This is How I Remember You...

Dear Cumi,

Gue kangen..
Udah 7 hari elo berpulang dan gue tetep keingetan terus sama elo. Gue sampe buka terus obrolan-obrolan kita di WA. Gue liatin foto-foto kita abis itu gue mewek. Tulisan ini tulisan gue yang tertunda tentang elo Cum. Maaf ya udah tertunda beberapa bulan, tapi yang penting elo udah setuju kalau gue akan menulis sesuatu di blog gue tentang elo.
Foto dari IG @Cumilebaycom
Dari sekian teman blogger elo, makasih ya udah menyempatkan diri ketemu gue & mau jadi temen gue. Gue inget waktu pas gue nanya kenapa elo baek sama gue, padahal gue siapa sih, dan elo adalah seleb blog yang cetar, trus elo cuma bilang
"Gue suka aura elo, gue bisa tau orang itu baik dari raut mukanya, dan biasanya tebakan gue selama ini ngga pernah salah #preet
Dan kemudian kita ngakak bareng plus cerita ngalor ngidul.

Elo kaget waktu gue tau nama asli loe di FB: Moechamad Adi Maryanto, trus elo cerita kalau dulu FB loe pake nama Cumi Lebay tapi ada yang ngelaporin dan dibilang akun fake. Elo sampe harus verifikasi data dan ngirim KTP untuk memulihkan FB elo, dan setelah bisa aktif lagi elo diharuskan memakai nama asli sama FB, jadilah elo mati gaya karena nama loe terpampang jelas disana hahahaha. Trus lo cerita kalau banyak yang nyinyir dengan eksistensi elo, dari yang ngga suka tulisan pelangi elo, foto-foto elo, gaya elo, kecetaran elo, dan urusan elo ngga ngerti SOE pun dinyinyirin hahahaha.
"Bertahan dengan konsistensinya itu yang berat. Selalu muncul ide-ide segar yang remeh temeh tapi akhirnya diikutin orang - Cumi Lebay aka Moechamad Adi Maryanto"


Sumpah gue salut sama elo, bahkan ketika elo cerita, elo belajar blog dari scratch. Dateng ke Gramedia, baca-baca semua buku tentang blog, branding, marketing blog, kemudian menerapkan semua itu di blog lo tanpa membeli itu buku hahahah. Maaf ya Cumi, rahasia lo gue bongkar, soalnya lo pasti bilang ngga usah dipertegas gratisannya hahahaha. Gue cuman pengen semua orang tau, kalau ada keinginan pasti selalu ada jalan, ngga perlu beli buku-buku tentang blog or ikutan workshop blogger yang berbayar, kalau emang punya niat & usaha semua bisa dilakukan tanpa keluar uang... Dan kemudian gue semakin kangen elo dan mewek lagi.. Ah Cumi...

Waktu ketemu pertama kali, gue inget kalau elo bilang elo seneng banget sama pedes. Bahkan spaghetti olio aglio yang udah pedes pun loe minta tambah cabe potong, tapi abis itu elo kepedesan gila hahahaha. Pertemuan kedua juga gitu, makan di bakso mevvah pake cabe ngelebihin kuah, ampun kaaak...

Bakso kuah cabe
Gue manyun bhay kepedesan hahahhah :p 
Setiap ketemu elo selalu punya cerita asik dan lucu, kemudian lanjut WA. Meski semua perkataan elo nyeleneh, tapi elo selalu bilang kalau elo pengen selalu bersedekah dan berbagi buat sesama. Gue bilang dunia - akhirat harus ballance, elo malah bilang akhirat harus lebih banyak dipikirkan daripada dunia. Elo cerita kalau elo berasal dari keluarga Muhamadiah yang taat, mau gimana-gimana pun main ngga akan dimarahin nyokap, tapi kalau abis maghrib ngga ngaji ngga bakal dibukain pintu rumah. Makanya elo selalu menyempatkan mengaji, sholat tepat waktu, puasa senin kamis dan selalu bersedekah, berbagi untuk sesama. Gue kagum sama elo Cumi..

Awal Januari, elo cerita kalau elo sakit... Meriang tapi tetep semangat karena mau ketemuan sama Sophie Tobelly, elo ngajakin gue ikut, karena deket di Pacific Place, sayang gue lagi banyak kerjaan ngga bisa minggat dari kantor huhuhuhuhu :( Ternyata emang elo udah sakit ya Cumi.. Gue ngga tau...

