Bio-Oil Event: 8 Kesalahan Perawatan Wajah

Sebagai Ibu dari seorang balita, hampir tidak memungkinkan saya untuk merawat muka. Soalnya dari Senin - Jumat ngurusin kerjaan kantor, plus dari Senin - Minggu sibuk ngurusin rumah, anak & suami hihihihi. Karena kesibukan sebagai Ibu & istri, saya sering banget melalaikan perawatan muka, ujung-ujungnya gampang jerawatan deh. 

Karena Raya sekarang sudah bisa saya tinggal *ngga nempel lagi kayak perangko* Sabtu Sabtu 15 Oktober 2016, kemarin saya menyempatkan datang ke acara Cosmopolitan: Healthy & Beautiful Me with Bio-Oil. 


Acara diisi oleh para pakar dibidangnya antara lain: dr. Grace Judio-Kahl, Msc,MH,CHt - Nutrisionist, Dr. Gloria Novelita, SpKK - Dermatologist, & Yuda Bustara - Celebrity Chef. Dipandu oleh Sari Nila sebagai MC saya merasa tercerahkan dan melek banget pentingnya perawatan wajah. 

Saya tidak akan menulis bagaimana ramainya acara yang telah diadakan, tapi saya ingin merangkum semua yang telah saya pelajari di acara tersebut. yaitu kesalahan dalam perawatan wajah. 



8 KESALAHAN PERAWATAN WAJAH 
Jadiii,  8 kesalahan ini seriing banget saya lakukan, kalau wajah saya bisa ngomong (ih tapi serem juga ya) pasti teriak "gue mbokya dirawat dooong" hihihihii. Jadi apa aja siiih kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pada perawatan wajah? Mari disimak ya... 

1. Tidak/Jarang Membersihkan Wajah
Okay, guilty! Saya banget ini mah... Apalagi kalau malam-malam pulang kantor, abis itu nemenin Raya main & ngelonin Raya, tetiba saya sudah ikutan bobo dan kulit wajah saya ngga bisa istirahat karena pori-porinya tertutup debu & bedak, kemudian muncullah jerawat.. Huhuhuhu... 

Dan jangan lupa, sebelum membersihkan wajah, cuci bersih tangan. Kadang suka lupa kan yaaa, nyuci tangan, nah jangan lupakan lagi, karena kotoran pada tangan malah akan ditransfer ke wajah, sehingga wajah tidak maksimal dibersihkan. 

2. Jarang Minum Air Putih 
Kulit sebagian besar mengandung air, apabila kurang air, maka kulit akan terlihat kusam, dan layu. Kebutuhan kulit akan air sangat penting untuk merawat kelembaban. Apalagi kalau bekerja selalu terpapar AC atau polusi, kulit yang kurang air akan cepat keriput dan mennimbulkan penuaan dini. Minum air putih minimal 1 liter atau 8 gelas sehari, akan membantu melembabkan kulit wajah.  

Kurang air putih menyebabkan kelembaban kulit hilang
3. Sering Memencet Jerawat 
Jerawat ranum itu rasanya bagai mangga mangkel tetangga yang minta dicolong #eh. Gemes banget pengen diutak-atik. Dampak buruk dari memencet jewat, biasanya setelah itu muncul jerawat baru sekitar wajah karena bakteri semakin berkembang, apalagi kalau dipencetnya pakai tangan kotor, wassalam aja deh hihihi. Selain itu apabila dipencet, bisa menimbulkan bekas atau luka pada wajah, sehingga wajah terlihat tidak mulus. 

Daripada dipencet, mending oleskan air jeruk nipis pada jerawat agar kempes sendiri, dan rawat jerawat baik-baik. Tapi jangan tempelkan plester ya.. :D 

4. Jarang Mengkonsumsi Buah & Sayur
You are what you eat. Tubuh memerlukan konsumsi vitamin & makanan yang baik sehingga dapat beregenerasi. Buah & sayur memberikan keuntungan lebih karena mengandung vitamin & mineral yang diperlukan tubuh. Daripada memakai buah dan sayur sebagai masker, lebih baik langsung dikonsumsi agar manfaatnya dirasakan oleh seluruh tubuh. 

You are what you eat, jangan lupa makan sayur & buah biar cantiks
5. Diet Terlalu Berlebihan
Menurut dr. Grace Judio-Kahl, diet yang baik itu bukan yang membuat tubuh tersiksa dan kekurangan nutrisi dari makanan. Diet yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kondisi tubuh, dapat menyebabkan wajah kusam karena tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. 

