Serunya Berkesplorasi Bersama Anak (Raya)

Raya adalah anak yang tidak bisa duduk diam ketika belajar, untuk berlajar angka dan huruf biasanya tidak bisa diajarkan dengan duduk di meja dengan cara seksama hihihi. Jadi saya harus berfikir bagaimana cara memberikan pelajaran pada Raya dengan cara yang menyenangkan, tidak membosankan, tapi Raya bisa tetap fokus dan menyerap ilmu yang saya berikan. 

Salah satu cara yang saya gunakan untuk mengajar Raya adalah dengan cara berkeksplorasi. Saya mencoba mengajarkan hal-hal yang perlu Raya ketahui dengan memperlihatkan semua benda-benda yang dapat dipegang, dilihat dan dimainkan langsung. Memberikan Raya kesempatan bereksplorasi menurut saya sangat baik untuk keseimbangan tubuhnya, melatih motorik kasar dan halus, menambah rasa percaya diri, membuat Raya tidak takut tantangan dan terbuka pada hal-hal baru.


Untuk Raya yang sudah berusia 3 tahun, saya memberikan kesempatan berkesplorasi tidak hanya seputar rumah,  daycare, rumah nenek, tempat umum, dan lainnya, karena kemampuan berinteraksi Raya sudah lebih meningkat dibandingkan tahun lalu. Saya membebaskan Raya untuk berinteraksi dengan teman atau mengembangkan kreativitasnya. Contoh pengembangan kreativitas yang Raya lakukan adalah mencoba untuk mencampur sesuatu, mengaduknya, menempelnya, dan lainnya. Misalnya, mencampur kertas dengan air lalu mengaduknya.

Manfaat dari kegiatan eksplorasi bagi anak juga diakui oleh psikolog Ratih Ibrahim. Menurut Ratih mengenalkan anak dan membiarkan anak berinteraksi dengan hal-hal baru dapat mendukung keterampilan sensorik, morotik, keterampilan dalam berkomunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif, dan kreativitas anak.

Kegiatan Eksplorasi yang Dilakukan Raya 
Usia Raya yang 3 tahun merupakan masa emas pertumbuhan otak yang harus diisi dengan berbagai stimulasi yang tepat agar tumbuh kembangnya berlangsung dengan normal. Pembatasan gadget juga saya terapkan pada Raya, biasanya saya hanya memberikan gadget maksimal 2 jam per hari dan selalu saya dampingi. Gadget sebetulnya dapat menjadi alat bantu untuk menumbuhkan stimulasi anak, tapi pilihan utama tetap bermain dan mengeksplor semua yang ada disekitar Raya agar perkembangan motoriknya lebih maksimal.

Eksplorasi yang Raya lakukan biasanya dibantu oleh alat bantu seperti bermain sepeda roda tiga, jungkat-jungkit, perosotan, ayunan dan berbagai permainan anak-anak yang menstimulus motorik kasarnya. Selain itu saya juga sering mengajak Raya untuk beraktivitas sederhana seperti tangkap-lempar bola, bermain air, lompat trampolin, menendang bola, dan aktivitas visik lainnya. Biasanya hal tersebut saya lakukan dilapangan dekat rumah, sehingga Raya juga dapat berinteraksi dengan anak-anak lain dan belajar untuk mengantri dan sabar ketika menunggu giliran main.


Kemandirian Raya sudah mulai terlihat karena pengalaman tersebut. Saya juga selalu membiarkan Raya untuk makan sendiri, dan bertanggungjawab untuk memebereskan mainnanya usai bermain-main. Karena Raya selalu mencontoh kelakukan saya, saya sering juga memberikan contoh-contoh dan perintah sederhana agar Raya tahu bagaimana cara yang tepat serta alasan mengapa Raya butuh melakukannya sendiri. Saat ini Raya belajar sambil bermain di daycare, ekplorasi dan perkembangan imajinasi Raya membuatnya semakin pintar menghapal angka, huruf bahkan huruf hijaiah. Selain di daycare, di rumah juga Raya memiliki area khusus untuk belajar, dan banyak poster-poster yang menggambarkan banyak hal untuk menstimulasi motorik halusnya sehingga raya semakin mahir dalam menjelaskan banyak hal dan kosa katanya semakin berkembang.

Perlindungan Untuk Anak Saat Bereksplorasi 
Ketika Raya bereksplorasi, pasti bakal heboh, tangan, badan, seluruh tubuhh dan pakaiannya bisa kotor. Belum lagi kalau main air, kalau daya tahan tubuh Raya lagi rendah, malah bisa-bisa sakit setelah melakukan kegiatan. Untuk menyiasati dan tetap mendukung masa eksplorasi Raya, saya selalu mengusahakan agar Raya mendapatkan asupan gizi yang seimbang dan sesuai tahapan usia sangat dibutuhkan demi tumbuh kembang yang optimal. Hal ini antara lain bisa dicapai dengan mengikuti piramida makanan, sehingga gizi dalam makanan dapat diserap dengan baik oleh tubuh Raya, dan membuat saluran cernanya tetap terjaga fungsinya untuk mengolah makanan yang menjadi sumber gizi bagi organ-organ yang memberikan imunitas tubuh.

