Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Menikmati Keindahan Pulau Laskar Pelangi di Belitung

By 1:56:00 PM , , , ,

Saya tertarik pada pulau Belitung setelah membaca novel & nonton film Laskar Pelangi - Andrea Hirata. Rasanya ingin banget datang dan melihat sendiri keindahan pulau-pulau di Belitung. Alhamdulillah bulan Juni lalu saya akhirnya berkesempatan menikmati dan melihat keindahan Belitung secara langsung. 

Untuk berangkat ke Belitung, saya memilih untuk membeli tiket pesawat penerbangan pagi Citilinksaya sengaja memilih memakai maskapai penerbangan Citilink karena lokasi bandara yang berada di Halim lebih dekat dari rumah saya.

Selamat datang di bandara H.A.S. Hanandjoeddin - Tanjung Pandan
Setelah mendarat di bandara H.A.S Hanandjoeddin, saya beserta teman-temen sarapan mie & kopi Belitung disalah satu warung kopi dekat bandara, tertarik mencoba kopinya karena konon katanya kopi belitung tidak kalah enak dibandingkan kopi kota-kota di Indonesia lainnya. 

Wake up and smell the coffee 

Menikmati Keindahan Alam di Danau Kaolin
Setelah sarapan, kami berangkat ke Danau Kaolin yang tidak jauh dari bandara. Danau Kaolin sebetulnya merupakan danau yang terbentuk dari sisa sisa penambangan dan eksploitasi alam berubah menjadi daya tarik yang indah. Air yang tertampung di danau tersebut berwarna biru tosca dan sangat jernih. Hamparan tanah putih yang menggunduk di tengah danau menambah keindahan danau tersebut. Pemandangan alam di Danau Kaolin tidak kalah indah dibandingkan tempat wisata di luar negeri, subhanallah deh lihat Danau Kaolin ini, betul-betul indah dan menakjubkan, tempat ini wajib didatangi untuk yang ingin jalan-jalan ke Belitung.  

Meskipun begitu saya agak miris mendengar cerita dari pemandu wisata yang menjelaskan mengenai kerusakan alam serupa bopeng-bopeng bekas penggalian dan eksploitasi sumber daya alam. Sebagai daerah penghasil timah dan kaolin Belitung pernah menjadi salah satu penghasil terkenal di masa jayanya dulu. Tempat ini ramai sekali oleh para penambang dan pekerja yang menjalankan operasional tambang di bawah tanggung jawab PT PN Timah, namun setelah PT PN Timah bangkrut banyak bekas penggalian yang tidak terawat & dibiarkan begitu saja.  

Keindahan Birunya Danau Kaolin
 

Foto ala-ala Laskar Pelangi :D
Menikmati Jernihnya Pantai Laskar Pelangi
Puas foto-foto di Danau Kaolin, kami melanjutkan perjalanan menuju pantai Laskar Pelangi atau pantai Tanjung Tinggi. Dinamai pantai Laskar Pelangi, karena lokasi ini digunakan saat pengambilan gambar film Laskar Pelangi. 

Keistimewaan dari pantai ini adalah batu granit yang beraneka ragam ukurannya, dari yang kecil, sampai raksasa, batu-batu tersebut membuat pemandangan pantai lebih indah karena seperti sengaja disusun sedemikian rupa disekitar pantai. Sepanjang pantai saya melihat pemandangan yang mengesankan dan unik dari pantai - pantai yang ada. Pasirnya putih dan airnya jernih, beberapa teman malah mencoba berenang karena gelombangnya kecil & arus air lautnya lambat sehingga aman untuk berenang. 

Tugu Laskar Pelangi
Foto dok. pribadi




Pemandangan sekitar pantai Laskar Pelangi
Foto dok.pribadi
Semakin siang cuaca semakin panas disekitar pantai, tujuan berikutnya langsung menuju BW Suite Belitung untuk istirahat, check in dan menikmati pantai didekat hotel. 

Puas istirahat di hotel, kami berangkat menuju restoran Dinasty untuk makan malam. Restoran Dinasty, berlokasi di desa Kiciput Tanjung Tinggi, menyajikan hasil olahan laut yang aseli enak! Kepitingnya JUARA! Makanannya berukuran jumbo, jadi bisa dimakan untuk barengan teman-teman. Pokoknya semua makanan disini enak-enak, jadi kalau mau nyari seafood di Belitung, silahkan mampir ke restoran ini. 

Menu makanan yang kami pesan, semua enak!
Perut kenyang, hati senang, kami bergegas kembali ke hotel karena besok pagi akan mulai island hopping di Tanjung Kelayang. 

Island Hopping di Tanjung Kelayang
Pagi hari berikutnya, kami berangkat menuju Tanjung Kelayang yang mempunyai pantai terindah di Belitung, dan merupakan pusat rekreasi pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal untuk melakukan tour island hopping. 



Pantai Tanjung Kelayang yang berpasir putih
Terdampar Sejenak di Pulau Pasir 
Perjalan pertama kami adalah Pulau Pasir, sepanjang perjalanan, saya sangat terpesona dengan keindahan pantai di Belitung. Airnya berwarna hijau dan biru jernih, kandungan garamnya tidak terlalu tinggi sehingga tidak lengket dibadan. Pulau Pasir ini merupakan pulau unik yang hanya bisa dikunjungi pada saat air laut sedang surut. Waktu tempuh untuk mengunjungi pulau ini sekitar 15 menit dari Pantai Tanjung Kelayang dengan menggunakan perahu mesin.

