Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Taman Pandang Istana Kontribusi Holcim Indonesia untuk Warga Jakarta

By 12:42:00 PM , , , ,

Sabtu tanggal 30 Juli, saya diundang oleh Blogger Perempuan untuk datang & ikut serta di acara peresmian Taman Pandang Istana, bertempat di silang barat laut Monumen Nasional (Monas) yang ditujukan sebagai sarana edukasi, rekreasi, seni, olahraga dan beragam kegiatan positif lainnya.

Taman Pandang Istana dahulu disebut juga Taman Aspirasi yang sudah ada sejak bulan Mei 2016 lalu. Taman ini  merupakan hasil bentuk dari tiga prakarsa yaitu Pemprov DKI Jakarta, PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), dan Creative Placemaking (CARAS). Taman ini merupakan salah satu perwujudan dari komitmen perusahaan untuk memberikan solusi yang berkelanjutan dalam industri bahan bangunan di Indonesia. 

Asal muasal nama Taman Pandang Istana dikarenakan memang berhadapan dengan Istana Kepresidenan. Biasanya dari lokasi ini kerap digunakan untuk berkumpul turis dan wisatawan untuk mengambil foto Istana, jadi taman ini sebenaranya merupakan titik terdetak publik untuk berfoto dengan latar belakang istana. Dengan cita-cita untuk memanfaatkan kekuatan seni, budaya, dan kreativitas dalam melayani kebutuhan masyarakat, Taman Pandang Istana diharapkan dapat memfasilitasi  aspirasi seniman, komunitas kreatif dan masyarakat untuk berkolaborasi secara kreatid di ruang publik.

Salah satu mural yang terdapat di Taman Pandang Istana

Peresmian Taman Pandang Istana dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja. Acara peresmian taman yang dibuat dengan konsep kemajemukan dan seni ini diisi dengan pentas seni musik dan tari yang melibatkan beragam komunitas dari kalangan anak-anak, ibu rumah tangga, hingga seniman.

Rundown acara peresmian Taman Pandang Istana, Sabtu, 30 Juli 2016 

Ketika saya yang datang sekitar jam 14.00, taman tersebut sudah ramai, tapi tetap menyenangkan karena banyak kegiatan yang berlangsung disana.  Saya dapat melihat-lihat persiapan acara sebelum peresmian seperti live mural, persiapan komunitas rajut kejut, gladi resik performance anak-anak dari SD Kembang, dan aktifitas dari komunitas yang lain. Seru deh!

Gladi resik anak-anak dari SD Kembang, suaranya bagus & lucu banget!


Lampion disekitaran Taman Pandang Indonesia, lampion ini dinyalakan pada malam hari, bikin suasana tambah keren & menyenangkan. 

Sambil menunggu Pak Ahok yang akan datang dan meresmikan Taman Pandang Istana, banyak aktifitas yang bisa dilakukan, dan banyak tempat-tempat kece yang bisa dijadikan objek foto maupun latar belakang untuk foto, pokoknya tempat ini instagramable banget hihi. 



 Crochet-crochet cantik ini dari komunitas rajut kejut, cantik-cantik banget ya!

Pohon-pohon disekitaran Taman Pandang Istana kemarin dihiasi oleh crochet-crochet cantik dari komunitas rajut kejut. Pohonnya jadi tambah cantik, dan sekeliling taman terlihat lebih berwarna dengan hiasan tersebut. Rasanya pengen deh bawain semua crochet-crochet itu kerumah saking cantiknya. 

Sekitar jam 16.30, Pak Ahok tiba ditempat, suasana langsung ramai dong, saya yang kebetulan lagi foto-foto sama robot Holcim, langsung mendekati keramaian dan bisa mengabadikan beberapa foto Pak Ahok.


Pak Ahok yang baik hati dan tidak sombong :D

Taman yang tadinya tempat berdemo warga, menurut Pak Ahok lebih baik dibangun taman. Ruang terbuka ini dapat digunakan para pekerja kreatif, dan mendekatkan seni ke publik, sehingga orang juga bisa melihat inilah Jakarta yang manusiawi. 

Dalam pidato peresmiannya, Pak Ahok menjelaskan, pembangunan Taman Pandang Istana mulai memperkenalkan teknologi thrucrete inovasi dari Holcim, yaitu merupakan beton berpori yang berfungsi mengurangi genangan air pada permukaan dan sebagai media resapan limpasan air hujan, menjadiannya beton ramah lingkungan dan tidak lagi menggunakan conblock sebagai alasnya. Pak Ahok khawatir para demonstran bisa mencopot conblock bila terjadi keributan. 

Setelah pidato, acara dilanjutkan dengan peresmian taman dengan menandatangai prasasati, dengan penulisan harapan untuk Jakarta yang lebih baik dan pemasangan lampion oleh para anak-anak dari SD Kembang. Kemudian disusul dengan acara-acara menarik lainnya persembahan komunitas-komunitas yang bekerjasama dengan JakArtspirasi. 

Penulisan papan harapan untuk Jakarta.  

 Harapan Pak Ahok untuk Jakarta. 

Pengaitan lampion disekitar Taman. 

Sore menjelang malam, acara semakin menarik dan warga pun semakin banyak yang berdatangan disekitar Taman Pandang Istana. 

Untuk saya yang mempunyai anak kecil, Taman Pandang Istana menjadi tempat alternatif untuk meluangkan waktu untuk keluarga. Penambahan ruang terbuka hijau di Jakarta yang sudah dikelilingi oleh gedung-gedung pencakar langit menjadikannya seperti oase bagi para warga Jakarta yang haus akan taman untuk beraktifitas seperti saya. Lokasinya yang dekat dengan Monas & Istana pun menjadikan warga Jakarta  bisa langsung jalan-jalan ke area tersebut setelah menggunjungi taman ini. 