Inget ngga waktu gue lagi sedih & gue curhat sama elo, loe dengerin dan jadi pendengar yang baik buat gue.. trus elo bilang
"Mending kalo sedih, berbagi lah dengan sesama, Insya Allah di lapangkan kesedihan mu - Cumi Lebay"
Gue abis itu ngga sedih lagi, thanks to you. Elo bilang pokoknya kalau sedih, mending ajak anak yatim makan, trus elo cerita kalau elo yatim dari umur 6,5th, kelas 1 SD. Gue sedih, tapi elo malah nyemangatin gue, bilang gue musti kuat, harus kuat menghadapi pahitnya hidup. Apalagi urusan blog, ngga perlu dibawa susah, dibawa hepi aja.. Catatan penting yang loe bilang dan gue inget banget urusan blog:
  1. Ngeblog lah yang bener, sesuai kata hati elo
  2. Ramah sama semua orang 
  3. Jaga perilaku 
  4. Yang baik pasti akan bertahan
Trus lo nasehatin gue, harus bisa naek kelas blognya. harus mulai pilih-pilih selera, gue harus rajin belajar, jangan memposisikan diri gue blogger recehan terus karena persepsi diri kita itu yang utama. Loe sharing gimana dulu awal elo dibayar dan sampai secetar sekarang, lo bilang butuh kerja keras sampe loe bisa jadi seperti sekarang.. Tapi semua usaha tetap niatkan untuk berbagi, untuk sedekah, cari jalan halal, ngga usah menyakiti orang lain, Cumi, sekarang gue tau kenapa elo selalu jadi idola semua orang.. :) 

Februari, kita ketemuan lagi, sebelum ketemuan elo cerita kalau perut elo ngga enak, ngga bisa makan pedes, dan nangis karena pandangan kabur ngga bisa baca al-qur'an waktu subuh, semua hurufnya acak-acakan dan elo sedih karena ngga bisa baca qur'an. Elo sampai bilang ke gue mungkin usia elo ngga panjang lagi.. Gue mpe marah-marah kenapa elo ngomong gitu, gue bilang elo ngga boleh ngedahulin Allah.. Tapi alhamdulillah, masalah mata elo ternyata karena kebanyakan kena radiasi hp, nonton drakor ditempat gelap dan ceria lagi setelah bisa cara al-qur'an dan masih bisa berbagi dengan sesama. 

Satu perkataan elo yang bikin gue berebes mili: 
"Gue berdoa sama Allah, ya Allah biarkan aku bisa membaca Al-Qur'an Mu sampai aku menutup mata, tolong jangan jauhkan aku dari Al-Qur'an sebagai penerang dikuburku" - Cumi Lebay
Dan kemudian gue mewek lagi sambil nulis ini. 

Setelah acara launching Vivo5 Plus, elo bilang mau pulang kampung, nyokap elo sakit dan sakit perut elo pun ngga sembuh-sembuh. Tanggall 14 Februari elo ngasih tau loe dah di bandara, elo bilang badan elo semakin kurang enak, mata & motorik elo semakin berasa lemah, semoga ngga kenapa-napa. Hari kemudian elo bilang sakit lo tambah parah setelah pulang ke kampung, makan ngga enak, ngga berasa apa-apa, setiap makan takut, karena selalu muntah. Gue semangatin elo makan biar cepet sembuh dan elo janji akan usahain makan. 

Terakhir WA gue nanya kapan elo pulang ke Jakarta, gue pengen ngajakin elo ke acara Hotel Keraton, elo bilang belum bisa, dan sebenernya pengen pulang ke Jakarta, elo kangen makan makanan enak, gue tetep semangetin elo biar cepet sembuh dan kalau udah pulang ke Jakarta, gue janji ngajak elo makan di hotel mevvah, tapi elo sembuh dulu. Gue juga marahin elo karena masih sempet posting tulisan di blog, elo bilang terpaksa, karena itu kerjaan & biar ngga ketinggalan. 

Kemudian elo cerita, kalau elo sedih, elo mendapatkan hikmah ketika pulang ke kampung, ternyata nyokap dan keluarga elo sangat perhatian ketika elo sakit. Padahal elo udah kabur ke Jakarta lama, tapi ketika elo sakit nyokap elo bilang "Balik, sehat di gresik". Loe seneng banget dimanjain & diperhatiin sama keluarga di kampung dan bilang keluarga adalah tempat kita kembali...  :) 

Tanggal 24 Februari, gue chat lagi sama elo, elo bilang otak elo udah ngga bisa kerja, dan gue masih tetep becandain elo biar elo semangat, plus ingetin jangan ngurus blog dulu biar ngga cape.. 

