Kapan Sih Umur yang Tepat untuk Anak Sekolah?

Akhirnya ini banyak berseliweran masalah-masalah yang berat, seperti maraknya bunuh diri, tentang bullying anak, sampai urusan beras. Saya jadi merasa bersyukur masalah saya mah cemen-cemen aja, salah satunya urusan sekolah Raya. 

Setelah lama menghilang, akhirnya saya & neneng Bella sepakat untuk menghidupkan lagi MINION aka Mommy Opinion yang mati suri semenjak saya hamil hahahaha. Daaan tentunya Rabu ini kami akan membasan masalah yang sepertinya cemen tapi buat saya cukup memusingkan tentang sekolah di usia muda #naooon.


Baca curahan hati yang paling dalam dari neneng Bella tentang sekolah disini: 

Jadi tahun ini usia Raya menginjak umur 4 tahun, dan pertanyaan yang muncuk selain kapan punya adek (sebelum saya ketauan hamdun) adalah kapan Raya sekolah. Hmmm... Saya jadi mikir, emang harus ya Raya sekolah hahahahha, soalnya di daycare Raya sekarang ini, programnya udah kayak program playgroup dan TK, jadi selain bermain, Raya diajar mengenal baca, huruf, menulis, dan baca huruf hijaiyah. 

Tapi kemudian semua masalah dimulai, gegara sebelum lebaran banyak temen-temen Raya yang seumuran pindah dari daycare dengan alasan sekolah, dan Raya pun pengen ikut-ikutan sekolah. Secara saya & Abah belum siap, jadi kelimpungan dong hahahah, belum survey ke TK-TK cyiiin, udah gitu bingung kan mau dimasukin TK deket kantor atau deket rumah aja, nanti kalau deket rumah siapa yang jemput & di rumah sama siapa, pun kalau deket kantor nanti ngapain di kantor abis sekolah... Disitu saya merasa bingung dan galau tingkat rt/rw... #glegh.


Seminggu menjelang masuk daycare, saya & Abah ngebujukin Raya untuk masuk daycare dulu, nanti kita lihat-lihat sekolahnya bareng. Anaknya tetep ngga mau, keukeuh sumeukeuh kararekeuh pengen sekolah. Semua udah dicoba, dari bujuk halus, sampe ancaman kejam hahahaha, tetep ngga mau ke daycare, mau sekolah.. #mamihgalautingkatkelurahan. Meskipun kami bilang kalau ngerayain ultah dulu di daycare, Raya tetep ngga mau, katanya mau ultah di rumah aja #galautingkatkecamatan.

Akhirnya hari Sabtu, saya rada ngancem #udahgalautingkatwalikota kalau ngga mau ke daycare saya ngga mau lagi bobo bareng Raya, pokoknya Raya kalau apa-apa jangan minta ke saya, minta ke Abah aja #mamihdahlelah. Akhirnya setelah bujuk-rayu, ancaman, dll. Raya mau balik ke daycare #pphiiiuuuuhhhh #elapkeringet. Tapi harus beli kado gitar-gitaran sesuai keinginan dia... Baiklaaaah, gitar-gitaran doang mah cingcai (meski pas liat harganya mayan nelen ludah juga). Hari Minggu udah agak lumayan, mau ke daycare dan kami jalan-jalan sambil beli kado yang dimau buat nyenengin Raya. Trus saya curhat juga sama guru di daycare kalau hari Senin tolong Raya dibikin betah biar ngga drama karena anaknya pengen sekolah dan ngga pengen ke daycare lagi.

Hari H, alias Senin, saya sengaja bawa Raya ke daycare pagi-pagi biar anaknya tidur & ngga drama pas ditinggal. Plus ngajuin cuti akhir bulan ini, karena Raya pengen sekolah deket rumah, saya dan janjian sama Abah buat survey ke sekolah-sekolah yang sudah kami list, pokoknya semua rencana udah dibuat dengan matang, biar anaknya seneng & ngga mewek-mewek lagi mau sekolah.

Seminggu, dua minggu, di daycare Raya masih bilang pengen sekolah.. Wokeh lah, kami selalu bilang nanti ya, kita lihat dulu bareng-bareng sekolahnya. Minggu ke 3, anaknya udah lumayan nyaman di daycare dan kehamilan saya makin gede dan Raya dah tau jenis kelamin dedeknya. Raya seneng banget dan selalu bilang ke orang-orang kalau Raya mau punya dedek. Disitu saya ambil celah dan pake strategi lain, menggunakan si dedek hahahaha.

