Apa Salahnya Berantakan?

Teman-teman saya pernah menyambangi rumah & kebetulan rumah saya saat itu lagi berantakan karena Raya abis main-main, dan belum sempat diberesin. Ngga hanya mainan yang berserakan, tapi tembok rumah juga kena sasaran dicoret-coret Raya, padahal saya sudah memberikan banyak buku gambar untuk corat-coret, tapi tetep aja, namanya juga anak lagi explore dan punya rasa penasaran tinggi, tetap aja itu tembok jadi banyak graffiti. Rasanya jadi mikir pengen pasang wallpaper aja dirumah... (kemudian mikir  yang jual wallpaper murah dimana ya?). Eh kok jadi ngelantur :D

Kembali ke pokok permasalahan, jadi saat teman saya datang, rumah lagi berantakan tingkat dewa dan saya belum sempat beresin lagi. Si temen sudah punya anak gadis 2 orang (SMP & SMA), satu lagi masih dalam tahap usaha memiliki momongan. Dan mereka komplen, mengenai berantakannya rumah saya... #glegh. Sampai-sampai mereka ikut beres-beres, ngerapihin mainan, masuk-masukin ke tempatnya dan lain-lain (mereke teman dekat banget jadi udah bebas kalau di rumah).

Saya sih senang-senang aja hahahaha, abis itu rumah saya beres, tapi kan rada mangkel juga, soalnya mereka bilang "gile San, rumah berantakan amat.." *krik krik krik....*

Saya nanya sama teman yang sudah punya anak, "emang dulu waktu anak-anak kecil rumah ngga pernah berantakan ya Mba? Ada pembantu & banyak yang bantuin kan, makanya elo lupa gimana berantakannya kalau punya anak kecil...!"

Agak jutek ya pertanyaan dan pernyataannya, hehehe.. Soalnya saya saat itu mangkel banget, secara saya dirumah sendiri, ngga ada yang bantuin, semua sendiri, kalau Raya lagi main saya beresin nanti diacak-acak lagi, ya udah saya biasanya beberes kalau Raya udah tidur biar aman, dan salahnya teman saya mereka datang pas lagi berantakan :D

So what kalau rumah berantakan? Ada yang salah?
Saya selalu membebaskan Raya kalau lagi main-main & explore di rumah sampai berantakan, yang penting buat saya adalah Raya punya aktifitas yang tidak membahayakan, dan setelah bermain tetap saya ajarkan untuk beres-beres mainannya. Kadang beres-beres mainan berhasil saya tanamkan, lagian Raya sebenernya rajin beres-beres setelah main karena diajarin di daycare dan saya selalu ngajak beres-beres, abis main Raya pasti bilang up.. up - tidy up. 

Buat teman saya yg masih menunggu momongan, mungkin dia belum tau bagaimana berantakannya punya anak. Saya ingat jaman belum ada Raya, rumah rapiiih... Saya & Abah bisa beli pernak pernik macem2 buat mempercantik rumah... Tapi sekarang mah boro-boro. Bahkan koleksi magnet kulkas saya harus direlakan dibanting, lempar & di abuse Raya sampai magnetnya pada copot... Awal-awal sempet stress juga, biasa baru punya anak.. Tapi seiring pertumbuhan Raya, saya semakin cuek (atau pemalas?) hahahaha. 

Lagian saya pikir sudahlah, rumah berantakan karena ada Raya, kalau rapih & ngga ada Raya malah ngga enak...  Jadi nikmatin aja lah yaaa... Nanti kalau Raya udah gede, ngerti sendiri juga, toh Raya gak selamanya jadi toddler dan rajin berantakin rumah hihihi. 

