Cara (Saya) Mengatasi Flu Saat Hamil Tanpa Obat

Berasa ngga sih kalau cuaca sekarang ini panas minta ampun? 
Orang normal aja kepanasan, apalagi saya yang lagi ngga normal hahahaha alias hamil, asliiii kepanasan tingkat dewa. Kerjaannya di rumah kalau ngga ngedekem di kamar buat mendinginkan tubuh pake AC, ya ngemilin es batu biar adem. 

Masalahnya urusan cuaca ini bikin saya terserang flu.... Hiks.... Apalagi saya sering kecapean karena macetnya perjalanan & ngga bisa tidur malam hari karena harus pipis atau posisi tidur yang ngga enak banget #deritabumil. Awal hamil juga pernah kena flu ketularan teman kantor, dan itu lamaaaa banget sembuhnya, rasanya nyiksa dan ngga enak banget.
Bumil tersiksa karena flu... 
Karena bumil sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan, jadi saat ini saya mengatasi flu dengan cara alami tanpa obat. Dan kalau beneran dilakukan tiap hari, alhamdulillah si flu minggat dan saya ngga perlu minum obat yang membahayakan debay.

Ini cara saya mengatasi flu saat hamil tanpa obat:

1. Banyak Minum Air Putih Hangat.
Kalau lagi hamil gini, rasanya pengen minum yang dingin-dingin, karena berasa geraaah banget. Nah pas flu, saya stop minum dingin dan memperbanyak minum air putih hangat. Kalau biasanya saya suka hilaf dan jarang minum (apalagi kalau lagi kerja) pas flu saya usahakan minum banyak karena bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang karena ingus, pokoknya 8 gelas minimal ketika kerja its a must

2. Bekal Madu + Lemon 
Siapa yang ngga tau honey lemon shot yang dipopulerkan sama si cantik Andra Alodita? Honey lemon shot ini manjur banget buat flu, kalau punya maag, perbanyak madunya, kurangi lemonnya, diminum tiap pagi & malam. Karena saya ngga sempat bikin pagi-pagi, maka saya selalu bekal madu + lemon ke kantor, jadi bisa bikin setelah sampai. Kandungan madu bisa melegakan tenggorokan dan membuat badan kembali bugar. 

3. Berkumur dengan Air Garam
Kalau awal-awal flu, kadang telingga dan tenggorokan sakiiit banget karena banyak kuman ditenggorokan. Kalau ngga yakin sama obat kumur yang siap pakai karena takut tertelan, coba deh berkumur pake air garam. Cara ini bikin tenggorokan lebih plong dan garam bisa membantu hilangkan kuman & virus yang ada. Kalau berani sih bisa juga itu air di minum tapi saya ogah hahahah cukup kumur-kumur aja sehari 3 kali, pagi-siang-malam agar tenggorokan terasa lega. 

4. Perbanyak Makan Buah dan Sayur 
Sebetulnya waktu ngga flu saya termasuk orang yang sering makan sayur & buah, tapi ketika flu saya makan lebih banyak lagi, plus kalau sempat saya minum air jeruk murni yang mengandung banyak vitamin C. Sayur & buah yang saya tau membantu memperbaiki sistem imun tubuh, jadi saat flu harus ditambah lagi dosisnya agar flu bisa dikalahkan #eeeaaa :D 

5. Minum air jahe hangat
Ini enak banget diminum kalau tenggorokan lagi sakit. Tapi saya suka mood-moodan bikin karena jahenya harus dibakar dulu ihihihi. Jadi biasanya saya bikin seduhan jahe bakar ketika weekend. Lebih bagus lagi kalau pakai jahe merah tapi karena jarang nemu, pake jahe biasa pun udah mujarab kok.

6. Istirahat yang Cukup 
Nah ini, yang rada susah dilakukan, apalagi kalau hari kerja.... Sebetulnya sih kalau flu paling manjur emang istirahat, tapi kadang kondisinya ngga memungkinkan. Jadi saya siasati dengan istirahat sebentar setelah sholat dhuha, dan sholat wajib. Jadi santai-santai dulu, setelah sholat dan ngga terlalu mantengin kerjaan banget. Setelah kerja dirumah (kalau bisa) istirahat dan jangan tidur terlalu malam. 

