Liburan Seru di Pulau Seribu

Sebetulnya ini cerita lama tapi sayang kalau disimpen sendirian, jadi saya tulis aja sekalian menjadi informasi kalau-kalau ada yang lagi pengen jalan-jalan seru sama keluarga, tanpa harus bepergian jauh.

Setiap ulang tahun pernikahan atau ulang tahun saya & Abah selalu meniatkan untuk liburan. Tapi karena tahun ke 2 pernikahan kami juga sedang membangun rumah, akhirnya kami mencari alternatif liburan pantai yang tidak terlalu menghabiskan banyak uang dan tidak terlalu jauh dari jakarta tapi tetap pendapatkan pengalaman menarik setelah berlibur. Setelah browsing sana-sini, tercetuslah untuk berlibur di Pulau Seribu, tempatnya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, kami dapat island hopping dan mencoba tempat berlibur yang berbeda dari biasanya.

Pulau tujuan pertama kami adalah Pulau Pari, karena terkenal dengan Pantai Perawan berpasir putih yang berada di ujung timur pulau. Saya & Abah ngga berencana menginap karena emang ngga berencana menginap karena hanya ingin mencoba liburan singkat yang seru, Go Explore untuk jelajahi keindahan pantai Pulau Pari, serta kuliner yang ditawarkan dan Go Experience untuk mencoba beberapa permainan air yang disediakan seperti snorkeling.

Saya memakai jasa speedboat full AC untuk menyebrang ke Pulau Pari yang ditempuh kurang lebih 45 menit - 1 jam perjalanan. Berangkat dari dermaga no. 17 Marina Ancol. Jam keberangkatan jam 08.00 pagi, dan jam 07.30 kami sudah harus tiba ditempat untuk boarding. Speedboat yang kami tumpangi dapat transit ke pulau-pulau di kepulauan seribu sesuai tujuan penumpang. Biaya penyebrangan weekday, IDR 135,000, weekend IDR 160,000 untuk satu kali jalan (anak kecil atau bayi yang digendong tidak dikenakan biaya alias gratis).
Speedboat yang digunakan menuju Pulau Pari
Pemandangan ketika meninggalkan dermaga... 
Tiba di Pulau Pari kami harus membayar tiket IDR 3,000 per orang. Sekitar Pulau Pari ini dikelilingi oleh tanaman mangrove untuk menahan abrasi dan terdapat juga laguna untuk bermain kano dan permainan air lainnya. Kalau ingin mencoba permainan air, dengan membayar IDR 35,000 saya bisa bermain Banana Boat, Sofa Boat, Donut, dan lain-lain, kalau pengen jalan-jalan dengan sepeda keliling Pulau Pari pun bisaaaa, sewa sepeda disediakan dengan harga IDR 15,000 seharian persepeda.
Tiba ditempat tujuan
Sepeda yang dapat disewa di Pulau Pari seharga IDR 15,000 per hari
Kalau berniat menginap, tersedia beberapa homestay dan rumah penduduk yang dapat disewa dengan kapasitas 4 sampai 10 orang. Tarif rata rata perhari Rp.200.000 s/d Rp.500.000 tergantung fasilitas yang disediakan. Kalau ingin camping di pantai pasir perawan juga bisa, tapi harus pesan terlebih dahulu dan membayar tiket masuk  IDR 3.000 perorang ditambah ijin mendirikan tenda IDR.10.000. Sebenernya asik juga Go Experience camping di pasir perawan Pulan Pari, tapi karena saya dan Abah kurang persiapan hihihi, jadi ngga bisa dan pengennya next time kami bisa mencoba camping disini, next time will be better deh :D. Kalau pengen lebih tau tentang wisata camping di Pulau Seribu yang lebih lengkap, bisa cek ke TRUVELOG yang punya artikel-artikel lengkap mengenai traveling, seperti destinasi, tips, tempat unik dan sebagainya. Jadi sebelum berlibur, bisa cek dulu semua informasi yang dibutuhkan di TRUVELOG biar ngga zonk kayak saya :D

