Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Yuk Persiapkan Pendidikan Anak untuk Hadapi Persaingan Global

By 6:47:00 PM , , , , , ,

Menjadi orangtua itu tidaklah mudah! Saya merasakan hal ini setelah memiliki Raya. Saya sering merasa galau & gelisah memikirkan, kesehatan, tumbuh kembang, kebahagiaan dan terutaman pendidikan &  masa depan Raya. Tugas orangtua adalah mendidik dan mempersiapkan anak agar dapat menghadapi semua tantangan yang ada di zamannya, Di era digital yang serba cepat ini, pikiran saya dipenuhi dengan pertanyaan-pertanyaan; "Siapkah saya mengembangkan minat sesuai yang Raya miliki?  Sudah siapkan saya mempersiapkan Raya untuk menghadapi era digital ini? Sudahkan saya memberikan bekal yang cukup utnuk Raya? Apakah investasi yang saya ambil untuk Raya sudah mencukupi?"  



Kegelisahan saya sepertinya dirasakan oleh banyak orang-tua, dan tertangkap oleh Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB). Sebagai komunitas perempuan yang sebagian besar anggotanya sudah bekeluarga dan memiliki anak, alhamdulillah KEB bersama Jiwasraya menjembatani kegelisahan anggota-anggotanya dengan mengadakan talkshow mengenai "Persiapan Pendidikan Anak Menghadapi Persaingan Global". 


Ruang cantik tempat diskusi
Bagaikan gayung bersambut, tentunya saya merasa wajib untuk menghadiri talk show ini untuk menghalau kegelisahan saya, berbagi ilmu dengan psikologi Elizabeth T. Santosa (Lizzie) mengenai cara melihat minat & bakat anak, sharing pengalaman dengan Makpon Mira Sahid, plus mendapatkan informasi mengenai investasi pendidikan untuk anak dari Jiwasraya yang dipandu oleh Bpk. T. Guntur Priyonggodo. Acara yang bertempat di Hongkong Cafe - Sarinah ini asli bikin betah, tempatnya cozy, interiornya cantik & banyak mural yang bisa digunakan untuk foto-foto narsis hihihi.

Emak-emak galau masalah pendidikan anak
Peran Orang Tua dalam Mendukung Cita-Cita Anak
Raya saat ini sudah berusia 3 tahun, perkembangan motorik kasar & haalusnya alhamdulillah baik, sehat & pintar. Saya juga mulai memperhatikan minat Raya saat ini, sekarang Raya suka sekali membantu saya memasak, menari dan menyanyi. Tapi setelah saya tau minat Raya sebenarnya apa sih yang harus saya lakukan sebagai orangtua untuk mengembangkan bakat & cita-cita anak?

Menurut Ibu Lizzie, orang tua dapat memdukung cita-cita anak dengan 3 cara:

  1. Mengidentifikasi potensi anak
  2. Mengarahkan & membina Motivasi 
  3. Memotivasi 
Bu Lizzie menjelaskan cara-cara untuk mengembangkan minat & bakat anak
Menurut Ibu Lizze, bakat & minat anak harus selaras sehingga anak dpt berhasil mengapai cita-citanya. Peran orangtua sangat penting bagi anak dan tugas orangtua lah yang harus membantu anak untuk mengembangkan minatnya. Ibu Lizzie memberikan contoh beberapa bintang besar yang bakatnya sudah dikembangkang oleh orangtuanya dari kecil, antara lain Taylor Swift, & Tiger Woods. Menurut beliau,  menciptakan bintang besar harus dilakukan dari kecil dengan melihat potensi anak & ditambah oleh dukungan orang tua. 

Eksplorasi Minat dan Bakat Anak
Berdasarkan Howard Gardner (founder of theory of multiple intelligence) setiap anak memiliki kecerdasan majemuk atau multiple intelligence. Agar orangtua dapat mengembangkan bakat dan minat anak, orang tua harus tahu apa saja kecerdasan yang dimiliki oleh si anak.

Apa-apa saja sih kecerdasan majemuk yang dapat dimiliki oleh anak? Berikut 8 kecerdasan majemuk yang dapat dimiliki oleh anak:



1. Linguistik
Kecerdasan lingustik adalah kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif baik secara lisan maupun tulisan. Bakat yang dikembangkan dapat menjadi pembaca berita, pendongeng, pembicara, orator, editor, wartawan & aktor/aktris

Tips untuk orangtua: agar kemampuan anak berkembang, ajak anak untuk sering membaca/menulis, berdiskusi/berdebat, memainkan puzzle kata-kata, ejaan/kosakata, bahasa & mendengarkan.

