Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Tips Keren Membuat Vlog by Hanna Faridl

By 11:34:00 AM , , , , ,

Saat ini sedang peralihan dari Blogger ke Vlogger emang jadi perbincangan dalam beberapa bulan terakhir. Dari catatan di internet (blog) menjadi catatan dalam dalam bentuk visual video melalui YouTube (vlog).

Jadi, "Vlog adalah singkatan dari video blog, istilah yang sedang tren khususnya di kalangan penonton YouTube yang merekam semua kegiatan dengan menggunakan video." 

Karena banyaknya Blogger yang tertarik untuk nge-Vlog saat ini, Indonesian Hijab Blogger (IHB) bersama HIJUP menjembatani minat para membernya untuk Vlogging dan mengadakan talkshow “FROM BLOG TO VLOG” pada hari Sabtu, 24 September 2016 bertempat di CRE8 Coworking Space, Cilandak.

Foto semua peserta, kabinet -founder IHB& narasumber
Acaranya bagus dan banyak ilmu yang saya dapat dari 2 narasumber cantik Lulu Elhasbu & Hanna Faridl. Tapi yang saya paling suka ada presentasi Hanna Faridl tentang tips agar berhasil dikancah dunia per-Vlog-an yang menurut saya bisa juga diterapkan untuk ngeblog. 

Tips Keren Membuat Vlog dari Hanna Faridl

1. SET THE GOAL

Seperti membuat Blog, apa tujuan dan siapa sasaran Vlog yang akan dibuat, penting sebagai langkah pertama pembuatan Vlog agar tidak salah arah. Terutama bagi para pemula yang mungkin masih bingung untuk apa mereka membuat vlog dan apa yang harus mereka lakukan dengan tujuan itu. Apakah Vlog tersebut akan dijadikan cerita kegiatan, tempat pengembangan diri, atau tempat mencari uang, silahkan tentukan dari awal.

2. BE WHO YOU ARE OR WHO YOU WANT TO BE
Tidak perlu mengikuti orang lain ketika membuat Vlog, jadilah diri sendiri dan cari ciri khas unik yang dimiliki agar viewer melihat keunikan kita & bisa menjadi trade mark tersendiri. Atau, kalau memang dari awal sudah ingin mengikuti seseorang (contohnya jadi Syahrini) tetapkan tujuan tersebut dari awal agar semuanya tidak melenceng dan viewer tidak bingung.

3. DELIVER EMOTION


Karena Vlog langsung ditonton dan beda dengan Blog yang berupa tulisan & foto, mau tidak mau ekspresi yang akan disampaikan harus mengena. Perlihatkan emosi natural yang tidak dibuat-buat agar viewer terinspirasi. Cari bahan menarik yg mengedukasi semua orang agar tontonan vlog dpt menginspirasi. Contohnya Lulu Elhasbu membuat Vlog mengenai cerita & kegiatan IFV yang menginspirasi viewer, emosi yang ingin diperlihatkan harus disampaikan dengan baik.

4. VIDEO APLICATION

Aplikasi video yang tepat dan mudah juga sangat menunjang untuk kegiatan vlogging. Jangan sampai karena aplikasi yang ribet, viewer malas menonton. Untuk membuat video, lakukan pengambilan gambar 1x shot cukup 10detik, agar lebih mudah diedit dan digabung-gabungkan.

Catatan: Ketika memakai lagu di vlog, agar tidak dibanned karena memakai lagu orang, usahakan tidak memakai seluruh lagi (hanya sebagian saja), cantumkan kredit lagu dan cari lagu-lagu yang diperbolehkan dipakai di youtube.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT VLOG MENJADI TOP LIST DI MESIN PENCARI/GOOGLE? 

