Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

10 Cara Atasi Tantrum Anak

By 4:37:00 PM , , , , , ,

Halo terible three!
Kesabaran saya lagi banyak diuji sama Raya akhir-akhir ini. Cara mengekspresikan kemarahannya kadang-kadang ngga masuk akal, bikin ngelus dada. 
  
Ada yang manyun dipinggir jalan karena minta gendong... 
Bulan lalu, ketika saya mengganti baju Raya di daycare, saya lihat bercak kemerahan sekitar paha kiri dan kanan. Usut punya usut, ternyata Raya marah ketika sedang mandi dan mukul-mukul diri sendiri plus menghentak-hentakan badannya ke lantai kamar mandi.. Raya saat ini mulai mengekspresikan kemarahannya dengan cara memukul-mukul dan menyakiti dirinya, itu bikin saya sediiih, karena Raya ngga mukul orang atau benda tapi nyakitin dirinya sendiri. huhuhuhu :( 

Saya sadar banget usia Raya saat ini memang saat yang rentan dan anak dapat mengekspresikan kemarahannya dengan berbagai cara. Apalagi Raya masih balita dan ketika marah kemampuan mengungkapkan kekesalannya lewat kata-kata belum sempurna jadi melakukan hal-hal yang bisa dan mampu dia lakukan. 

Kemarahan anak atau dalam istilah psikologinya sering disebut 'temper tantrum' harus diatasi dengan baik agar anak & orang tua tidak frustasi (soalnya yang gini bikin stress dan akhirnya jadi frustasi). Dampak tantrum dari beberapa buku yang saya baca cukup menyeramkan jika tidak diatasi. Anak jadi belajar selalu tantrum apabila keinginannya tidak dipenuhi, semakin lama dibiarkan nanti untuk urusan sepele pun nanti bisa-bisa anak langsung tantrum dengan hebat...

Jutek amat sih Neng
Untuk mencegah hal tersebut, saya punya beberapa cara mencegah tantrum yang sudah saya terapkan sendiri pada Raya. 

10 CARA ATASI TANTRUM

1. Tetap Tenang
Saat Raya tantrum, saya harus tetap tenang dan tidak boleh terlihat panik atau kalah. Soalnya kalau saya panik, saya bisa jadi marah, kesal dan akhirnya malah menjadikan tantrum Raya semakin heboh. 

2. Biarkan Anak Melepaskan Kekesalannya
Kalau lagi tantrum, berarti Raya sedang kesal karena tidak diperbolehkan untuk mendapatkan sesuatu dari saya. Saya akan membiarkan Raya menangis sampai akhirnya tenang. Saya biarkan Raya melepaskan kekesalannya. Biasanya saya diamkan dan setelah tenang saya tanya, Raya sudah bisa tenang? Dan baru setelah itu bisa diajak diskusi.

Kalau lagi manyun gini kasih space aja biar ngga tambah ngamuk
3. Beri Pelukan 
Cara ini jitu banget buat Raya, kalau lagi nangis nggak jelas dan marah-marah saya memeluk Raya & membiarkan Raya menangis. Dengan pelukan Raya tetap merasa diperhatikan. Kalau memang tidak mau dipeluk jangan dipaksa, biarkan saja dan beri anak ruang. 

4. Jangan Pernah Melakukan Kekerasan Baik Fisik atau Verbal
Pernah ngga sih ngerasain lagi kesel eeh malah dimarahin dan dipukul? Saya pernah hahahahah... *glegh* Orang tua saya jaman dulu galak shaay, dikit-dikit sentil, nangis dikit dimarahin, dikit-dikit cubit, cape deh hahahah. Dari pengalaman itu saya ngga mau melakukan kekerasan verbal maupun fisik pada Raya, karena pada saat tantrum sebetulnya anak ingin disayang, diperhatikan dan diikuti kemauannya, jangan tambah trauma anak dengan kekerasan yang akan membuat anak semakin agresif. 

5. Tunjukan Empati 
Tunjukan kalau kita sebagai orangtua mengerti perasaan anak dan tahu kenapa anak marah. Berikan kepedulian bahwa kita tau anak menginginkan sesuatu, tapi jelaskan kenapa dilarang dan tunjukan perhatian bahwa kita sebagai orangtua mengerti bagaimana rasanya kesal dan tidak bisa mengekspresikan perasaan tersebut.