Akses ke Taman Pandang Istana ini juga mudah dicapai dengan kendaraan umum, apabila ingin menggunakan Trans Jakarta, dapat berhenti di halte Monumen Nasional, apabila menggunakan kereta bisa berhenti di Juanda, jalan or naik ojek sedikit untuk mencapai taman tersebut. 

Semoga warga Jakarta dapat menggunakan taman ini dengan baik, jangan merusak properti disekitar taman dan selalu menjaga kebersihannya. Ingat jangan buang sampah sembarangan agar Taman Pandang Istana tetap terjaga dan karena taman ini diperuntukan untuk warga Jakarta, makan selayaknya warga jugalah yang harus ikut berkontribusi menjaga kebersihannya. Sesuai dengan tujuan Hoclim Indonesia yang ingin menjadikan Taman Pandang Istana perwujudan dari ruang terbuka hijau yang mengusung konsep seni bagi kebebasan berekspresi dengan konstruksi yang ramah lingkungan, mari kita rawat & jaga keberlangsungan taman ini bersama-sama. 

Blogger-blogger kece dari Blogger Perempuan, terima kasih BP, terimaksih semuanya!!

You Might Also Like

37 comments

  1. Maygaat gercep amat sist. Btw revisi sist bukan st gambir tp juanda. Gambir udh gabisa berenti :p

    Nice post n nice pict kaka sandra queen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah Makaciy revisinya adik peri *ketjup basah*

      Delete
  2. ini yang dari kemarin aku penasaran lokasinya pas lihat foto fotonya mamih.. baguuus euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempatnya bagus buat poto-poto & nongkrong Nik, bisa sekalian jalan-jalan ke Monas atau Museum gajah.

      Delete
  3. Paling suka spot muralnya. Bisa buat foto-foto OOTD, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Mba! Keren ya muralnya... Beberapa tempat sekitar situ jg ok bgt buat poto2 :)

      Delete
  4. Paling suka spot muralnya. Bisa buat foto-foto OOTD, Mbak.

    ReplyDelete
  5. Keren banget mba tulisannya :D singkat,padat dan jelas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi makasih Hana, nanti tulisn Hana pasti lebih keren!

      Delete
  6. Chrochetnya memghiasi pepohonan di tamannya ya. Keren dach inisiatif pembangunan tamannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga crochetnya ngga perlu dibuka lagi setelah acara biar tetep cantik. Makasih dah mampir mba :)

      Delete
  7. Aku baru baca tulisannya Ahok di media kaligrafi ituuu :)) anyway cantik mbak pas foto sama rajutannya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisannya emang nyempil sih, jadi ngga terlalu keliatan (menurut akoh) Makasih retnooo, yg cantik rajutannya kaaan hihihi

      Delete
  8. mamih rayaaaa.....salfok sama ootd di rajutan, asa artis2 drakor ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha, makaciiiy Anggie, alhadulillah ya nga ada yg perlu di revisi hihihihi *ketjup*

      Delete
  9. Client happy, approve, nyahahahaha. Si rajutan itu emang unyu banget dan betul muralnya cucok buat ootd-an, hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aheey, client puas saya lemash hahahaha. Rajutan unyu, plus poto modelnya pun ucul XD

      Delete
    2. Sampe lemassshh yaaa, hahaha. Penghayataaan.. :)))

      Delete
  10. Mamih yaya paling kece deh, duluan kelar reviewnya, judulnya ciamik hmm, ini mah pasti dapet job lagih dari client hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMIIN! Hahahah maaciy Bunda Aie, semoga kita semua dapet job lagih dari client ya #kodekeras

      Delete
  11. thanks for sharing San.. menyenangkan sekali sepertinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Bon, iya tamannya lumayan menyenangkan kalau sore2 sekalian joging & liat2 pemandangan sekitar :)

      Delete
  12. Smg taman ini suistanable. Haha mencoba komen seriuus. Kece tamannyaa. Aku suka sama harapan Pak Ahok. Jakarta harus lebih manusiawi. Semoga perusahaan lain CSR nya RTH jg ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harapan kakak jg gitu Nia hahahah. Jakarta & warganya harus lebih manusiaw! Setuju, semoga perusahaan lain pny program CSR keren spt ini :)

      Delete
  13. Semoga harapan pak ahok terkabul.... thank you sharingnya jadi pengen kesana hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin :) Kesana jangan lupa bawa makanan hahahha

      Delete
  14. Mba Sandra datengnya cepet banget hihihihi. Btw, seneng ya bisa foto bapak dr deket, kerennnn, aku mah ngga sanggup :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kurang cepet Mba Ros :)) Kebeneran lagi poto-poto sama robot holcim pas Pak Ahok dateng, jadi bisa poto dari dekat, alhamdulillah

      Delete
  15. Tamannya unik ya mbak, enak buat kongkow2 bersama teman atau keluarga, strategis lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba :) cocok buat tempat kongkow asal warga sama2 jaga

      Delete
  16. Tamannya unik ya mbak, enak buat kongkow2 bersama teman atau keluarga, strategis lagi.

    ReplyDelete
  17. Tamannya kece.. yang jomblo bisa jadi ada tempat hangout disini ya bareng temen2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha Iya Oline, yang jomblo siapa tau bisa ketemu jodoh disini :))

      Delete
  18. Replies
    1. Hihihih makasih mba, kebetulan deket jd bisa capture Pak Ahok dgn baik :)

      Delete