnya sebagai narasumber yaitu: dr.Reza dari RS Brawijaya, Tanya Larasati - Moms Influencer, dan Mbak Lidwina Brand Manager dari Sleek Baby. Pengetahuan saya mengenai pentingnya nutrisi dan kebersihan di 1000 hari pertama anak jadi bertambah dan tentunya ilmu yang saya dapat kemarin bisa saya bagikan melalui tulisan ini 😊.
Para narasumber, dr. Reza, Tanya Larasati & Mba Lidwina 
Dalam 1000 hari pertama anak, nutrisi merupakan hal yang sangat penting karena:
1. Merupakan sumber energi bagi anak
2. Menjaga fungsi tubuh
3. Membantu tumbuh kembang anak

Selain nutrisi, stimulasi dan kebersihan juga penting diperhatikan pada 1000 hari pertama anak. Anak membutuhkan nutrisi yang memiliki kandungan DHA dan AA, zat besi, taurin, choline dan zat besi. Untuk kebersihan, jangan abaikan kebersihan peralatan makan anak dan perlengkapannya dan untuk stimulasi pastikan anak memiliki lingkungan yang aman dan bersih, bebas kuman tapi aman secara menyeluruh.

Nutrisi 1000 Hari Pertama 
Saat ini Shasha sudah 8 bulan dan sudah mendapatkan MPASI, selain harus memikirkan asupan makanan yang cukup & seimbang, MPASI juga harus diberikan dengan cara yang benar dan aman. Kelalaian dalam memberikan nutrisi yang cukup untuk anak, dapat menyebabkan stunting atau gagal tumbuh, sehingga anak tidak dapat mencapai potensi terbaiknya. Itulah sebabnya kenapa setiap ke DSA Shasha selalu diukur BB, tinggi badan dan lingkar kepalanya karena dari situ, DSA dapat mengetahui apakah nutrisi yang diberikan untuk Shasha sudah cukup atau tidak. Jangan lupa juga vaksin bulanan untuk anak jangan terlewat ya Buibu, penting itu untuk membentuk imun tubuh dan perlindungan terhadap penyakit. 

Stimulasi 1000 Hari Pertama 
Setelah nutrisi dan asupan makanannya terjaga, anak juga harus mendapatkan stimulasi yang tepat untuk perkembangan otak anak. Kalau ke DSA ada beberapa milestone yang sering ditanyakan sama dokter, ternyata itu memang penting, karena kalau ada satu milestone yang kurang, akan dapat mengganggu perkembangam otak anak. Yang perlu diperhatikan untuk stimulasi anak adalah:
  1. Rangsangan otak kiri untuk motoris halusnya (bicara, baca-tulis, daya ingat, kecerdasan, dll)
  2. Rangsangan otak kanak untuk motoris kasarnnya (pengenalan diri, pengenalan lingkungan, sifat waspada, kreatif, produktif, dll)
  3. Kenyamanan saat bergerak dalam proses stimulasi (pakaian yang nyaman, area yang bersih, dll)   
Kebersihan 1000 Hari Pertama
Kebersihan anak adalah yang utama, karena kebersihan merupakan faktor penting bagi perkembangan 1000 hari pertama anak. Saat ini nih, Shasha selalu pengen nyoba sesuatu dan memasukan semuanya kedalam mulut, jadi saya sangat harus menjaga semua barang-barang agar bersih, terutama peralatan makan/minum dan lingkungan sekitar Shasha. Raya juga saya ajari kebersihan dari kecil, seperti mencuci tangan, buang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan kaki, menutup mulut ketika bersin dan batuk, sehingga ketika bermain dengan Shasha tidak menularkan virus atau penyakit pada Shasha.
Survival kit dari Sleek Baby agar Ibu-Ibu dapat menjaga kebersihan buah hati secara menyeluruh
Menurut dr. Reza, dalam pemilihan produk pembersih untuk anak juga harus diperhatikan benar-benar kriterianya, yaitu:
1. Alami
2. Anti bakteri
3. Anti jamur
4. Sudah teruji secara klinis

Dalam hal ini, Mbak Lidwina Brand Manager dari Sleek Baby memastikan bahwa semua produk Sleek Baby sudah memiliki semua kriteria diatas. Untuk memberikan #1000 Hari Perlindungan kepada Anak, serta memberikan ketenangan hati para Ibu, Sleek Baby hadir dengan produk- produk perlindungan menyeluruh yaitu perlindungan terhadap kebersihan dan perlindungan terhadap stimulasi.

