Musik & Tari Stimulasi Tepat Menumbuhkan Kepedulian Anak

Sebagai seorang Ibu, saya ingin anak saya menjadi anak yang hebat, tidak hanya cerdas dan juga cepat tanggap tapi juga memiliki rasa peduli. Dengan adanya dukungan stimulasi yang tepat dari Ibu dan nutrisi yang disesuaikan dari Bebelac, tumbuh kembang anak tidak hanya menjadi anak hebat yang cepat tanggap tapi juga memiliki rasa peduli seperti menari untuk orang yang disayanginya. Anak yang nutrisinya terpenuhi dengan baik akan lebih cepat tanggap dalam menerima dan merespons stimulus yang diberikan orang tuanya.

Empati adalah salah satu dari kecerdasan atau kompetensi emosional yang merupakan dasar dari karakter kepahlawanan. Karena itu, selain membutuhkan nutrisi yang cukup, anak juga membutuhkan contoh baik dari orang tua. Bebehero merupakan kampanye Grow Them Great dari Bebelac sebagai bentuk dukungan bagi ibu untuk dapat membesarkan anak hebat yang memiliki rasa peduli terhadap sesama yang ditunjukan dengan menari. Dengan menari anak dapat mengembangkan kecerdasan dan menumbuhkan empati anak.

Saat ini masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa anak hebar = mempunyai IQ (Intelligence Quotient) tinggi. Padahal peran EQ (Emosional Quotient) juga sangat dibutuhkan, anak yang hebat adalah yang tumbuh cepat tanggap (IQ) dan juga memiliki rasa peduli (EQ). Sebagai orangtua kesadaran mengembangkan kecerdasan kognitif (IQ) serta kecerdasan emosional (EQ) secara seimbang itu penting bagi tumbuh kembang anak.

Pentingnya keseimbangan IQ dan EQ

Kecerdasan IQ yang dimiliki seorang anak tentunya memungkin ia untuk lebih mudah dalam menguasai pengetahuan umum. Ditunjang dengan kecerdasan EQ, ia pun jadi lebih mudah menyesuaikan diri dalam bersosialisasi. Nah, jika kedua kemampuan ini berjalan seimbang, maka anak pun bisa tumbuh menjadi anak hebat.

Lalu bagaimana cara mengembangkan EQ dan IQ si buah hati? Tentunya dengan terus memberikan stimulasi dan contoh sebanyak-banyaknya sesuai tahapan perkembangan kognitif dan kemampuan emosi anak.

Selain peduli sesama, Raya juga peduli sama binatang
Minta ijin dulu sama Mpus biar boleh elus-elus :D
Saat anak mampu mengembangkan kemampuan emosi nya dengan baik ia pun bisa menyelesaikan permasalahannya dengan tepat. Jika keseimbangan ini dimiliki maka akan melahirkan generasi hebat, yang cerdas, cepat tanggap dan juga peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Rasa Peduli = Emotional Quotient 
EQ atau Emotional Quotient merupan kemampuan anak untuk menguasai diri dan mengendalikan emosi, sehingga ia punya kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dan lingkungannya.

"Rasa peduli anak merupakan kecerdasan EQ yang dapat distimulasi dengan kegiatan-kegiatan yang merangsang tumbuh kembangnya, salah satunya kegiatan menari dan bernyanyi”

Oh wow! Saya ngga sadar selama ini ternyata tarian dan nyanyian dapat membantu Raya untuk peduli dan empati terhadap sesamanya. Menurut pakar psikologi anak – Roslina Verauli. M.Psi. Menari dan bernyanyi telah terbukti berkolerasi signifikan terhadap kecerdasan anak dan kematangan emosionalnya. Selain merupakan proses belajar, aksi menari dan bernyanyi mengikuti irama musik sangat baik untuk perkembangan keseimbangan, koordinasi motori, kepekaan dan irama tubuhnya. Selain itu kegiatan tersebut dapat merangsang kemampuan kognitif (terutama yang berkaitan dengan kecerdasan, kemampuan berbahasa, dan kreativitas), serta psikososial (regulasi emosi, kontol diri, dan keterampilan sosial)
Saling berbagi dengan sepupu
Pentingnya Mengajarkan Rasa Peduli Bagi Anak 
Penting bagi orang tua mengajarkan rasa peduli bagi anak karena kecerdasan EQ dapat membantu kematangan emosional dan membantu anak untuk menhadapi dunia di masa yang akan datang. Selain itu, anak juga bisa kompeten secara sosial dengan membantu orang lain tanpa butuh imbal jasa. Juga paham norma sosial, mana yang betul dan mana yang salah. Selain itu keunggulan-keunggulan penting dari mengajarkan rasa peduli  lainnya adalah:

  1. Lebih peka dan menghormati orang lain
  2. Berkarakter peduli, dapat lebih memahami perasaan dan menghormati kebutuhan orang lain.
  3. Mampu memecahkan masalah
  4. Tak ada kata menyerah. Anak dengan rasa peduli dan empati yang tinggi akan belajar bahwa satu permasalahan dapat diselesaikan dengan beragam cara.
  5. Semakin termotivasi berbuat baik
Manfaat Bernyanyi dan Menari Pada Anak
Nilai kebaikan dan rasa peduli tentu harus dipupuk sejak kecil. Pengembangan rasa peduli pada anak dapat dikembangkan dengan memberikan stimulus yang tepat antara lain menari dan bernyanyi.