Mengutip kata-kata Diana Rika Sari "Motherhood has been very messy - but a beautiful mess" :)


My beautiful mess :) 

CONVERSATION

44 comments:

  1. karena tanpa coretan ditembok belum nandain ada bocil mba hahaha i feel u, meski ada ART yang bantuin tp pas liburan rumah udah bala ku mainan dimanja-manja :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha rumah tanpa graffiti bagai wajah tanpa jerawat neng #eh XD

      Delete
  2. Padahal kan simpel ya, berantakan bisa diberesin. Tapi kalau nyuruh anak supaya gak boleh berantakin, itu malah lebih 'kejam' lagi hehehe btw, rayaaa, tante pinjem jeyapahnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kadang aku suka kejam sih win XD tapi kan kalau emang ngga sempet diberesin gimana yaaa hihihi :D

      Delete
  3. raya imut banget sihh, sini berantakin rumah onty juga hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran nih onty? hahahah coba kirim alamatnya, hati2 nanti nyesel lhoo :D

      Delete
  4. Rumahku selalu berantakan. Tapi ya sudahlah, ntar ada masana bisa nggak berantakan juga hehehe. Mo tidur beberes dulu, pagi udah amburadul lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos mba wahyu, kalau kata suami, biarin aja.. nanti kl anak dah gede mgkn kita kangen saat2 rumah berantakan :D

      Delete
  5. Aduh...tajem.. copast ah.. pertanyaan dan pernyataannya.... haha

    ReplyDelete
  6. hua...emang ya kalau punya anak usia toodler mah ga bsai 100% rapi paripurna. dulu banget jaman tante masih bareng sama kita, anaknya kan masih toodler dan ya gitu deh...tembok jadi grafiti dam dimana-mana ada mainan, tapi happy...huah jadi kangeennnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mamtir, cuman alis & bulu mata yg bisa cetar paripurna... Rumah kalau ada anak mah ngga bisa XD

      Delete
  7. Berantakan itu kekinian kak, gaul, trendi,hahahaha. Kasian malah anak yang dilarang2 ngga boleh mainin apa2 krn nanti berantakan, huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya sis, tapi kadang kalau lagi ruwet liat rumah berantakan stress juga XD

      Delete
  8. Rumahku juga berantakaan Buuk. Punya anak kecil mah wajar kali ya kalo berantakan :D

    ReplyDelete
  9. Rumahku apalagi mbak, super duper.. untung gak pernah punya tamu karena jauh dari temen n saudara, wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi aku jg jarang dikunjungi rumahnya meriska, ini jarang2 pas dateng tamu rumah berantakan hahah emang apes XD

      Delete
  10. Rumah berserakan oleh anak itu petanda mulai aktif dan kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah beresin dong rumahku sama cowo dewasa macam kamu :D

      Delete
  11. Mb sandraaa aaak, aku blum ada bocil aja rumah selalu brantakan...padahal aku strict baget urusan kerapihan, bisa dibilang agak freak liat barang melenceng dikit bawaannya kesel...etapi sejak nikah en pak su orang nya suka selebor hahhaha maksudnya barang suka taroh2 sekenanya aku jadi mulai nata hati klo udah brantakan ditata berupangkali gagal jadi udah deh bhakkk hahhahaha, akhirnya sekarang mulai terbiasa klo uda mulai geser sana sini itu barang2

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... Nita, sekarang berarti lagi diajarin paksuami, biar nanti ada anak lebih shantaiii :D aku pun dulu gitu, tapi lama kelamaan cape sendiri jadi ya udah lah.. bebaskaaan.. lepaskaan hahahha

      Delete
  12. Iya mbak, aku juga sering diprotes sama ibuku katanya rumah kok berantakan mulu. dulu aku suka heboh panik, tapi lama2 ya wes so what, yang penting anak2 kan seneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiih kok sama mbaaa hahaha Ibuku bilang jg gitu, tapi mungkin Ibu lupa dulu rumahnya jg berantakan mulu karena banyak anak2 :D

      Delete
  13. yup lagi anak kecil sih sudah biasa berantakan tapi kalau aku selalu membiasakan anak2 kalau sudah selesai mainan mereka harus masukan lagi ke box mainan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, tapi biasalah kadang2 raya masih harus diingetin berkali2 kalau abis main harus beresin mainannya :D

