Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Merawat Kesehatan Demi Keluarga Tercinta

By 10:12:00 AM , , , , , ,

Siapa yang punya anak balita?
Cung, saya!

Mungkin ngerasain kayak saya sekarang yang udah jompo banget dan ngga bisa keep-up saya dengan keaktifan Raya. Diumurnya sekarang, Raya lagi lincah-lincahnya bergerak kesana-kemari dan melakukan aktifitas fisik yang suka bikin saya & Abah kewalahan, dari main bola, lari-lari,naik turun tangga, perosotan, minta gendong, juga selalu ingin megang & mengeksplore semua benda yang baru dilihatnya.


Main sama Raya pastinya seru banget, tapi apa daya faktor U bikin saya kewalahan, cape Buuu... Padahal pengennya saya selalu nemenin Raya dan punya fisik yang prima dan sehat dalam segala kondisi untuk mengimbangi semua akfitifitasnya. Secara ya, sebagai Ibu itu harus serba bisa dan multi tasking, masalah fisik yang prima dan mumpuni ini juga sih sebenarnya bukan hanya untuk urusan Raya, tapi juga penting untuk pekerjaan, juga semua urusan rumah tangga. Meskipun Abah selalu membantu saya, tapi sebagian besar ya bebannya jatuh pada saya sebagai Ibu hihihi.  

Karena usia memang sudah matang *whazeek*, dari 10 tahun yang lalu saya mencoba berusaha untuk hidup sehat. Untuk saya, sakit atau tidak fit merupakan hal yang sebisa mungkin dihindari, karena pada saat kondisi tubuh drop banyak kegiatan yang biasa saya lakukan menjadi terganggu, terutama saya tidak dapat mengurus dan mencurahkan kasih sayang saya pada Raya dan keluarga.

Kondisi cuaca  yang ngga menentu dan gaya hidup masa kini sering menimbulkan penyakit. Sakit pasti ngga enak dan menghabiskan uang, sakit semacam demam, sakit kepala atau flu aja udah repot dan ngga bisa melakukan apa-apa karena harus istirahat. Apalagi kalau harus nginep di RS, duh jangan sampai deh *ketok meja*.

Ketika sakit, saat-saat berharga yang harusnya dijadikan waktu untuk keluarga akan banyak berkurang, karena itu saya & Abah terpacu untuk hidup sehat, saya ngga mau Raya & keluarga terabaikan saat sakit, kalau sakitkan boro-boro bisa ngurus Raya, ngurus diri sendiri aja ngga bisa yang ada malah nyusahin orang lain. Apalagi saya ingin melihat Raya dewasa, menikah, dan mempunyai keluarga sendiri, jadi saya betul-betul ingin sekali menjaga kesehatan saya agar selalu ada untuk Raya

Saya ingin selalu ada untuk mereka :)
Alhamdulillah, setelah mengaplikasikan dan mencoba hidup sehat, saya lebih sehat meskipun kadang kala terserang commond cold,  tapi tidak terlalu parah dan masih bisa menjaga Raya dengan baik. So, kali ini saya pengen berbagi tips ala-ala saya untuk lebih sehat, sehingga bisa menjaga orang-orang yang terkasih lebih maksimal lagi.

PERAWATAN KESEHATAN DARI DALAM 
Saya percaya kalau kesehatan dari dalam akan berperngaruh pada semua, terutama fisik dan penampilan, biasanya saya melakukan hal-hal berikut:

1. Makan Makanan Sehat 
Saya selalu memastikan cukup makan sayur dan buah setiap harinya. Karena saya orang Sunda yang terbiasa makan lalapan, sayur mentah atau pun masak ngga ada masalah untuk saya makan. Semua pasti sudah tau dong kalau sayuran & buah itu penting banget untuk kesehatan tubuh, kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, kemudian serat yang tinggi dalam sayur & buah dapat melancarkan pencernaan, mampu menurunkan obesitas serta bisa menurunkan kadar kolesterol yang cukup tinggi, & tekanan darah yang lebih stabil.