7. Terapi Uap di Kamar
Cara ini manjur banget saya gunakan ketika Raya flu. Nah, untuk mengatasi flu saat hamil tanpa obat, cara ini juga berhasil lho. Simpan air panas dipojok ruangan dan campurkan dengan kayu putih atau aroma terapi yang dirasa membuat relax. Uap air dalam kamar membantu melegakan pernafasan & mengencerkan ingus. Tidur juga lebih nyaman karena tenggorokan lebih lega. 

8. Makan Sup Ayam Hangat + Cabe 
Sup ayam dipercaya manjur buat mengatasi flu saat hamil tanpa obat, katanya sih rempah dan kandungan bumbu-bumbu dalam sup ayam seperti bawang putih, bawang merah, dan lada melepaskan zat anti peradangan alami yang berguna melawan virus. Trus protein si ayam dapat mempercepat proses penyembuhan flu. Sedangkan cabe dipercaya banyak mengandung vitamin C, jadi bisa membantu suplai vitamin C. Tapi jangan terlalu banyak cabenya, hihihihi, ntar bukannya sembuh malah diare pulak, yang sewajarnya ajaaaa. Lagian berasa kok, abis makan sup hangat + cabe rasanya plooong, trus ingus pun ngucur tanpa terkendali #eh hahahah.

9. Mengoleskan Balsam di Telapak Kaki 
Oleskan balsam di telapak kaki trus pakai kaos kaki setelahnya kemudian dibawa tidur. Itu rasanya enak banget, bikin kaki jadi hangat dan pas bangun agak lebih lega. Biasanya saya juga melakukan hal ini kalau Raya flu, jadi kenapa ngga dipakai untuk para bumil :D

10. Terapi Bawang 
Ini sebenarnya cara mengatasi flu tanpa obat yang paling saya hindari hahahaha. Masalahnya saya ngga suka bawang dan bau bawang hiks... Tapiiii, beneran terbukti menyerap kuman lho. Caranya belah bawang bombay jadi 2, trus taro disudut atas atau bawah kamar. Emang sih baunya semerbak bangeeet, tapi abis itu pas bangun kepala jadi lebih enteng & tenggorokan lebih lega. Saya pernah baca kalau bawang itu emang menarik kuman dari udara, jadi sebenarnya ngga baik memakai bawang iris yang sudah terpapar lama di udara karena akan terdapat banyak kuman. Jadi kalau mau masak, si bawang langsung digunakan aja, jangan disimpan di tempat terbuka gituuu.

Banyak-banyak makan buah biar sehat! 
Ini cara saya mengatasi flu saat hamil tanpa obat. Lumayan efektif dan membantu kalau emang rutin dilakukan. Susah emang jadi bumil hahahahah #curcol tapi demi kesehatan dan kemaslahatan debay, jadi cara diatas paling top lah dilakukan.

Kalau kalian gimana? Ada pengalaman flu saat hamil juga kah? Trus cara mengatasinya gimana, sharing dong biar saya tambah pinter #halaaah hahaha :D



CONVERSATION

56 comments:

  1. kalo lagi hamil memang sulit ya minum obat sembarangan

    ReplyDelete
  2. makasih tips kesehatannya mbak, ini gak harus untuk bumil kan yah,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dooong hihihi, kan sebenernya paling gampang kl lg flu itu minum obat, tapi kalau mau pake cara alami lebih bagus lagi :)

      Delete
  3. itu yg telapak kaki di oles balsam trus pake kaos kaki, buat gw ampuuuhh banget.. apalagi klo anak lagi mau tidur pas mereka batuk.. di jamin ngga batuk parah semaleman..

    sehat terus ya bumil kesayangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget nik, kalau lagi flu jg ingusnya jadi brasa ngencerin gitu hahahah ntah knp kekuatan balsam & kaos kaki itu dampaknya cetar anet :D

      Maaciy ya tante nike :*

      Delete
  4. klo bawang ini buat aroma terapi kamar baru tau kali ini deh hehehe. bukan hanya kuman mungkin malaikat juga akan jauh jauh dari kamar karena gak tahan baunya hahah. klo dari film jung gem di serial drakor jewel in the palace itu pakek apel, tapi mahal ya BUnd wkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset bawa2 malaikat hahahaha.
      Duh apel mah dimakan aja Pak, mending bawang deh, murah tapi ya bawuuu hihihi :D

      Delete
  5. Mau coba tips nya ya mbak aku udah 3 hari flu berat nih, lg hamil juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, semoga tipsnya manjur & cepet sembuh ya bumil :)