Tanggal 28 Februari, gue chat ngingetin kalau gue ikutan acara Wego jalan2 ke HK seperti yang elo bilang, gue mau liat elo jadi pembicara, nanti kita ketemuan bareng dan makan bareng lagi setelah acara. Tapi elo ngga jawab, cuman centang dua biru aja.. Gue tetep positif mikir elo mungkin lagi istirahat ngga mau diganggu.. 

Hari Sabtu, 4 Maret siang, gue buka WA semua ngasih kabar bahwa elo udah berpulang.. Gue kaget, panik dan liat sosmed.. Ternyata bener elo udah ngga ada Cumi... Padahal gue browsing semua berita tentang elo, berharap semua ini hanya hoax, ternyata semuanya bener... Sakit elo ternyata mengalahkan badan elo, dan elo udah ngga sanggup lagi... Gue cuman bisa nangis sambil segukan di rumah. 

Keinginan elo wafat husnul khotimah, insha Allah diijabah sama Allah ya Cumi. Apalagi elo meninggal pada malam Jumat, sesuai dengan HR. Al-Tirmidzi, no. 1043 "Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at atau malam Jum’at melainkan Allah melindunginya dari siksa kubur". Apalagi setelah elo wafat banyak teman-teman blogger yang membenarkan bahwa elo orang yang sangat baik dan rajin beribadah, gue yakin elo mendapatkan kelapangan di alam kubur dan Al-Qur'an yang elo baca setiap hari menjadi penerang di alam sana. 

Hari ini 7 hari elo wafat, tadi pagi gue kirimkan surat yassin sebagai hadiah buat elo, maaf kalau banyak janji yang ngga bisa gue tepatin, tapi semoga hadiah gue menjadi penerang elo. Elo terlalu disayang oleh Allah Cumi... 

Dari sekian banyak orang yang ingin ketemu dan ngobrol sama elo, terima kasih udah memilih gue dan mau cerita-cerita sama gue.. Gue bersyukur setiap detiknya, bahwa gue masih bisa diberikan kesempatan mengenal sosok elo yang hebat dan sangat inspiratif. 

Gue akan selalu ingat sama pesan terakhir elo, semua chat elo gue simpen buat pengingat gue, terima kasih, I don't know what to write actually... But you're always be in my heart as inspiration... Selamat mengarungi perjalanan indah di alam yang berbeda, perjalanan elo berujung ke alam yang lebih indah... 




In memoriam Moechamad Adi Maryanto aka @Cumilebaycom 23 Mei 1983 - 3 Maret 2017


CONVERSATION

145 comments:

  1. Mbrebes mili bacanya mbak. AKu suka mampir juga ke blognya yg super kece. Semoga khusnul khotimah MAs Cumi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, insha Allah Cumi husnul khatimah ya mba wahyu :)

      Delete
  2. 😥😥😥😭😭😭 Sedih saya baca nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun nulis sambil beleberan ingus & bengkak mata.. :(

      Delete
  3. semoga husnul khotimah Cumi... semoga dilapangkan kuburnya
    bersyukur Sandra pernah kenal dekat dengannya ya, semoga petuah dan nasehat2nya Cumi jadi amal tak putus buat dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, iya mba, alhamdulillah bisa bertemu dengan om Cumi :)

      Delete
  4. Cumi orang baik. Gue juga sedih dia udah nggak ada..
    Terakhir ketemuan pantesan dia gak mau makan pecel lele pedas kesukaannya di belakang Pasfes, ternyata perutnya sakit :(
    Setuju, walaupun suka nyeleneh dan sesasional, Cumi punya bejibun nasihat bijak buat kita semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, dan nasihatnya selalu mengena dihati :')

      Delete
  5. Duh nangis bacanya,jadi keinget om cum lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari baca Al fatihah buat om cumi kak pink :')

      Delete
  6. Allah sayang banget sama orang-orang baik kayak almarhum ya...walau nggak kenal kalo aku liat postingan tentang beliau isinya positif semua.
    dan akupun ngembeng baca ini :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya emang gitu Ratri, Allah sayang banget sama cumi.. :')

      Delete
  7. Semoga mendapatkan tempat terbaik di sisiNya dan diampuni segala Khilafnya, Amin ...