Bahkan beberapa kandungan di dalam buah dan sayur mampu mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker seperti antioksidan yang bisa mengikat radikal bebas yang bisa merusak tubuh. Sampai saat ini saya tidak pernah melupakan buah & sayur dalam keseharian saya. Ini juga bisa dijadikan rahasia untuk awet muda lho, jadi kalau ada yang nanya kenapa saya awet muda, ini rahasianya *kemudian ditoyor orang satu kelurahan* XD

Ayok konsumsi sayur & buah yang banyak!!
2. Banyak Minum Air Putih
Karena setiap hari saya bekerja diruangan ber AC, kulit saya suka kering & kusam, konsumsi air putih yang cukup dapat membantu kulit tetap lembab & segar. Saya sudah lama sekali menghindari minuman bersoda dan hanya satu hari sekali meminum minuman berkafein. Alhamdulillah kulit saya sekarang lebih lembab dan terlihat awet muda. *eeeaaa*

3. Cukup Tidur
Sebetulnya sebagai Ibu, mana bisa sih kita tidur cukup hahaha. Pasti semua Ibu merasakan hal ini, tapiii, sebisa mungkin saya mendapatkan tidur yang cukup karena kalau saya kurang tidur, pasti akan cranky seharian, mood juga berantakan sehingga tidak bisa mengerjakan kewajiban saya sebagai Ibu dengan baik. Minimal saya ikutan tidur ketika Raya tidur siang, dan jarang sekali begadang apabila tidak diperlukan.

Begadang jangan begadang... 
4. Minum Vitamin/Suplemen Tambahan Apabila Diperlukan
Mungkin ada yang berangapan suplemen atau vitamin tambahan itu tidak diperlukan apalagi kalau sudah mengkonsumsi makanan sehat. Kalau kata saya, vitamin / suplemen tambahan itu perlu, apa lagi setelah sakit, kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh, jadi untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala diperlukan tambahan vitamin yang tidak terdapat pada makanan sehari-hari.

Salah satu suplemen yang penting dikonsumsi yaitu Theragran-M merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan setelah sakit. Kombinasi multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) di dalam THERAGRAN-M Multivitamin Mineral 4 Tablet terbukti  meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan pada pra dan pasca operasi, atau masa penyembuhan. Mengkonsumsi Theragran-M sehari sekali membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sehingga tubuh dapat beraktifitas dengan baik.



5. Selalu Bersyukur & Berpikir Positif
Mungkin semua orang pikir ini klise, tapi ini betulan manjur buat saya. Ketika saya mensyukuri semua hal kecil yang saya miliki, otomatis tubuh juga lebih sehat dan bugar. Jauhi aura-aura negatif dan bertemanlah dengan orang-orang yang dapat memberikan aura positif, itu yang saat ini saya lakukan. Karena aura negatif itu menular, jadi saya mending jauh-jauh deh sama orang tukang mengeluh.

PERAWATAN KESEHATAN DARI LUAR 
Ketika menjaga dan merawat kesehatan dari dalam sudah dilakukan, jangan abaikan perawatan diri dari dalam, hal yang saya lakukan untuk merawat kesehatan dari luar antara lain:

1.Menjaga Kebersihan Tubuh  
Mandi, teratur dapat menghilangkan kuman setelah saya beraktifitas, selain itu tubuh juga merasa segar, bebas keringat sehingga bisa bergerak bebas mengikuti Raya dan melakukan aktifitas lainnya. Gunting kuku juga salah satu cara menjaga kesehatan, ngga perlu meni-pedi setiap saat, yang penting kuku terlihat rapi, dan bersih sehingga kuman-kuman tidak bisa menempel didalamnya.

Kuku terawat bikin sehat
2. Perawatan Bagian Luar Tubuh
Jangan pelit untuk merawat tubuh! Jujur, semenjak saya melahirkan, jaraaaang banget merasakan perawatan tubuh seperti pijat, lulur, spa, creambath dll. Dan setelah itu saya merasa jelek, tidak bergairah, mudah marah, dll. Untung saya punya suami seperti Abah yang mendukung kesehatan emosi istrinya, sehingga Abah sering memberikan saya waktu untuk perawatan diri. Perawatan tubuh dari ujung kaki sampai ujung rambut berdampak baik untuk kesehatan fisik, mental & emosi saya. Kalau ngga ada waktu melakukan sendiri, saya tinggal pergi ke salon muslimah dekat rumah, dan setelah itu saya mendapatkan energi baru untuk mengerjakan semua tugas-tugas rumah tangga dan mengurus Raya.