      Delete
  6. Lahhh og sama mb san, langganan pilek aku, bawaan debay apa yak hihi
    Tp ya gitu obatnya cuma istirahat, aer putih, buah, maem
    Klo obat2an tatuuuud
    Balsempun waktu itu ragu, e ternyata boleh ya asal di kaki?
    Pdhl yg masuk angin punggung gegekkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuacanya emang lagi ngga bagus nit, dan mungkin nita jg kecapean jadi gampang kena flu.
      Balsam boleh kok kan ngga diminum hahahha, apalagi sekarang kaki dah bengkak kalau kecapean jadi aku balurin parem kocok ke kaki + pinggang biar anget :)

      Delete
  7. Nomor 5 sama kita mbaak, Jahe emang okeh beud. Tapi biasanya aku direbus doang sih. Kalau dibakar rasanya gimana ya? penasaran hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos! Kl dibakar rasa jahenya lbh keluar mba... 😁

      Delete
  8. banyak minum air kelapa Tante
    kan air kelapa muda bagus tuh

    orang keracunan aja, bisa diobati pake air kelapa muda
    bener gak sih?

    hehehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya bener banget Dija, air kelapa ijo lbh bagus & bener kok bisa diminum kalau keracunan 😘

      Delete
  9. Wah bisa disimpan nih tipsnya buat aku kalo hamil ntar. Soalnya kadang suka nggak tahan kalo nggak minum obat karena kadang ada demam dan ngilunya itu lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Wi, kalau flu suka barengan demam & ngilu, dan itu ga enak banget... semoga sakses progamnya ya 😘

      Delete
  10. Banyak buah dan sayur itu membantu banget mba... moga cepat pergi flunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayuran & buah emang tokcer ya mba ira... makasih doanya 😊

      Delete
  11. Kmrn2 suka bikin jahe sama lemon madu biasanya. Soalnya aku dah agak sering minum obat alergu, klo bisa dikurangi, jd flu2 gini klo bisa yg alami. Paling enak emang makan sop pedaas, haha. jd laperr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jahe, lemon madu emang enak... tenggorokan jg lega tp ati2 jgn diguyur air panas lemonnya ni.. nanti vit c nya ilang 😁
      Sop pedas bs jg diganti bakso pedas #eh hahahha

      Delete
  12. samaaa banget San, gw juga stiap hamil entah knapa sering flu, mungkin karena daya tahan tubuh lagi kurang oke juga kali yaa.. Makasih yaa tips2nyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Zata, rentan banget bumil flu.. susaaah deh :D

      Delete
  13. Aku pernah flu juga saat hamil. Solusinya ya istirahat yang cukup dan terapi uap, tapi waktu itu nggak ada campuran kayu putihnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terapi uapnya pake uap biasa aja ya mba? kl ditambah kayu putih lumayan bikin lega ingusnya kayak ilang gitu :D

      Delete
  14. Kesukaanku diantaranya adalah minum air pitih dan jahe hangat...

    Bikin sugerr dan hemat.
    Semoga selalu sehat walafiat untik mbak, putri tercinta dan keluarga.

    Sukses selalu
    Salam dari Rembang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih doanya mas, iya air putih & jahe anget emang melegakan banget ya :)

      Delete
  15. Masguh udah hampir 3 minggu batuk. Krn memang cuaca lagi galau dan beliau kebanyakan naik ojeg sana sini. Enter wind kalo kata org jawa mah.

    Dikasih resep sama bosnya, yang alhamdulillah manjur utk batuk membandel:
    - 1 jempol jahe dikeprek
    - 1 sdm peres lada diulek kasar
    - 3 gelas air
    Campur semua dan didihkan. Air saringan diminum, campur dengan madu/gula batu.

    Pedesnya dasyat, jangan tanya bau nya yg nyengat.