    ReplyDelete
  8. Ikut sedih dan berduka pas denger beritanya, walaupun nggak kenal hanya saling BW aja...tapi aku tetep sedih kalo denger "cumi lebay" dan banyak orang yang merasa kehilangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kebaikan yg ditebarkan, jadi ketika beliau ngga ada banyak yg sedih & kehilangan ya mba :')

      Delete
  9. Mba Saaaan, aku gak kuat bacanya.. :( Inspiratif dan menyenangkan ya Om Cum itu. Meski gak pernah ketemu, aku ngerasa dia memang org yg amat sangat baik, selalu menebar hal positif.. Yg terbaik di sana buat Om Cuuummm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluk dita, aku baca komen2 tulisan ini aja ngga kuat... Al fatihah buat beliau :')

      Delete
  10. Masih nangis ternyata kalo ingat mas cum.. :( .. Ga pernah ketemu, tp selalu seneeeeng bgt tiap mas cum bales komen, bls twitter, nge DM.. Udahlah... Allah memang lbh sayang mas cumi ya san..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faaaan, padahal kemaren pas kita ketemuan gue sempet bilang tadinya mau ngajak cumi yaa.. huhuhuhu.. Al Fatihah buat beliau :(

      Delete
  11. Ya ampun Mami Raya...aku baca ini sambil nangis. Semoga Cumi husnul khotimah, dapat tempat yg baik di sisi Allah SWT. Aamiin. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Mba Ika, insha Allah beliau husnul khatimah ya :')

      Delete
  12. Bacanya bikin sedih, Inna lillahi wa inna illaihi rajiun, semoga temen mba sandra dilapangkan kuburnya, amin

    ReplyDelete
  13. Sehari sebelum mas cumi gak ada, aku gak sengaja liat liputan Net TV di youtube trus ada mas cumi jadi bintang tamunya. Langsung niat mau goda-godain, ngejek-ngejek kayak biasanya.. eh tau-tau besoknya udah ada kabar itu.. sampai sekarang masih speechless, gak bisa komentar apa-apa.. liat status atau tulisan orang lain tentang mas cumi aja langsung mewek :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem.. semua tulisan ttg cumi aku baca dan semakin inget dia :')

      Delete
  14. Mamih aku sedih 😭 #speechless #Alfatihah

    ReplyDelete
  15. Sedih banget bacanya, Mba San :(. Kak Cumi itu salah satu panutanku, karena baik, ramah, dan sangat membumi. Aku belum beruntung bisa ketemu dia, padahal pingiiin banget. Sekarang Kak Cum sudah tenang di sisiNya. Kami akan tetap mengenang sosokmu yang istimewa.

    Al Fatihah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, beliau orang baik yang dikenang dengan kebaikannya... insha Allah kebaikan yg ditabur menjadi penerang kuburnya.. aamiin :')

      Delete
  16. Meski nggak kenal secara langsung, aku tau banget Om Cumi ini orangnya baik banget. Terlepas dari branding dia yang menurut orang 'nyeleneh' , terakhir beliau comment diblog aku tanggal 8 februari, itu ternyata udah sakit ya mih :(

    Rest in love, Om Cumi.
    Al-fatihah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ness.. aku inget banget nessa bilang pengen ikutan grupies cumilebay, hiks.. Al Fatihah.. :(

      Delete
  17. Semoga beliau khusnul khotimah ya mba :') beruntung jadi mba Sandra yang sempet ngobrol banyak sebelum beliau pergi 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, alhamdulillah aku sempet kenal dan ketemu langsung sama beliau retno :')

      Delete
  18. Gak bisa komen apa2, tapi saya membenarkan bahwa beliau orang yang sangat baik. Meski saya mendengar sendiri secara langsung seseorang pernah membicarakannya dengan menyindir. Hingga akhirnya saya percaya, bahwa kebaikan masih menjadi jejak abadi bagi anak manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, orang baik pasti dikenang kebaikannya.. :')

      Delete
  19. Mas cumi orang baik. Bahkan saat pertama bertemu, dia langsung hapal aku. Pria yang humoris, rendah hati. InsyaAllah Allah menerima di sisiNya. Aamiin. Setelah ia meninggal aku masih mampir di blognya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, semoga ibadah & kebaikan cumi menjadi pelapang & penerang kuburnya ya :')

      Delete
  20. Smoga alm ditempatkan yg terbaik, Amien.. Biasa nya kalau orang hits tidak mau menyamperin orang yg belum dia kenal, awal bulan februari 2017 kemarin pas di Jakarta aku WA alm trus alm mau ketemuan di Grand Indonesia Jakarta bersama Travel Blogger Tante Donna Imelda.. Disitu beliau banyak ngasih nasehat dan ilmu.. ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumi jg sempet cerita ketemu mas fajrin & mba donna di GI, ngajakin aku tapi aku ngga bisa bolos kantor mas.. Nasihat cumi emang cetar semua :')

      Delete
  21. Huhuhu sedih lagi. Alfatihah buat Cumi. :'((((

    ReplyDelete
  22. Beruntungnya bisa bertemu dan dekat dengan beliau, Mbak.
    Semoga beliau tenang di sisiNya.