Produk perlindungan terhadap kebersihan: 
  1. Sleek Baby menghadirkan SLEEK Baby BOTTLE, NIPPLE AND ACCESSORIES CLEANSER (pencuci botol dan perlengkapan bayi, 100% food grade, stain removal formula, concentarte – irit, bisa digunakan untuk mencuci sayur dan buah), untuk menjaga kebersihan perlatan makan, minum dan mainan.  
  2. Untuk kebersihan tubuh dan kulit sensitifnya ada SLEEK BABY Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Wash (Foamy) yang mengandung Natural Antibacterial untuk melindungi bayi dari bakteri, serta berbahan busa yang aman serta menjaga bayi dari iritasi karena kulitnya yang masih sangat sensitif
  3. Selain itu keluarga ada produk untuk menjaga kebersihan tangan keluarga yaitu: SLEEK FOAMY HANDWASH(FOOD GRADE, produk yang aman, berbetuk foam membersihkan maksimal hingga ke sela jari, antibacterial)
Perlindungan terhadap stimulasi: 
  1. SLEEK BABY LAUNDRY DETERGENT: detergent khusus bayi (karena kulit bayi mudah teriritasi, jangan gunakan detergent yang sama dengan orang dewasa), Natural Plant Extract, Microbiological Tested, Anti Bacterial, anti jamur, anti iritasi
  2. SLEEK BABY DIAPER CREAM: Melindungi area sensitif bayi dari gesekan dengan diaper serta kontak dengan air seni dan kotoran. Natural, Hypoallergenic dan Dermatologically Tested.
Dengan perlindungan selama masa stimulasi dari Sleek Baby, kulit sensitif anak tetap terlindungi dari iritasi dan rasa tidak nyaman ketika anak aktif bergerak.

Sebagai orang tua saya ingin anak-anak tumbuh dan berkembang secara maksimal, maka dari itu saya sangat memperhatikan 1000 hari pertama kehidupan anak yang merupakan periode emas anak. 1000 hari pertama merupakan masa terbaik anak dan pemberian nutrisi yang baik sejak masa kehamilan sampai anak berumur 2 tahun akan menunjang tumbuh kembang yang optimal.

Selalu ingat untuk memantau pertumbuhan bulanan dan perkembangan anak, jangan lupa imunisasi rutin tiap bulan dan last but not least jangan abaikan faktor kebersihan untuk anak agar metabolisme tubuh anak terjaga dan pertumbuhannya tidak terhambat.

Kampanye #1000 Hari Pelindungan untuk 1000 Anak Sleek Baby
Saat ini Sleek Baby sedang melakukan kampanye untuk mengedukasi dan memberi dukungan pada para Ibu agar mendapatkan informasi yang tepat dalam menjaga & melindungi buah hatinya dalam masa 1000 hari. Kita bisa lho ikut berpartisipasi dengan cara memposting foto dengan menggunakan salah satu produk perlindungan Sleek Baby, sertakan pesan perlindungan untuk ibu lain, mention ke @sleekbaby_id dan sertakan #1000hariperlindungan #sleekbabyalamimelindungi. 1 foto berarti 1 perlindungan untuk Anak di Kecamatan Penjaringan

Sekarang ilmu saya sudah bertambah, semoga saya bisa menjaga dan melindungi Shasha di masa 1000 hari pertamanya, dan semoga tulisan ini dapat memberikan info yang diperlukan untuk para Ibu dalam menjaga buah hatinya. Yuk, jaga 1000 hari pertama anak dan dukung para Ibu lain untuk mendapatkan edukasi serta informasi yang tepat dengan mengikuti kampanye #1000HariPerlindungan.