Raya suka banget nari mengikuti lagu anak-anak 
Bagi anak ternyata banyak manfaat yang dihasilkan dari bernyanyi & menari yaitu:
  1. Bernyanyi dapat memberikan kesenangan pada anak sehingga ia bisa menjalani aktivitas kesehariannya dengan lebih baik.
  2. Bernyanyi juga bisa membuat anak belajar nada, ketukan, irama dan pattern. Ini menjadi gerbang dalam proses belajar seorang anak.
  3. Tak hanya itu bernyanyi juga memudahkan anak untuk berpikir dengan kata. Anak bisa belajar dari kata yang dinyanyikan atau yang baru saja disebut orangtuanya sehingga dapat membangun konstruksi bahasa anak menjadi lebih baik
  4. Membantu anak memahami konsep sederhana mengenai kata-kata yang terkandung dalam lagu semisal pemahaman tentang rasa cinta dalam lagu L.O.V.E Hi-5
  5. Menari dapat digunakan untuk melatih kecerdasan dan menuangkan emosi anak.
  6. Saat bernyanyi dan menari, anak akan terlatih dengan menghafal gerakan dan musik.
  7. Tingkat percaya diri anak juga akan terasah dengan keberanian mereka untuk tampil.
  8. Dapat mengekspresikan rasa pedulinya terhadap orang-orang yang mereka sayangi.
  9. Mengembangkan imajinasi anak, kreativitasnya, kemampuan melakukan peniruan, kemampuan mengingat, menambah perbendaharaan kosakata, serta menggali pengalaman bagaimana memanjangkan, meninggikan, dan merendahkan suaranya
  10. Anak pun bisa lebih sehat karena biasanya ia bernyanyi sambil menari sehingga otot dan tulangnya ikut bergerak.
Kegiatan menari dan bernyanyi, ternyata memiliki kualitas yang sama seperti kegiatan bermain lainnya. Bahkan, keduannya telah dibuktikan memberikan korelasi yang signifikan terhadap kecerdasan anak dan kematangan emosionalnya

Hal inilah yang menjadi inspirasi hadirnya Bebehero Hi-5 persembahan dari Bebelac yang bekerja sama dengan grup asal Australia Hi-5 dalam kompetisi menari L.O.V.E Dance Challenge. Stimulasi yang tepat dari Ibu dan nutrisi tepat dari Bebelac membantu mendukung tumbuh kembang anak hebat yang tidak hanya cepat tanggap tetapi juga memiliki rasa peduli, salah satunya dengan menari untuk yang ia sayangi. Dalam program ini, Ibu dan anak hebat ditantang menampilkan L.O.V.E Dance yang ditujukan untuk menyemangati dan menggembirakan orang-orang yang disayangi.

Ikutan keseruan Bebehero Hi5 yuk!
Saat ini semua peserta yang telah mengupload videonya L.O.V.E Bebehero Hi 5 dapat dilihat di : Bebeclub.co.id Berbagi Cinta Lewat Hebatnya Menari

Kalau belum sempat ikutan upload videonya, jangan khawatir, akan ada aktivitas Bebehero Hi-5 yang berikutnya dimana setelah kompetisi video, para pemenang akan diajak meet & greet dengan HI5 pada bulan Desember 2016 dan juga diajak untuk mengikuti beberapa promo lainnya, jadi tetap ikuti dan cek di website Bebelac Grow Them Great

Mari sebarkan rasa peduli, cinta dan kasih sayang terhadap sesama dengan menari L.O.V.E HI5!

"Bebelac creates Bebehero Hi5 is to give place for mom to get inspiration on great stimulation for kids in Grow Them Great"​


CONVERSATION

36 comments:

  1. Replies
    1. Raya maunya diajarin tari Bali sama tante mira imut doooooooong pliiiiiiiiiiisss!!!

      Delete
  2. Replies
    1. Huuh biar anaknya bisa bersosialisasi buyu :D

      Delete
  3. Empati itu penting banget. Hari gini sebagian besar orang udah kehilangan rasa empati. *sigh* Btw, Raya cantik aneeettt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Haya, jaman sekarang udah semakin aneh... Jadi anak2 krucil harus mulai diajari lagi rasa peduli, cepat tanggap & sopan santun sama orang tua :)

