Nyetir Saat Hamil? Boleh Kok

Cewek nyetir jaman sekarang mah udah ngga aneh ya, apalagi para Ibu yang suka anter-jemput anaknya ke sekolah atau untuk berangkan ke kantor itu mah udah biasa banget.

Sebelum hamil, saya bawa kendaraan ke kantor karena jauhnya jarak rumah-kantor. Awalnya sih dianter Abah pake motor, tapi bukannya manja, naik motor jarak jauh itu lumayan capek jek! Belum lagi kalau hujan, trus Abah juga kecapean karena bolak-balik masuk angin (maklum faktor U hihi). Akhirnya diputuskan saya bawa mobil aja deh sendiri, jarak Jakarta Timur - Sudirman lumayan bikin bete kalau berangkat lebih dari jam 5.30 pagi. Jadi saya harus berangkat sesubuh mungkin untuk menghindari macet.

Kenapa ngga pake kendaraan umum? Jangan salah, itu pernah saya lakuin, tapi ternyata sama tetep telat & ngga efektif karena malah makan waktu lebih lama... Apalagi saya sekarang bawa Raya ke daycare yang deket kantor, ngga mungkin naik kendaraan umum karena biasanya Raya masih bobo ketika saya angkut, jadi bawa kendaraan sendiri udah paling bener deh.

Ketika hamil pertama, saya konsultasi sama dokter untuk urusan nyetir ini, dan karena kondisi saya baik, dokter memperbolehkan saya nyetir tapi hanya sampai umur kehamilan 7 bulan. Hamil kedua ini pun, saya masih tetap nyetir tapi sebelum 7 bulan udah nyerah hihihihi minta dianter-jemput abah karena kondisi saya lebih lemah dibanding kehamilan pertama. Kalau kepepet kayak kemaren Abah ke Padang, saya tetep nyetir juga karena rempong lah kalau pake taksi, dan biasanya saat hamil saya tahu kondisi saya  kuat apa ngga buat nyetir, kalau emang ngga kuat saya pasti ngga akan maksain dan tentunya segera pesen taksi :D

Baca juga tulisan saya sebelumnya: Mitos Ibu Hamil Tidak Boleh Menyetir (Tapi Saya Iya) 

Tentunya ngga semua Ibu hamil bisa nyetir seperti saya, semua tergantung kondisi masing-masing dan rujukan dari dokter. Apalagi awal-awal kehamilan yang masih rentan, nanti kalau di jalan stress karena macet, bisa-bisa malah bikin janinnya stress juga.

Beberapa kondisi Ibu hamil yang dilarang untuk nyetir berdasarkan dokter saya adalah:

  1. Ibu hamil yang memiliki kehamilan resiko tinggi. Misal, sering keguguran, ari-arinya ada di bawah, punya penyakit darah tinggi, diabetes atau ginjal, dan semua penyakit yang bersifat patologis, pokoknya ngga boleh nyetir sama sekali yaaa... Karena nyetir akan bikin cepat lelah dan bahaya buat dedek bayi, jadi hati-hati :) 
  2. Tidak menyetir saat kehamilan terlalu tua atau terlalu muda. Saat terlalu muda, janin pasti lebih rentan, jadi untuk menjaga dedek bayi mending minta disetirin aja, begitupun saat kehamilan sudah terlalu tua, takutnya ntar pas nyetir borjol dijalan kan bahaya banget!!
  3. Salah satu risiko ibu hamil saat bepergian jarak jauh adalah penggumpalan darah, jadi kalau emang terdeteksi kehamilannya positif ACA (Anticardiolipin Antibody atau punya masalah kekentalah darah) mending berhati-hati & ngga usah nyetir. 