      Delete
  14. wajarlah ya kalau rumah berantakan kalau ada anak kecil. Kalau keponakanku dateng ke rumah juga udah maklum aja amburadul dimana-mana. Magnet kulkas, kolam ikan, tanaman, sama make up itu juga udah jadi korban kesekian kali hahaha.... Menurutku itu lebih baik daripada anak-anak terus menerus pegang gadget. Jadi sekalian bisa asah kreatif dan tanggung jawab si anak buat ngeberesin mainannya lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, kalau dirumah Raya jarang maenin gadget, punya anak kecil emang musti legowo hahahahha

      Delete
  15. Gak ada salahnya, Mbaak. Sama .. saya juga berantakan rumahnya :D

    ReplyDelete
  16. Kalau di rumah, ruang tengah yang sering berantakan.
    Awalnya sih, risih, tapi lama-lama dinikmati.

    Menurutku rumah berantakan artinya, penghuninya masih ada.

    Kadang kala kita memang tak membutuhkan kehidupan lain yang sering kita bayangkan sempurna, kita cukup mensyukuri keadaan kita sambil sesekali membersihkan 'kaca mata' kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, rumah berantakan berarti masih ada penghuninya, masih ada anak yg aktif :D seneeeng banyak temennya aku :D

      Delete
  17. hihihi.... yuk Toss dulu sama Raya aaaaaah
    hahahhahaa

    ReplyDelete
  18. Kalo aku suka stresnya komentar dari Pak Suami XD
    Beliau Raja Kebersihan, ga banget sama berantakan. Bagus sih, tapi klo anak-anak masih kecil ya normal bin wajar kan ya, *Lha kenapa jd curcol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi iya mba, kalau ada anak kecil susah beres rumahnya :D gimana kalau suaminya mba aja yg bantuin beberes? pasti paripurna #eh hihihih XD

      Delete
  19. setujuuu klo selama masih ada anak kecil di rumah, berantakan mah di nikmati ajaaahh.. selama masih berantakan itu tanda nya bocah pada sehat, klo bocah sakit rumah pasti ngga begitu tapi kita sedih :(

    ReplyDelete
  20. akupun udh nyerah mbak ;p.. dulu bawaan ngomeeeeeeel mulu liat rumah berantakan ;p.. skr sudahlah... biarkan anak2 ini main sepuasnya... drpd mereka ga bisa ngapa2in, ato ga kreatif,... ;) toh skr ankku yg pertama udh 4.5 thn, jd udh mulai ngerti utk beresin mainannya... kalo yg adeknya krn msh 11 bulan, aku biarin aja dulu tiap dia berantakin segala macam..

    kalo utk urusan tembok, aku pake trik sndiri... sekeliling tembok aku tempelin kertas karton ... jd tiap fylly mau ngegambar di tembok, dia tau hrs ngegambarnya di atas kertas putih itu, yg sengaja kita pasang mengelilingi dinding ;p.. kalo kertasnya udh penuh, tinggal robek, trs ganti kertas baru :D.. jd tembok selamat

    ReplyDelete
  21. Kalau anak anak gak apa abiarkan di berkreatifitas.......

    ReplyDelete
  22. saya juga punya anak yang kalau udah main semua berantakan..... tapi gak apa apa sih, namanya juga anak-anak.

    ReplyDelete
  23. wajar sih kalau menurutku....... justru anak kalau diam dan kurang aktif bisa menghambat tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  24. Raya...sini main tempat anti (aunti,) aja deh, bebas, boleh kok berantakan rumah anti.#pelukciumdarijauh Kalo melarang anak berantakan rumah berarti mematikan kreatifitas dan imaginasi anak tuh mbak #soksokan

    ReplyDelete
  25. Ah raayaaaaa pengen main bareng 😁😁 Gak papa sih kalau menurutkuu mbak berantakan sekalian bsa ngajarin ke anak kalau berantakan ndak enak dipandang jd kalau habis main langsung beresin 😁 memang butuh proses apalagi menerapkan hal baik ke anak-anak. Perlahan tp pasti kokk. . Aku aja yg besar juga masih sering berantakan 😁

    ReplyDelete
  26. Heheu aku nya sendiri suka berantakan mba, jadi kebayang nanti udah ada baby^^ haha

    ReplyDelete

Back
to top