2. Matematis-Logis Kecerdasarn matematis-logis adalah kemampuan mengolah angka dan menggunakan logika atau akal sehat dengan baik. Cocok untuk menjadi pengolah data, insinyur, ahli matematika, ahli statistik, peneliti, ahli logika, programer, dan sebagainya.

Tips untuk orangtua: ajak anak untuk mengasah kemampuannya untuk mengolah logika, analisis, memberikan permainan dengan angka-angka, memecahkan masalah dan permainan bentuk.

3. Visual Spasial 
Kecerdasan Spasial merupakan kemampuan mempersepsi dunia spacial-visual secara akurat. Perancang, pilot, pencipta, arsitek, penemu, ahli bedan, pemandu, pelukis/peseni adalah oarang-orang yang memiliki kemampuan spasial-visual.

Tips untuk orangtua: Berikan anak permainan 3 dimensi seperti lego/play-dough, permainan gambar, imajinasi, permainan koordinasi tangan & mata, atau ajari anak membuat benda-benda & craft.

4. Kinestetik-Jasmani
Kecerdasan kinestike-jasmani dimiliki oleh penari, pengukir, ahli bedah, penata, atlet, mekanik, dan aktor. Kemampuan ini merupakan kemampuan menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan.

5. MusikalKecerdasarn musikal yaitu kemampuan menagani berbagai bentuk musik dengan cara; mempersepsikan, membedakan, mengubah dan mengekpresikan. Cocok menjadi penikmat musik, kritikus musik, komposer, komponis, penyanyi dan produser

Tips untuk orangtua: Ajak anak bernyanyi, bermain peralatan musik, mencoba mengenali rhytms/beats, mengkomposisikan lagu, mendengarkan musik, dan nada-nada.

6. InterpersonalKecerdasan interpersonal adalah kemampuan memersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi serta perasaan orang lain. Biasanya anak yang memiliki kecerdasan ini bisa menjadi PR, negosiator, marketing, entertainer, pekerja sosial dan counselor.

7. Intrapersonal
Kepekaan terhadap perasaan sendiri, tujuan, dan kecemasan, dan kapasitas untuk merencanakan dan bertindak berdasarkan sifat-sifatnya sendiri. Kecerdasan intrapersonal bukanlah khusus untuk karir tertentu; Sebaliknya, merupakan tujuan bagi setiap individu dalam masyarakat modern yang kompleks, dimana kita harus siap mengambil keputasan logis untuk diri sendiri.

8. Naturalis
Kemampuan untuk membuat perbedaan logis di dunia alam, misalnya, antara satu tanaman dan lain, atau pembentukan satu awan dengan yang lain (misalnya, ahli taksonomi).

Setiap anak memiliki ke-8 kecerdasan diatas, tetapi biasanya setiap indovidu hanya memiliki satu atau dua kecerdasan yang dominan. Tugas orangtua adalah mengolah dan mengoptimalkan ke 8 kecerdasan anak yang ada, dengan memberikan bimbingan, dukungan, motivasi dan support kepada anak.

Merencakanan Bekal untuk Masa Depan Anak
Setelah mengetahui minat dan bakat anak kita, tentu saja sebagai orangtua harus mempersiapkan bekal dan dana pendidikan untuk anak. Sebagai orangtua, kita pasti menginginkan yang semua yang terbaik untuk anak, saat ini pendidikan formal kurang menunjang pengembangan bakat dan minat, sehingga dibutuhkan tambahan atau pendidikan non formal yang baik untuk anak. Untuk pendidikan formal.non formal anak pastilah sebagai orangtua ingin anak kita diajar oleh pengajar profesional yang berkualitas dan pengalamannya tidak diragukan, dan mendapatkan fasilitas yang terbaik. 

Tapi, semua fasilitas dan kualitas yang diberikan pasti ada harganya. Sudah siapkah kita sbg orang tua utk memberikan investasi yg baik utk anak?

Nah agar para Emak-Emak tidak bingung, Pak Guntur dari Jiwasraya memberikan informasi yang sangat berguna buat saya dan Emak-Emak hadir pada acara talkshow ini.

Ilustrasi dari Jiwasraya
Pak Guntur menjelaskan bahwa perencanaan keuangan untuk anak sangat penting agar orangtua dapat megarahkan anak mencapai cita-citanya. Tapi dana pendidikan saat ini sangat tinggi, rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik sekitar 7%-15% setiap tahunnya *langsung galau*



Apa dong yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan pendidikan di era globalisasi ini?

