Sambut Hari Anak Nasional BJ Habibie ingatkan Para Orang Tua Pentingnya Pola Makan Sehat bagi Anak Sejak Kecil

Gimana rasanya diundang untuk bertemu Bapak BJ Habibie? Rasanya panas dingin hahahahha, asli saya norak! Sengaja cuti dari kantor khusus, make-upan yang syantiek, dan cus berangkat ke TKP. Setelah sampai dan parkir, rasanya saya tambah deg-degan, perut berasa diaduk-aduk, panas dingin, kamseupay, norak to the max hahahaha. 

Trus ngapain juga saya bisa-bisanya diundang ketemu Pak Habibie? Jadi, dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) tanggal 23 Juli, The Habibie Centre mengundang beberapa teman blogger, media & anak-anak sekolah dasar untuk berdiskusi mengenai pola makan anak sejak kecil agar anak-anak Indonesia bisa tumbuh sehat dan cerdas. Wuiiih cocok banget  nih buat saya yang punya 2 anak yang masih kecil dan memang lagi butuh asupan nutrisi yang baik, bisa ketemu dan mendengarkan ilmu dari pakarnya bikin saya tambah penasaran & deg-degan deh hahaha #maklumnorak.

Sebelum acara diskusi dimulai, para tamu & anak-anak sekolah dasar yang unyu-unyu diajak keliling dan melihat-lihat lokasi acara yaitu Perpustakaan Habibie & Ainun, sebelum melihat perpustakannya, kami dibawa melihat-lihat ruang tamu dan ruang-ruang lain disana yang setiap ruangannya memiliki filosofi. Ketika berkeliling saya serasa masuk ke museum pribadi karena banyak foto-foto dan barang pribadi milik Pak Habibie dan almarhumah Ibu Ainun terpajang rapih.





Beberapa ruangan di kediaman Bpk Habibie yang sempat saya foto
Setelah keliling ruang tamu dan pintu masuk, kami diajak untuk melihat perpustakaan yang bersebelahan dengan taman sebelah dalam. Perpustakaan tersebut seperti pendopo khusus yang dibuat untuk meyimpan semua buku-buku koleksi Pak Habibie & keluarga.  Kami melewati kolam ikan transparan yang dindingnya terbuat dari kaca untuk menuju ke pintu perpustakaan, nah filosofi kolam tersebut ternyata berhubungan dengan agama yaitu mengibaratkan laut terbelah dua seperti cerita nabi Musa ketika membelah laut merah, asli keren banget!

Masuk kedalam perpustakaan ada meja panjang di tengah-tengah, dan saya seperti terbawa ke film Beauty & the Beast saat Belle dibawa masuk ke perpustakaan Beast, ruangannya besar, mewah, megah, cahaya lampunya tidak silau tidak redup, sangat cocok untuk membaca dan leyeh-leyeh. Di sebelah kiri pintu masuk, banyak miniatur-miniatur pesawat terbang dan koleksi-koleksi Pak Habibie, dan di sebelah kanan terlihat banyak buku yang tersimpan dengan teratur, 2 lantai dihiasi tangga ulir ke lantai 2 perpustakaan buku-buku. Masuk kesitu saya mangap terus karena takjub, dan merasa beruntung bisa masuk dan melihat perpustakaan ini karena ternyata kalau tidak ada acara, tidak dibuka untuk umum. 








Punya perpustakaan kayak gini di rumah mah bikin betah baca buku
Diskusi Habibie dan Anak Indonesia: Tumbuh Sehat dan Cerdas Melalui Pola Makan Sehat Sejak Kecil

Setelah puas melihat-lihat, kami diajak kembali ke ruang utama dimana acara inti akan diadakan yaitu diskusi tentang pola makan sehat untuk anak-anak. 
Bpk BJ Habibie & dr. Damayanti R. Sjarif sebagai nara sumber
Pada tau ngga sih kalau anak-anak kita itu memiliki hak yang sudah diatur dalam UUD 45 dan Undang Undang tentang perlindungan anak? Mungkin selama ini banyak orang tua yang ngga tau tentang ini yaa, tapi alhamdulillah dong saya tau hahahaha #berasabangga. Buat yang belum tau, silahkan buka UUD 45 pasal 128B dan Undang-Undang No. 35 tahun 2014 tentang perlindungan Anak yaa. 