Biasanya saya selalu memastikan Raya memakan makanan yang memiliki asupan vitamin mineral yang baik dan spesifik seperti vitamin A, C, dan E serta mineral selenium dan zink. Vitamin dan mineral tersebut harus tercukupi agar dapat membantu mendukung daya tahan tubuh Raya, dan juga minyak ikan, protein, dan kalsium agar perkembangan otak dan pertumbuhan fisik Raya semakin maksimal.

Semua nutrisi yang Raya perlukan ada di DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+ yang merupakan susu untuk anak usia 3-5  tahun yang merupakan inovasi terbaru dari Nestle Research Centre. Dengan kandungan lebih dari 3X Lactobacillus rhamnosus di bandingkan produk sebelumnya.

“Menurut penelitian Hojsak yang dipublikasikan pada tahun 2010, asupan spesifik seperti Lactobacillus rhamnosus terbukti dapat membantu menurunkan risiko infeksi tertentu pada anak. Selain itu, vitamin dan mineral spesifik seperti vitamin A, C dan E serta mineral selenium dan zink juga dapat membantu mendukung daya tahan tubuh si Kecil. Sedangkan untuk mendukung perkembangan otak dan pertumbuhan fisiknya dibutuhkan minyak ikan, protein dan kalsium. Saat si Kecil sehat dan terlindungi, ia dapat bereksplorasi sesuai dengan tahapan usianya untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisiknya,” ujar pakar nutrisi Sari Sunda Bulan, AMG.

DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+ sangat memahami kebutuhan tumbuh kembang Raya yang hadir dengan nutrisi penting untuk pertubuhannya dengan 3 cara yaitu: untuk mendukung perlindungan Saluran Pernafasan, Daya Tahan Tubuh dan Saluran Cerna dengan Bakteri baik Lactobacillus rhamnosus, Serat Pangan Inulin dan mengandung Vitamin A, C, E, D, Fe, Selenium, & Zink dan semua yang diperlukan untuk melindungi dan mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak si Kecil.



CONVERSATION

13 comments:

  1. Duuh gemeeesh Raya pakai baju banana :*
    Sehat terus ya Rayaa :*

    ReplyDelete
  2. Halo kakak Raya salam kenal, cantik dan aktif ya kk Rayaaa :-* vit selalu yaaaa..

    ReplyDelete
  3. Itu cara yg aku pake jg ke fylly.. Sama mereka, ga bisa diem kalo belajar.. Untung papinya sabar dan mau lbh berkreasi kalo ngajarin fylly :D.

    Susu dancow ini minuman fylly ampe masuk k umur 4 thn.. Trs dia tiba2 ngerasain susu coklat dan ga mau lg minum susu putih -_- .. Jd sisa susu dancow dia kmrn itu kita pake utk bikin setup makaroni yg kuahnya pake susu biar gurih san :D

    ReplyDelete
  4. Senang dan bahagia ya kalau melihat anak selalu sehat.

    ReplyDelete
  5. Raya nya aktif banget ya mbak, padahal baru 3 tahun...

    www.borusiallagan.com

    ReplyDelete
  6. dari anak2 kecil minumnya dancow terus mbak, cocok di kantong juga

    ReplyDelete
  7. Neng Raya mungkin gaya belajar kinestesiknya mih?
    ngomongin susu aku ge lagi galau soalna gonta ganti cos Neyna bocan-an belum coba ni Dancow, semoga suka cus ah ntar sore ke Alfamart beli ini :D

    ReplyDelete
  8. Ya ampun Rayaaaa cantik sekaliii <3 #fokuspadaoutfitoutfitkuning GEMASSS :3

    ReplyDelete
  9. Sehat-sehat neng Raya, kangen lama nggak jumpa :D
    *toss* dulu sama2 anak Dancow

    ReplyDelete
  10. Kayak udah gede banget abis liat Yaya kecil trus liat fotonya yang sekarang :D

    ReplyDelete
  11. Ihhh Raya bikin gemes deehhh...
    Sehat dan aktif selalu yaaa

    ReplyDelete
  12. Ngeliat perkembangannya Raya dari kecil cabe rawit ke sekarang gemes pisaan! Hihi gasabar liat sharingan mamih pas raya adaptasi jadi kaka

    ReplyDelete
  13. wah... lucunya.. jadi pengen punay anak cewek. Salam kenal dedek raya...

    ReplyDelete

Back
to top