Konsultasikan diet yang sesuai dengan diri kita langsung pada ahli gizi, atau dokter yang berpengalaman, sehingga terhindar dari diet extrim yang merusak kulit muka dan menimbulkan masalah di wajah.   

6. Tidak Menggunakan Perawatan Muka yang Tepat
Kenali kulit wajahmu! Apakah berminyak, kering, atau kombinasi dari itu. Produk mahal tidak menjamin jika memang tidak cocok dengan kulit wajah. Produk yang tidak cocok pada wajah bukannya menambah kinclong, malah akan membuat kulit bermasalah. 

Jadi jangan asal memakai perawatan kulit, apabila kurang yakin, mungkin bisa datangin tempat konsultasi gratis di mall sehingga kita bisa tau, jenis kulit kita dan beperawatan serta produk apa yang tepat dengan kondisi tersebut. 

Kenali kulit wajah, apakah berminyak, kering atau kombinasi 
7. Tidak Menggunakan Tabir Surya 
Tabir surya diperlukan untuk wajah, terutama pada kulit wajah orang Indonesia yang beriklim tropis dan banyak terpapar matahari. Meskipun bekerja di kantor, kulit tetap memerlukan tabir surya karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap, bersisik, kering dan kusam. 

Tabir surya juga dapat membantu mempertahankan air dan minyak alami yang berada dibawah kulit sehingga membuat kondisi kulit tetap lembab dan terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan iritasi kulit. 

8. Jarang Berolahraga
Setelah berolahraga, badan akan terasa lebih segar & kulit akan lebih kinclong, iya ngga? Kalau menurut dokter, olah raga ngga perlu lama-lama tapi harus rutin dilakukan. Minimal 30 menit sehari, sehingga sirkulasi oksigen didalam tubuh terpenuhi. 

Pengeluaran keringan ketika olahraga juga membantu wajah terlihat lebih bersih, dan produksi kolagen pada kulit lebih meningkat, sehingga wajah akan terlihat lebih awet muda :)

Biar wajah segar, ayok olahraga 
Naaaah sudah tercerahkan? 
Hayooo, siapa yang sering melakukan ke 8 kesalahan diatas? 
Saya sih pastinya iya! XD

Tapi, saya udah niat untuk berusaha apalagi membersihkan wajah dengan lebih baik... Secara wajah cantik kan bikin senang suami, bikin senang suami = ibadah = dapat pahala. 

Lagian mana ada sih perempuan yang ngga mau terlihat cantik dan menarik? Ya ngga? XD

Jangan terlena, ini cuman pake fitur beauty kok hahahaha aslinya biasa ajah.. XD






CONVERSATION

52 comments:

  1. Pertama mau komen ttg kesalahan perawatan : aku termasuk yang jarang minum air huhuhu plus klo pulang bersihin wajah siy tapi lupita mau cuci tangan :(

    Kedua mau komen fotonya : mama raya syantiieekk, beatipulll :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, aku banget. Salam kenal yaa :d

      Delete
    2. @Herva: samaaa aku pun suka lupa cuci tangan kalau mau bersihin wajah huhuhu. Tapi ayok Neng herva geulis, jangan jarang minum air putih... Nanti dehidrasi lhooo

      @Lasma: Sama dong tos! hahah, salam kenal juga :)

      Delete
  2. Kamu cantiiik banget sih mbaa :) Dri 8 kesalahan diatas, hampir semua aku lakuin hahahah. Kalau pulang dari acara itu kadang suka langsung tidur. Then, mainin jerawat ituu juga sering dilakukan, efeknya pada berbekas :( Tapi, mau coba buat lebih teratur jaga kesehatan kulit ah. Kalau kita cantik kan suami juga seneng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uciiii makasih tapi jangan salaah itu cuman pake fitur beauty potonyaa hihihi. Emang mainin jerawat itu menyenangkan & memiliki kebahagiaan tersendiri *apaansiiih* tapi ya ternyata ngga bagus euy.. hiks, aku pun lagi nyoba nahan tangan jgn mainin jerawat...
      Mari terlihat cantik buat suami!