JS Prestasi Asuransi Produk yang tepat Bagi Keluarga
Bicara mengenai investasi dan persiapan dana pendidikan anak, pasti tidak akan jauh dari dari asuransi. Untuk para Emak yang sedang galau memikirkan persiapan pendidikan anak, Pak Guntur dari Jiwasraya memberikan solusinya yaitu JS Prestasi.

JS prestasi adalah produk asuransi dari Jiwasraya yang sangat fleksible dan dapat membantu para orangtua dalam perencanaan finansial untuk kelanjutan jenjang pendidikan putera-puterinya, sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan keinginannya.


Gimana nggak fleksible coba, manfaat dana JS prestasi dapat diambil 6 bulan sebelum ulang tahun polis sehingga dimungkinkan dapat digunakan pada saat dibutuhkan. Kemudian pengembalian premi standar jika anak yang dibeasiswakan meninggal dunia, santunan 100% uang asuransi yang menaik 5% setiap tahun majemuk, jika tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi, santunan 200% jika tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi akibat kecelakaan dan dibebaskan dari kewajiban pembayar premi lanjutan jika tertanggung mengalami cacat tetap total.

Dan satu yang penting dicatat adalah, Jiwasraya merupakan perusahaan asuransi BUMN satu-satunya di Indonesia, sehingga semua dananya aman karena dananya dijaga oleh pemerintah.




Jiwasraya juga didukung oleh 17 kantor wilayah dan 71 kantor cabang diseluruh Indonesia. Selain itu, untuk pembayaran dan kemudahan proses klaim, Jiwasraya memberikan variasi cara pembayaran premi yang online di seruh Indonesia, juga memberikan kemudahan bagi pemegang polis dalam mengurus administrasi apabila terjadi pindah kantor.

Wajah bahagia para Emak yang sudah mendapatkan pencerahan
Foto dok, Aie
Setelah puas mendengarkan penjelasan dari para nara sumber, diadakan tanya jawab dan bagi-bagi hadiah. Wuih sebagai Emak-Emak, seneng banget deh kalau ada gratisan *sambil berdoa semoga menang live tweet*. 2 Penanya terbaik mendapatkan dan 3 live tweet mendapatkan voucher belanja.. Bismillah.. bismillah semoga menang buat beli popok Raya hahahahha. Eeeh alhamdulillah rejeki Emak solehan, saya & Aie menang live tweet!

Alhamdulillah ilmu yang saya dapat hari itu berguna banget. Saya sebagai orangtua jadi bisa mengetahui cara mengembangkan minat & bakat Raya untuk masa depannya, demi menghadapi era globalisasi ini, dan saya juga mendapatkan ilmu bagaimana cara merencanakan dana pendidikan bagi aanak.

Menang live tweet ahey!
Foto dari IG @emak2blogger
Terima kasih KEB, terima kasih Jiwasraya, keseruan & ilmu talkshow kemarin semoga juga dapat membantu para Emak galau yang sedang bingung mengasah minat & mencari dana pendidikan anak. 

Masa depan dan pendidikan anak merupakan tanggung jawab orangtuanya, sebagai orang tua di era globalisasi ini, kita harus pintar-pintar dalam mendidik & merencakanan semuanya untuk anak. Kenali ke 8 kecerdasan anak agar dapat lebih mengembangkan kemampuannya, dan jangan lupa untuk merencanakan dana pendidikan agar anak mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk meraih cita-citanya. 

Semua peserta talkshow
Foto dok, KEB
Pulang-pulang belanja bulanan dengan hadiah dari KEB! Thank you!
Untuk lebih jelasnya mengenai Jiwasraya, dapat dilihat lebih jelasnya dibawah sini: 
http://www.jiwasraya.co.id/\
Twitter: @jiwasraya
Jl. Ir. H. Juanda No. 34
Jakarta Pusat, 10120
Telp: (021) 384 5031
Call Center di (021) 1500 151

You Might Also Like

47 comments

  1. Seruuu bangeet talkshownya Mbak Sandra. Jadi ga sabar mau punya anak juga #eh hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha pengantin baruu, ayo siapin dulu dana pendidikan sblm bikin anak yaa XD

      Delete
  2. saya baru tabungan biasa aja nih mbak, memang sih harus siap banget untuk pendidikan anak, biar masa depannya terjamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa, aku deg2an kalau liat harga sekolah - kuliah, secara anakku masih piyik huhuhu

      Delete
  3. nah ini, kalau mau investasi pendidikan kalau kantornya punya banyak cabang jadi hati gak was2 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget! BUMN pula kaaan, jadi ngga takut karena punya pemerintah :)

      Delete
  4. Aku lagi menghadapi persoalan ini banget nih. Bikin stres dan bikin pingin makan mulu, hahahaha. TTD mama galau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos emak galau, apakabar biaya TK maaak huhuhu pusiing pala mamih

      Delete
    2. Belanja aja deh mamih biar ngga pusing kitaaaah, hahaha.