Nah, terus kalau emang mau nyetir, dan kondisi kehamilannya sehat, ini sedikit tips ala-ala yang dapat dilakukan saat menyetir:

  1. Paling penting adalah bawa cemilan, minuman, makanan, buah-buahan, permen yang cukup jadi kalau haus, lapar, enek atau apapun sudah tersedia suplai yang memadai dan jangan lupa simpan semua ransum ditempat yang mudah dijangkau dan tidak membahayakan saat nyetir. 
  2. Buat mobil senyaman mungkin (meskipun buat saya kurang memungkinkan karena ada Raya yang selalu ngerecokin hihihii). 
  3. Siapkan perlengkapan seperti vitamin, obat-obatan, catatan kehamilan dan hal-hal yang diperlukan saat hamil.  
  4. Pakai seat-belt dengan benar, jangan menekan perut dan masukan stir mobil kedalam sehingga tidak membuat perut tertekan.
  5. Hindari kaki yang menggantung karena akan membuat otot perut tertarik dan menimbulkan kontraksi. 
  6. Ganjal pinggang dgn bantal tipis biar ngga pegal karena kalau jalanan macet itu pinggang ikutan sakit, jadi buat pinggang senyaman mungkin dengan bantal atau apapun yang dirasa nyaman oleh bumil. 
  7. Nyetir santai, relax aja, ngga perlu terbawa emosi (walau kadang keadaan jalanan bikin pengen jedotin kepala, belum lagi motor-motor yang bikin esmoni).  
  8. Hindari jalan yang berlubang (meski susah ye dengan jalanan di Jakarta sekarang yang lagi banyak pembangunan) atau setidaknya lambatkan mobil ketika melewati jalan berlubang biar mengurangi guncangan pada perut. 
  9. Pake pantyliner hahahha, bumil kan gampang banget pengen pipis, kalau dijalan susah nyari toilet bersih dan lagi macet di tol setidaknya kalau pantyliner bisa ketahan & ngga tembus :D 
  10. Kalau merasa capek, berhenti aja ditempat yang aman, jangan memaksakan diri
  11. Usahakan ngga nyetir malam hari sendirian, kalau memang harus lembur dan pulang malam, usahakan geret teman atau siapapun takut ada kondisi darurat saat menyetir.  
  12. Pastikan HP dan alat komunikasi berfungsi baik, di charge full, jadi kalau ada kondisi darurat bisa langsung telepon suami atau orang terdekat tanpa kendala, trus jangan lupa pastikan semua nomor-nomor penting sudah tersimpan dengan baik. 
  13. Terakhir, jangan lupa berdoa minta dilancarkan & dimudahkan segala sesuatunya agar tetap terlindungi selama nyetir :) 
Sebenernya sih kalau lagi hamil saya milih mending disupirin aja hahahaha, tapi ngga mau sama supir karena trauma hahahah, jadi maunya sama Abah aja. Tapi kadang kondisi juga sih yang mengharuskan saya nyetir, jadi semoga tips dan infonya bermanfaat buat para bumil yang masih ragu boleh apa ngga ya nyetir saat hamil.

Ada yang punya pengalaman nyetir saat hamil juga? Atau ada Suami yang khawatir kalau Istrinya masih pengen nyetir saat hamil? Mari berbagi dikolom komen #halaaah :D

CONVERSATION

43 comments:

  1. Aku aja yg numpang fuduk di samping pak kusir #maksudnya paksu yg nyetir uda worry bgt, alias suka ga betahan duduk
    Dikau setrong amat mb san...
    Klo aku banyak rewelnya ni, jd lebih banyak ndekem kyk kucing di rumah....hiks
    E emang bole pke pantyliner mb san?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii, emang tergantung orangnya sih nit.. Bumil pasti tau kondisi masing2 jadi jangan dipaksaiiin :D
      Rewel mah biasa.. ga papa, namanya jg lagi hamidun, apalagi yg pertama, wajar banget itu mah jangan khawatir hihihi..
      Pantyliner boleh tapi sering diganti karena aku beser banget, kalau ngga pake malah susah krn ngompol hahaha :D

      Delete
  2. Aku dari hamil pertama sampai kedua gak pernah nyetir.. soalnya gak bisaa, wkwk.