    ReplyDelete
  23. Cuma bisa turut mendoakan semoga almarhum mendapat tempat terbaik disisiNya. Aamiin

    Sosok inspiratif. Semoga kebaikannya selama di dunia menjadi amal jariyah baginya

    ReplyDelete
  24. udah 7 hari ya :| alfatihah buat mascumi :(

    ReplyDelete
  25. sedih. semoga husnul khotimah. dan mengingatkan aku untuk selalu menjaga dan istiqomah baca al quran, karena kelak quran lah penolong kita. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, Iya mba, pengingat banget.. aku malu ibadahku ngga ada apa2nya dibandingkan cumi :(

      Delete
  26. Mba San, mrebes mili bacanya, Innalillahi wa inna ilaihi rajiun...semoga mas Cumi dapat tempat terbaik di sisiNya, saya pernah ketemu sekali di workshop BP..humble, down to earth banget,nggak pelit ilmu,semoga ilmunya jadi amal jariah yang pahalanya mengalir terus...pas salaman yah, emang benar aura orang baik pasti terasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mba, emang cumi orang baik & Allah terlalu sayang sama cumi :')

      Delete
  27. Alfatihah buat cumi...semoga Allah melapangkan kuburnya, menerima semua amal ibadahnya. Amiin

    ReplyDelete
  28. semoga cumi khusnul khotimah..saya ngak sangka kalau cumi banyak punya teman blogger yg baik2 dan perduli sama dia. saya kenal cumi dr dia blom pnya blog dan melihat dia tak pernah berubah secara pribadi, walaupun sudah bnyak dikenal orang. suatu hari dia tlp saya tengah malam saya pikir ada apaan..ternyata dia cuma mau bilang kalau dia happy pas di mal ada orang mau ngetrip dan ngomongin blog dia. cumi sudah banyak berbuat baik dan telah mewujudkan sebagian impiannnya, dan dia pasti sangat berbahgia punya teman baik seperti mu Sandra. just passing through the kindness to remmembered him. Thank you atas tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, cumi orang baik yg kebaikannya diakui semua orang... insha Allah menjadi penerang kuburnya :')

      Delete
  29. Udah 7 hari aja yah. Sampai skrg masih suka buka-buka ig dan blog cumi. Kangen. Ah jadi mewek. Huhuhuhuhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun masih suka buka blog & smua sosmednya mir :(

      Delete
  30. Smoga Cumi mendapat tempat terbaik di sisiNya.

    ReplyDelete
  31. keingetan lagi.. orang baik selalu di ingatttt... semoga mendapatkan temoat yang indah dan terbaik di sisi Allah SWT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.. banyak kebaikan yg ditebarkan cumi, sehingga ketika berpulang semua ingat kebaikannya ya mir :')

      Delete
  32. keingetan lagi.. orang baik selalu di ingatttt... semoga mendapatkan temoat yang indah dan terbaik di sisi Allah SWT

    ReplyDelete
  33. Al Fatihah untuk mas Moechamad Adi Maryanto...

    Saya hanya mengenal di facebook, twitter, instagram dan komen di blog. Tapi seperti kenal akrab dan dekat sekali. Dia tidak pelit walau sekedar berbagi like, komen bahkan follow duluan.

    Semoga Alloh SWT mendekapmu dalam kedamaian mas cum... aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. salah satu seleb blog yg ngga pernah absen BW & selalu balas komen ya mba :')

      Delete
  34. Sedih mbaa san... Aku cuma sekali senggolan di twitter..harinya bagus banget yaa mba. Jumat lalu..tetangga aku jg meninggal, anak kecil. Moga husnul khotimah... Amin ya Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, aamiin, aamiin.. keduanya baik cumi & tetangga uci insha Allah husnul khatimah ya :')

      Delete
  35. Ya Allah aku sedih mb jadinya. Aku yakin mas cumi tenang di sana, moga2 dia diberi kelapangan kubur. Dia baik, urusan akhirat selalu nomor 1. Selalu memberikan inspirasi