Satu hari saya jemput Raya dari daycare dan berdiskusi dari hati-kehati tanpa gangguan film paw patrol (soalnya ni anak kalau pulang pengen nonton paw patrol mulu).
Mamih        : Raya beneran mau sekolah
Raya            : Iya bener, Raya mau sekolah yang deket rumah
Mamih        : Tapi kalau Raya sekolah, nanti teman-temannya baru lagi lho, harus kenalan lagi, ngga ada tante-tante, dan miss lagi, ngga papa ya..
Raya            : ...... (diem mencerna)
Mamih         : Nanti kalau Raya sekolah, berarti pisah sama dedeknya, mamih sama dedek ke daycare, Raya ke sekolah, ngga papa?
Raya            : Ngga mau, Raya mau sama dedek.
Mamih         : Jadi gimana? Raya mau sekolah apa sama dedek di daycare?
Raya            : Mau sama dedek aja di daycare, nanti Raya sekolahnya umur 5 tahun aja
Mamih       : #elapkeringet... Ya udah nanti bilang ke Abah ya kalau Raya sekolahnya umur 5 tahun aja.
Raya            : Iya, iya... Raya di daycare dulu aja sama dedek
Mamih         : ...... #victorydance



Nyampe rumah, Raya cerita sama Abah kalau nanti sekolahnya umur 5 tahun aja, dan dari situ permintaan tentang sekolah menguap gitu aja. Sekarang alhamdulillah Raya betah & hepi (lagi) di daycare tanpa ada drama atau mewek-mewek karena sekolah.

Tapi saya & Abah tetap mau survey sekolah, mulai dari sekarang biar nanti pas saatnya tiba Raya bisa sekolah di tempat yang nyaman buat Raya.

Menurut kalian, salah ngga sih saya biarin Raya tetep di daycare? Soalnya saya rada ngerasa bersalah dikit, tapi saya juga takut Raya belum siap sekolah dan ternyata setelah sekolah anaknya ngga suka & pengen balik lagi ke daycare gimanaaa... hiks

Sebenernya, kapan sih umur yang tepat untuk anak bersekolah? Please, tolong kasih pencerahan sebelum mamih galau tingkat walikota & kabupaten :D

Ditunggu pencerahannya yaaa.. Maaciiiy banget!
Anak umur 4 tahun yang pengen sekolah, tapi ngga jadi katanya ntar umur 5 tahun ajah :D 

Baca juga tulisan MINION yang kemarin disini:
Hal-Hal Positif Dibalik Merayakan Ultah Anak
Tambah Anak Tambah Rejeki: Yay or Nay

CONVERSATION

40 comments:

  1. klo kata temenku yg psikolog emang 5 tahun mih sdh matang sematang buah di haeurpeun bumi 🤣😂
    nah aku ge galau kemrin jg komo dg berseliweran a,b,c di daycare masih mending ada programnya yg bikin anak ga monoton si menurut akyu loh. btw aku kepo JK dedek mmm kasih taulah sedikit 🤣😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooo gitu ya, alhamdulillah atulah kalau emang cocoknya umur 5 thn mah.. Aku jg mikir umur 5 tahun aja, toh di daycare banyak kegiatan. Tapi ya itu gegara ditinggalin sama temen2 seumuran jadi Raya galau..
      Hahahah jenis kelamin dedek Raya cewe lagi tanteee, jangan lupa kado ya.. dan maaf ngga nerima cireng or cilox apalagi seblak huakakak :D

      Delete
  2. sebenernya ya mamih, yg bikin galau tuh karna anak kita lahir di bulan Juli, pas banget tahun ajaran baru XD

    kalo birru sih sudah diputuskan buat SD pas 7 tahun aja. jadi tahun ini dia baru masuk PG, mengingat seminggu sebelum sekolah dia baru luwes pake celana dalem. baru bisa pup di toilet aja baru2 setelah setelah seminggu sekolah (mari kita ucapkan alhamdulillaah). ini mah murni drpd anaknya ga ada kerjaan aja dan gak kenal siapa2, akhirnya aku sekolahin XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes bener banget! Anak lahir Juli itu bikin galau se galau galaunya XD

      SD kayaknya mau masuk 7 tahun jg, jadi pas ya kl Raya masuk TK 5thn. Lagian kl PG, di daycare pun sama aja kegiatannya kayak PG, sayang uangnya euy hahahah #mamihpelid

      Maaciy sharingnya ibu biyuuu :-*

      Delete
    2. macama mamih yaya, aku nurut aja sama Bu Elly Risman lah. intinya, jangan ngambil waktu berharga anak dimana mereka harusnya masih bermain malah hrs tiba2 diberi tanggung jawab untuk belajar. cup cup buat Raya yang mau punya dedek cewek :*

