Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Update Raya: 37 Months

By 9:36:00 AM , , ,

Udah lama banget ngga nulis update Neng Raya, emang kadang suka kepikiran tapi malah nulis yang lain-lain dulu jadi kelupaan :(  Orang-orang bilang, "iiih ngga kerasa ya, Raya sekarang udah gede, udah 3 tahun aja" Hahahah *eh kok ketawa* Masalahnya buat saya kerasa banget! Ya ngga mungkin lah ngga kerasa tiba-tiba Raya jeng-jeng 3 tahun ya kan, jadi tentunya sangat berasa saudara-saudara XD. 

Di 48 bulan ini, tinggi Raya sudah 92 cm, BB 14,5kg, jadi semakin berat kalau minta gendong... Mantap lah pokoknya. Kalau masalah napsu makan sih jangan ditanya, Raya alhamdulillah gampang banget makan, sayuran & buah-buahan lancar banget masuk, bisa makan apapun, dan masih hobi makan brokoli & telor. Karena sering makan-makanan berserat, pencernaannya juga ngga pernah ada masalah, malah lancar banget hihihi... 

Sayuran, tahu & bakso, favorit Raya
Perkembangan motorik atau gerak kasar Raya juga sudah bagus, aktivitas-aktivitas kayak main bola, lari, lompat dengan 1 kaki, lompat jauh, jalan di alas papan sempit/permainan keseimbangan tubuh, berayunayun dan memanjat sih udah jago banget Raya mah. Kemarin waktu ada lomba 17 Agustus di daycare, Raya juga berani ikutan lomba balap karung, meski kalah tapi tetap hepi :) 

Balap karung waktu 17 Agustusan di daycare

Utuk perkembangan motorik atau gerak halus, saat ini Raya sudah pintar menggambar, menghitung, memilih dan mengelompokkan sesuatu. Di daycare juga raya diajarkan memotong & menempel gambar, setiap 6 bulan sekali, Raya memiliki raport dan semua hasil prakaryanya dikumpulkan dan disimpan, lucu-lucu deh. 


Beberapa hasil prakarya Raya
Hobi Raya yang lain adalah membantu saya saat masak atau membuat kue, ngga tau kenapa Raya suka banget ngupas bawang putih hahahaha. Saya sih senang-senang aja kalau lagi ngga diburu-buru. Selain itu Raya juga seneng banget bantu-bantuk Abah nyuci mobil & nyiram taman, sebenernya sih mungkin seneng ngelakuin ini karena bisa main-main air, tapi saya & Abah biarkan agar Raya ngerti konsep membantu orang tua :) 


Membantu masak & buat kue

Bantuin Abah nyuci mobil
Perkembangan aspek bicara dan bahasa bisa dibilang meningkat banget ketika pindah daycare, sekarang Raya cerewetnya minta ampun, ingin tau segala macam & banyak nanya ini itu. Raya nonton TV kalau dirumah tapi ngga mantengin TV terus karena sambil main macem-macem, plus selalu saya atau Abah dampingi setiap Raya nonton TV. Saat ini Raya suka banget nonton Sofia, jadi kalau ada adegan-adegan yang bagus/ngga bagus, saya selalu ingatkan Raya bahwa yang ini bagus, yang itu ngga bagus. Permainan yang disukai saat ini adalah masak-masakan & jualan, kalau saya jemput dari daycare, Raya suka cerita kalau tadi Raya jualan kopi & makanan sama teman-teman, uangnya pake daun hihihi. 

Untuk urusan hapalan, alhamdulillah karena di daycare diajarkan mengaji, Raya sudah hafal surat al-fatihah & al-ikhlas, huruf hijaiyah pun sudah hafal lengkap. Selalu berdoa saat makan & tidur, bahkan kemarin waktu saya tinggal tidur sendiri, saya dengar Raya berdoa sendiri tanpa disuruh :'). Hapalan lagu-lagunya juga banyak, sering nyanyi-nyanyi sendiri dan kalau saya ikutan selalu bilang "iih mamih ganggu ajah" -_-"

Tertarik sama gitar & alat-alat musik lainnya
Syukur alhamdulillah, sampai saat ini perkembangan Raya terus membanggakan. Kalau ada masa-masa nyebelin, tantrum ngga jelas, dan bikin mamih-Abah kesel sih tertutupi deh dengan bahagianya kami melihat perkembangan Raya yang bagus & tambah pinter. 

Cahaya mata
Mamih & Abah love you so much, Raya selalu menjadi cahaya mata bagi kami & semoga mamih dan Abah terus bisa menjaga & membimbing Raya dengan baik. 



You Might Also Like

10 comments

  1. Mamih mgkn typo ya harusnya 36 bln ga sih? Hehehe... raya pinter banget yaa.. tambah cantik juga... good job

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha bukan typo Bon, emang salah akunya πŸ˜… makasih dah diingetin hihi

      Delete
  2. Jadi yang bener Yaya tuh 4 tahun apa 3 tahun sih mamih?
    Btw Yaya gemay bangeet! apalagi pas lomba balap karung di day care.
    "merah-merah jangan sampai lolos" hehehhe

    Next time jangan malu-malu lagi ya sama aku, Yaya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raya pasti malu2 kecuali kalau dikasih makanan tante XD Udah gue repisi, 37 bulan ye.. alias 3 tahun 1 bulan hahahah

      Delete
  3. Aamiin, mengaminkan semua doa mamih dan Abah yaa....
    Neng Raya, emesh ih.....besok besok kalau ketemu lebih rame yaa, deket2 onty mantau biar ketularan cantiknya *eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin makasih tante Anggie... Ngga bisa lbh rame tante, soalnya tante2 rame banget Raya bingung hhihihihi.

      Delete
  4. Aamiin ya rabbal alamin. Gemesin rayaaaa.. sehat terus yaaa.. 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin Mama Naya, Naya juga yg sehat2 yaa kiss kiss

      Delete
  5. raya tsakep bangeeeett.. genetis dari... neneknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ealaaah... kok Ibunya diloncatin langsung ke nenek.. *kibas jilbal* XD

      Delete