3. Menjaga Lingkungan Hidup yang Sehat
Karena saya ngga punya asisten rumah tangga, kadang kalau udah cape banget, rasanya malassss untuk bersih-bersih rumah. Akibatnya debu menumpuk, Raya & Abah gampang bersin-bersin dan terserang common cold. Jadi, lingkungan sehat penting banget untuk kesehatan keluarga, debu-debu dan sampah tentu harus rutin dibersihkan dan dibuang, saluran air juga dijaga jangan sampai ada tempat untuk jentik nyamuk berkembang & memakai air purifier untuk kebersihan udara rumah. Selain itu juga saya usahakan untuk menanam tumbuhan hijau sekitar pekarangan, agar sirkulasi udara dapat tersaring oleh daun-daun sekitarnya.

4. Olahraga & Banyak Beraktifitas 
Ini nih yang paling susah hahaha. Saya termasuk orang yang mager alias malas gerak, apalagi kalau olah raga yang mengharuskan untuk loncat-loncat kayak erobik, senam, lari dll. Saya sebetulnya lebih suka renang, tapi kok ya selalu ngga sempat & tempat renang muslim jauh dari rumah. Sampai akhirnya saya mencoba yoga, dan cocok banget! Gerakan-gerakan yoga yang tidak terlalu memberatkan tapi membuat tubuh saya bugar, tidur pun jadi lebih lelap dan mood saya lebih baik setelah melakukan yoga. Selain itu saya juga melakukan aktifitas lain alternatif seperti naik tangga daripada eskalator atau jalan kaki santai daripada memakai kendaraan apabila tujuannya dekat.

Yoga yuk!
4. Tampil Bersih & Cantik 
Untuk saya, memakai baju yang cocok dan bagus bisa memambah mood dan baik untuk kesehatan emosi plus tentunya terlihat cantik secara fisik, meski tidak baik untuk dompet. Ngga usah mahal juga sih sebetulnya, asalkan rapih, bersih, cocok & membuat pede, pasti akan terlihat cantik & sehat. Tentunya saya juga ngga mau kalau suami saya melirik wanita lain karena saya keliatan kucel, atau saya disangka baby sitternya Raya karena kliatan ngga modis hahahaha (pernah sih kejadian gitu). Makanya, saya usahakan terlihat rapi & enak dilihat

Kalau udah tampil cantik jangan lupa senyum :D
Last but not least, kesehatan jasmani, rohani, mental dan spiritual tentu harus dijaga. Adalah keinginan setiap orang tua untuk dapat mendampingi anaknya sampai mereka dewasa dan sampai akhirnya mereka mempunyai keluarga sendiri. Sehat adalah pilihan saya agar dapat tetap memiliki waktu yang berharga untuk keluarga dan tidak terganggu karena sakit.

Kalau kalian gimana? ada tips lain ngga buat jaga kesehatan selama ini? Bagi-bagi tips & pengalamannya ya :)


You Might Also Like

92 comments

  1. Tipsnya boleh juga nih di contek, hahahhaha, faktor U mah emang ga bisa diboongin ya mambes. Tapi yakin ajalah, selama makan bener, tidur bener, olahraga bener, inshaa allah sehat teruss sampai raya dipersunting sang pangeran darell *eh gimana?* hahahhahaahaha tetep modus tak berkesudahan eim! :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan bunbes hahahah, iyaaa faktor U ngga pernah ingkar, jadi emang harus jaga kesehatan bae2. Huahahauhuah pangeran Darell ditunggu Raya dipengkolan pake kuda merah yaa *matre* XD

      Delete
  2. Keceee dikasi tips sama sandra. Faktor U ini emang ngaruh bgt ini hahaha berasa jompo,gampang sakit huhu

    Tfs sandraa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi tips ala-ala Put. Umur emang tak pernah berdusta hiks.. Semoga kita sehat2 selalu ya :)

      Delete
  3. hehehe faktor u emang pengaruh banget yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi! Jadi mari kita jaga si U dengan baik XD

      Delete
  4. Emang umur mah ga boong deh klo disandingkan sm toddler. Kelarrrr encok bin reyot. Tp kan pgnnya nemenin anak terus yaa. Bner kudu mkn sehat n olga biar bs liat bocil2 smp gde..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget banget Ayu, ampun dah kalau dah ngejer toddler, encok & segala macam jg kerasaaa. Amiin semoga kita semua bisa liat bocil2 tumbuh dewasa ya :)

      Delete
  5. Anakmu lucu sekali mba sandra.. *salah fokus*

    Sehat itu sebenarnya murah & mudah, cuma karena sering disepelekan akhirnya pas sakit baru berasa deh kalo yg namanya sakit itu mahal & susah.. TFS mba sandra..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah Makasih Indah!
      Bener banget bu dokter, sehat sebetulnya mudah & murah, karena itu sering diabaikan :(