      Delete
  4. Hai Rayaa...kamu syantiiik syekaliii....baik hati pulak! boleh kenalan dunggg :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tante Ophi, boleh dooong, yuk kenalan sekalian joged2 Hi5 sama Raya hihihi XD

      Delete
  5. Bersyukur involved in this campaign, jadi baca-baca tentang menari. Jadi tau banyak manfaatnya. Sebelumnya nggak ngerti, dan nggak nyangka menari itu sebermanfaat ini. YAYYYY!!! Btw, OOT ya, sepatu Raya di foto awal ko lucu banget huhuhuhuhu aku mauuuu ada yang buat dewasa nggak ya seriuusssaaannnnn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa mamiubi kalau dulu di tk sering diajar nyanyi & nari kirain ya cuman ngajarin gitu aja tanpa manfaat lebih lanjut XD sekarang lebih tau, jadi lebih sering ngajak raya nari & nyanyi. Hahahah ngga ada yg gedenyaaa aku pun dulu napsir hihihi XD

      Delete
  6. Maghma doyan banget jejogetan ala Hi5 dari jaman bayik 😁 tapi sayang, anaknya malu kalo di rekam pas lagi joget 😅

    Empati emang penting bangeeet! Aku masih berusaha supaya anak2 bisa ber-empati sama anak dan temennya mama 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emaaang, ini raya juga kl ngga ditemenin kagak mau divideoin, walhasil mamih lebih semangat joged huhuhu XD
      Jaman sekarang yg orang2 udah pada ngga peduli harus mulai dipupuk lagi rasa kepedulian & empati dari anak2 kita... Kita pan ngga mau nanti anak jadi anak yg cuek & ngga bisa bersosialisasi yess :D

      Delete
  7. Iihh,, comelnya.. itu bikin pengen nyubit pipinya deh. ^_^

    Ternyata cukup banyak juga manfaat menari buat anak-anak. Save deh ini artikel, pasti suatu saat akan berguna bagi diriku. Makasih, Mbak share nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, alhamdulillah kalau berguna :D Bisa juga diterapkan buat ponakan2, joged2 dan nyanyi bareng tante biar mereka lebih hepi

      Delete
  8. azeek jadi inget nyanyian favorit raya:

    Mamih cantiik, raya cantiiik, abah ganteeeng

    wkwkwkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huakakkakak embeeer ampoon dah itu laguuu, bikin pencitraan emaknya rusak XD

      Delete
  9. Cantiknya Raya, peer banget nih buat saya menyeimbangkan IQ dan EQ, mamaknya ga rajin aku mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiih tanteee, emaknya gimana? hahahah XD *teteup*
      Sama lah aku jg ngga rajin, tapi kalau nemenin nyanyi2 sama joged2 mah hayuk lah :D

      Delete
  10. Mbak emang bener ya musik dan tari menumbukan kepedulian anak. Aku teringat dulu waktu kecil selalu diikutkan emak di sanggar tari, aku jadinya cepat empati. Ini keponakan dikasih drum plastik kayak gitu juga, kelihatan cerdasnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, tapi dulu kita blm tau apa mangpaat si tari kan ya huihihihi. Ternyata emang ada keuntungannya buat anak2 :D

      Delete
  11. menari dan nyanyi mmg bisa pelampiasan emosi si kecil, Selma, anakku pun seringkali begitu :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos Selma ama Raya! Doyan banget nari2 & nyanyi2 sendiri Raya mah :D

      Delete
  12. Jadi anak nich dari kecil mesti di latih dan di ajari untuk berani tampil yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi jangan sampe gedenya ntar jadi banci tampil aja deh Om XD

      Delete
  13. lucuu yaa anaknya mbaak,, mga jadi anak yang berbakti kepada ke dua orang tuanya..

    ReplyDelete
  14. Aku jg baru tau mba, tarian dan nyanyi bisa stimulus ini... Kadang suka nyanyi2 ngga jelas yaa hihii
    Raya lucu mau pegang mpus ijin duluu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kaan, alhamdulillah sekarang tau, jadi mari joged2 sama anak hahaha

      Delete
  15. Raya cantiikk yuk playdate sama Ibay.. hihihi, kebetulan Ibay juga senengnya musik sama jejogetan.. sepertinya akan cocok kalau main bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyees, kapan dong kita playdate bebawa anak, biar pada kenalan ngga cuman emaknya aja tapi anak2nya juga hepi :D

      Delete
  16. Naya suka dansa dansi. Dan sekarang lagi suka joget dangdut. O em ji. Hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, ya elah, emaknya aje doyan dangdutan yee... buah kagak jatoh jaoh dari puunnya neng, jadi pasti Naya juga doyan pan dangdutan XD

      Delete
  17. fokus sama piano,
    anak aku juga suka musik dan kalau denger musik suka joged2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, anak2 emang gampang banget dirangsang sama musik, pasti langsung joged ya mba :D

      Delete

Back
to top