CONVERSATION

68 comments:

  1. Sangat membantu perempuan yang sedang merencanakan kehamilan dan/atau baru hendak siap-siap menikah. Terima kasih yaaa informasinya sangat membantu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbaaa, iya semoga yg sedang hamil & sudah memiliki bayi terbantu ya

      Delete
  2. Gapaham kenapa sasha gemes pake banget deh mamiiihhhhh.

    Btw banyak banget yah ternyata yg perlu disiapin di 1000 hari pertama. Alhamdulillah buatku nanti ada referensi saah satunya dr tulisan ini #tsah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaha maaciy tante ifaa 😘
      Diinget2 nanti kl udah nikah & hamil, jgn lupa makan yg bergiji ya faaa 😘😘

      Delete
  3. Baby Shasha Marisha Hey Heeey.. Kamyu cute amat siiih itu pake dress.. :D Sleek itu andalan banget ya buat kita.. Kalo belanja bulanan pasti deh selalu ada sleek di troli belanjaan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha iya kalau pny anak kecil pasti ada sleek di troli belanjaan 😁

      Delete
  4. aku pake sleek pas bobsky lahir.. kalo fylly dulu pake merk lain yg utk baby juga... tapiiii dr semua produk sleek, bobsky ga cocok ama hair and bath nya itu, yg bentuknya foam kalo ditekan... karena rambutnya jd kusut hahahahaa... makanya khusus utk hair and bath nya aku ga pake lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya pake sabun cuci peralatan & bajunya, baru tau malah sleek ada sabun & shampoo hahhahaha yg baru aku cobain itu buat cuci tangan, enak wanginya 😁

      Delete
  5. Cakep amat Neng Shasha, mamihnya jugaa. Seger gituu. Barutau ternyata produk sleek banyak bener yaa. Mau nyari yang buat cuci tangannya ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaciy tante nia yg bentar lagi mau brojolan :D
      Iyaa akupun baru tau sekarang sleek punya rangkaian perlindungan buat kulit bayi selain saubn cuci baju :D

      Delete
  6. Kalau pasrah malah santai, ikhtiarnya malah lebih lancar. Semoga Sasha mendapatkan yang terbaik untuk masa2 awalnya pertumbuhannya karena akan berdampat seumur hidupnya. Salfok sama kak Raya yang kelihatan happy punya adik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, kadang ketika udah taraf pasrah eeh malah dikasih :)
      aamiin makasih doanya mba, Raya emang udah minta2 punya adek hihihi jadi pas aku hamil & melahirkan seneeeng banget :D sekarang aja udah ngga di daycare tiap hari yg dikangenin adeknya :)

      Delete
  7. Anak-anakku tuh suka main kotor. Tapi setelah itu aku ajak bersih-bersih. Sekarang nggak ragu lagi, dapat banyak perlindungan dari Sleek.
    Gemez sama dek Shasha, bahagia banget dapat mainan dengan produk Sleek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beneeer kadang2 suka ngelarang2 anak karena takutnya kotoran bawa penyakit, padahal mereka kan lagi belajar ya huhuhuhu... sekarang kotor2 dikit ngga papa deh #teteup hahaha, yg penting abis itu langsung mandi & bilas2 pake sleek baby :D

      Delete
  8. Gemez banget shasha, hamil diusia 40th memang challenging ya sandra , banyak faktor resiko yang harus di perhatikan. Alhamdulillah baby S sehat sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener wit, hamil diumur yg ngga muda harus lebih hati2 lagi :) Alhamdulillah Shasha sehat walafiat, dan sekarang kebersihan 1000 hari pertamanya aman terjaga pake sleek baby :D

      Delete
  9. itu Sasha kaya princess bgt yaaaaa. Emang deh Sleek baby andalan banget ya. Slain produknya beragam wanginya juga juaraaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha selagi bisa didandanin & ngga protes, pakein aja baju2 semau emaknya, kalau dah kayak raya udah banyak protesnya :D
      yang penting semua baju aman & terlindung dari penyakit karena pake sabun sleek baby :D

      Delete
  10. Aku gemes sama Shasha. Cantik banget.Klihatan sehat pasti karen mamanya menjaga kesehatannya pakai sleek ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi alhamdulillah yang penting perlindungan 1000 hari pertama shasha bisa terjaga ya mba :)