Selain Go Explore keliling Pulau Pari naik sepeda, saya juga eksplorasi kuliner dan mencoba hidangan laut. Ngga perlu khawatir sulit mencari makanan, karena disekitar Pulau Pari banyak terdapat warung makan yang terjangkau. Setelah perut kenyang (saking laparnya ngga sempat foto-foto makanan) saya pengen Go Experience mencoba snorkeling, pengen mengalami keindahan bawah air Pulau Pari. Untuk snorkeling saya menyewa kapal nelayan dengan kapasitas 10 orang dengan biaya perhari IDR 350.000 tergantung tawar menawar dan sewa alat snorkling lengkap (google, fin, sepatu katak dan pelampung) dengan membayar IDR 35.000.
Go Experience, snorkeling di Pulau Pari
Ternyata wisata bawah airnya emang baguuus, ikan-ikannya juga banyak yang bisa diliat, ada nemo tapi ngga ada dori #eh hihihihi. Setelah snorkeling (ngga lama-lama abis Abah ngga mau ikutan), dan bersih-bersih, kami berangkat ke Pulau Onrust, tapi saya kurang bergairah karena udah kecapean duluan hihihi, hanya lihat-lihat sekedarnya dan balik lagi ke kapal untuk bersiap pulang.

Untuk perjalanan pulang, sama dengan saat berangkat, sebelum berangkat pastikan nanti pulang juga sudah tersedia speedboat. Makanya penting buat cek-cek informasi urusan info traveling dan berlibur di TRUVELOG biar ngga salah langkah #eeeaaa :D.

Lokasi pendaftaran ulang pulang ke Marina Ancok di Pulau Pari, terletak  di depan sebuah warung yang berada tepat di depan dermaga kapalnya. Biasanya akan ada 1 orang petugas yang sibuk mencatat, dekati aja dan tunjukkan bukti pemesanan, dan daftarkan nama untuk dicatat. Kemudian tinggal menunggu dipanggi naik ke speedboat dan pulang ke Marina Ancol.

Go Explore dan Go Experience liburan ke Pulau Seribu meski hanya satu hari itu seru banget!. Saya jadi tertarik untuk menginap dan Go Explore pulau-pulau lain dan Go Experience hal-hal unik yang ada disetiap pulau.

Terakhir, sedikit tips yang buat yang ingin berlibur ke Pulau Seribu:
  1. Tentuka pilihan dari awal, one day trip atau menginap agar tidak menyesal kemudian seperti saya :D 
  2. Lebih banyak teman atau keluarga yang ikut lebih seru! 
  3. Cari travel agen atau penyelenggara yang bertanggungjawab, dan pastikan semua tiket dan voucher penginapan (kalau menginap) tersedia sebelum keberangkatan. 
  4. Jangan salah kostum & sediakan banyak baju untuk bermain air (legging dan kaos yang tidak transparan untuk yang berhijab)
  5. Dan yang paling penting, cek dulu semua informasi mengenai daerah wisata, tempat tujuan wisata, tips, trik dan info yang diperlukan agar liburan lebih seru di TRUVELOG.
Yang udah pernah liburan ke Pulau seribu mungkin punya tips lain untuk liburan seru disana? Silahkan tulis dikolom komen ya :D 

Foto-foto courtesy of: Lisna Dwi


CONVERSATION

59 comments:

  1. Maaakk..
    Aku baru sekali ke pulau seribu.. ke pulau macan aja.. trus berangkat pas ujan deres hahaahhaahhaa
    Serem bgt di dalam boatnya

    Ini baca blogpost kok menarik begini yahhh.. duh jd pengeeeennnn




    Cuuzzzz
    Sofiadewi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah aku pengen ke pulau macan, kayaknya tempatnya menenangkan ya Sof, pilihan kamarnya pun lucu-lucuuu. Cuss atulah ke pulau seribu lagi, halan2 ke pulau lain juga bagus2 kok :D

      Delete
  2. Dulu pernah mau ikut rombongan ke Pulau Seribu... baru mau bayar, eh... ada berita kecelakaan ferri tea. Anak2 jadi ketakutan... huuh.. padahal emaknya ngebet pisan pengen ke Pulau Pari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu atuh ayeuna, anak2 ngga usah ikutan hahahah #kompor ibu2 we lah hepi2 :D

      Delete
  3. Menarik ya, saya belum pernah ke Pulau 1000 heheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kl dedeknya dah gedean, cobain kesini deh.. lumayan seruuu :D