Kalau lagi manyun dipeluk aja deh sambi ikutan manyun... 
6. Pahami Kebutuhan Anak
Tantrum pada Raya seringnya disebabkan karena capek dan ngantuk. Anak cenderung menampilkan tantrum saat lapar, haus, dan mengantuk karena kurang tidur. Jadi saya selalu menjaga asupan makanan Raya ketika jalan-jalan, dan pulang ketika Raya sudah memasuki jadwal tidur. 

7. Ajari Anak Cara Mengekspresikan Diri
Saya sering mengajak Raya teriak-teriak dengan lepas hahahaha, mungkin orang lain menganggap saya aneh, tapi itu cara saya mengajak Raya untuk mengekspresikan perasaannya. Saya juga selalu mengajak ngobrol apa sih yang membuat Raya marah, sedih, senang, dan selalu bertanya apa kegiatan yang dilakukan di daycare ketika saya menjemput Raya. Belajar mengekspresikan perasaan membuat tantrum lebih mudah karena Raya bisa menjelaskan kenapa dia marah setelah tenang.

Mewek di daycare
8. Hindari Mengumbar Janji
Nah ini! Pernah ngga dengar ungkapan "kalau janji sama anak kecil harus selalu ditepati!". Ini bener banget. Anak kecil belum ada pemikiran aneh-aneh dan kalau memang kita sudah menjanjikan, sampai kapan pun akan ditagih. Jadi saya tidak pernah mengumbar janji-janji manis pada Raya kalau dia ingin sesuatu, kalau memang tidak perlu saya katanya kita sudah punya atau biasanya bilang uangnya mending dibelikan kebutuhan lain yang lebih baik.

9. Bertindak Tegas 
Bertindak tegas disini harus juga dilakukan oleh anggota keluarga lain seperti Bapak, Nenek, Kakek, Tante, Om, dll. Jangan sampe ketika saya tegas, keluarga yang lain malah menuruti keinginan Raya. Waah bisa-bisa saya yang ngamuk kalau gitu hahahahah. Pentingnya semua anggota keluarga satu visi untuk masalah ini, agar anak tidak bingung dan akhirnya tantrumnya semakin menjadi-jadi. 

10. Puji Anak
Waktu saya kecil, saya ngga pernah ngerasa dipuji orangtua hahahaha *kesian deh saya*. Padahal pujian pada anak itu mampu memupuk rasa percaya diri *pengalaman* dan berguna bagi stabilitas emosi si anak. Biasanya kalau Raya setuju dan tidak marah ketika saya larang, saya akan langsung bilang "Anak mamih pinter banget! Tos dong, gitu ya lain kali.." atau sejenisnya gitu deh. Jadi jangan lupa memuji anak ya!

Aku manyun karena ngga boleh beli kacamata ini XD
Jadi orangtua itu emang susah *ya kaleee ada yang bilang gampang*. Tulisan ini murni pengalaman saya ketika menghadapi Raya tantrum, mungkin setiap anak caranya ngga akan berbeda. Yang penting kita ingat anak itu belum mengerti cara mengekspresikan diri karena banyak kendala ya bahasa, ya emosi, ya umur, jadi mari bantu anak agar lebih baik, dan memberikan contoh yang baik pula :) 

Adakah yang punya pengalaman menghadapi anak tantrum? Sharing yuks, biar saling belajar.

Baca juga pengalaman saya tentang dinyinyirin orang : In My Shoes 

You Might Also Like

59 comments

  1. Hadeuuuuh ini masi bgt sering mampir di Alula.. Biasanya klo baterenya soak alias lapar atau ngantuk ( lo rese klo lagi laper ) kya tagline iklan kan haha.. Kadang juga klo misalnya dia gak bisa melakukan sesuatu,iiih bisa ngamuk2.. Klo lg dirumah biasanya gw diemin,tp klo lg diluar rumah ditempat rame,sebisa mgkn diajak ke tempat sepi aja deeh.. Huft.. Capek ya sist hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kalau lapar & ngantuk rese men! Aku kalau di emol juga cuekin ajah hahahah, paling jadi tontonan XD ntar Raya malu sendiri hihihi. Capek banget sist!