  1. SEO Friendly: SEO = Search Engine Optimization. Atau jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, artinya kurang lebih adalah “Optimalisasi Mesin Pencari“. Jadi cobalah membuat video yang SEO friendly agar memudahkan mesin pencari dan menampilkan hasil dengan cepat, tepat dan akurat sesuai dengan kriteria pencarian yang diinput oleh viewer.
  2. Judul yang relevan: Pastikan judul yang diberikan sesuai dengan vlog yang dibuat, jangan sampai melenceng dari kegiatan yang dilakukan. Cobalah membuat vlog yang belum pernah dipakai orang, atau mencari judul lain.
  3. Tulis kata kunci yang tepat: Sering ucapkan kata kunci agar tercapture dimesin pencari ketika orang mencari video tersebut. 
  4. Buat cover yang menarik: Belajar membuat cover vlog dengan baik sehingga viewer tertarik meng-klik vlog
  5. Jangan lupakan tag, tags matter!: Masukan tags sesuai judul, dan kata kunci berkali-kali dan dibolak-balik agar tercapture dimesin pencari. 
Ketika semua langkah-langkah diatas sudah dilakukan tetapi video kita belum ada di list pertama mesin pencari kemungkinannya adalah: "Ada orang lain yang sudah mengunggah video yang sama dengan judul yang sama" 

BEBERAPA KESALAHAN UMUM YANG SERING DILAKUKAN SAAT VLOGGING ATAU BLOGGING

  1. Terlalu malas browsing dan mencari data: Jangan malas utk browing & research, lihat vlog lain & cari inspirasi dari situ.
  2. Research make perfect: Cari bahan menarik yang mengedukasi smua orang agar tontonan vlog dapat menginspirasi lebih baik lagi. 
  3. Kurangnya ide: Kembangkan ide, berikan ide2 & explore keahlian yg lain agar goalnya tercapai
  4. Copycat: Meniru/mencontek tidak akan membuat vlog kita dilirik oleh viewer. Usahakan keoriginalitasan konten sehingga viewer tertarik. 
  5. Hilangnya arah & tujuan: Kalau goal sudah ditentukan harus tetap konsisten & punya komitmen untuk goal tersebut.  



Alhamdulillah saya mendapatkan ilmu vlog keren yang bisa saya terapkan juga di blog. Plus bisa ketemu semua member IHB dan silaturahmi bareng. Thank you IHB, ditunggu undangan untuk acara lainnya ya. :)

Indahnya silaturahmi :)

Pulang-pulang bawa goodie bag cantik




You Might Also Like

86 comments

  1. Udah jadi berapa vlog kaka sandra? Kamu pake apps apa akhirnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah tunggu tanggal mainnya Kak! *jeng jeng* pake imovie aja lah kayak Lulu XD

      Delete
  2. Aku pengen bikin video juga tapi masih gak yakin bisa edit-editnya. Bisa nggak sih kalau semua dilakukan dari smartphone aja? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget kak! Kemaren diacara kita bikin vlog dari smarphone kok, bisa pake aplikasi imovie, magisto, dll.. Gampang bgt :)

      Delete
  3. Aku gak pede ngeshoot muka aku kalo pas bikin vlog. Hahahaha *problem utama* 😆😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau ini ilmu dari Lulu, biar pede & cameragenic, harus tau sudut angle terbaik muka kita & harus akrab sama camera.. jadi sering2 lah narsis Nana :D

      Delete
  4. Wah keren Emaknya Raya ni, sudah merambah ke Vlog. Aku belum sepede Anya Geraldine mba kwkwkwk maka masih tetap nekunin blog sajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adeeeuh si tante herva mah, jangan kayak AG atuh laah hahahahha.. Aku jg blm ke vlog, masih coba2 & masih setia ama blog XD

      Delete
  5. Mba Sandra, kalau SEO Friendly itu bisa dari judul atau captionnya gitu ya? Aku gak paham-paham soal SEO deh :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sepengetahuan aku SEO itu optimisasi mesin pencari yang baik dan benar, ciri blog SEO friendly salah satunya: tidak ada duplikat konten (dua atau lebih konten halaman web yang memiliki tittle & deskripsi yg sama dlm blog/situs).