    Tapi alhamdulillah berhasil mengusir batuk membandel yg 3 minggu sblm nya betah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaaa... duh itu aku mikir pake ladanya hahahhaa #glegh.. ladanya di skip boleh nggaaa?? #nawar :D

      Delete
  16. Iya kalau lg hamil mmg hrs ekstra jaga tubuh kita ya.. Soalnya klo sakit agak susah nuari obat yg pas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mbaa.. duh kl hamil mah yg alami2 aja dulu deh :D

      Delete
  17. Kalau saya biasanya minum air jeh hangat dan istirahat yang cukup. Tapi jika masih memandel, ya harus kedokter. Obat akhirnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dibanyakin istirahatnya mas, kl istirahatnya kurang suka susah sembuh dr flu :)

      Delete
  18. Mbak... aku dua hari lalu baru aja pilek... minum UC1000 + istirahat, eh sehari itu Alhamdulillah langsung sembuh :D sama orang tua udah gak boleh sering minum obat kalo batuk-flu :| tapi situasinya aku gak hamil :D kalo hamil jangan kali yah, soalnya kan asem bingiit....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kalau ngga sempet bikin jus minum UC itu jg :D botolnya lumayan buat nyimpen ASIP #eh hihihi :D

      Delete
  19. Yang paling saya suka jeruk nipis dan madu setiap hari untuk jaga stamina. Betul ya mba, buat bumil cari yang herbal, alami, dan aman aja. Semangat dan sehat selalu bumil. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, jeruk nipis & madu emang enak ya.. aamiin, makasih doanya mba :)

      Delete
  20. Udah pinteeer ini mah ���� aku pas hamil pernah sampe pusing banget, batuk juga alhasil ngapel ke dokter. Kurang lebih sama. Sup hangat plus cabenya mintaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuhun Uciii.. nah kl pusing itu yg rada susah krn ngga bisa apa2, harus istirahat bener itu mah

      Delete
  21. berarti makanan sehat dan banyak air putih penting bangeeet ya! Setuju..dan kalau bisa terus dilanjutkan meskipun ngga flu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting mba :D flu or ngga flu minum air yg cukup & makan sehat bantu kita lbh fit kan :)

      Delete
  22. Aku teh lagi flu terus kemarin teh ke dokter kandungan ih bujubuneng obatnya banyak pisan ga aku tebus da mih wkwkkwkwkwk aku pake tidur makan weh lah hahhahaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ih, sayang ditebus ge.. emang flu mah harusnya istirahat & makan makanan bergiji, komo lagi hamil mah..

      Delete
  23. paling suka pake terapi uap+EO tapi u bumil harus hati-hati pilih EOnya

    ReplyDelete
  24. Iya. Flu emang ga perlu obat kok. Yang penting meningkatkan vitalitas tubuh dgn makanan, minuman dan istirahat :)

    ReplyDelete
  25. semuanya udah diborong yang jelas ibu hamil memang sebaiknya tidak perlu minum obat. Kalau ada minuman yang alami kan boleh dicoba. Aku suka tuh minum jahe anget,

    ReplyDelete
  26. Konsumsi air putih yg banyak jangan sampai telat. Walau dampaknya jd sering ke kamar mandi tapi tak apa demi tubuh bugar anti flu

    ReplyDelete
  27. Bener banget mba. Biasanya kalo sebelum hamil, sakit dikit langsung minum obat. Sekarang inget ada jabang bayi jadi lebih selektif. Kemarin saya juga kena flu, tapi cuman minum Vit C dan minum adem sari chingku (bukan endorse haha), gak lupa makan yang banyak, 2 hari aja langsung sembuh. Hihi, sehat terus ya bumil :)

    ReplyDelete
  28. Aku kalo flu bawaannya mau makan yang berkuah, hot n spicy. Bakso sudi mampir yuk, hahaha..

    ReplyDelete
  29. Kalau lagi flu, pengennya makan yang seger. Sayurpun mesti yang berkuah, dan kalau bisa pedes. Trus minum yang hangat-hangat. Akhir-akhir ini aku lagi suka lemon mint hangat.

    ReplyDelete
  30. terapi uap dikamar kata aku paling mujarab bund.. joss banget itu berasa surga dunia pas idung mampet jadi plongg :D
    btw,mampir juga di blog aku ya bund di racunmaniscantik.blogspot.co.id makasii

    ReplyDelete
  31. Omg waktu hamil aku pernah flu, pas lagi muntah-muntah gitu sampe gak bisa napas. Huhuhuh.
    Ini tipsnya bisa juga dijalani sama orang flu tapi nggak hamil hehe. Soalnya kita kan jangan keseringan minum obat ya mbak. Aku udah pernah nyoba tipsnya, tapi ada yang belum sih kayak yang balsem sama bawang itu.

    ReplyDelete

Back
to top