      Delete
  6. Saya suka dengan nama anaknya, Mbak. Raya. Semoga selalu diberi kesehatan, awet, muda, dan syalalala buat mbak sekeluarga. Terimakasih tipsnya. Salam hangat dan semoga ketularan awet mudanya. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Farida, hahaha amiiiin, smoga kita semua selalu tralalal trilili terus yaa. Salam hangat juga *tularin awet mudanya* hihihihi

      Delete
  7. toss San!. Gw setelah sekian lama trus punya balita lagi kayaknya...ampuunnn deh..., makanya sama, gw juga nyoba theragran buat jaga stamina terutama pas lagi mens dan body kurang fit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya bener banget Zata, lagi mens itu bikin badan drop & gampang sakit, Theragran-M bantu banget tuh memulihkan kondisi badan masa2 itu

      Delete
  8. Makasih tipsnya mba san :) klo inget anak dan keluarga pengen sehat terus yaaa..
    Raya lucu banget bobonya :D nomor 5 noted banget ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Uci, meski tips ala2 semoga bermanfaat ya :)

      Delete
    2. Aku udah baca 😆 Good luck yaa mba .

      Delete
  9. Infonya bermanfaat sekali, tapi sayang saya blm punya balita


    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga usah punya balita juga tetap harus jaga kesehatan kan mas? :)

      Delete
  10. Aku sebelum usia kepala 3 juga udah mau jaga2 kesehatan nih mbasan. Sebisa mungkin yg tips2 dari mbasan itu aku laksanakan. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus dong Idhan! Hidup sehat emang ngga perlu nunggu kepala 3, 4 atau 5 kan yess :)

      Delete
  11. bener, kalau kitanya sehat pikiran tenang, keluarga pun terawat baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, kesadaran akan sehat harus mulai dari diri sendiri :)

      Delete
  12. Tipsnya sangat sangat oke buat diaplikasikan. Jadi ngga cuma dibaca doang, dikerjain. xixiix, peer banget di usia yang udah kepala 3 ini buat jaga kondisi. Aku pun pengenya bisa lihat anak-anak tumbuh besar. Pengen sehat dan nemenin mereka sampai dewaasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang teori itu lbh gampang dibaca drpd dikerjain hahahaha. Tapi seharusnya kesehatan itu dijaga jangan nunggu sakit, kasian keluarga kalau udah sakit kan ya :)

      Delete
  13. Mambes, ternyata untuk sehat aja tuh simple cuma kadang hal simpel suka kelewat hehehe. Setuju banget kalau vitamin juga dibutuhkan, btw Raya gemes banget siiih.
    Mambes emang keceh, tanpa ART tapi tetep bisa melakukan semuanya. Superwoman, one of my inspiring *ketjup*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia saking simplenya suka kelupaan ya mamtir XD coba detox kayak sisteriuz deh hahahah.
      Aku bukan superwoman ngga pake sayap2 soalnya hahahaha, dukungan suami jg bantu banget kok mamtir :)

      Delete
  14. Kenapa sih emangnya sm faktor U? Apa itu? Semacam umbi-umbian bukan? Hahahaha. Klo gw ke cipinang indah mall gw rasa ada yg ngira gw baby sitter naya jangan2,hahahaha. Suplemen atau vitamin tetep penting, tul. Biar bisa keep up energi warbiyasak ai bayi yaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor U = UPIL! Puaas? Puaass? Hahahahha.
      Vitamin/suplemen emang bantu, apalagi pada masa penyembuhan ya Kak Lisna XD

      Delete
  15. Wow banyak banget yg bisa aku pelajari di sini. MMaci mamihqueen.

    btw masih terngiang-ngiang banget:
    -faktor U
    -usia matang...mateng...
    -rahasia awet muda
    -jauh2 dari orang yang suka ngeluh
    -makan sayur dan buah-uuahan

    sejujurnya aku lg belajar mencintai sayur hahah dikit2 semoga ku jadi doyan sayur kaya raya dan maihqueen yah:D

    Biar awet muda gitu lho :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiih orang Bogor kok ngga doyan sayur sik! hihihihi Ada yg kurang satu Ifaaa, jangan lupa minum suplemen ya!