      Kalau lebih lengkapnya banyak blog di komunitas KEB/BP/lainnya nulis juga ttg SEO friendly, coba di BW ya :)

      Delete
  6. Thank you lhi mba sandra ud dishare tips-tipsnya. aku yang ga bisa dateng pas hari H jadi tau tips2nya. hehe. tp ttp aku blm belum akan merambah ke vlog kayaknya, gak pede klo disuruh ngomong di kamera yang isinya muka doank. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi Fikaa tolooong, kalau fika ngga pede, apalah artinya akuuuh secara fika kl di foto kece pisan.. hiks..

      Delete
  7. Oh no! Vlog sgt butuh komitmen dan konsistensi yang tinggi juga fokus dan tema yang tepat 😁😁 aku nunggu 100% jd blogger dulu kali ya, anyway lengkap banget tulisan mambes, me like it 😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kamu sekarang jadi blogger baru 50% bun? hahahah. Nunggu Darell gedean dikit biar bisa minta videoin hahaha XD

      Delete
  8. Oh no! Vlog sgt butuh komitmen dan konsistensi yang tinggi juga fokus dan tema yang tepat 😁😁 aku nunggu 100% jd blogger dulu kali ya, anyway lengkap banget tulisan mambes, me like it 😘😘

    ReplyDelete
  9. Mba Sandra kaga menampilkan poto aku di sini. Aku syedih. Hikshiks. :p
    Btw infografisnya kece kakaa, sharing ilmunya dapet banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh sesuatu, akhirnya Nia muji postingan gueh hahaha *catet*
      Kagak ada poto Nia gimanee? Diatas noh ada semua lengkap :p

      Delete
  10. Sandraaa.. kece banget ulasannyaa.. aku juga nih yang laen udah tren Vlog aku masih belajar ngeblog lagii.. hihi tapi org pasti punya "comfort zone" sendiri sih yaa... atau barangkali ada brand atau komunitas yang bikin lomba Vlog dengan hadiah menggiurkan aku baru mau coba ah bikin vlog hahaha *anaknya banci kuis gitu* :))) ceritanya kmrn nyesel udah nyerah duluan pas disuruh bikin mini vlog lipstick wardah XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah thank you Inka, kemaren aku jg ngga bisa upload vlog wardah karena koneksi ngga kece :(
      Blm merambah ke vlog tapi mayan lah buat coba2 kl bosen yess :D

      Delete
  11. Thank you sharingnya San, hik hik ga ikutan acara yang inii, pas lagi keluar kota.. tapi mayan dapet gambaran nih...makasih ilmunya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macama Anin, tapi acara kantor juga seru kan yees :D

      Delete
  12. Makasih sharingnya, Kak Sandra^^ pengen nyobain vlogging juga tp gapunya kamera yg oke gimana atuhlah? *curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga perlu pake kamera canggih kok, nge-vlog pake kamera hp jg bisa aja. Kemaren pas acara pada bikin dari kamera hp doang, pake aplikasi quick, imovie atau kamera biasa :) ayo semangat!

      Delete
  13. Asyik ini, belajar banyak tentang cara bikin konten video yg bagus.

    ReplyDelete
  14. halo mba sandra salam kenal yaa.. dari ig nya aku kepo kesini. >..<
    serius mba terima kasih udah share tulisan ini, membantu sekali buat aku yang pengen nyoba bikin vlog hahah, dan sekarang masi belajar edit edit dulu dan ternyata kerjanya 3 kali lebih banyak dari ngeblog ya, tapi seru banget. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ika, salam kenal juga. Alhamdulillah tulisannya bisa bantu Ika buat bikin vlog yg keren :) edit2 emang harus biar videonya ngga terlalu raw ya.. Nanti kalau vlognya dah jadi info2 doong biar aku tonton :D