      Delete
  2. Yeapp si Ibay juga samaa, si adek lagi usia 3 tahun nih, lagi belajar ekspresiin emosinya :) moga kita selalu sabar yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga sumbu sabarnya selalu panjang ya ngademin anak2 piyik ini :D

      Delete
  3. Raya kamu ko cantik bangett si..tante witha ngefans ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tante Witha, makasih lhoo.. Sama mamihnya ngga ngefans ya? #eh XD *kurang tau diri* hihhi

      Delete
  4. Uda ngetik komen pake HP lalu blas ketutup jadi komen kerennya lupa :P
    Anakku klo nangis gitu aku diemin mba biarkan saja untungnya klo diajak keluar anakku paling demen jadi ga perlu ada tangis air mata hahaha..palingan klo dy kekeh biarin aja ditinggal lalu manyun kayak Raya uda deh.
    Btw Raya meni cute like me *tetep* wkwkwk #dikeplakin emaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. komen keren itu penuh dgn pujian2 pada si mamih kah? hahaha
      Punya anak teh ternyata susah2 gampang, moodnya ngga nahan euy. Raya cute kayak tante herva iya lah iyaaa, asal mamih dibeliin cilok & cireng aja kl ke Cimohay hahaha

      Delete
  5. Anak saya sampe usia hampir 8 tahun kadang2 masih suka tantrum. Tapi udah jauuuh berkurang Mbak, dan bener, yang paling manjur adalah dipeluuk. Peluk sampe semua amarahnya mereda. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin gede anak tantrumnya semakin berkurang ya mba.. semoga Raya juga gitu deh *AMIIN* Pelukan mah emang manjur banget ya :)

      Delete
  6. Raya cantiik... makasi pencerahannya mak...no 2 selalu aku lakuin..mending jujur dan dia nangis sejadi2nya, tapi abis itu anaknya lega klo emang ga bisa nurutin permintaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiy tante Dewi! Iya, kalau lagi ngamuk2 kita tanyain malah menjadi-jadi ngamuknya.. Mending diemin aja dulu deh sampe tenang, malah kadang2 kalau lagi capek, abis nangis trus tidur sendiri :D

      Delete
  7. Aduuh unyu bgt sih yg lg manyuun he he towel dl ah pipinya he he,,anakku yg pertama dl ngga punya mslh tantrum mba alhamdulillah, tp yg kedua ini,,aduuh udh mulai ada bibit2 tantrum he he tengkyu bgt infonya ya mba,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Ampun, anak pertamanya Mba Tita baik banget ngga tantrum.. coba resepnya apa mba? hihihih. Anak emang beda2 ya, jadi mikir mau tambah anak ngga yaaa.. #eh :D

      Delete
  8. Mba.. Raya lovable banget sih 😍😍
    Walopun belum punya anak, terimakasih untuk infonya. Nambah ilmu parenting lagi.. Alhamdulillah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamihnya jg lovable kok tante Neisia.. Hahahah *ngga mau kalah*
      Amiin, lumayan nyetok ilmu ya Nes :)

      Delete
  9. Mbaaaa cara no 1 kayanya susah banget deh aku terapin. Udah kadung emosi jiwa tingkat tinggi akunya.

    Dulu, ak lebih sering ninggalin anak di belakang (kita jalan duluan) klo lagi tantrum di mall. Biasanya dia ngikutin aku sih akhirnya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahh Emberaaan tetap tenang itu susyah banget kalau udah KZL liat anak ngamuk tingkat dewa. Tapi harus dicobain, anak mencontoh dari orangtuanya, kalau kita tenang menghadapi segala cobaan derita, sulitnya ngatasin anak tantrum *halah lebay* si anak insha Allah mencontoh yg baik2nya AMIIN!

      Delete
  10. Noted semuanya Mbak.
    Faraz belakangan suka ngambek, walau belum tantrum level parah sih. Dikit2 pengen nonton di HP, atau klo gak pengen makan telur rebus mulu padahal dia alergi, biasanya sih gak dimakan semua butir kedua atau 3 udh mulai dihancurkan gak jelas,.isshh.. tp biasanya klo dibujuk dan ditenangkan akhirnya luluh juga :)

    Anyway thanks for share ya Mbak.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dong mbaaa, Faraz baek banget ngga sampe tantrum heboh. Raya pernah dong tantrum heboh, di mol pulak. Rasanya pengen nyubit & tinggalin aja disitu hahaha.. Tapi kembali lagi ke poin no1. tenaaang.. tenaang.. tenaaang.. *padahal susyaaah* XD

      Delete
  11. Tantrumnya darell agak beda, dia lebih milih cemberut hentak2an kaki ke lantai sambil monyong... Tips nya bermanfaat banget nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si kasep mah dah pinter & gede jadi ngga akan tantrum heboh ya. Inget kata Mba Ririn kemaren, biarkan anak ekspresikan perasaan biar ngga meledak didalem booo :D

      Delete
  12. Tantrumnya darell agak beda, dia lebih milih cemberut hentak2an kaki ke lantai sambil monyong... Tips nya bermanfaat banget nih...