    ReplyDelete
  36. Sampeyan beruntung sekali Mbak bisa jadi teman dekatnya Om Cumi, sayang saya belum pernah kopdar sama beliau.
    Dia adalah blogger panutan saya, seorang blogger seleb yang humble banget, dia mau komen-komen di blog saya yang masih pemula. Bahkan dia membalas semua pesan yang jumlahnya ratusan di blognya. Trus juga dia nggak pelit berbagi ilmu tentang dunia blog.
    Semoga semua kebaikannya menjadi amal yang tak pernah putus, aamiin.
    Salam kenal dari Malang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah diberikan kesempatan ketemu beliau mas.. aamiin, aamiin, aamiin, insha Allah husnul khatimah, salam kenal juga :')

      Delete
  37. Aku masih saja belum sepenuhnya percaya bahwa Mas Cumi telah tiada. Masih terbayang-bayang cengar-cengir nya saat memanggil sayang Bunda. Ingat komentar-komentar pendeknya setiap kali update posting. Dan itu semua tidak akan pernah terjadi lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, aku juga sering keingetan cara bicara dia yg manja.. :')

      Delete
  38. Ya Allah, sedih mas cumi udah ga ada 😭😭
    Walaupun ga pernah ketemu, hanya kenal di sosmed, tapi aku tahu dia orangnya ramah dan ga sombong, tetep mampir ke blog remehanku, tetep like fotoku, kadang saling balas komen manja
    Sedih rasanya pas tahu kabarnya udah ga ada.
    Allah SWT pasti melapangkan kubur orang sebaik mas cumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, kenangan baiknnya semoga penerang kubur om cumi ya mas :')

      Delete
  39. "Gue berdoa sama Allah, ya Allah biarkan aku bisa membaca Al-Qur'an Mu sampai aku menutup mata, tolong jangan jauhkan aku dari Al-Qur'an sebagai penerang dikuburku" - Cumi Lebay

    Pada bagian di atas, saya trenyuh, bergetar. Al Fatihah untuk beliau, dan terima kasih Mbak Sandra sudah berbagi lewat tulisan ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas.. hanya ingin menuliskan kesan indah yg ditinggalkan cumi dihati aku :')

      Delete
  40. Aku bacanya ikutan sedih dan mata berkaca-kaca mbak. Aku gak terlalu dekat sama mas cumi, sekedar kenal. almarhum lebih dekat sama suami, mereka biasa ngobrol via WA

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg baru sebentar kenal cumi mba, sebentar aja udah meninggalkan jejak yg mengena di hati... apalagi suami mba ya :')

      Delete
  41. Belum sempat ketemuan yaaa, semoga alm khusnul khotimah yaaa. Peluuuuuk..

    ReplyDelete
  42. Hela nafas dalam2.
    Lo bersyukur punya temen sebaik mas cumi,begitu pula mas cumi pasti membawa semua cerita2 lo dgn senyuman disurga. Ceritamu begitu menggetarkan mbak. Sll ada hikmah disetiap pertemuan 2 anak manusia. Pasti mas cumi sdh bahagia disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mmba... aku nulis ini sebagai pengingat & berbagi utk yg lain, agar sosok om cumi tetap dikenang & semua tau kebaikan yg telah dia tanam :')

      Delete
  43. Sejak kabar berpulangnya Alm, aku blm berani baca blognya juga. Baca ini aja aku mrebes mili. Masih nggak nyangka. Adi orang yang baik, Insha Allah khusnul khotimah ya mak. Aamii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makmiraa.. aku pun sampe saat ini gembeng terus kalau inget cumi. al fatihah buat beliau :')

      Delete
  44. Menyentuh dan tersentuh #sekaairmata

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya.. Al Fatihah buat cumi :')

      Delete
  45. Mba Sandra beruntung banget ya bisa jumpa sama Mas Cumi.
    Aku dulu gagal meet up karena ternyata beliau ga jadi ke Madura. Andai jadi, aku bisa tungguin dia di Surabaya.

    Ah, hanya doa yang kulantunkan semoga kelak di sana dia berada di tempat yang bahagia dan bertemu dengan orang-orang yang dikehendaki Allah untuk surga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, iya mas alhamdulillah aku sempat ketemu orang yg sangat baik seperti cumi. Insha Allah beliau husnul khatimah ya :')

      Delete
  46. Sedih bacanya. Mas cumi orang baik. Semua orang bilang itu. Orang baik disayang Allah, biasanya pergi lebih cepat. Masih nggak percaya sampai saat ini kalau Mas Cumi nggak ada. Kadang berasa masih menantikan komen-komennya di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. kangen banget baca balasan komen di blognya :')

      Delete
  47. Semoga Mas Cumi dapat tempat terbaik ya Allah

    ReplyDelete
  48. Sudah tujuh hari ya .. Om Cumi apa kabar di sana ya? :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah om cumi bahagia disana ya winda :')

      Delete
  49. Aku belum pernah ketemu Mas Cumi, cuma ya biasa sahut-sahutan di blog dan medsos. Selalu ada motivasi yang dia selipkan di tiap konversasi maya. Yang paling aku ingat soal konsistensi ngeblog dan bagaimana biar kita terus produktif nulis. Sampai dijabarkan sama Mas Cumi triknya buat nyimpen ide di blog, itu di Twitter mention-mention gitu.