      Delete
  3. Banyak pendapat bunda. Cuma jika mengambil pendapatnya bu Elly Risman, Psikolog. Sebaiknya anak masuk sekolah usia 7 tahun. Karena usia prasekolah penanaman bonding yang kuat antara ortu dan anak, pembentukan karakter dan pengenalan adab, menstimulus motorik kasar dan motorik halus anak. Pendapat psikolog bu Elly itu diperkuat juga dengan pendapat psikolog yaitu pak adriano rusfi dan pendapat ahli parenting pak harry santosa. Tergantung kita ortu mau ambil pendapat yang mana. Semoga membantu bun 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah lengkap banget, makasih infonya Bunda.. Jadi bisa lebih pede jelang anak sekolah nanti :)

      Delete
  4. Pendapat Bunda Erysha betul, itu Bun. Saya dan suami agak galau juga soal sekolah Rafa. Kalau tahun depan dimasukkan SD, umurnya masih 6 tahun lebih dikit (secara dia sekarang sudah di TK B). Kemungkinan Rafa biar di TK dulu deh, biar ntar masuknya SD umur 7 tahunan gitu.

    Sebaiknya kita memang tidak perlu buru-buru memasukkan anak ke sekolah. Biarlah dia melewati masa golden age nya dengan menyenangkan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, hihihi iya mba aku pun pengennya Raya seneng2 aja dulu, biar ngga terlalu terbebani ini-itu urusan sekolah... Maaciy sharingnya yaa :)

      Delete
  5. Aq baru masukin anak ku ke daycare mbak bulan ini setelah umur 3 tahun, kmarin ingin sekolahin jg pg tp ternyata di daycare belajar banyak juga, gak jd pg, krn anaknya juga msh nolak sekolah,,, tp aq rencana mo tk juga umur 5 tahun biar gak kelamaan sekolah mulu, takutnya bosen, xixixi
    Selamat untuk kehamilannya mbak, semoga sehat selalu sm debaynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos mba! Raya semoga betah di daycare sampe 5thn hihihihi. Biar nanti TK trus SD setelah itu aja.
      Maaciy ya buat doanya #kisskiss

      Delete
  6. wah senengnya Raya mau punya dede lagi.. sehat-sehat terus ya Mbak.
    Anak saya baru tahun ini masuk TK pas umur 4,5 tahun. Lahir Januari dia, jadi baru tahun ini saya masukkan. Nah kalau adiknya lahir Mei, mungkin baru akan saya masukkan TK nanti pas usia 5 tahunan, sama kayak Raya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaciy mbaaa
      Okay, berarti keputusan aku nungguin raya 5thn buat TK udah tepat hihihihi :D

      Delete
  7. Kalau SDnya niat ke negeri, mending TK dimulai dari usia 5 tahun. SD negeri ketentuannya kan minimal 7 tahun. Tapi bukan karena ketentuan, sih. Ada alasan kenapa usia 7 tahun itu paling tepat karena di SD negeri murid per kelasnya banyak tapi wali kelas cuma 1. Makanya anak yang udah mandiri cocok masuk negeri.

    Kalau pilihannya swasta, masih bisa di bawah 7 tahun. Tapi lihat juga gimana sekolahnya. Di SD anak-anak saya termasuk yang child friendly. Selain jumlah per kelasnya sedikit, untuk kelas bawah wali kelasnya ada 2. Jadi masih sanggup lah ngeladenin anak-anak yang belum mandiri sambil pelan-pelan dididik.

    Pernah baca juga kalau usia 7 tahun ke atas lebih mampu menangkap pelajaran. Apalagi jaman sekarang pelajaran kan makin susah. Tapi kalau kata saya sih gimana cara ngajarnya juga.

    Sejak TK, sekolah anak-anak saya udah ada materi calistung. Tapi guru-gurunya mampu ngajarin dengan cara menyenangkan. Anak tetap merasanya lagi bermain. Di SD pun begitu. Walaupun pelajarannya makin susah tapi mereka happy karena guru-gurunya bisa ngajarin dengan cara yang asik. Kalau udah happy, biasanya menangkap pelajaran pun lebih gampang. Makanya mereka jarang belajar lagi di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiih makasih banyak masukannya, kusenang karena jadi bisa belajar... Intinya dikembalikan lagi sama anak apakah siap apa ngga sekolah (terutama masuk SD) ya mba :D

      Delete
  8. wah drama cari sekolah dulu juga begitu sampai kuliah, masa2 itu sdh berlalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahahha mba tira mah dah lewat yg kayak gini yaaaa...