Salah satu hak setiap anak adalah dapat hidup, tumbuh dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat manusia, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Anak harus memiliki kualitas hidup yang baik karena seorang anak merupakan faktor penting bagi perkembangan bangsa dan masyarakatnya. Bagi saya sebagai orang tua, kualitas hidup anak itu berkaitan erat tengan pemenuhan nutrisi dan gizi yang seimbang sejak kecil agar anak-anak dapat tumbuh pintar, cerdas, kuat dan sehat, sehingga dapat berguna bagi keluarga, masyakarat dan bangsanya.  

Masalahnya banyak orang tua yang belum tau nutrisi apa saja yang penting diberikan untuk anak, dan pola makan seperti apa yang harus diterapkan agar anak tumbuh sehat dan menjadi anak yang cerdas. Kekurangan gizi dan nutrisi di masa pertumbuhan akan membahayakan bagi anak. Apalagi saat ini menurut WHO, Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang masih memerlukan perhatian khusus dalam hal kecukupan gizi. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan bahwa di Indonesia tercatat sekitar lebih dari 37,2 persen atau 8,4 juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami stunting, yaitu kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis yang disebabkan rendahnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya gizi dan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.  

Dalam diskusi ini Pak Habibie menceritakan bahwa dari kecil beliau sering makan ikan, minum susu dan rajin melakukan aktivitas fisik salah satunya berenang di kali. Menurut Pak Habibie, yang dibutuhkan untuk anak menjadi sehat adalah makanan yang bergizi dan air. Pak Habibie menghimbau anak-anak Indonesia sebaiknya ruti mengkonsumsi air yang cukup, karena sebagian tubuh kita terdiri dari air yang dibutuhkan oleh otak. Pak Habibie juga bercerita, setelah berkeluarga, Bu Ainun juga sangat memperhatikan masalah nutrisi bagi anak-anak dan keluarga karena menurut beliau peran orang tua khususnya ibu sangat penting dalam mendukung pola makan sehat, agar anak terhindar dari gizi buruk dan dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat dan cerdas.  





Adek-adek sekolah dasar yang beruntung bertemu dan berdiskusi dengan Eyang Habibie
Ditambahkan oleh dr. Damayanti R. Sjarif, SpA(K) masa anak-anak merupakan masa krusial yang berlangsung sangat pendek dan tidak dapat diulang lagi. Pola makan sehat dan seimbang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak yang optimal, anak yang kurang gizi akan mengalami hambatan perkembangan fisik & kognitif sehingga berakibat pada rendahnya tingkat produktivitas di masa dewasa.  

Asupan nutrisi yang penting bagi anak adalah cukup karbohidrat, protein, dan lemak, kekurangan protein hewani pada anak akan membuat anak kekurangan gizi. Menurut dr. Damayanti susu adalah bagian dari protein hewani, yang bagus dikomsumsi anak yang sedang bertumbuh, untuk bayi sebaiknya diberikan ASI yang terbaik untuk bayi sampai usia 1 tahun. Tugas orang tua membantu anak untuk memilih karbohidrat, protein dan lemak untuk dirinya sendiri sehingga perilaku makan yang baik sudah terpola bagi anak, sehingga anak terbiasa memakan makanan yang bergizi dan kaya nutrisi. Apabila anak GTM atau pilih-pilih makanan menurut dr. Damayanti sebetulnya tidak masalah karena akan ada fase anak makan milih-milih, tetapi pastikan bahwa semua komponen nutrisinya tercukupi.  

Catatan juga untuk saya yang punya bayi sedang MPASI adalah, untuk bayi berikan makanan yang banyak protein, lemak & karbohidrat, jangan terlalu banyak diberikan sayur & buah, boleh diberikan sayur dan buah tapi sedikit saya karena sayur dan buah dapat menarik protein yang sedang dibutuhkan oleh anak. Waaaah saya baru tahu lho info inii… Catet ya Buibu!!

Selain masalah gizi dan pola makan, dalam diskusi ini Pak Habibie juga mengingatkan betapa pentingnya Pendidikan dan pembudayaan bagi kualitas hidup seorang anak yang lebih baik. Karena menurut beliau, tidak hanya sekedar bisa membaca, menulis atau berhitung, tapi seorang anak juga harus memiliki pengetahuan agama, social dan budaya yang akan menentukan perlilakunya kelak. Pembudayaan tidak kalah pentingnya dari Pendidikan, karena pembudayaan merupakan pengaruh dari agama dan budaya yang dapat mempengaruhi cara anak menghadapi masyarakat, mendapatkan informasi baru, dan lain lain. 