      Delete
    3. Yuks deh kl belanja mah hahaha mumpung dapet voucher dr KEB XD

      Delete
  5. Nambah ilmu ttg jiwasraya. Kirain jiwasraya u kecelakaan lalu lintas aja wkakakak. Asyiiik bgt dpt voucher

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Lia hahahaha, kurang populer nampaknya. Tapi ternyata lebih aman karena plat merah. Emberan, vouchernya berguna banget XD!

      Delete
  6. Persaingan global memang bikin galau, mak. Kudu persiapan jauh2 hari,ye

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mak, daripada galau, persiapin dulu dari awal deh ye..

      Delete
  7. Mamih...ternyata oh ternyata semakin maju jaman semakin kompleks mengurus anak ya, kayaknya jaman X dan Y aja udah kompleks sekarang udah di Z gimana nanti gie ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya cepetan minta dihalalkan sama paptir!!

      Delete
  8. Biaya makin mahal ya... buru2 disiapkan lah buat dana anak sekolah hehehe... makasi infonya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayaknya dari hamil harus dipersiapkan biar semua terjaga deh :)

      Delete
  9. acara kemaren bener2 bekal buat aku yang masih mau program mak, smg next time kita sempet ngobrol2 ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat programnya mak! Iya next time kalau ketemu lagi semoga bisa lbh banyak ngobrol2 ya :)

      Delete
  10. kalo ngeliat anak-anak kadang bingung ya minat nya yang mana apalagi kalo lagi aktif seakan-akan serba bisa hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mak, minatnya ganti2 dan banyak.. setelah ikutan talkshow, semoga sebagai ortu aku bisa ngembangin minat & bakat anak dgn baik :)

      Delete
  11. Emang seru banget acaranya ya Maaaaak.. Aaaaak vocernya mayan tuh ya untuk nambah-nambah belanja bulanan. Hihihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget & vouchernya sangat lumayan buat belanja bulanan hihihi

      Delete
  12. Wahhhh seru banget apalagi yg dapat pocer... Emak langsung tuh bakat belanjanya keluar ea hehheeehehe

    Keren memang ya mb acara ini inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren acaranya & tentu saja vouchernya hihihhihi. terbuka banget sama talkshow kemaren mak

      Delete
  13. Di otak aku udah ngitung2 investasi untuk dana pendidikan nih San..2 bocah to go.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jgn kebanyakan ngitung Nin XD Ayo laksanakan!

      Delete
  14. Ciyee menang live tweet sama jawab quiz nih yee... rejeki maakkkk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha situ pun menang pan.. jempol BUAS *iBu Anak Satu* hahahah XD

      Delete
  15. aku kok fokusnya ke vouchernya ya mak ? hihi

    trus di usia raya yg ke 3 taun, udah disekolahkan ato ada rencana mau diikutin ke cooking class dll ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raya sekarang di titip di daycare yg udah punya program harian macem2 Mba, ikuta tambahan kalau wiken & akunya ngga cape aja :)

      Delete
  16. Periapan dana pendidikan sejak dini penting yooo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mba! Secara biaya sekolah tambah mahal dari tahun ke tahun kan :)

      Delete
  17. udah gede ya anaknya mba san emang kudu disiapin mulai sekarang ... selamat menang twitter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eiim mirna, penting banget ituh nyiapin dana dari awal. Makasih ya :)

      Delete
  18. Biaya pendidikan anak mahal bener emang.. jadi bermanfaat banget deh asuransi pendidikan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mba, akan membantu sekali kl udah dipersiapkan dari jauh2 hari utk dana pendidikan ya :)

      Delete
  19. wooww.. pulang pulang dapet ilmu dan dapet pocer.. maka nikmat mana yang didustakan ya maak.. congrats ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, iya alhamdulillah wasyukurilah mba, makasih ya :)

      Delete
  20. Hihi.. Berasa liat orang lagi make over, wajah before and after *gagal fokus *abaikan ya Maak :D
    Yang penting elmunya dapet ya Mak, jadi ga galau lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha make over ala-ala, iya ilmunya bermanfaat banget apalagi urusan minat & bakat anak :)

      Delete
  21. Hihi.. Berasa liat orang lagi make over, wajah before and after *gagal fokus *abaikan ya Maak :D
    Yang penting elmunya dapet ya Mak, jadi ga galau lagi :D

    ReplyDelete