      Delete
  4. Aq sekali ke pulau pramuka, tp untuk nginepnya disana, snorkeling di pulau yg berbeda tp lupa nama pulau-nya.. Di pulau pramuka ada penakaran penyu mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sempet jg nginep di pulau bidadari.. tapi sekarang banyak pulau yg lebih cantik dgn hotel yg memadai selain disitu :D ke penakaran penyu malah beluuum

      Delete
  5. Ku blum pernah nih mbaa.. paping yg pernah. Ntar pas adik gedean mau ke model2 kayak gini.. tapi ku anak camping sebenernya bukan anak pantai.
    Teteup cinta damai #iniapaaa
    Klo ke pulau atau gunung tetep sama sih ya, cuaca harus mendukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha cobain camping dipantai ciiii... sensasinya beda sama gunung, kl malem dingin juga kok, banyak sepoi2 angin, apalagi kl ujan.. basah #yaeyalaaah :D

      Delete
  6. Nice review, nanti kalau saya pulang ke Indonesia mau juga ke pulau Seribu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuy, iya mba, cobain kesini kalau pulang ke Indonesia ya :D

      Delete
  7. Serunya nginep mba. Jadi bisa sekalian island hoping. Waktu itu aku nginep disana. Lumayanlah dapet homestay yang oke. Tp blm pernah ngajak krucils nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah next time aku jg mo nyobain nginep & ajak krucil mba, kayaknya seruu hihihi :D

      Delete
  8. Wah....ini bisa jadi alternatif kabur pas wiken wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mamtir, sambil ngajakin cem2an kesini jg okeh #eeeaaa

      Delete
  9. Seger mata lihat hasil jepretannya, jadi kepingin wisata kesana.

    ReplyDelete
  10. Seruuu mbak dan wisatanya keren. Kalau mau kesana, harus nyiapin budget dari sekarang nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, tapi budgetnya ngga terlalu semahal liburan ke kota lain kok :)

      Delete
  11. Asik banget kayaknya ya mba, liburan kesana. Segar dan banyak objek foto yang keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu karena banyak pulau yg bisa didatangin mba :)

      Delete
  12. Duh padahal dekettt, tapi napah gue ngga pernah kesampaian klo ke siniii T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Niatiiiin, ayok ke pulau seribu jalan2 ma anak2 pasti seneng :D

      Delete
  13. MBaa, aku berulangkali pengen ke Pulau Seribu eh nggak jadi melulu. Soalnya belum pede kalau nggak pakai agend travel soalnya kadnag malas ribet ama urusan sewa kapal dll. Tapi pengen juga ah kesana tapi mau pakai speed boat AC aja deh biar nyaman. Haha , ummi manjaaa. Makasih mbaa. Cuss langsung ke Truvelog dan liat2 banyak tulisan wisata seperti blog aku. Haha promoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, pake travel agen jg bisa mba, jadi lebih santai, apalagi kalau sama anak2. kemaren itu aku blm ada anak, jadi biasa lah iseng2 berdua :D

      Delete
  14. Belum pernaaah mbak, malahan tambah mupeng setelah baca postingan ini huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lain kali ke JKT agendain kesini raaan :D

      Delete
  15. Euleeeuh liat foto2nya kok ngiler pengen juga, padahal aku penakut loh kl berkaitan dengan pantai dan air hahahaaa. Makanya aku ga pernah liburan ke pulau-pulau, tapiiii kok indah banget ya kayaknya :(

    www.dajourneys.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. indaaah, ayuk win... ajakin ming xia kesinii, pasti seneng :D

      Delete
  16. Mbak Sandra kalau ke Pulau Seribu bawa anak2 repot gak ya?
    Tapi kalau bawa anak2 kyknya susah mau nyelem ya, paling di pantainya aja hehe
    Pengen banget ke sana, deket pula dr Jkt tapi blm kesampaian :(
    TFS anywyay :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bawa anak mending langsung pesen paket dari travel agen mba, biar ngga repot dan udah tersedia semuanya jd ngga perlu ribet2 lagi :)
      Iyaa, ini deket banget dari Jakarta tapi banyak yg belum pernah kemari :D

      Delete
  17. mencari info sebanyak2nya itu memang perlu banget ya daripada manyun ada yg terlewatkan atau gak maksimal menikmati jalan2nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, untuk travel agen jg harus pilih2 karena banyak fasilitas yg ditawarkan dan harga yg sesuai budget. Kalau dah persiapan matang, jalan2 lebih asik & tinggal dinikmati :)