    Tapi beneran setrong deh mbak, tahan bermacet-macetan di jalan plus nyetir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pliiiissss hahahahhaha kl ngga bisa mah udah duduk syantik jadi nyonyah aja ga papaa ngga dilarang hahahhaa :D
      Karena aku malas pake supiiir hahahah dan alhamdulillah kondisinya memungkinkan, tapi sekarang mah bhay, disupirin Abah aja :D

      Delete
  3. Ada lagi ni syaratnya boleh nyetir saat hamil adalah harus bisa nyetir. Ga kyk saya yg ga lulus2 hihihi.. Terimakasih infonya ya :)

    ReplyDelete
  4. Terimakasih tips nya mbak. Bisa disimpan untuk di praktekan nanti kalau saya hami lagi. Amin.

    Merasakan hamil 10 tahun lalu, dan saat itu belum bisa nyetir :D jadi saya belum pernah ngerasain nih mbak nyetir pas hamil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi, semoga bisa dipraktekan saat nanti hamil lagi ya mba :)

      Delete
  5. Aku dari hamil pertama sampai kedua gak pernah nyetir.. soalnya gak bisaa, wkwk.

    Tapi beneran setrong deh mbak, tahan bermacet-macetan di jalan plus nyetir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dobel komeeen hahahha diatas udah! Kecups ah :D

      Delete
  6. Emang suka deg2an kalo pas hamil.naik kendaraan, kalo saya mah emang belum.bisa nyetir mom hehe tfs ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga papa, emang paling enak itu disetirin pas hamil.. jangan mau bisa nyetir, biarin aja biar tugasnya suami san :D

      Delete
  7. Aku nggak pernah nyetir pas hamil *ya iyalah kagak punya mobil...wkwkwk

    Yang penting sehat2 terus ya Miih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ika... sini aku cipoks! hahahahha aamiin ya Allah :*

      Delete
  8. Replies
    1. hihihihi ini namanya the power of kefefet mba :D

      Delete
  9. aku nyetir kantor rumah doang sih sampe sebelum cuti melahirkan kayanya deh..
    sempet dinasehatin org2 tapi kenapa cuek ya.. soalnya orang rumah ga ada yang complaint sih.. dan jarak kantor rumah cukup deket.
    semangat ya misan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dikomen orang karena khawatir aja bon :D
      Emang sebenernya bumil tau kondisi diri sendiri, apalagi boni rumah ke kantor deket, jadi ngga terlalu capek nyetir :)

      Delete
  10. sehat-sehat mbaaa, hebat ih masih nyetir

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, makasih doanya mbaa... :)
      Sekarang mah udah nggaaa, cuman bertahan sampe bulan ke 7, udah ngga kuat sekarang mah mba :D

      Delete
  11. aku malas nyetir pdhal dulu udh bisa bawa mobil sndiri. akhirnya lupa lagi deh hihi.
    tiati dijalan ya pas nyetir, bumilcan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah emang lebih enak disetirin kok mbaaa.. beneran deh :D aku pun kl bisa disetirin mah maunya ga perlu nyetir sendiri :D
      Maaciy mba inaa :*

      Delete
  12. Bumil nggak boleh capek2 :D
    Aku aja baru bisa nyetir mobil beberapa bulan lalu, parkir masih sering salah-salah hahaha, yang penting bisa antar jemput anak sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ngga boleh cape & hrs senang hati ya :D
      Bener, biasanya Ibu2 pengen anter jemput anak sekolah jadi motivasi nyetirnya itu :D

      Delete
  13. Jadi belum 7 bln udah dadah ke kamera yaa �� nggak apaa yg penting sehaaat. Ku khawatir kaan...

    Oh iyaa klo kayak aku ada darah kental musti lebih hati2 ya nyetir saat hamil. Baru tauuu..nuhun inponya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciii, dulu aku waktu hamil Raya pun kena ACA, tapi alhamdulillah kehamilan ini ngga ada ACA sama sekali :)
      Aaaah kamooh khawatir ma akooh.. co cwiiit :*

      Delete
  14. Mamih kuat banget, mana jalanan di Jakarta suka macet. Sehat-sehat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ngga kuat sekarang mah mbaaa hihihi maaciy doanya ya :*

      Delete
  15. Mba saan.. aku juga pas anak pertama kayaknya ke kantor masih nyetir deh sampe 36 week. trus aku cuti baru stop deh hehe skrg juga berani nyetir kalo yang deket2 aja, sehat sehat bumil sandraa bentar lagi lahiran kan yaa 😘

    ReplyDelete
  16. Jaman kerja dulu mih, ku mendapati teman2 sales ku yg perempuan masih bawa motor dan mobil selama mereka hamil. Alhamdulillah pada sehat dan lancar kehamilannya sampe melahirkan. Dan sampe usia 6 bulan kemarin diriku masih bawa motor jemput Naeema sekolah, jaraknya sih deket cuma 3km aja tapi lewat jalan utama.