Selain itu pesan Pak Habibie bagi para anak-anak yang hadir adalah: “Jangan kebanyakan mimpi, karena nanti ketika bangun, kaget, mimpinya hilang. Bercita-citalah menjadi manusia yang berguna bagi negara dan bangsa, harus kerja dengan sadar, hasilnya akan jauh lebih baik dari apa yang kita sangka.” Baik Eyang!! Dicatet banget sama saya mah ini buat anak-anak #berasaakrab hahahaha. 

Setelah berdiskusi, kami diajak kembali ke perpustakaan dan anak-anak sekolah dasar berkesempatan untuk foto-foto Bersama Pak Habibie, saya resah dan gelisah… saya kapan dooong difotooo hahahha tolooong saya pun mau Eyaaang 😀Untungnya, saya boleh di foto bersama dengan anak-anak dan Pak Habibie alhamdulillah, meskipun keliatannya seperti foto bom karena menghalagi anak-anak yang dibelakang, tapi saya bahagiaaa hahahahha. 


 Maap ya deeek, tante juga pengen poto-poto sama Eyang hiihihi 😅😅
Pulang dari acara ini, banyak ilmu yang saya dapatkan, satu peer saya yaitu memberikan nutrisi yang baik untuk anak-anak saya dan membagi info yang saya dapat melalui tulisan ini. Saya teringat pesan terakhir dari Pak Habibie: “Bangsa yang maju adalah yang bisa melahirkan anak bangsa yang sehat dan cerdas, jadi mari bersama-sama peduli akan nasib bangsa kedepan dimulai dengan memperbaiki gizi dan kesehatan anak bangsa agar setiap anak Indonesia dapat memiliki akses terhadap kemajuan untuk dapat mewujudkan impian mereka dan ikut memajukan bangsa Indonesia.” Aamiin Eyang 😊  

CONVERSATION

47 comments:

  1. Bisa merasakan aura bisa ketemu Bapak bangsa.
    Bisa dipastikan kalau aku juga bakalan terkepung euforia, atau bahkan jadi "frost", kaku,
    hahaha...

    Setuju, semua bermula dari lingkup kecil dulu ya, keluarga sendiri.

    Selain nutrisi, ketahui juga manfaat eksplor dini bakat buah hati. Boleh nih mampir di 'rumah' aku. Teuteup laa promo, xixixi...


    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa beneran mba, bahkan kl diajak ngomong sama beliau pun aku bisa gagap kali hahahaha.
      Siap nanti main2 ke rumah nya mbaaa :D

      Delete
  2. Waaah beruntungnya dirimu bertemu eyang panutan bangsa. Rumahnya guedeee ya dan perpusnya itu lho impian punya gitu di rumah.
    Btw yang bayi ga terlalu banyak sayur dan buah itu pernah dengar tapi kalau akibatnya bisa narik protein jujur baru dengar. Makasih infonya, Mami Sandra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah bisa ktmu langsung, liat rumah & perpusnya yg keren aneet :D
      Bener, aku pun sama baru tau kl buah & sayur narik protein, tapi ini cuman buat bayi yaaa... ngga berlaku buat anak2 :D

      Delete
  3. Doa yang sama waktu liat mba anisast posting foto perpus pak habibie pas acara ini *Ya Tuhan, semoga kapan-kapan aku bisa ke sini* amin

    mupeng :((

    ReplyDelete
  4. Eyang Habibie auranya ngayomin banget ya, lucky you Sandra bisa bersua secara langsung, trus itu perpustakaannya bikin nyaman berlama-lama di sana. Dan salfok sama anak-anak yang dateng, pada berani-berani banget ya. trus nanya-nanya pulak. aahh gemesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku langsung pengen diangkat anak or cucu sama beliau aie hahahahah #ngarep
      Iyes bener, anak sekarang berani2, hebat lah kritis2 juga pertanyaannya ngga kayak aku #eh :D

      Delete
  5. ya allah perpusnya itu, mupeng banget liatnya,, kapan yah punya yang seperti itu,, hihihi.. lucky you mbak sandra bisa ketemu langsung dengan pak habibie