    Waktu acara Musi Triboatton di Palembang, rombongan blogger yang sama dia sudah pulang baru rombongan blogger yang di dalamnya ada aku datang. Jadi nggak ketemu deh. Terus pas aku dapet hadiah jalan-jalan sekeluarga di Bali dan dia tahu, malah dia duluan yang bilang, "coba kalo deket bisa ketemu ya." Alamak, padahal siapalah aku dibandingkan dirinya yang cetar membahana itu.

    Semoga Mas Cumi khusnul khatimah, insya Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumi emang ngga pernah pelit ilmu dan ramah banget sama orang.. Seperti yg dia bilang sama aku, harus ramah sama semua orang & jaga perilaku... insha Allah beliau husnul khatimah ya mas :')

      Delete
  50. Allahumaghfirlahu warhamhu wa 'afihi wa'fu'anhu. Amin

    ReplyDelete
  51. Semoga almarhum diampuni segala dosanya, diterima segala amalnya oleh Allah, insyaAllah khusnul khatimah 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... insha Allah husnul khatimah ya mba :')

      Delete
  52. Duh aku sedih bacanya 😢, aku sih ga kenal dekat dengan Mas Toro, tapi selalu seneng baca blognya dan hebatnya mas Toro sll balas komen dan yang bikin aku kaget dia mengunjungi blog aku (secara blogger baru dibales komen aja uda Seneng, apalagi dikunjungi balik)
    Rest In Peace mas Toro 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumi emang rajin banget bales komen ya mba, terus komennya selalu manja & bikin ketawa :')

      Delete
  53. Ya Allah sedih banget bacanya, sampai deg saat baca "gw nangis karena gak bisa baca Al-Quran pas subuh" T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku denger langsung pas cumi ngomong gitu aja gembeng mba.. :(

      Delete
  54. Inspirasi buat semua orang dengan kebaikannya, keramahannya, ibadahnya semoga dilapangkan kuburnya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. nuhun neng Bella, al fatihah buat cumi ya.. :')

      Delete
  55. ya ampun sedih bacanya mamih. walau nggak kenal secara personal, aku ngerasa dia memang baik dan baik juga ke semua. he inspired others, dan aku juga, melalui tulisan mamih ini. semoga ke depannya kita bisa meneruskan wejangan2 mas cumi yg baik ya mamih *peluuk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluk bu pritaa.. cumi salah satu seleb blog yg sangat membumi & ngga pernah pelit ilmu.. :')

      Delete
  56. Sediiih,, mas cumi beberapa kali komen di blogku, patut ditiru kerendahan hatinya 😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, apalah aku ini dibandingkan dia yg begitu humblenya sama semua orang.. :(

      Delete
  57. Mewek mbak bacanya.
    Beliau juga anak yg berbakti sama ibunya. Dan saya baru tahu kalau Toro sebenarnya nama bapaknya. Karena sayangnya pada bapaknya maka beliau cantumkan nama sebagai mas Toro.(tahu crita ini dari ibunya, saat takziah . Yg kuingat beliau rajin banget BW.
    Alfatihah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliau bilang nyari kerja demi bantu ibunya di kampung mba :( dan waktu terakhirnya cumi senang karena diperhatiin & disayang banget sama keluarganya... :')

      Delete
  58. Om cumi emang baik. Baik. banget. semoga almarhum mendapat nikmat kubur selama menunggu hari pembangkitan. amal ibadahnya diterima, dosa-dosanya diampuni. aamiin :)

    ReplyDelete
  59. Masih tentang om Cumi T_____T
    Hiks aku belum sempet ketemuan sama om Cum :( tapi begitu banyak yang terkenang dengan om Cum, yakinlah beliau pasti orang baik :)

    Alfatihah

    ReplyDelete
  60. Hanya tahu dari tulisan-tulisan diblognya, semoga selalu bisa mengisnpirasi kita untuk berbuat baik. Aamiin.

    Alfatihan..

    ReplyDelete
  61. Nangis lagi..sedih lagi..
    Mas Cumiiiiii..kangen :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluuk... !! Al Fatihah buat cumi ya mba :')

      Delete
  62. ah sedih banget misan... ini dia sakit apa toh? aku juga bbrp kali nyasar di blognya..