      Delete
  9. Gak ada rumus pasti sih mba. Saya biasanya anak umur 5 tahun udah SD. Tapi ada juga yang punya pemikiran anak sekolah itu bagusnya 6-7 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga ada rumus pasti itu yg bikin pusing mba hihihi, tapi emang harus melihat kesiapan anaknya juga ya, kesian kalau anaknya stress gegara ngga siap sekolah :D

      Delete
  10. Aku mau komen apa curhat yah hihi... secara Babam ini udah 3 sekolah yg give up. Jadi Babam sekolah SD mgkin 7-8 tahun, krna memang ada clue kesulitan bljr soesifik jd niatnya masuk sklh yg skh 4 thn supaya disiplin ama punya temen sepantaran. Klo untuk akademis atau kognitif aku gak terlalu khawatir. Yg ptg pondasi prilakunya dulu huhu.

    Wktu ngajar SD kadang kasian sih ama anak2 yg usia 5tahun lebih udah SD negeri krna hrs mandiri dan gurunya megang banyak anak pasti ada yg gak terjangkau. Makanya gak mau jd guru lagi hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah mamih babam dan khatam dong ilmu2 buat sekolah anak :D
      Raya anaknya udah mandiri tapi kadang manja juga, makanya kalau masuk TK aku takut dia malah ngga betah...
      Bener sih pondasi perilaku dulu penting buat masuk sekolah, biar anak jg lebih siap ketika sekolah kan :)

      Delete
  11. 5 thn aja mamih Tknya.. udah jgn galau �� adik bayinya kacian nnti ikut pucing. Kan ntar jg Raya ada kegiatan baru bentar lagii, main sama adiknya^^
    Klo sd kan 6 thn lebih ya, matangnya 7 thn ya yg aturan sekolah dasar negeri. Ya paling beda setahunan sama yg swasta. Terserah mamih abah dan teteh Raya yg mnjalani #saranapeu
    Yg pnting skrg udah anteng lg kan Yaya..sekian ��������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah siap tante ucii, sekarang raya kadang anteng kadang mutung ke daycare.. mamih lelah, tapi ya itu, takutnya impulsif karena temen2nya sekolah, pas adeknya brojol malah pengen ke daycare lagiiii .. :D

      Delete
  12. Klo kata orang jawa lg fase mbegod tu istilahnya mb san ahaha, ya maunya seragaman ama temen, wkkkkkk...
    Yang penting gitarnya uda jadi jaminan kan yak ?
    Klo gitu mami bisa anteng sementara ngurusin debay

    ReplyDelete
    Replies
    1. huakakka iya nit, ikut2an temen gitu rayanya..
      Raya bilang di sekolah mau manggung pake gitaaar, oh my boong banget, secara disuruh performance di daycare aja suaranya keciiiiiil hahhahaha. :D

      Delete
  13. Hmmmm sbnrnya aku jg lbh setuju umur 5 thn san.. Tapiiiii ga bisa dipungkuri, anakku aja msk playgrup dr umur 2.5 dan tk dr umur 4, itu krn emak bapaknya ini kerjaaaa hahahaha.. Drpd ntr babysitternya jg kewalahan, kita masukin lah dia ke playgrup lalu lanjut sekolah :D. Tp ttp kok, aku udh wanti2 fylly tujuan utamanya cm main dan bljr sosialisasi di sekolah. Jd aku ga bakal marah dan maksa dia jg kalo anaknya msh blm serius bljr baca tulis ato berhitung. Lah kmrn pas bljr ngaji aja anaknya ketiduran wkwkwk.. Biariiin :D. yg ptg fyllynya suka dulu deh utk ke sekolah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. noted Fan!
      Setuju sih anak kl dirumah doang sama BS pun kesian anak & BS nya, harus ada kegiatan lain, ya PG itu.. Yg penting cuman main2 & ngga ada peer or pelajaran yg bikin stress... :D

      Delete
  14. Kok akuu ngakak bacanyaa ya mbak sandra ngakak tingkat kabupaten sama walikotaa wkwkw. . Alhamdulillaah ya mbak Raya uda luluh jugaa sekolahnya nanti pas umur 5 tahun. . Hehehe jd mamih sama abah gak galau tingkat walikota lagi :p

    Kalau menurut aku di day care juga uda kaya TK ya mbak soalnya kan diajarin baca tulis hitung. Sama kaya yg diajarin di Tk cuman bedanya ndak formal. . Aku dulu masuk TK umur 4,5 tahun soalnya ikut" kakak sekolaah. . Normalnya sih 5 tahun mbak kalau TK, nanti jdinya SD pas 7 tahun hehehe. .