      Delete
  15. Ulasannya cakep, mba! Jadi semangat pingin bikin vlog yang bener. Selama ini males-malesan mau bikinnya, padahal kamera udah ready. Hahahaha :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih! Ayo dicobain dulu, duuh padahal dah punya kameranya, sayang lho. Coba dulu sekali, nanti jangan2 ketagihan pula :D

      Delete
  16. makasih banget mba udah share tipsnya jadi bisa langsung aku praktekin nih, masih banyak yang harus dipelajari nih untuk ngembangin channel youtube aku, emang tantangan yang paling berat itu harus konsisten bikin videonya sedangkan aku masih semau-maunya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Yesi keren, aku musti liat nih vlognya. Tantangan kadang bikin tambah semangat kan yess hihihi. Kalau videonya original, dan unit aku rasa tetep bisa narik viewer :)

      Delete
  17. naksir sama tas gudibek nya.. baguuuss.. *salahFokus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIK, KOMEN TIPSNYA DONG HAHAHAHAH! IYAA emang goodie bagnya bagus banget, dari hijup nih.. Isi didalemnya juga oke2 *sengaja bikin siri* XD

      Delete
  18. Lagi ngetren banget nih vlog ya Mbak. Tapi saya kayaknya belum tertarik bikin, maluuuu ah, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha emang vlog harus pede ya, karena langsung liatin muka. Tips dari Lulu buat yg ngga pede liatin muka: jangan terus2an muka kita yg di shoot, perlihatkan keadaan sekitar jadi orang2 ngga fokus ma kita :)

      Delete
  19. Makasih udah sharing, bnyk belajar bgt dr tulisan ini... Hrs bnyk latihan bikin vlog nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macama, yihiii, nanti info2 ya biar aku bisa liat vlognya :D

      Delete
  20. Belum pernah coba buat vlog kepengen coba...

    ReplyDelete
  21. masih belom pede bikin vlog, lah wong dulu bikin hijab tutorial di youtube aja beberapa udah aku hapusin hahaha.. thanks for sharing mba sandra, sayang banget kemarin aku ga bisa ikut acara ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaah.. kl Indah yg udah cetar aja ngga pede apalagi akooh hahaha. Semoga pedenya tambah ningkat & semoga next event bisa ketemuan ya Ndah :)

      Delete
  22. Haduuuh Vlog... nyerah duluan deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Idaaa.. kok nyerah sblm nge vlog.. hihih Ayo Mba..!! Kamu bisaa :D

      Delete
  23. Bagus ini mba sand share materinya, aku kemarin kurang tune in karena sibuk mondar mandir ^^ tfs yaa.. oiya belum ada banner IHB disini, pasang ya kakak hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank Witha.. btw itu banner IHB aku ngga bisa pasaang, tetiba ngehilang hiks.. kenapa ya Witha.. :(

      Delete
  24. Jadi makin pengen bikin vlog kaaann, hahaha :p Nanti lihat punya mbak Sandra dulu deh biar makin terinspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ampun deh diniii.. vlogin si dede emesh doong :D

      Delete
  25. Jadi makin pengen bikin vlog kaaann, hahaha :p Nanti lihat punya mbak Sandra dulu deh biar makin terinspirasi :)

    ReplyDelete
  26. Kenapa contohnya harus jadi Syahrini sih? Hahahaha. Vlog muka doang mungkin aku bisa kak, tp klo seluruh body. Macam salah duduk lagi nanti,hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo coba bervlog, secara viewer di IG lo banyaaak, aku yakin fanbasemu mendukung ((FANBASE)) XD
      Yg penting duduk jangan terlalu nyaman kaaak hahahaha

      Delete
  27. heiiiiiiii... hanna itu sepupu akuuuhh :D waaahhh canggihlah sekarang mah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta traktir ah entar ama seleb :)))

      Delete
    2. Akooh mau ikutan di traktiiir kaaak :))) Voucher dr hijup jg boleh lah.. XD