    ReplyDelete
    Replies
    1. mupeng banget hahahah jadi tukang bebersih di perpus ini ku mau deh :D
      Berkah ngeblog maya, semoga maya dpt kesempatan juga yaaa :)

      Delete
  6. Mb aku ngikutin ig storymu yang iniiii tauuuk, lalu ga ada angin ga ada ujan ku jd pengen nulis topik perpustakaan dan buku buku...huaaaa
    Bener bener....ruangan yg serba coklat itu mang kayak ruangannya beauty n the beast
    Btw aku baru tau pas ciliknya pak habibie hobi renang di kali wuiiih keren
    Mb klo pas dikasi protein karbo lemak e ndilalah sembelit nah si beby kasi apa ya, ada saran? Tertarik baca pas bagian seminar gizi anak

    Oya, satu lagi, di perpus ini ada buku anak yang cerita, misal fabel tahun jadoel ga mb, secara bukunya kliatan menggiurkan bejibun gituuu aaaargh ku rindu perpus, apa cuma nonfiksi yang ilmu pengetahuan, secara blio kan masternya teknologi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ayuk atuh dituliiiss... cuss banyak yang suka baca buku, termasuk aku, jadi kalau nemu perpus yg kayak gini brasa surgaaa :D

      coba pijat bayi nit, kemaren aku ikutan pijat bayi Johnson, dan dikasih tau teknik pijat sekitar perut sebelum mandi, bisa bantu bayi yg sembelit, dan jangan lupa kasih air putih juga, kalau kata Pak Habibie, air itu penting utk kehidupan :D

      Aku ngga sempet liat2 bukunya disiniii huhuhuhuhu bisa dipoto sendiri aja nunggu yg lain dah pergi dan dibilang mba cepetan mba hahahhaha... sayang sih perpusnya ga dibuka utk umum, cuman khusus kl ada acara aja.. :)

      Delete
  7. Envy nya ya ampun.. aku ngefans banget sama pak Habibie & alm bu Ainun. Nggak kebayang aku bisa ada diperpustakaannya yang kayak di film-film itu, asli pasti norak juga 😂. Ah.. semoga nanti dikasih kesempatan buat ketemu beliau :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku aja mpe panas dingin pas diundang keacara ini hahaha kamseupay to da max!! alhamdulillah rejeki ya Allah #sujudsyukur hahahaha
      Aamiin, semoga nanti nessa ada kesempatan ketemu yaaa :D

      Delete
  8. Wuahhb mupeng bgttt liat perpusnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, olong pasti suka jg kl kesini :D

      Delete
  9. Semoga pemerintah dan stakeholder terkait concern terhadap pentingnya pemenuhan gizi untuk anak Indonesia tanpa kecuali. Soalnya,meski kampanye pentingnya kebutuhan protein hewani bagi tumbuh kembang anak, kalau harga2 protein hewani melambung tinggi, tetep aja balik lagi ke daya beli masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, sebagai alternatif kmrn dr damayanti juga bilang bisa makan protein seperti tempe, tahu atau ikan yang harganya cukup terjangkau kalau memang yg lain mahal :)

      Delete
  10. akuu iriiiiiii. hahhaha.

    btw perpusnya cantik banget ya. bisa betah lama lama seharian di sana kalau aku punya perpus kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha rejeki mamak yg ngga pernah tidur #naoon
      Kebayang sih kl punya perpus gini punya art 10 jadi bisa leha2 ngga perlu ngurusin bekel anak dan bangun subuh2 #eeeaaa #curhat hahaha XD

      Delete
  11. eta pasti malamna gulung gasah ga bisa tidur nyak mih?wkwkwk saking deg2an bade pendak sareng aki abi wkwkwk

    loh baru tahu ternyata buah n sayurnya jangan kebanyakan oke sip berlaku buat Rayi ah semoga kelak Rayi jadi generasi penerus eyang Habibie aamiin *_*

    Neyna yang ngefans sama Eyang Habibie krn selalu ku ceritain tentang blio lewat buku n filmnya hahaha...

    ini perpus impian semoga bisa punya nyang begini biar bisa jadi amal jariyah aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. merinding disko lah pokona mah neng hahahaha

