Ke Tegal Jangan Lupa Makan Bakso Sutimin

Makan bakso jauh amat ke Tegal? 
Hahaha iya, kan kemaren sekalian jalan pulang, lewat Tegal pas jam makan siang, karena pengen bakso ya udah browsing google dan keluar nama Bakso Sutimin ini. 


Letak tempat bakso ini ckup jauh dari jalan besar pantura, tapi tetap bisa dicapai memakai google maps atau waze. Pas nyampe dilokasi rada bingung, mana tempatnya... Tapi kok banyak banget motor & mobil yang parkir, jadi pasti ngga salah lagi, tempat bakso ada disekitaran sini. 

Tenyata, tempat bakso ini nyempil abis antara toko-toko furniture dan ketutupan sama motor-motor yang parkir. Jangan membayangkan tempatnya yang cozy, bakso Sutimin ini seperti warung bakso biasa tapi penuhnya ruaaar biasa :D 

Karena sudah lapar dan males nyari tempat lain. akhirnya nunggu sebentar ada bangku kosong dua, lumayan bisa nyempil-nyempil. Bakso Sutimin hanya punya 4 meja, 2 meja panjang dan 2 meja pendek, jadi kalau mau makan ya harus gabung sama pengunjung-pengunjung lain dan mau sabar antri tunggu giliran untuk dapat tempat duduk dan nyobain baksonya. 

Semangkuk bakso Sutimin, maaf agak blur ini fotonya sambil gendong Raya :D 
Setelah pesanan datang, saya melihat semangkuk bakso penuh dengan tetelan daging yang menggiurkan. biasanya tetelan yang dikasih penuh dengan lemak, tapi ini penuh dengan daging besar-besar macam yang ada di soto mie. Kuahnya pun sangat gurih berasa kaldu daging tanpa micin atau penyedap buatan lainnya. Mienya lembut, saya yang ngga terlalu suka mie kuning, disini malah nyolongin mie raya hahahah, baksonya pun enak beneran mantap deh! Pantesan rame banget. 

Pak Sutimin, pemilik & pembuat bakso Sutimin
Setelah menyantap bakso, suasana agak sepi dan saya bisa sedikit foto-foto dengan Pak Timin - panggilannya - mengenai asal usul bakso ini. 

Warung bakso Sutimin sudah mulai berjualan sejak tahun 1977 #glegh (ini mah pas saya lahir dong). Selama 39 tahun Pak Sutimin dan istri masih terus menyajikan bakso yang dibuat sendiri oleh Pak Timin. Bakso sapinya memang terasa beda dan kenyal, tapi sangat sarat dengan daging sapi, hmmm... pokoknya enak tenan! 

Ternyata banyak orang dari luar kota datang untuk menyantap bakso Sutimin, saya sempat curi dengar, ada penugnjung yang bilang kalau dari Jakarta ke Solo pasti ngga pernah lupa mampir kesini. Juga para perantau yang kerja di Jakarta, apabila pulang ke Tegal pasti ngga pernah lupa untuk mampir dan makan bakso di warung Pak Timin. 

Bakso Sutimin, dengan tetelan daging yang ginuk-ginuk dan menggoda :D 
Yang uniknya, ternyata di warung Pak Timin disediakan lontong untuk menemani makan bakso... Saya mikir, lucu juga ya makan bakso pake lontong... Tapi ternyata banyak pengunjung yang emang makan pake lontong, saya sih ngga nyobain lontongnya, meskipun terlihat ginuk-ginuk & menggoda, aneh aja makan bakso pake lontong XD 

Kemarin saya membeli 3 porsi bakso + 2 es teh, cukup membayar DIR. 57,000 lumayan murah lah, apalagi baksonya emang enak dan rasanya saya pengen bungkus biar bisa makan lagi di Jakarta hahahha. 

Kali ini ngga ada Raya yang lagi makan bakso karena anaknya lagi rewel & minta gendong saya :D jadi poto-poto seadanya aja... Tapi kalau emang kamu penyuka bakso (kayak saya) dan melakukan perjalanan darat ke Jawa Tengah, plus ada waktu buat wisata kuliner, jangan lupa untuk mencoba Bakso Sutimin di Tegal :)   

Bakso Sutimin
Alamat: Jalan Raya Karanganyar RT.06/RW.2 
Karanganyar, Dukuhturi 
Tegal, Jawa Tengah 52192
Telepon: 0877-3088-7888
Jam buka: 9AM–10PM 

CONVERSATION

32 comments:

  1. Tempat makan bakso jarang yang cozy, tapi entah kenapa yang begitu yang bikin bahagia. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emaaang, yg ngga ber-AC malah bikin tambah enak & keringet keluar semua hihihi XD

