Resep Semur Tahu Telur Favorit Keluarga

Semur adalah makanan khas keluarga yang pertama kali diajarkan resepnya oleh Mamih pada saya. Karena keluarga saya penggemar masakan manis-manis yang mengandung kecap, semur selalu menjadi masakan favaorit dan ditunggu-tunggu kedatangannya. 

Lauk yang disemur tergantung keuangan saat itu, kalau Mamih lagi ada rejeki, semur daging & ayam pasti tersedia di meja. Kalau keuangan Mamih lagi seret, semur telur, tahu & tempe tetap jadi favorit anak-anaknya. Meskipun katanya semur merupakan makanan khas jawa, tapi buat saya sekeluarga, semur Mamih merupakan semur khas sunda hihihihi, apalagi makan semur buatan Mamih pake nasi panas, kerupuk + sambal... Hmmm, rasanya pengen terus nambah makan.

Semur tahu telur & kecap Indofood favorit keluarga :)
Saya mulai diajari cara membuat semur oleh Mamih ketika kelas 1 SMP. Kebetulan memang tidak ada asisten rumah tangga di rumah, dan saya suka membantu Mamih masak kalau beliau sibuk, apalagi masak masakan favorit saya. Jangan dikira keren banget SMP udah masak hahahha, karena membuat semur itu gampang banget!. Kebiasaaan masak alhamdulillah membantu saya setelah menikah, waktu awal-awal menikah dan kehidupan saya & Abah masih morat-marit, pelajaran masak dari Mamih bantu banget untuk berhemat keuangan. Akhir bulan pernah uang saya hanya sisa Rp. 15,000 dan akhirnya saya buat semur tahu & tempe, sambel + sayur toge hahahha, sakses lah saya & Abah tetap makan meski cuman punya duit sedikit. 

Melihat saya sering masak macem-macem, Raya juga sekarang mulai tertarik ngerecokin bantuin saya ketika masak. Meski cuman ngaduk-ngaduk atau nyuci sayuran, Raya udah seneng banget. Nah untuk urusan suka makan semur ini, ternyata menurun ke Raya, karena Raya suka banget makan makanan pake kecap. Plus Raya doyan banget telur dan tahu, jadi kalau libur, semur telur dan tahu pasti jadi masakan favorit di keluarga saya, terutama dibulan Ramadhan ini karena bikinnya gampang banget! Tidak lupa bikin semur telur tahu ini dengan kecap manis Indofood agar masakannya jadi lebih baik.   

Kalau bosen telur ayam, biasanya saya ganti dengan telur puyuh, kalau pake telur puyuh 1 porsi bisa memakai 10-15 telur dan bisa langsung habis sama Raya. Penasaran sama resep Semur Tahu Telur ala saya? #geer silahkan dilihat dibawah ini yaaaa 

Resep Semur Tahu Telur

Bahan:
  • 4 butir telur ayam  rebus, kupas 
  • 4 potong tahu putih ukuran 4 x 4 cm, goreng hingga matang

Bumbu dihaluskan:
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica putih butiran (saya tidak terlalu banyak pake merica biar Raya ngga kepedesan)
  • 1/4 buah pala
  • 4 butir kemiri, sangrai
Bahan dan bumbu lainnya:
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja, belah 2 memanjang dan memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 5 sendok makan kecap manis Indofood
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1 sendok makan gula jawa, sisir halus
  • 300 ml air
Cara membuat:
  • Siapkan tahu putih, cuci bersih, potong seusai ukuran yang diinginkan dan goreng hingga matang, angkat dan sisihkan. 
  • Rebus telur hingga matang, kupas dan sisihkan (kalau mau digoreng dulu bisa juga, tapi jangan lupa telur disayat agar tidak meledak pas kena minyak panas).
  • Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warnanya menjadi lebih gelap. Masukkan lengkuas, serai, daun salam, aduk dan tumis selama 1 menit.
  • Masukkan kecap manis indofood, garam, air asam dan gula, aduk selamat kurang lebih 10 detik. Masak dengan api kecil saja agar bumbu tidak cepat gosong.
  • Masukkan telur dan tahu, aduk rata, lalu tambahkan air, dan masak sampai mendidih. Biarkan kuah mengental tapi jangan sampai habis. Kalau kuah dirasa kurang gelap, tambahkan kecap manis Indofood. Setelah semua terasa pas, angkat & sajikan. :D



Bisa dipastikan semur telur tahu ini bakal tandas tak bersisa ketika buka puasa, untuk Abah biasanya saya buatkan tambahan sambal dan lalaban. Walaupun sederhana, tapi semua suka, proses pembuatan semur ini juga merekatkan bonding saya dan Raya, juga membuat semua bahagia ketika berbuka puasa. Saat Ramadhan, jadi lebih baik dengan resep yang menggunakan kecap manis Indofood.