    ReplyDelete
  13. Duh smoga raya ga nyakitin diri sendiri klo tantrum ya sayang,huhu. Sejauh ini masih aman terkendali si ucul. Sebenernya akan terbit tantrum klo diajak ke mall trus dia ga mau diajak ke arah yg mama papanya tuju, maunya di tempat mainan terus or lari2 terus. Jadi untuk mencegahnya, tiada ajak naya ke mall,hahaha. Ke BKT apa taman ajaaah.. 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, kesel deh kl nyakitin diri sendiri. Ucul baik dong jarang tantrum (apa belom?) hihihihi, BKT emang TOP tapiiii.. kurang baik kl liat banyak jajanan my little pony & prices2.. adeeeuh -_-"

      Delete
  14. mbaaa, yaampun kenapa ini bayi2 Juli lagi pada tantrum yah XD
    birru juga deh ampun..gamau pake baju..ngamuk ga jelas..nangis sampe sediiih bgt, pdhl gara2 sepele doang. skrg kalo aku diemin, misalnya ada eyang, pastinya aku dimarahin krn diemin anak. tp aku setuju kok, ngebiarin anak melepas emosinya penting bgt..ya buat otak dia ya buat emosinya dia..

    mari kita banyak makan biar kuat hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuh TOS Biru! Juliers lagi pada challenge kesabaran emak2nya kayaknya huhuhuhu. Nah itu ya, kalau ada ortu itu susyaaah buat ngajarin anak hahaha, soalnya nenek-kakeknya males denger anak nangis, jadi maunya cepet2 di cup cup.. *menarik nafas dalam..*

      Delete
  15. aduh gagal fokus liat foto2 lucu cemberut manja.... maknya juga imut gitu ya,,,hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Novaaa.. I lope you pull.. Baru kali ini maknya dibilang imut *sujud syukut* *lebay* hahahahha....XD sering2 mampir sini lah Mbaa *butuh pujian banget emaknya* hahahaha

      Delete
  16. Galfok sama Raya yang pakai kacamata.....gie dulu mih suka banget 'marah' atau pakai tatapan mamtir kalau adik sepupu gie lagi tantrum atau ngambek. Tapi semakin banyak bergaul sama mahmud kece apalagi sejak ikut seminar bu Elly Risman jadi makin paham kalau sama anak tantrum itu persis 10 hal yang mambes share.

    persiapan lah mendidik anak di era digital, dan setuju musti satu visi sama keluarga yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emaaang, dulu juga gue paling sebel kalau liat anak nangis, pengen rasanya diubit aja biar diem hahaha. Setelah jadi ibu berubaah hahah kalau ngga Raya stress kali punya emak galak XD

      Delete
  17. foto-foto Raya cute banget, cantiik, iyaa ih paling bingung kalau anak udah tantrum apalagi kalau tantrum di tempak rame, emaknya langsung keder, deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante Rani! Iya kalau tantrum tempat rame udah musti pasang muka tebel diliatin orang XD

      Delete
  18. Tooosss banget mba.. Hihihi Anakku jg 3 tahunan kayak Raya.. Ada aja ya sebutannya, teribble three, threenager.. Dan itu beneeer bgt.. :D Kalo udh mulai tantrum dan aku jg suka gak sabar biar ayahnya deh yang turun tangan atau sebaliknya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. I.Y.A pake banget... Usia 3 sepertinya angka cantik buat anak menyalakan emosi emaknya hahahaha. Tapi ayok kita coba mengatasi *nyemangatin diri sendiri* secara semakin gede pasti tantangannya lebih banyak kan yaaa.. *tiba2 lelah mikirin* XD

      Delete
  19. raya kamu cantik banget siih... kapan2 ketemu tante ingga ya ;)
    sharingnya dicatet buat nanti klo ingga dah punya anak, hihi aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante Ingga, emaknya cantik ngga? hahahha *haus pujian*
      Jangan lupa undang2 ya nanti tanteee

      Delete
  20. hi mba sandra .. nice share postingannya.... btw kakak raya cantik anet sii.. :) hehe Duh iya anaku Fahri umur 2 tahun pernah kumat tantrum di restoran gara2 aku lupa bawa botol susu... hihi ampun ngamuknya udah kayak kesurupaann hahaha Yasalaaamm luaaar biasa jadi ibu kudu sabaarr... Ini juga belum sampai taraf tantrum minta dibeliin mainan sih *OMG* ibu nya puraa2 pingsan aja deh kwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah OMG kebayang deh rasanya waktu Fahri ngamuk gegara botol susu. Raya juga pernah ngamuk dimobil gegara kacang.. iyeees kacang rebus dipinggir jalan kagak bisa aku beli dan dia ngamuk sengamuk2nya.. Lagi nyetir pulak, diemin aja lah meski dia udah gogoleran dilantai mobil... *hela nafaaas*