      Iyes ku juga baru tau kl buat bayi mah jgn kebanyakan ceunah :D

      Neyna, sing pinter ngke mbeh kawah eyang Habibie tong kawas.... krik krik krik hahahah

      Perpusna tapi ngga terbuka buat umum.. sayang, jd ngga pada bisa liat :D

      Delete
  12. Whuaaa asyik banget bisa berkunjung ke kediaman eyang B.J Habibie ... Aku simpan baik-baik ah tulisan teteh ini buat bekal parenting anak-anak aku semoga anak-anak kita jadi generasi cerdas. Mmuaaaah :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga semua anak2 Indonesia bisa cerdas & membanggakan terutama anak2 kita yaa :)

      Delete
  13. Perpusnya bagus banget dan lucky you Mba ketemu legend:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenan ni hahaha bagus banget emang perpusnya i'm one lucky girl eh woman, eh mommy ah sapa aja dah :D

      Delete
    2. masih girl lah semua perempuan mah, at least at heart. Hahahahaa

      Delete
  14. duuh, aku gagal fokus sama kediamannya
    setiap sudut rumahnya: terencana

    keren ya

    enak mbak, dapat kesempatan berkunjung ke rumah beliau
    duh pengeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha emaang kediaman & perpusnya bikin salfok :D
      Semoga kapan2 bisa diundang ketemu Pak Habibie di rumahnya ya :)

      Delete
  15. OMG!!!! Beruntung sekali dirimu, Mbak. Akyu mupeng hehe. Semoga beliau sehat-sehat terus ya, dan masih terus menyumbangkan pemikiran kecerdasan beliau pada negara Indonesia. Kediamannya luar biasa, apalagi perpustakaannya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah rejeki mba :)
      Aamiin semoga beliau sehat terus & banyak anak2 Indonesia yg sehat plus cerdas seperti beliau :)

      Delete
  16. Ihhh, aku gak dapet foto yang bareng Eyang. Entah itu di kamera mana. Kwkwkwkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu mah minggir teuiing Eyang na ditengah :D

      Delete
  17. Eyang Habibie semoga Allah senantiasa memberikan berkah Nya.
    Klo gie jadi mambes juga pasti begitu, bahkan bisa lebih norak wkwkwkwk...btw ini di rumahnya yg di Patra ? Alhamdulillah ya mambes bisa bertemu dengan beliau :)

    Kudu dicatet baik-baik nih informasi yang didapatkan mambes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga Eyang Habibie sehat2 yaaa
      Bener nggi ini yang di Patra, keren ya hahahha ngga salah dong kalau aku norak :D
      Oh iya catetan buat calon ibu2 muda nih.. kalau pny anak nanti inget ya, kasih pola makan sehat dari awal biar nutrisinya tercukupi :)

      Delete
  18. Mamihhhh aku mauuu ke sini. Aduh kece banget si bisa masuk ke sana. Inginnnn parahhh.


    Btw kelihatan banget ya eyang habibie secinta itu sama bu ainun. Rumanhnya pun mashaAllah keren banget<3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, kapan ya bisa punya rumah kyk gini hahahah :D

      Delete
  19. Mba Sandraaa, beruntung banget bisa ketemu Pak Habibie dan main ke rumah beliau. Perpustakaannya goals banget, kayak perpus di film-film.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah mba win hihihhi emang perpusnya mantabs jaya.. dambaan para pencinta buku yaa :D

      Delete
  20. waah seru yaa mba..buat saya yg baru menjadi ibu ini penting banget..makasih sudah sharing..bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau bermanfaat tulisannya mba :) semangat terus kasih nutrisi buat anak2 yaaa :)

      Delete
  21. Seru ih liat perpusnya dan rumahnya, ngademin... Pesan eyang habibie yang teruskan mamih ikutan aku catet juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh dirimu harusnya ikut, Pak Habibie pasti suka karena ada yg namanya ainun.. :)

      Delete
  22. Enak banget ya bisa bertemu BJ Habibie.
    Pengen juga saya ketemu..
    Rumahnya bagus banget deh, desainnya unik.

    Keren sekali..

    ReplyDelete
  23. Waaah kalau aku punya perpustakaan seperti itu, aku buang jauh2 deh gadgetku. Nggak apa2 deh jadi kudet dengan gosip2 terkini.

    ReplyDelete

Back
to top