CONVERSATION

53 comments:

  1. Sederhana tapi laris ya mba, sama dirumahku juga gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya mba yg kayak gini malah suka ngangenin :D

      Delete
  2. Aduuh... Untung bacanya gak oas sahur

    ReplyDelete
  3. Mamiih, yummy bgt semurnya, lngsng ak save resepnya, teteh khayla suka masakan yg pakai kecap2 gt, tp ak selalu kurang pas tiap masak semur, mudah-mudahan next berhasil hehe

    ReplyDelete
  4. Enakkk....kalau yang ginian mah dicemilin aja aku suka

    ReplyDelete
  5. Wahh kayanya enak banget inii...

    ReplyDelete
  6. Hiks, mampir ke sini pas sahur terakhir. Terbayang kenikmatan tahu berbalur kuah kecaonya :D

    ReplyDelete
  7. Semuurrrrr inii, idolaaakk bangeettt. Resep turun temurun dari mama ^=^

    ReplyDelete
  8. asik ada semur tahu n telor, nyam nyam glek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, apalah arti semur ini dibanding masakan di dapur gebut :D

      Delete
  9. Semur telur buatan Mama selalu ngangenin... Paling juarak deh kalau Mama bikin semur telur. Kalau ditambahi tahu bakal enak nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah ternyata banyak yg sama ya resep fav nya :D

      Delete
  10. Semur memang ga pernah salah ya maak

    ReplyDelete
  11. Ntr sore mau belanja bahan2 masakan utk makan malam ama besok :p. Nasib ART udh mudij, jd aku kali ini beneran mau masak san :D. Semur ini ama td baca resepnya ranny jg gampang. Pokoknya yg ptg gampang dan ga pedes lah:D

    ReplyDelete
  12. Akhirnya lebaran kemaren dibikinin semur setelah melihat teaser ini di IG wkwkwkwk, bahkan dari kampung gie impor coet (ulekan batu) supaya makin semangat masaknya wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah masak pake coet emang lbh afdol dibanding blender nggi :D

      Delete
  13. Segala jenis masakan berbahan dasar tahu dan tempe, jadi favorit anak2... mau diapain juga pasti abis. Apalagi disemur begini.. beuh, udahnya bisa dijilat2 tuh jarinya sampe bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak senang, emak riang (krn bisa irit) hahahah :D

      Delete
  14. semur memang enak, ada kecapnya bikin tambah enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh apalagi kalau pake kecap indofood ya

      Delete
  15. Perpaduan nasi + semur + sambel kacang juga enak loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah sambal kacaaang sepertinya yamiiii

      Delete
  16. Ini kayanya bisa diganti ayam ya Mak? sepertinya mudah dan enaaaaak. Yuk ah dicoba dulu :)

    ReplyDelete
  17. Semur telur tahu andalan di rumahku juga. Jadi pengen bikin lagi. Lebih enak kalau ditambah ati ampela hehehe.

    ReplyDelete
  18. Kesukaan suami nie, yang berbau kecap manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooosss, ternyata banyak yg doyan kecap hihihi

      Delete
  19. Wah,ini ada banyak rempahnya. Aku biasanya bumbu sederhana aja hehe....aku simpen resepnya ya mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar lebih brasa aja maak, kalau ngga ada mah, seadanya aja hihihi :D

      Delete
  20. Jika dibaca sekilas mudah banget buat seluruh. Pingin coba buat deh.

    ReplyDelete
  21. Tossss ya mak, semur jadi masakan pertama pulak yg aku hidangkan saat baru menikah. Selain itu ada opor, ayam goreng upin ipin dan masakan2 praktis bergizi lainnya. Eh kok jadi bahas makanan sikkk :D

    Aku pun pakai kecap indofood plus sambalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha semur emang paling gampil sik..
      aku pun selalu sedia kecap & sambal indofood dirumah :D

      Delete
  22. Aku sukaaa nih resep ini. Cara bikinnya gampang, bahannya mudah diperoleh juga. Mmh enaknyaa kalau buat makan siang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok bikin mba alida, gampil dan ngga ngabisin waktu :D

      Delete
  23. kayanya enak nih,,,

    gini gini cowo masak sendiri kali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, cowo masak malah biasanya lebih enak, lanjutkan!

      Delete
  24. Kesukaaaankuu jugaa ini mbaaaak. . Semur tahu tempe uda yummy bangeet wkwkwk. . .ah samaa yaa sama sama suka makan apapun dikasih kecap. Lebih berasa yummy gtu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa, dengan kecap semua terasa nikmat dan #jadilebihbaik hahahha :D

      Delete
  25. ini kesukaan mbah ku. Aku pisan seh, gampang soale yang pasti kecape kudu enyaaaak *slurppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh gampang banget! Emang semua tergantung kecapnya hihihii itu yg rahasia yg bikin semur ini tambah nikmat :D

      Delete
  26. uda lama ga bikin semur keknya enak nih mih lebih enak dibikinin hahaha *ngedul mode on

    ReplyDelete

Back
to top