      Delete
  16. aku catet tipsnya supaya awet muda kaya mamih raya ahh ;)
    toss sama2 orang sunda memang doyan banget sama yang namanya sayur ya, tapi masih PR bergadangnya ini. bener banget harus dibiasain lagi tidur cukup supaya ga cranky!! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi orang Sunda emang top Ingga, diabur di kebon aja survive XD
      Begadang kl masih muda boleh lah tapi jgn sering2, kl usia matang kayak aku udah ngga kuat begadaaang XD

      Delete
  17. kadang bingung kalau kitanya sakit ga bisa ngapa2in :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget Mba, emang sakit itu ngga enak :(

      Delete
  18. Sebenarnya simple yah... Cuma kadang adaaaaa aja cobaaan untuk tidak hidup sehat...

    Semacam.... Gak kuat buat beli buah yang segar krn mahal harganya pun sayur sayuran segar.... Males olah olah sendiri krn kalau cm berdua jatohnya mahal...Akhirnya cari yang simple dan murah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, emang simple tapi kl ngga niat suka susah :)
      Buah & sayur ngga perlu yg mahal mba, banyak kok hihihi. Aku selalu beli di tukang sayur, lebih segar malahan daripada di supermarket

      Delete
  19. Tipsnya lengkap, euy. Coba aah...
    Btw, aku juga bbrp hari ini minum Theragran M, lho. Lg capek si baby tidurnya kok berantakan lg jadwalnya huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya berasa ya minum suplemen vitamin Theragram-M bantu tubuh lbh enak. Semoga si Baby jadwal tidurnya bs teratur & mba bs istirahat ya :) take care

      Delete
  20. nice
    Salam kenal ya
    Blognya sdh saya folow

    ReplyDelete
  21. jujur aku udh lama nunggu blogpost mbak Sandra soal tips hidup sehat haha *catetin semua* thanks mba, bermanfaat banget. aku suka lupa minum suplemen, pdhl cukup membantu ya buat aktivitas keseharian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi, Retno jangan makan samyang muluuuu XD
      Amiin makasih kalau bermanfaat No, suplemen bantu banget apalagi kalau asupan makanan kita kurang mineral, cobalah Theragran-M bisa bikin tambah kuat kalau naek gunung dieng hihihi

      Delete
  22. Penting banget nih tipsnyaa. Makasiih mba sandra udah sharing. apalagi buat aku yang udah masuk kepala 3 tapi belum punya baby, dan nanti kalau ada baby, umurnya makin nambah, jadi wajib banget nih ya jaga kesehatan biar ttp sehat dan bisa tetap main sama anak walaupun umur sudah tidak muda lagi. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau berguna Fika :)
      Iyaaa itu bener banget, aku sebelum punya baby berusaha hidup sehat, olahraga dll, pas punya baby tetep jompo hahahah apalagi waktu itu udah umur 36 jeng jeng banget deh. Jangan lupa minum suplemen yak :D

      Delete
  23. mau ikutan tips nya aah.. khususnya yg minum air putih dan makan sayur buah.. biar awet muda kaya mamih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huakakaka ieke jadi terhura dibilang awet muda ma Nike! Jgn lupa minum suplemen ya bumil, apalagi nanti pasca lahiran, biar lbh bertenaga.. *zek azek joss!!*

      Delete
  24. Aku pengen nyoba yoga deh mba yah sebisa mungkin olahraga perutku uda mulai maju hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemudian saya merasa sedih karena perut akooh juga gendutss *nangis dipojokan* XD

      Delete
  25. First time main ke blog mba Sandra. Dan suka banget tulisan tips sehatnya ini. Jujur aja ya mba aku nih termasuk yang males mandi dan males olahraga. Yaa ampun daku tertampar hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya udah mau mampir :) Emang mandi & olahraga kalau lagi wiken males banget hahaha. Tapi karena udah punya anak & pengennya dicontoh mandi tiap hari harus mandi XD XD Olahraga yg ringan & lucu aja biar tetep sehat

      Delete
  26. Tips nya yang buat aku rada susah diikutin adalah tidur yang cukup, karena entah mengapa or karena ada kebiasaan cek soc med or browsing sebelum tidur, jam tidur baru mulai jam 12 malem and jam 4.30 dah harus bangun lagi, kurang banget ya sebenarnya, namun berusaha untuk menambah jam tidur yaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama Ira, begadang jangan begadang dong ah.. Hihihi, tapi kan Mamir mah rajin olahraga, jadi insha Allah fit, jangan lupa suplemen yak! :D

      Delete
  27. Aku juga udah nulis tips2 sehatku, salah satunya minum Theragran-M.

