1st Pregnancy vs 2nd Pregnancy

Apa bedanya kehamilan pertama dan kehamilan kedua saat ini?

Kehamilan Pertama 

Situasi
Karena waktu itu ditunggu-tunggu banget, semua diperhitungkan dengan cermat, asupan makanan dijaga, semua yang sehat-sehat, ngga bisa makan tetep dicekokin makanan sampe BB naek 25kg aja!

Kondisi Mental
Kehamilan pertama saya masih umur 35 tahun, masih berasa kuat, ngga ada kendala nyetir sampe umur kehamilan 7 bulan (pake mobil manual, bukan matic)

Kondisi Hormonal
Meskipun beberapa area kulit menghitam, jerawat muncul ngga terlalu banyak, badan ngga enak, susah makan, semu badan membengkak, tapi tetep happy. Ngga pernah kontraksi, dan aseli ngga ngerasain kontraksi sama sekali sampai hari H harus di operasi :D

Ketekunan
Rajin mencatat & mengunduh aplikasih tentang bayi, sudah berapa BB nya terus perkembangan apa yang dialami bayi, rajin beli buku, baca-baca macem-macem yang berhubungan sama bayi, dll. Rajin update blog, tiap abis dari dokter dan perkembangan kehamilan hahahah. Secara emang blog ini dibikin karena saya hamil dan pengennya nulis semua perkembangan kehamilan dulu.

Persiapan
Mulai beli-beli macem-macem setelah umur kehamilan 7 bulan, banyak beli macem-macem, nyari info tentang stroller, carseat, baju bayi, peralatan bayi, dll, etc, dst, dsb pokoknya semua perlengkapan bayi lengkap sebelum hari H. Sampe beli popok premium & clodi (yang akhirnya ngga dipake) banyak banget.

Perawatan
Sempet pijat hamil, USG 4D, masih suka waxing, trus meni-pedi. Ntah kenapa dulu kok sempet yaaa hahahaha.

Kehamilan Kedua


Situasi
Anak kedua ini hadiah yang tak terduka ketika saya & Abah udah ngira ngga bakal bisa ngasih Raya adek lagi hihihi. Asupan makanan tetap dijaga tapi ngga seketat jaman dulu, dan kadang suka nakal makan mie instan atau yang mengandung MSG hahaha. #eh (maap ya dek) :D tapi BB tetep naik banyak, sekarang udah 15kg kenaikannya.

Kondisi Mental
Parah.. Hahahahahha... Karena faktor U dan sudah ada Raya, rasanya saya selalu capek dan ngga sekuat dulu lagi, saya berasa jompo dan udah ngga sanggup lagi nyetir mobil lama-lama. Manalah sekarang kemacetan Jakarta semakin gila-gilaan karena pembangunan jalan, MRT, LRT, galian listrik, telepon dan ntah apa lagi..  rasanya kalau liat tol dah macet pengen ngegelosor aja ke bawah setir atau minggir di pinggir jalan nungguin mobil derek anter ke rumah :D

Kondisi Hormonal
Parah juga hahaha. Ternyata saya udah hamil waktu jalan-jalan di Hanoi kemaren. Pantesan waktu di Ha Long Bay, kulit muka saya breakout parah, pecah-pecah, gatel, jerawatan, belum lagi leher yg gatel-gatel & pecah-pecah kayak alergi, parah banget deh. Saya mikirnya ini pasti gegara makanan atau cuaca yang ngga cocok, tapi sempet aneh juga sih soalnya biasanya saya ngga pernah punya masalah alergi cuaca & makanan. Ternyata saudara-saudara, semua itu terjadi karena hormon dan kehamilan saya. Dan karena kerjaan saya saat ini tambah banyak, rasanya saya males-malesan kalau dikantor, rasanya pengen tidur aja di mushola hahahaha... Gimana dong namanya juga hamil (di umur) tua.. Dan ugh yg ini kontraksi mulu, dari bulan ke 7 udah teratur kontraksi sampe dokternya khawatir :D

Ketekunan
None.... Hihihihi, karena saya udah punya buku-buku jaman Raya dulu, buku-buku itu aja yang saya baca (lagi). Kali ini saya ngga mengunduh aplikasi apapun, insha Allah sih masih inget semua yang dipelajari jaman dulu tentang cara merawat bayi. Update blog? Duh rasanya malaaaas hiks, ntah kenapa nulis pun malas, kalau moodnya lagi bagus baru nulis kalau ngga bhay deh :(

Persiapan
Karena semua barang-barang Raya masih bagus, saya ngga beli stroller, carseat dan perlengkapan baru. Paling saya beli baju-baju NB, karena baju NB Raya sudah dihibahkan kesepupunya. Dan sampa saat umur kehamilan 8 bulan, saya belum beli apa-apa dong hahaha, belum beres-beres apa-apa juga... Abis sekarang banyak barang-barang bayi lucu-lucu di IG dan saya takutnya kalaaaaf :D

Perawatan
Sampai saat ini ngga melakukan perawatan apa-apa. Belum USG 4D karena dokternya ngantri banget. Mau gunting kuku sendiri aja lupa melulu pokoknya aseli ngga ada perawatan khusus untuk kehamilan yang ini.