      Delete
  21. heeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhh
    saya sampe menghela napas banyak2...ampun gak di kamar mandi, di warung, di jalan...heehhh ya itu ajalah luapannya, gak boleh macam2 hehhehe, triknya sama aja kayak diatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TOS! Sama mba, emang anak2 lagi mencoba kesabaran ibunya saat ini hahahaha. Kalau kayak gitu rasanya udah pengen dimasukin lagi ke perut aja biar diem hahahah XD

      Delete
  22. Iya, jadi orang tua memang gampang2 susah. Lucunya kadang mereka (anakku 3) kompakan gitu, lagi sholeh ya sholeh semua, lagi agak bageur tanda kutip... aduuuh pecah kepala rasanya. Kalau salah nanganin anak yang tantrum, bisa2 malah emaknya yang ikutan tantrum XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh komo anak 3 mah saluut akuuh, aku 1 aja kalau lagi tantrum rasanya pengen nyanyi lagu krisdayantii.. kutak sangguuuuuuppp... hihihihii XD

      Delete
  23. gak tau istilah tantrum, oh ternyata begini ngatasinya ya. bekal buat aku nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiiiy, Makasih ya mariana udah mampir2 kesinii.. Bekal buat nanti, biar ngga pusing XD

      Delete
  24. Memuji ini yang kadang jarang banget di lakukan yaa, padahal anak butuh sekali pujian.
    Ribet dah susah yaaa ternyata momong anak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Embeer, apalagi kalau dulu kita jarang dipuji, pas punya anak rasanya susah muji. Padahal anak dipuji dikit aja seneng banget! Hahaha momong anak emang susaaah, tapi tetep bikin hepi & bahagia kok om cum :D

      Delete
  25. Wii mba Andra keren loh tipsnya, perlu belajar banyak sabar nih dari mba Andra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips ala-alam Mba Lily, belajar dari pengalaman aja kooook, ibu2 yg lain pun pasti punya pengalaman cetar ttg ini.. kiss kiss

      Delete
  26. Setiap anak punya keistimewaan masing masing yak. Anak saya dua..tapi cara tantrumnya berbeda. Jadi saya harus ekstra sabar kalau udah anak tantrum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren mba! sharing dong gimana caranya atasi tantrum 2 anak, aku 1 aja pusyiiing hihihihi

      Delete
  27. Intinya harus lebih banyak sabar aja ya mbak...
    Nice tips...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyari sabarnya itu kadang susaaah hihihi XD

      Delete
  28. Aku pernah ngadepin anak tantrum dan sumpah rasanya pengen guling2 di lantai mall. Hahahaha. Antara stress dan mengurai kesabaran :D

    Btw, Raya walau manyun2 gitu tetep kiyut ajah deh :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooooii... kenapa tante tari jadi pengen guling2 dilantai jugaaaa? Hahahahah, emang kl anak tantrum bikin sebeeel! Aku ibunya aja sebel, tapi kan kasian jugaaa, anaknya lagi stress

      Delete
  29. Ortuku jg dulu jrng muji, eh kok malah curcol anakku juga suka tantrum sebelnya pas aku tegas yang lain nggak ngedukung jadi berasa tokoh antagonis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos Mba! Aku pun jarang dipuji sama ortu hiihi. Emang suka gituuu, aku kadang berasa ibu tiri ke anak sendiri huhuhuhu. Tapi anehnya kalau apa2 dia nyari aku kok, bukan orang2 yg manjain dia *bikinmeleleh*

      Delete
  30. saya sedih pas baca Raya pas marah malah melampiaskan ke dirinyaa :'(..pada umur segitu anak kecil sedang mengenali emosi dan susah mengekpresikan ya..ponakan saya kalo lampiasin amarah ke orang lain hehehe...memuji anak dari kecil memang harus kayaknya ya mbak supaya anak lebih percaya diri *pengalamansayajugajarangdipujipaskecil hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, sedihkan yaaa liatnya karena dia ngga mau nyakitin orang lain, jadi nyakitin diri sendiri hiks... Betul, emang jaman dulu jarang orang tua yg muji anaknya, jadi belajar dari situ aku pun sekarang selalu ngasih pujian sama Raya atas keberhasilannya :)

      Delete