      Delete
  28. Aiisshhh.. Mantap.. Akhirnya bisa paham deh yang dibahas kemaren. Hahahahah.. Aku dengernya separo2 doang soalnya karena sambil ngerjain ini itu. Biasa deh.. Mbaknya sibuk. ((((SIBUK))))) :D
    TFS Sandra. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kamu sibuk kak! Jadi kamerawati kan kemaren hahaha XD

      Delete
  29. Akhirnyaaa ada juga materinya iniii.. Makasii sandraaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macama put, lain kali jgn telat datang yak! Hahahha XD

      Delete
  30. hiks sedih ga bisa dateng acara ini, tapi makasiii loh kaka sandra udah disahre tipsnya jadi pengen coba bikin vlog juga tapi akoh gak pede shoot muka sendiri, wkwkwk *mbaknya galau* x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Dik Ingga, coba lah bikin vlog pemandangan alam pas jalan2, kan ngga harus terus2an muka kita yess hihihi

      Delete
  31. asiiik lengkap bangeeet mba, jd bikin inget yang sempet kelupaan. mba sandra bikin vlog dong sama rayaa *nungguin dg seksama* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam Retno.. Mungkin lebih baik vlog Raya aja hahahah Ibunya kegedean ntar ngga cukup layar kameranya XD

      Delete
  32. Sekarang Vlog lagi ngetrend, nih. Tapi saya baru sebatas ngumpulin tip dari sana-sini, termasuk dari artikel ini. Rasa percaya dirinya masih cetek banget. Beda kalau lagi nulis blog, bisa lancar. Semoga suatu saat saya bisa mulai berani nge-vlog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin. Emang nge vlog harus pede, tapi ya itu kata Lulu bisa diakali dengan memperlihatkan suasana/keadaan sekitar kita ktk bikin vlog jadi viewer ngga perlu terus2an liat muka kita :)

      Delete
  33. ingin bisa ngevlog n belajar, iya

    tapi kli mau pindah ke vlog... nggak deh... masih nyaman n stay untuk ngeblog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kalau udah nyaman di blog emang ngga bisa pindah kelain hati mba :)

      Delete
  34. Replies
    1. Macama Hana, nanti bikin vlog tentang buku ya :)

      Delete
  35. kereen. Materi vlog ini yang kucari2, coba ya ada tutorial editingnya #pengennambahbocoranilmunya haha. Tq udah berkunjung ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin IHB bisa bikin acara ttg tutorial editing vlog juga :D

      Delete
  36. Senasib sama Nia, potonya cuma pas kita ramean aja hahaha...maapkeun yang sibuk masing2

    bacanya enakeun, singkat, padat dan jelas mambes...ayuklah kita jadi tim Blog Vlog :D

    ReplyDelete
  37. Oh baru tahu ..jadi kalo lagu bisa saja ngak di-banned bila ngak seluruh lagu idtampilkan toh...ok, thanks infonya..salam kenal

    ReplyDelete
  38. Ulasannya lengkap pisaan Mbak San , tapi aku masih tengsin euy kalo nge-vlog hahaha pipi semua mukanyaa :")

    ReplyDelete
  39. Selain dapat ilmu bisa sbg ajang silaturahmi jg ya mb
    Sebenarnya saya bikin bikin vlog tapi kok malas2an ya aduh. Bye thanks sharing tipsnya

    ReplyDelete
  40. Yeaaay kerennya info postingannya mbaak ,beneran nih aku juga baaru tahu detail yang harus diprepare utk belajar vlog☺

    ReplyDelete
  41. wahh ngevlog yaa, apakah harus jago video an itu ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga perlu jago video yang penting Pede :D

      Delete
  42. misan sepertinya sekarang sudah serius ya ngeblognya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe lebih tepatnya memaksimalkan blog Bon :)

      Delete
  43. aku baru mulai bikin pideo, kakak :) gegara di platform wordpress gak bisa masukkin pideo kecuali berupa link utube, makasihhh sharingnya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiish cetaaar.. Coba dong share2 kalau udah bikin pideooo..

      Delete