    Sehat" terus debay, rayaa dan mamih sekeluargaaaa. . .be happy pokoknyaa yaa 😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. doakan aku ngga galau tingkat walikota plissss hahahhaha plus doakan raya istiqomah di daycare mpe 5thn :D
      Dulu aku malah masuk SD umur 5,5 thn, tapi ya itu, jadinya oon dan malah ngga ngerti pas dikasih pelajaran :D

      Delete
  15. Mambes...soon atau soonest gie juga bakalan ngalamin inih wkwkwkwk, belajar sejak awal ya makasih banget udah sharing di sini ^^ Sehat2 dedek dan mamih juga raya dan abah.
    Btw anak 4 tahun udah bisa milih plus nawar ya mih *apakabarnantiakujadiemak* X_X

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lungsur langsar urusannya ya Gie.. aamiin.
      Maaciy doanya, semoga raya istiqomah di daycare hahahha.
      Emangg anak sekarang udah bisa nego macem2, cape deeeeh.. -_-

      Delete
  16. Raya so sweet banget, udah ngerti adek.. anakku donk tiap ngomongin adek, langsung melengos. Pura-pura gak denger, huhu.

    Kalo lahir pertengahan tahun emang pasnya umur 5 tahun.. masuk SD pas 7th.. setauku SD negeri nerima murid yang umurnya udah 6,5 tahun ke atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raya itu dari kemaren2 selalu minta adek tantee, malah minta adek kembar -_-
      Jadi pas tau aku hamil, dia seneng bangettt... apalagi pas tau adeknya jg cewe, waaah hepi berat deh pokoknya :D

      Ntar ku masukin tk umur 5 aja lah, biar ngga kaget pas masuk SD hihihi :D

      Delete
  17. Kalau aku malah semppat ada wacana anakku nggak TK, Mba. Soalnya saya kan mantan guru TK, jadi bawaannya ngajarin anak mulu di rumah *halah *padahal kalau lagi rajin doang :p
    Udah gitu Wafa kalau ditanyain sekolah juga ajwabnya mau sekolah di rumah aja sama Bunda. Sampai akhirnya umur 6th, dia mau sekolah. Hahaha. Yaudah deh masukin TK B. Jadi pas nanti masuk SDnya 7th. Secara lahirnya Juli juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah enak mbaaaa, kl udah tau ilmunya gitu sih emang mending belajar sama bunda ajaaa :D
      Tos kakak Wafa lahir Juli juga hihihihi, aku lihat sikon nanti setelah adeknya lahir mba, semoga lancar perpindahan dari daycare ke tk nya :D

      Delete
  18. Anak saya daycare juga mbak, tapi disuruh pindah ke PG juga karena katanya minat belajarnya tinggi dan setelah percobaan dia emang menikmati proses belajarnya. Kalau kata gurunya sih yang penting tidak memaksakan aja, usia anak berapa ga jadi masalah asal sesuai porsinya.
    Semoga lancar semua ya perpindahannya

    ReplyDelete
  19. thanks for sharing mba, ilmu nih buat newbie mom like me ^^

    ReplyDelete
  20. Nanti aja Mih TK nya... 5 tahun masuk TK kayaknya pas. Anakku kecepetan masuk SD nih, kelas 1-2 masih bisa ikutin pelajaran, kelas 3 mulai keteteran. Nyesel jadinya

    ReplyDelete
  21. Hahaha itu ancaman yng sering aku pake klo udh sutrisna sama kelakuan krucils. "Ya udah! Klo mau apa2 gak usah ke bunda!".

    Krucils aku sekolahin di PG umur 2 thn mba. Karena klo di rumah aja, agak worry juga. Krn cuma di rumah sama mba. Semenjak sekolah, alhamdulillah sosialisasinya jauh lbh baik dan penambahan kosa katanya banyak banget.

    Tapi ya mba, sebenernya di daycare juga udah cukup loh menurut aku. Krn mereka kan ada belajarnya juga. Jadi nanti sekolah formalnya pas TK aja.

    ReplyDelete
  22. Itu adegan Mamih bujukin Raya trus diakhiri dengan dance Minion, terasa sungguh nyata hahahaha
    Kalo aku dulu sekolahnya TK 4 taun Mih, maunya dimasukin pas umur 3 taun, tapi gak boleh sm Kepseknya. Khawatirnya, udah disekolahin malah anaknya nggak happy, trus malah rewel akhirnya nanti pas waktunya beneran sekolah malah susah.
    Tapi mungkin perkembangan zaman beda ya, anak2 sekarang umur 3 taun sudah siap banget sekolah.

    ReplyDelete

Back
to top