      Delete
  3. Mba.. bio oil ini bisa menghilangkan strechmark kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan pemakaian teratur bisa menyamarkan, bukan menghilangkan yaa.. :)

      Delete
  4. saya.., saya..! terutama yang males bersihin muka, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kamu mah mukanya udah cetaaar! Plus rajin bersihin pasti semakin kinclong kak

      Delete
  5. widiih udah posting aja ... kakaaa kecee..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woooi komen kontennyaa, kontennyaaaa hahahahha, daripada pusing kerjaan kantor, nulis ini aja lah Aie XD

      Delete
  6. waaah mba sandraaa jodoh bener aku kmrn baru beli Bio Oil di drugstore ahahah awalnya mau beli Roseship Oil merk Sukin yang harga aduh maak... Bio Oil lebih affordable dan manfaat nya ga jauh beda, buat ngurangin spot hitam di wajah (maklum udah kepala 3) dan bekas jerawat. Nice share tips nya tapi disini ga dijabarin manfaat Bio Oil nya yaa? hihi *kata mba sandra : bisa nanya mba drugstorenya kalii * hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhaha aku ngga nulis manfaat Bio Oil karena udah banyak infonya Inka :) Jangan lupa pemakaian teratur selama 3 bulan dan pijat2 daerah dark spot biar hasilnya terlihat ya :)

      Delete
  7. wahhh artikelnya penting banget nih buat di bookmark, saya juga tipe yang kalo bersihin muka seadanya terus lupa pake sunblock (alasannya sih karena bb cream udah ada sunblocknya tapi tetep aja kadang bare face aja gitu ngojek sana sini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau berguna :)
      Iyaaa sebenernya kadang malas kaaan pake tabir surya, aku pun begitu... Tapi demi mencegah penuaan dini diwajah, repot dikit sebelum keluar rumah ngga papa deh :D

      Delete
  8. No 7 sadarnya telaaaat, jd udah ada beberapa black spot di muka,huhu. Klo 8 lari2an ngejar si ucul di rumah sm di bkt olahraga kan ya?! Hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaah ngga percayaaa, mukamu mulus bagai pualam, aku sirik!
      Bisa lah, gue juga kan modalnya gitu hahahah lari2 ngejer anak = olahraga hahah *alesan*

      Delete
  9. Tabir surya klo d rumah doang suka males make kakakk.. pdhl kan ttp kena pantulan matahari yaa. Okeh brb berendem di bio oil. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah Buyuuuu Bio Oilnya punya segimana banyak sampe bisa beremdem? XD ikutan dooong hahahha

      Delete
  10. kalo aku telat pakai sunblock huhu baru tahu kalo penting banget harus pake sunblock udah usia kepala 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Better late than never kak! Ayo mulai sekarang rajin2 pake tabir surya :D

      Delete
  11. Wah reminder biar aku makan sayur ni hihi

    ReplyDelete
  12. Ya ampun banyak banget kesalahan hana *tutup muka* makasih remindernya :) semoga bisa meminimalisasi kesalahan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang Hana, aku pun melakukan semuanya hahahahha... Masih banyak waktu untuk memperbaiki diri, kecantikan wajah kan bisa bikin pede juga yes :D

      Delete
  13. Hi mamih kinclooong ♡

    Yang paling berat buat aku iti olajraga. Harus semangat nih olahraga mulai sekarang.

    Makasih mamihqueen pencerahannya. Makan sayurnya juga msh jarang nih huhu efek keseringan bangun kesiangan jd gabisa rebus-rebus. Pantesan kukitku sekarang2 mayan kusam yah.

    Maacih udh sharing mamih♡

    ReplyDelete
  14. Hi mamih kinclooong ♡

    Yang paling berat buat aku iti olajraga. Harus semangat nih olahraga mulai sekarang.

    Makasih mamihqueen pencerahannya. Makan sayurnya juga msh jarang nih huhu efek keseringan bangun kesiangan jd gabisa rebus-rebus. Pantesan kukitku sekarang2 mayan kusam yah.