    ReplyDelete
  63. Kasihan Cumi. Dia sangat mencintai hidup tapi tubuhnya kalah. Al Fatihah ya Cum.

    ReplyDelete
  64. Jujur aku yg belom kenal om cum secara langsung malah dikasi mewek aka firasat ga enak pas di jam2 beliau mau pergi dan ga kembali :'( :'(

    Anehnya jam2 12 mlm pada malam sabtu itu aku kok ya baca wawancara beliau yg kocak di blogger kekinian,
    ngebuat aku yg tadinya setress ngeblog karena ada pihak pengkepo n nyinyiers sehingga membuatku mandeg ngeblog beberapa hari, tapi abis baca hasil wawancara om cumi di blogger kekinian itu yg garis besarnya ngeblog ga usah peduli apa kata orang yg penting fun, sebarkan url biar semua orang baca ga tau knapa detik itu juga aku ngerasa o iya bener jg kata om cumi
    Dan besokannya liat ig temen katanya bliau ga ada, aku sempet ga percaya, syock banget.....

    ReplyDelete
  65. Seleb blog yang membumi, menginspirasi...
    Selamat jalan Mas Cumi...

    ReplyDelete
  66. Sedih bacanyaa mbak saan. . 😢
    Semoga om cumi diberikan tempat terbaik disisi Allah aamiin. .

    Sosok blogger panutan yg sangat inspiratif....

    ReplyDelete
  67. Al fatihah mascum..

    Big big hugs Mba Sandra..

    ReplyDelete
  68. Sedih banget bacanya, aku nggak sanggup bayangin. Semoga mas Cumi damai disana, aku yg nggak kenal mas Cumi udah ngerasain kalau beliau orang yang ramah dan auranya positif :)

    ReplyDelete
  69. Jadi nangis bacanya, Mih. Di saat mata saya masih sehat, saya malas baca Qur'an. Sementara ada orang lain yang merindukan baca Qur'an. Moga MasCum dilapangkan jalannya menuju surga Allah ya :) Kalau suatu saat langkah saya mencapai Bangkok, ini karena beliau juga :)

    ReplyDelete
  70. semoga blog nya bisa tetep kasih manfaat ke banyak orang
    sehingga jadi amal jariyah ya Tante

    ReplyDelete
  71. aku pertama kali tahu om cumi waktu itu dari di instagram, yg komen banyak, ada mak aie dll well, ternyata seleb blogger dan ramahnya warbiyasak, aku blm pernah ketemu ... alfatihah tuk om cumi

    ReplyDelete
  72. Aku pun gak percaya waktu baca di time line fb, sedih krn om cumi pribadinya humble. Meski dihujat tapi tak peduli. Gak balik hujat juga. Meski belum pernha kopdar tapi bbrp kali suka bw di blogku, al fatikhah buat Adi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama...
      Baru tau setelah beberapa minggu

      Delete
  73. semoga semua amal ibadahnya diterima Allah SWT

    ReplyDelete
  74. maih ini ada typo bagian ini: kecetaran elo, dan urusan elo ngga ngerti SOE pun dinyinyirin hahahaha.


    yaampun sedih banget bacanya. Semoga khusnul Khotimah yah :)

    btw aku penasaran itu makan bakso apa kok kayanya enak banget

    ReplyDelete
  75. Satu lagi Blogger hits yg berpulang, dan saya blm sempat kenal dgn orangnya. Dulu pernah mampir, niat mau BW tapi gak selesai baca postingannya..
    Semoga khusnul khotimah. Ikut Al Fatihah utk Mas Cumi Lebay.

    ReplyDelete
  76. aku blm pernah ketemuan sama Cumi Lebay tapi suka baca postingannya. Salut dia selalu menyempatkan diri bales dan BW balik. Gak nyangka dia pergi secepat itu

    ReplyDelete
  77. Ku baca postingan ini, sedih bnget kalo inget Om Cumi. Ga nyangka pribadinya sangat agamis, banyak petikan pelajaran yg bisa diambil dri almarhum.
    Allahummaghfirlahu, warhamhu, wa'afihi wa'fu'anhu
    Aminn

    ReplyDelete
  78. Aku baru baca ini... ya Allah menyentuh bangett mbasann tulisannya. Aku mau menangis. Ini tulisan juga menginspirasi banget, yang mana pesan-pesan alm. sangat-sangat bagus. Perlu dicontoh kebaikan2 cumi ini.. :(

    ReplyDelete

Back
to top