Tapiiii, ada satu hal yang bikin saya happy dikehamilan kedua ini karena saya akhirnya berhasil bikin maternity photo yang jaman dulu ngga sempet saya lakukan hahahha.

Orang bilang kehamilan kedua  biasanya lebih santai, dan ngga terlalu serepot kehamilan pertama ternyata benar adanya hihihi. Bukannya ngga peduli sama babynya tapi lebih ngga panik dan santai menghadapi semua situasi yang ada gitu :D

Kalau kalian, yang udah punya anak lebih dari satu? Ngalamin juga ngga perngalaman kayak saya gini? Hhihihihi. 

1st Pregnancy vs. the REST



CONVERSATION

46 comments:

  1. Sing lancar yaah nanti persalinannya mami Rayaa..

    ReplyDelete
  2. Sehat2 Mamih dan adek bayi. Pastinya yg sekarang jauh lebih menantang tapi sudah berpengalaman yah Mih. Tak tunggu bermain2nya sekeluarga lengkap di Malang yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti jangan lupa ajak jalan2 kl ke Malang lagi yaaa :D

      Delete
  3. Saya baru USG sekali, karena BB saya sudah naik 20 sejak kehamilan pertama dannga turun -turun samapai sekarang. Jadi BB saya baru naik 2 kg di usia kehamilan 6 bulan . Hehehhe ini aja begah banget rasanya. Belum beli untuk persiapan lahiran juga, nunggu lewat 7 bulan aja. Sehat terus ya mba sampai lahiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah sama2 lagi hamil juga ya mba :) aamiin, makasih doanya... sehat2 juga buat dirimu & debay.

      Delete
  4. Samaa mbak, dulu apa-apa dibaca reviewnya.. sampai hafal segala merk pospak, clodi, dll.. sekarang males baca-baca lagi. Trus gak pernah ngitung umur kehamilan :D

    Lancar ya mbak lahirannya, ibu m babynya sehat semua. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah TOS! mungkin emang gitu ya, karena insha Allah ilmu jaman dulu masih nempel diotak hihihihi
      Aamiin maaciy doanya tante syantiiik

      Delete
  5. In in cewe ato cowo yg bakal kedua san? Kalo tanda2nya seperti cowo hahahaha.. Akupuuuun ngalamin yg sama. Pas hamil fylly, rajin bangetlah, perawatan, trs gila traveling msh tetep. Sampe kuat k beijing naik great wall, turunnya pake toboggan, trs k singapur nyembunyiin perut supaya bisa nyobain wahana 4D, yg haram banget utk ibu hamil :p

    Tp hamil kedua, ya ampuuun aku males luarbiasa. Dan parahnya, aku ga pgn traveling, pdhl itu hobi akut kan buatku san. Pantesan pas lahir, di bungsu beneran ga suka jalan2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewe Faaaan hahahha, tapi asli ini yg kedua males kemana2.. jangan2 sama ma bobski ntar malesan juga jalan2 :D

      Delete
  6. Woah sebulan lagi dedek launching, lancar-lancar ya, Mih :*

    Nanti foto dedek new born kayak yang lagi hits sekarang itu yaa Mih. Hihi bayanginnya aja udah gemes :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengeeen dipoto NB hahahah semoga ada kesempatan & bisa popotoan nes :D

      Delete
  7. Aku dari hamil pertama sape ketiga bawaanya nyante banget dan tiap hamil pasti turun BB (jd kyk orang cacingan), gemuknya justru pas udah lahiran *huhuu
    Hamilnya juga malah aktif kesana kemari, ya ngajar ya kuliah...

    Sehat2 ya Mamiih dan debay ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, tiap hamil emang beda2 ya mba.. tapi beneran deh faktor U ini ngaruh banget hahahah #teteup
      Maaciy doanya mbaa :*

      Delete
  8. Lancar ya mbak lahirannya, ibu & babynya sehat semua. Aamiin

    bagus mbak maternity photonya.loph

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, maaciy doanya maya :*
      Yg moto jagoan jadi baguus hihihi

      Delete
  9. Woa menarik sekali hoho, semoga sehat dan lancar semuanya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi hayo, mau nyobain hamil ke-2 San? :D

      Delete
  10. aku ge bawaannya males mih dikantor aku mah mun tunduh nyak sare weh di meja geus bomat hareupeun kubik aku atasan wkwkwkw..
    sehat2 nyak mih foto maternitynya cucok meong *_* aku hoyong tapi asa ga pede soalnya suami bilang weh aku bundar sekarang mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl lg hamil mah pasti dimaklumin sama bos neng hahahah...
      Ya elaaah herva bundar aku kumahaaaaa, bola dunia atuh nya :D

      Delete
  11. Semoga lancar ya mba Sandraaa persalinannya nanti. Gak sabar iiih liat adiknya Raya.πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, maaciy doanya tante Retno... Jangan lupa kadonya ya #eh hahahahah :D