      Delete
  2. Agghhhhhh aku ga tau bakso ini. Jd kemarin pas sampe tegal, numpang mandi doang di spbu muri nya trs cari makan d tempat lain.. Next aku k solo mampir d tegal, aku cariii ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi kalau ngga niat nyari di google pasti aku juga ngga nemu mbaaa :D Tapi next time juga aku pengen kesini lagi kalau lewat Tegal XD

      Delete
  3. huwow pengen baksoo...
    makan bakso pake lontong aku jg belum nyoba :D
    udah cobain makan bakso pake jeruk nipis belum? berasa makan soto pas lagi di makassar :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bakso pake jeruk limau udaaah kayak di bakso A Fung & Aku suka :D

      Delete
  4. Akuuuh penggemar berat bakso, mau coba tapi kok ya kudu ke Tegal dulu ya. Huhuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaha kalau lewat aja Mba Ikaaa jgn bela2in ke Tegal buat beli bakso doang XD

      Delete
  5. Aku orang asli tegal malah belum pernah cobain mba. Hehe. Kejauhan kalo dari tempatku. Biasanya aku makan bakso rudal di deket stasiun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah Mba Ila orang Tegal tooh, kemaren aku mau ke bakso rudal tapi tutup :( Emang ini tempatnya jauuh hahahha tapi alhamdulillah enak, jadi ngga nyesel :D

      Delete
  6. Pertama dulu saya ngiranya jg aneh maem bakso pake lontong, pas kelaperan banget nyobain. Eh enak ternyata, pengganti nasi lah hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh gitu ya Mba, hmmm.. menarik, lain kali nyobain ah makan bakso pake lontong :D

      Delete
  7. wah belum pernah nyobain bakso unik begini
    kalau lewat Tegal nyarinya tahu aci sama sate aja..
    next pengen coba juga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah ngga tau tahu aci sama sate karena waktu itu cuman pengen makan baksooo hahahha XD penggemar bakso kelas kakap :D

      Delete
  8. Beneran ngacay liatnya apalgi ditengah2 waktu menjelang sore begini perut sudah mulai berdering lagi :p
    salam buat Pak Timin y Mamih senyumnya manis pantas basonya enak hahaha *emak2ganjen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huakakaka, bakso pak timin emang enak plus senyum manis si bapak bikin es teh ngga perlu pake gula #eeeaaa

      Delete
  9. Ahaaaaaaaayyy bakso... weeenaaaak...
    Pak sutiminnya ga ada rencana buka cabang di jakarta? 😝😝😝😝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah coba ditanyain langung ke Pak Timinnya :D

      Delete
  10. Alamaaak, hujan-hujan begini, lihat postingan bakso, hahah jadi lapaar.. eh ciyus itu 3 mangkok bakso dan 2 es teh hanya Rp 57.000? Itu masuk golongan terjangkaaauuu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eiiimb, rasanya pengen balik lagi ke Tegal tapi jauuuh hahhahaha

      Delete
  11. Sepertinya maknyos banget itu, bisa kali dikirim ke Jakarta :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, aku pun pengen banget bungkus waktu itu :D

      Delete
  12. wewww baksi sutiminnya seumuran juga sama saya..kapan2 lewat tegal mampir ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah menakjubkan ya, ada bakso yg seumuran sama kita XD

      Delete
  13. kita penggemar bakso..tapi pas lewat tegal pas lagi gak tepat waktunya terus untuk makan he he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah tos kalau gitu! Semoga nanti ada waktu utk menikmati baso ini :D

      Delete
  14. waaa udah lama gak makan bakso, jadi ngiler banget ini liatnya, nyammmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampuun Zata kamun sehat sekaliii huhuhuhu, hebat ih bisa ngga makan bakso lama XD buat aku bakso adalah cobaan terbesar hahahah

      Delete
  15. Kalau aku gak terima makan bakso pake lontong, kadang pake nasi juga, wkwk

    Emang di Jakarta warung bakso gak ada yang nyediain lontong ya mbak? Di sini pasangannya bakso ya lontong biar kenyang, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooo ternyata disana biasa ya Riska, makan bakso pake lontong hihihi, di Jawa Barat or Jakarta aku blm pernah nemuin siiih :D Kalau pake nasi mah aku seriiing hihihi

      Delete
  16. aku sukaa makan bakso pake lontong, di Bali juga ada hehe
    jadi penasaran beneran makan bakso sutimin ini tapi jauh x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya jauuh pisan Ingga... iih ternyata mungkin aku yg ngga pernah makan bakso pake lontong ya hahahahha XD ntar cobain deh :D

      Delete

Back
to top