    Lancar ya mih lahirannya.

    ReplyDelete
  17. Saya sampe 9 bln masih nyetir, anter jemput anak ke sekolah doang sih hehe... Bikin ibu2 di sekolah pd stres hihi...

    ReplyDelete
  18. Bener bngt mba,,,, Aku sent cuma bw motor yg d rmh AJ of worry to lay kitanya merasa nyaman dn hati2 InsyaAllah aman2 AJ nuhun tipsny

    ReplyDelete
  19. semoga lancar ya lahirannya mak Sandra. Hati2 kalau di jalan, jangan lupa baca Bismillah hehehehe

    ReplyDelete
  20. "Rayaaa jangan ngerecokin mami yaa"
    Kalau saya sering liat teman2 ygblagi hamil bawa mobil sendiri, tentu mereka juga udah mikir ya resikonya apa aja. Yang saya gak bisa bayangin pada mbak ini, yg macet2annya itu. Gak kuat rasanya.

    ReplyDelete
  21. mamak setrong inihhhh ngebayangin jakarta timur ke sudirman itu penuh perjuangan lho mau itu pakai motor ato mobil

    sehat2 dan lancar2 selalu hamilnya mak

    ReplyDelete
  22. Saya gak bisa & gak berani nyetir mobil sampai saat ini, mb. Haduh cemen ya saya hahaa.. :D

    ReplyDelete
  23. aku gak mahir nyetir jadi pas hamil mau pun gak hamil maunya disetirin, hihihi.. nggak banget yaa..

    ReplyDelete
  24. Kalo aku, selama hamil ga pernah bawa mobil, krn ga bisa memang san wkwkwkwkwk... Dulu sih bawa mobil pas jaman smu, tp itukan msh tinggal di aceh, yg jalanannya sepi, ga kayak jkt yg ampun dije macet dan semrawutnya hihihi... Jd drpd aku gila sendiri, mnding ga bawa mobil :D. Pas hamil dulu aku sewa supir tuh utk anterin pulang pergi kantor rumah :D.

    Mba iparku ama adekku yg di medan yg walo hamil besar ttp aja bawa mobil sendiri :). Berani mereka.. Salut lah...

    ReplyDelete
  25. hati-hati buat bumil kalau lagi nyetir, kalau bisa nggak usah nyetir dulu takutnya ada apa-apa bahaya banget. lebih baik sewa sopir aja biar lebih aman dan bumilnya bisa duduk cantik.

    ReplyDelete
  26. Hi Ibu Sandra, perkenalkan dengan Dylla.boleh info detail email untuk kerjasama? Terimakasih :)

    ReplyDelete
  27. ibu hamil kalo mau nyetir ya nyetir aja sik.. asal gak nyetir dari jakarta ke situbondo. aselik capek kak. wkwkwkw....


    mbakku pernah keguguran dua kali tuh... tapi emang rentan ya kak kalo nyetir pas hamil muda atau tua banget..

    ReplyDelete
  28. hati hati ya Tante..
    jangan lupa baca doa sebelum bepergian

    ReplyDelete
  29. aku hamil pertama, kedua sama ketiga enggak dibolehin nyetir sama pak Suami, katanya aku enggak bisa nyetir... emang iya sih, belajar aja belum pernah hihihi...
    Yang penting ibu hamil tau lah sama kondisi dirinya, kuat atau enggak pasti bisa ngerasain... memang orang lain yang melihat lebih khawatir, dan itu wajar sih hehehe

    ReplyDelete

Back
to top