      Delete
  11. Saya juga selalu pakai sleek kok buat kebutuhan kebersihan bayi Moms. Memang membantu banget adanya sleek, apalagi bersihin mainan anak biar aman buat dia mainin. Thanks for sharing Moms

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba, aku baru tau kalau sleek ada macem2nya dan punya perawatan bayi dari head to toe, jadi ngga perlu bingung2, beli satu merk untuk macam2 produk :)

      Delete
  12. Shashaaa gemay banget sih kamu nak! produk Sleek ini aku pake buat cuci botol dan baju darell. Wanginya yang lembut, bikin botol susu dan baju2 darell higienis plus ngasih perlindungan lebih.

    jadi sekarang produk2 Sleek lebih lengkap yaaa... waaah super happy nih kalo punya baby lagi bisa percayain perlindungannya ke Sleek

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh sekarang produk sleek lebih lengkap dan buat perawatan kulitnya pun ada, jadi bisa dijajal kalau ntar hamil aie :D

      Delete
  13. Ini kali pertama saya berkunjung kemari dan informasi yang saya dapat di post paling atas ternyata luar biasa, semoga sinumero duo ini sehat selalu mbak.. oh iya salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir ya pak :) semoga dapat terus memberikan info yg bermanfaat & aamiin doanya :)

      Delete
  14. Dede sasha lucu dan cantik aneet siiihh 💙 btw aku juga pake sleek dr anak pertama, aman bagi bayi, ramah di kantong dan wanginya enak ga lebay heehee..

    Www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoiiih sleek baby mah gampang dicari jadi ibu2 kalau perlu nyarinya juga ngga susah kan yaa :D

      Delete
  15. Sasha km emes bgt sih. Mika pun setia pake ini. Semoga kita setia terus yah ��

    ReplyDelete
  16. Salfok sama sasha marisha hey hey nya kakaaa 😂

    Tapi emang Sleek Baby ini andalanku banget deh.. sampe buat cuci tangan pakainya dari Sleek karena wanginya enaaak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha hey hey hey..
      beneer kayaknya fav banget itu si sabun cuci tangan wanginya, etapi emang produk sleek cucmey semua sih ya :D

      Delete
  17. mon mal bu Sandra... saya salfok, mukanya glowing bangetttttt masya Allahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah dipuji sama Puput.. aku terbaaaan ghahahahhaha XD

      Delete
  18. Sashaa masyaallahh gemayyy.. :* iya setuju mom Sandra ini kok ya keliaatan awet muda bgt sihh ga keliatan menjelang 40 lhoo apa tuh kira2 rahasianyaa wkwk..

    Btw aku jg favorit bgt deh sm sleek ini apalagi dipaer creamnya yg cucmey cpt kering & lsg meresap di kulit anak.. trus semua produk sleek baby wanginya lembut pisann yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, jawaban pencitraan mah perbanyaklah wudhu rom XD jabawan aslinya ngga tau beneran hahahah XD
      hooh, produk sleek baby mah emang cucmey semua yak :D

      Delete
  19. Desain sleeknya unyu2 banget ish. Sukaa... Aku kayaknya bakal ngadoin paket sleek buat temenku yg baby born deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. naini bagus nih idenya buat ngasih para ibu yg baru lahiran :D

      Delete
  20. Shasha gemes bangeet kamu. Aku juga suka pakai sleek apalagi yang sabun cuci tangan, tambah rajin cuci tangan jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, wangi sabun cuci tangannya juga enak yaaa :D

      Delete
  21. Shasha emesh anet sih, pen ciyummm jadinyaaaa :*

    Btw eike juga pk sleek. Andalan bener deh dirumah buat urusan baju si bayik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha samaaa ku juga gemash ma ryu, pengen uyel2 :D
      banyak lah yg pake sleek mah, apalagi gampang pisan ditemuin dimana2

      Delete
  22. Aku suka wanginyaaa hihi.. Cakep deehh emang produk2nya sleek

    ReplyDelete
  23. baru tauuu mih ada sleek baby untuk sabun mandinya.. kirain cuma handwash ajah.. aku pakai sleek dari anak pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha tos atuhlaah.. emang dan sleek itu paling gampang ditemui dimana2 :D

      Delete
  24. Mba Sandra 40 tahun? Aku tydak percaya. Kayak masih 20 an sirius. Ini mah enggak maminya, Rayanya, Shashanya. Cakep semua, ampun deh.