    ReplyDelete
  28. mamihhh...tetep semangaatt yaa

    foto2nya yaya lucu-lucuukk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya Mimi! semangat terus jaga diri buat anak2 & keluarga :)

      Delete
  29. waww keren banget tips jaga kesehatannya Mba, luar dalam pulak ^^ memang sangat penting menjaga kesehatan terutama sekarang ini di era polusi. Konsumsi Theragran-M memang pilihan yang terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Era polusi mbaa. keren kata2nya *catet* ! Hahaha sama2 Mba, jadi cewe emang rempong banyak yg musti dijaga, tapi dgn minum suplemen, semoga kebutuhan vitamin & mineral kita ttp terjaga ya :)

      Delete
  30. Biasa, faktor U memang sering jadi kambing hitam utk mamak2 kayak kita ini hehehe.
    Moga setelah ini sehat selalu ya Mbak. Saya juga minum Theragran-M ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba, emang umur tak pernah ingkar janji hihihi XD

      Delete
  31. semoga sehat selalu mba sandra, good luck buat lombanya semoga beruntung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mba Ike, Mba Ike sehat2 juga sekeluarga ya :)

      Delete
  32. Hai-hai akhirnya aku mampir kesini. Tips nya keren emak-emak banget dan aku baru tau banget produk ini nanti coba juga ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai, makasih ya udah mampir. Hahahaha tipsnya emak2 banget ya karena udah jadi emak2 atuuuh.. Yuk dicoba theragrannya buat bantu tubuh lebih aktif :D

      Delete
  33. Waah keren nih mbak Sandra ikutan Yoga...Pasti jadi lebih sehat ya. Saya juga setuju dengan minum vitamin.Soalnya seusiaku yg mau kepala empat ini emang butuh suplemen tambahan buat menjaga kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  34. Waah keren nih mbak Sandra ikutan Yoga...Pasti jadi lebih sehat ya. Saya juga setuju dengan minum vitamin.Soalnya seusiaku yg mau kepala empat ini emang butuh suplemen tambahan buat menjaga kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos Mba, memasuki kepala 4 emang butuh perhatian extra biar ngga jompo hihihi. Salah satu cara yoga & minum suplemen biar selalu fit :D

      Delete
  35. multivitamin memang dibutuhkan utk menjaga kondisi tubuh supaya tdk drop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mba! Apalagi dalam masa penyembuhan ya :)

      Delete
  36. U ini memang gak bisa bohong yah Mba :)
    saya juga minum theragran-m ini loh untuk menjaga kondisi tubuhku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya Mba, Umur tak pernah ingkar janji :D

      Delete
  37. Bener juga ya, sehat tuh harus luar dalam, jasmani dan rohani. Good Tips mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, harus seimbang biar semuanya berjalan selaras kan ya :)

      Delete
  38. Toss dulu mba, sebagai sesama penyuka yoga... Yogi amatiran united hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiiy, sama Mindy, aku pun yogini amatiraan. Tos lah!

      Delete
  39. Infny lengkap mba sandra ya lbh baik mencegah y drpd mangobati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba, kalau udah sakit kan mahal yaaa :)

      Delete
  40. Punya balita itu memang ampun, Mba. Bikin ngos-ngosan hehe... Tapi bahagia juga, makanya kita mesti sehat ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul sekali! Bahagia rasanya kalau bisa mendampingi buah hati sampai gede, jd keinginan untuk jaga diri berdasarkan dari itu mba :)

      Delete
  41. Paling cocok tuh cukup tidur. Itu yang saya perlukan banget..hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidur atuuuh, ayok begadang jangan begadang kalau kata kak Oma :D

      Delete
  42. dede pinter banget belanja sama bundanya..emang ya mba kalo jadi emak2 harus cukup istirahat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih tanteee, ngga jadi emak aja harus jaga diri, apalagi jadi mak ya mbaaa :D

      Delete
  43. waaa udah bisaaaa yogaaa
    nanti kalauy nemeni belanja jangan lupa belanja banyak yaaaaaa mamanya pasti tambah sehattt :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong hahahah *congkak* XD
      Hahahaha sehaatt bangettt, tapi jadi dompet yg ngga sehat kl kebanyakan belanja hihihihi

      Delete
  44. ah iya. kadang semangat untuk tetap sehat itu karena keluarga ya.
    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Farida, salam kenal juga!
      Iya keluarga salah satu penyemangat untuk selalu sehat, biar bisa melewati waktu2 bersama terus :)

      Delete