      Delete
  12. Jompo hihihi bentar-bentar... kalau dirimu jompo, aku apa atuh? Terus jadi mules kalau aku hamil nanti gimana? Anak pertama aja belum ada (lah bapaknya aja belum ada). Laaah malah curhat hahaha.... Eniwey semoga sampai lahirannya lancar jaya, ya. Biarin jalanan aja yang bikin galau, kehamilan sampai HPL mah asik-asik aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, semoga kl teteh hamil diberikan kekuatan bulan sailormoon jadi kuat teh :D
      Aamiin hanupis doa na, tong hilap kado nya :D hahahha #tetepmodus

      Delete
  13. Hihi jadi berasa ngebaca kondisi diriku sendiri, makin ke sini, makin berasa capek, males, apalagi jerawatan gak sembuh2, akhirnya ahh bodo amat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. TOS Mba! hihihihi tapi jerawatan pasti berlalu seiring usia kehamilan insha Allah, tapi ntar pas lahiran mood swing lagi deeeh :D

      Delete
  14. Sehat-sehat Mami Raya, aku dulu juga lebih santai pas anak kedua, sampek saking santenya jadi suka teledor gak siap2, hehehe ... Btw Teteh awet muda banget yak, rahasianya apa nih? Wkwkwkwk, fokus sy malah ke situ. Maafkeun

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin maaciy mba.. iya nih sekarang aja blm beli apa2 padahal udah disutuh cuti sama dokter hahahha.
      Rahasianya, mgkn dulu kebanyakan makan msg & micin hahahaha.. :D

      Delete
  15. Jadi ingat my 1st pregnancy... Bener deh, waktu itu sibuk mencari buku2 kehamilan, langganan tabloid. Internet belum seramai ini. Kehamilan selanjutnya lebih santai tapi tetap hati-hati.
    Sehat-sehat ya mamih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, mgkn karena udah ada pengalaman pertama, yg kedua lebih santai tapi meski tetap dijaga juga :)
      Aamiin maaciy doanya ya..

      Delete
  16. Semoga dilancarkan proses persalinannya ya, Mbak. Aku kok malah jadi terinspirasi bikin tulisan bayi tabung pertama dan bayi tabung kedua yaaa.... ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih doanya :D
      Iih ayok ditulis, pasti banyak yg terinfokan dulu aku pun pas mau bayi tabung kerjaannya browsing2 tulisan ttg itu :)

      Delete
  17. Alhamdulillah,sehat2 ya mami cantikkkk....
    semoga dilancarkan proses persalinannya^^

    ReplyDelete
  18. Kakak cantiiik semoga sehat-sehat yaa. Yang namanya hamil pertama kali pasti lebih aware baca ini itu. Kalau yang kedua kan udah pengalaman. Tetap cantik kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciy tante syantik, mgkn gitu karena kedua jadi lebih santai ya :D

      Delete
  19. Lebih shantay karena udah pengalaman ya. Mungkin debaynya lebih aktip dari tetehnya karakternya entar makanya kontraksi mulu ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ni, ngga terlalu banyak pikiran macem2 krn kedua hahaha.. ntah ini yg ini karakternya kayak apa pulaa :D

      Delete
  20. Belom punya anak huehehe *jodoh mana jodoh?* #eh
    Yang kuat dan sehat ya Mih dan calon Adenya Teteh Raya, btw makin glowing aja perasaan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jodoh kalau kata afgan sih pasti bertemu taaa hahahha :D
      Glowing itu pas didandanin, biasanya mah kuceeeel hihihi

      Delete
  21. Bismilahirohmanirohim sehat semua mua, amiiiiin
    Lagi kondisi ginian apakabar daku mb san, dikau jauh lebih rajin perasaan,
    Aku posting mah malah postingan makanan mulu hoho
    Aku pingin bikin cerita juga tapi ntar aja rapelan di belakang #itupun klo ga males huahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi tetep rajin posting meski makanaaan.. hahahha aku makanan mah dimakan doang :D ayo ditulis pengalamannya, biar ngga lupa :D

      Delete
  22. Akuuu baju bayi masi disimpen. Pas adik lahir baru dihibah dgn niat udahan dulu produksinya ��
    Masi nyetiiir ����
    Sehat2 yaaa miii

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu baju bayi dihibahkan ke sepupu karena kakak dah males beli hahaha. Kirain Raya ga bakal pny ade :D
      Udah ngga nyetir sekarang maaah, capeeek.. aamiin, maaciy ya ciii :*

      Delete
  23. semua kayanya sama deh hamil kedua dan seterusnya lebih santai.. btw sehat terus ya mamih n calon debay.. lancar nanti persalinannya

    ReplyDelete
  24. sehat terus ya mbak, semoga debay nya lahir berjalan dengan lancar, jaga kesehatan jangan lupo olaraga pagi.

    ReplyDelete
  25. semangaaaaaaat ya Tante

    bissmillahirohmanirrohiiimm....
    semoga sehat teruuuss

    ReplyDelete

Back
to top