      Delete
  18. Belum lama ngajak Gavin ke pantai ancol mih,trus papinya pengen ngajak ke pulau seribu. Ternyata keberangkatan cuma sekali ya jam 8 pagi itu, kita dateng ke marina nya udah agak siangan..baru tau deh..pulang dari sana jam brp mamih? Kmrn nanya tiket pp untuk wiken 200 per org

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, hrs pagi2 wiii... wah udah naik ya? Tp biasanya tergantung penyewa speedboatnya, kalau pesen diawal2 bs lbh murah drpd dadakan 😊 Ayok cobain lagiii

      Delete
  19. Impian banget nih sejak dulu menjejak Pulau Seribu, belum kesampaian euy huhuhuhu. Sekarang lihat2 foto disini dulu buat bekal informasi kalau suatu hari kesana
    Seru banget kayaknya liburan kesana ya, gak jauh dari Jakarta yang sumpek, ada tempat seindah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba, coba diluangkan waktu kesini, menyenangkan & ngga jauh dari Jakarta :D

      Delete
  20. rindunyaaaa aku snorkeling et diving!Kepulauan seribu memang sekeping surga yaaa...lucky you to have visited and explored Pulau Pari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun dah lama ngga kesiniii hihihihi.. ke pulau seribu lagi yuk mba :)

      Delete
  21. Entah kenapa kalau ke Pulau seribu, berasa bukan jakarta..hihihi
    Di sana masih bisa slow but sure

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, berasa bukan di Jakarta tapi bisa berlibur ngga jauh2 dari Jakarta ya Mba :)

      Delete
  22. Mba, thank you infonya. Kebetulan saya belum pernah ke Pulau Seribu, hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba, disempatkan kesini sama suami.. banyak alternatif pulau yg bisa didatangi :D

      Delete
  23. maluuu ih, 11 thn di jakarta sekalipun blm pernah ke pulau seribu ;p.. Tapi dr semua pulaunya aku kepengin pulau macan San... yg pondoknya tanpa pintu itu ;p. Kayaknya asyik yaa, tidur lgs liat air begitu hahahaha.. kapan2 ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaak, pulau macan emang indaah, tapi dia ecohotel gitu faan, jadi ngga ada tv ahahahhaha malem2 ku bingung ngapaiiin #halah :D

      Delete
  24. Pengeeeen bgt ke pulau seribu. Apalagi budget ternyata gak terlalu besar, penginapan mulai 200 rb yaa lumayanlah. Sayangnya saya gak bisa renang. Tapi kalau snorkeling gitu itu wajib bisa renang gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, untuk liburan ngga terlalu mahal bisa banget kesini :D
      Snorkling ga perlu bisa renang, kan bisa pake pelampung, tinggal ngambang aja sambil liatin ikan didalam air :)

      Delete
  25. Woow rindu ingin ke sana lagiiii.. Naya belum pernah ke sana nih. Mau ajak berenang di laut, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuks kesana lagiiiih :D Raya jg pengen main pasir katanya hihihi

      Delete
  26. Dan aku belum pernah ke pulau-pulauan sini mih hahaha emang lebih enaknya pake jasa travel biar enak dan ga repot nyak mih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss, kl sama anak & keluarga mending langsung pake travel biar ngga ribet & semua udah disediakan neng :D

      Delete
  27. wih asyik nih liburanya, jadi pengen kesana juga :)

    ReplyDelete
  28. Aku tadinya gak sukak sama pulau yg ada di Kepulauan Seribu, Mbak. Maklumlah biasa sama Sabang sik! Muehehehe :p

    Tapi gitu kemarenan ke Tidung, ih jadi nagih! Semacam menjilat ludah sendiri gak sik gueeeeeh? Ngoaahahahah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huakakakkaa.. ngga papa Biii, selalu ada saat pertama & kedua buat menikmati sesuatu kaaaan :D Yuks kesana lagiiih

      Delete
  29. Wiken seru bareng keluarga... kalau ada waktu luang di sela2 kerja kantor. Bisa nih ke kepulauan Sribu

    ReplyDelete
  30. duh, pulau seribu ini kenapa jarang dikunjugin yah, padahal kalaudiexplore lumayan bagus. warga jakarta sukanya ke mall aja :)

    ReplyDelete

Back
to top