    Aku baru tahu kalau produk sleek sebanyak itu jenisnya. Kirain cuma buat cuci peralatan makannya aja hehehe

    Baiklah, baca ini, pengetahuan aku jadi nambah nih soal 1000 hari pertama anak yang harus dijaga dari segala aspek. Dan aneka produk sleek baby juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa aku dah tua hahahahah XD
      sebenernya aku juga baru tau sekarang sleek baby ada perawatan kulit bayinya, jadi cucmey lah kemaren ikutan acara ini. Naini alhamdulillah ya nambah pengetahuan ttg 1000 hari pertama anak :)

      Delete
  25. sehat selalu dan menjadi anak yang sholehah untuk numero uno dan numero duo nya ya bu :)

    ReplyDelete
  26. Dek Shasha kenapa selalu menggemaskan sih? Apa rahasianya nih bisa bikin Shasha ketawa saat difoto? Gemeesss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, dia anaknya emang someh tante wina... jadi gampang dibikin ketawa :D tiap liat kamera aja langsung sadar terlalu sadar kamera XD

      Delete
  27. Kebetulan saya baru punya bayi usia 4 bulan dan harus butuh perawatan yang baik dan mau coba sleek baby

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semoga cocok sama sleek baby ya mba :)

      Delete
  28. Sleek baby bisa jadi ide untuk saya yang lagi cari buat kado teman yang baru melahirkan mantap jadi ga bingung lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naini, bener banget! Lengkap buat perlindungab bayi, cocok buat kado 😁

      Delete
  29. Sannnnn... kece banget sih artikel looo... Btw, jadi inget dulu pas si bungsu masih bayik juga gw pake sleek ini. Btw lagi, titip cubit gmz buat baby Shasa yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciy taaa! Raya jg ikut2an pake hahahaha, suka bath foamnya XD.
      Kiss kiss tante zata :*

      Delete
  30. Wow produknya sleek banyak bgt ya ternyata. Musti coba nih utk babyku Ibrahim :)

    Salam buat shasa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iya mba, bisa dicobain ke ibrahim, semoga cocok ya.. Maaciy tante, waalaikum salam dari shasha :*

      Delete
  31. BABY SHASHA GEMES BANGET YA ALLAH I CANT EVEN *elus elus perut*

    btw walopun ngga punya baby aku pake produk2 sleek juga lho mbak. deterjennya lembut banget untuk cuci bahan-bahan yang lembut cocok banget dan nggak bikin alergi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaciy tantee, sini mau dibantu elus2 perutnya? hihihi :D
      iya bener, emang detergennya lembut dan meski ngga punya baby bisa dipakai buat bahan2 yg halus jadi ngga rusak ya :)

      Delete
  32. Senangnya ya mb ada seri perawatan dari Sleek.. Membantu banget. Dulu jaman saya ngelahirin Zidan kayaknya belum ada produk ini *jadi kelihatan tuwirnya sayah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha tenang mba, dulu raya jg blm ngalamin perawatan sleek head to toe ini :D
      emang semakin kesini semakin banyak perawatan bayi yg mengutamakan kenyamanan & kebersihan buat anak kayak sleek baby, jadi ibu2 bisa lebih memilih produk mana yg cocok :)

      Delete
  33. Shasha ciumable banget sih, gemesh deh wkwkwkwk...btw baca ini jd inget adik sepupu, agak telat biacara mungkin karena motorik kirinya kurang terasah yaa...Alhamdulillah kalau periksa sih normal, cuma kata DSA nya kalau dia minta sesuatu usahakan jangan langsung diambil begitu dia nunjuk. Coba latih agar dia mau bicara dan menyebutkan barang/nama dengan benar.


    Aseli, deg2an banget jadi ibu jaman now....semakin tau sesuatu semakin merasa fakir ilmu, mamaci mambes sudah sharing ^^

    ReplyDelete

Back
to top