    Maacih udh sharing mamih♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiih kinclong karena fitur kameran hengpon aja Neng Ifaaa hahahha
      Ayo rajin2 makan sayur, kalau beli makanan sayur jangan dilupakan, buah2an juga ya :D
      Kalau mau olahraga hayuk playdate sama Raya & Naya hahahah, dijamin keringetan XD

      Delete
  15. Saya juga termasuk yg nggak gitu care dg perawatan wajah, haha... kalau udah jerawatan baru deh nyadar lupa maskeran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba hahaha, kayaknya banyak yang senasib dan lupa merawat wajah.. Tapi demi terlihat kinclong depan suami, dibela2in deh aku mah XD

      Delete
  16. Aku suka gemas sama jerawat dan selalu memites jerawat dengan perasaan tak berdosa hahhaha..
    Mba jadi kinclong banget ih, kalo aku pake bio oil bisa nggak ya berubah jadi kek olla ramlan gitu mukanya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jerawat itu emang bikin gemeees, makanya harus rajin2 bersihin muka biar ga jerawatan & dikopek2 ya kaaan.
      Nesaaa, baca captionnya, aku kinclong pake fitur beauty hahahah, ah kamu mah jangan terjebak dong Nesa Ramlan.. XD

      Delete
  17. lengkap banget rangkumannya mba, sukaaa... aku blm rajin pakai tabir surya nih, ngandelin spf dr produk lain huhu sip deh belanja tabir surya dulu xD btw cantik amat sih mbasaaaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kl infonya membantu Retno. Aaah retno mah peralatan mekapnya aja lbh lengkap dari akuuuh, gimana iniii..

      Delete
  18. Fixed 1, 6 dan 8 itu paling jarang....demi kulit wajah awet muda (sehat) daku rela deh berjuang hahahah *apalah* kan menuju #Halal2017 ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisa kak! Meski aku jg kadang males2an tapi ngga lagi2 deh nyepelein bersihin muka, brasa banget nih jerawat ngga ilang2 karena males huhuhu

      Delete
  19. San cantiiiikkk hehehe kynya bagusan ga pake kcmt hihihi..
    kalau bio oil itu emang bisa buat muka? aku pernah pake pas hamil faith buat perut, tapi jd gatel2 jadi gak pake lagi
    thx for sharing tipsnya ya... aku ga pernah pake sunscreen nih, takutnya malah jd jerawatan kalo kebanyakan pake macem2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonie thank you, tapi kalau ngga pake kacamata burem bon.. hihihi
      Mungkin si bio oil cocok2an juga ya bon. Aku sekarang pake tabir surya & pelembab buat jaga muka bon

      Delete
  20. Nggak percaya kalau itu pake fitur beauty.. pasti asli. Yekan? Yekan? *maksa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah percaya deeeh fitur beauty itu sumpeeeh!

      Delete
  21. Aku tau aku banyak salah tp gapapa deh yg penting aku ga pressure.haalah excuse. Haha. Btw buat yg penasaran, Mba Sandra aslinya kinclong begitu jg loh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nia, wajahnya udah bagus, lbh rajin lah biar terawat terus sampe nanti. Halaaah kamu menyebarkan isu ngga bener hahahaha itu fitur beauty! *keukeuh*

      Delete
  22. Jarang minum air putiihh (aku ngaku salah aja deh) sama klo udah pulang kemaleman suka bablas ga bersihin muka..hiks hiks... makasih tipsnya yaa Sandra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiih Anin mentang2 dapet mesin dolce gusto jadi jarang minum air putih.. Ayok atuh minum biar kulitnya ngga dehidrasi :D

      Delete
  23. Dija mau rajin bersihin muka deh.. biar cantik dan bening kayak tante Sandra Buana gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dija udah cantiiik & Beniiing mau diapain lagiii, udah ah.. kiss kiss

      Delete
  24. Ya, sering memencet jerawat bukannya membuat jerawat hilang tapi malah mengundang jerawat lainnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi mencet jerawat itu adalah hal yang paling ngga bisa dihindariii.. godaaan terbesar adalah membiarkan jerawat aman pada tempatnya hiiiikssss

      Delete
  25. Aku yg no 7 & no 8 niih huaa ;'( sudah diingetin juga sama temen yg dokter & punya klinik kecantikan bwt rajin pake tabir surya daripada ada flek di wajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiih dirimu mah nakal, udah diingetin temen malah ngga nurut hihihi XD emang kadang pake sun block males, teksturnya yg ngga banget bikin ilfil, jadi harus nyari yg light biar ngga berasa pake topeng :D Kl olahraga mah tos lah, susaaah.. Paling alesannya, gendong, ngejer anak & beberes kan = olahraga XD

      Delete
  26. Mba Sandraa, ngga percaya ah aku dirimu pake fitur biutiiii hihii
    Aku mau nyoba bio oil buat wajah euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun suka pake bio oil buat wajah ciii, alhamdulillah cocok ganti2an sama produk lain hihiih.. Eh beneraaan itu pake filter biutiii XD

      Delete

Back
to top