Indahnya pemandangan sekitar Pantai Tanjung Kelayang


Foto-foto di Pulau Pasir mumpung airnya surut
Menuju Mersucuar di Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Saya juga mencoba snorkeling di sekitar Pulau Lengkuas karena pantainya sangat jerning & ikan-ikannya jinak-jinak sekali. Dengan berbekal biskuit dari pemandu wisata, ikan-ikan sekitar saya berdatangan dengan mudah. 

Mercusuar Pulau Lengkuas 


Keindahan alam Pulau Lengkuas
Pemandangan Pulau Lengkuas dari atas mercusuar
Foto dok. pribadi
Snorkeling dengan latar belakang mercusuar Pulau Lengkuas

Indahnya Bebatuan di Pulau Batu Berlayar 
Puas snorkeling dan menikmati keindahan bawah laut Pulau Lengkuas, lokasi terakhir yang saya tuju adalah Pulau Batu Berlayar. Disebut Batu Berlayar karena formasi batu-batu granit raksasa dimana terdapat 2 batu besar yang berdiri vertikal sehingga berbentuk ibarat layar dengan pulau pasir putih sebagai kapalnya. 

Narsis di batu granit utama setinggi kurang lebih 10 meter

Penuh bebatuan di Pulau Batu Berlayar
Cuaca kurang bersahabat ketika kami sampai di Pulau Batu Berlayar, setelah sempat foto-foto, hujan mulai turun dan kami pun bergegas untuk kembali ke kapal dan menuju Pantai Tanjung Kelayang. Dari Tanjung Kelayang, kami pulang menuju hotel dan saya bersiap-siap untuk pulang ke Jakarta esok harinya. 

Masih banyak tempat tujuan wisata di Belitung, tetap saya cukup puas dan senang bisa menikmati tempat-tempat yang saya kunjungi kemarin. Jalan-jalan ke tempat wisata di Indonesia dan menyaksikan keindahan alamnya yang istimewa, membuat mata saya terbuka, menambah rasa cinta dan bangga menjadi orang Indonesia karena alam Indonesia sebetulnya sangat indah dan dapat disandingkan dengan keindahan wisata di negeri-negeri lain. 

Bagi yang ingin jalan-jalan ke Belitung, bisa menggunakan memesan tiket melalui Airpaz.com yang menyediakan  daftar harga tiket pesawat terlengkap dari Lion Air, Air Asia, Citilink hingga Garuda Indonesia dengan menyediakan tiket murah ke berbagai tujuan wisata di Indonesia & manca negara. Jadi, yuk pesan tiketnya & jalan-jalan ke Belitung :) 

You Might Also Like

38 comments

  1. Jadi kangen belitooooong. Tanggung jawaaaab, beliin tikeeeet,hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeaaaa, hahahah ayo cekidot airpaz.com trus culik dompet suami hahahah XD

      Delete
  2. Huaaa bagus-bagus banget mbaaa fotonya. Pengen juga kesanaaaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo coba Retno, harga tiketnya ngga mahal kok, beneraaan! Lebih murah jauh dari pulau dewata :D

      Delete
  3. Haii keceee udah dot com, selamaaat.. Btw, kereen anet belitung. Insya Allah kantor aku mau gathering ke sana, mayan nih bisa buat referensi perjalanan.. thank youu infonya San

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huakakak maaciy Anin. Belitung emang keren abis! Asik tuh bisa gathering kesana, jangan lupa ke restoran dinasty ya, makanannya endang bambang :D

      Delete
  4. sukses bikin mupeng banget! mudah2an kesampean bisa kesana juga aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin Ingga, pasti bisa! Harga tiketnya sangat sangat terjangkau, aku aja kaget pas tau ternyata tiketnya murah banget :)

      Delete
  5. sandra.. seru banget cih, jadi inget ke bali kemarenan hahahhahahaha thanks for sharing yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kalau tiap jalan-jalan keliling Indonesa selalu seru ya! Ayo posting cerita ke bali kemaren, pasti cetar juga :D

      Delete
  6. aaahh mba sandraa kebetulan sekali postingannya giniann. Aku ada rencana mau ke babel jugaa
    menyenangkan sekali yaa holidayan di sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo brangkat! Bagus & murah ke Belitung, seneng deh pokoknya liburan disana :)

      Delete
  7. ih kece anet mamihqueen! seru banget yah!

    Belitung wish list place ku banget nih. Semoga akhir tahun jadi ke sana yah. Aaamiin.

    Btw mamih queen nggak ke sekolah laskar pelangi ya? Apa belum ada di postingan ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget Ifa! Ayo sempetin kesana, murah ngga mahal kok. Aku ngga ke sekolah Laskar Pelangi karena pulang duluan, temen2 yang lain lanjut kesana sama ke kampung Ahok :)

      Delete
  8. Wah bikin ngiler aja mba Andra, aku belum pernah ke Belitung tapi mudah - mudahan bisa travel kesana tahun ini :)

    Oh ya aku nggak ngeh mba Andra main ke blog aku, karna namanya Sandra hehe, tapi inget mykidneybean-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Lily, makasih udah mampir :)
      Ayo ke Belitung Mba, anak-anak pasti hepi deh, pantainya bersih banget & aman buat main2 anak

      Delete
  9. Sukses bikin pengen ke belitung. Foto di atas batu kocak kali kakak :DD hotelnya gimana disana? murmerkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus brangkat Witha! itu foto di atas batu aseli peer naik susah turun susah pas foto gemeteran hahahaha. Hotel BW Suite lumayan murmer & fasilitasnya bagus kok Witha

      Delete
  10. Ndak ke Museum Katanya Andrea Hirata, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga sempat Mas :) Harus cepet2 pulang karena dah ditungguin sama anak hihi

      Delete
  11. Tulisannya menarik, terimakasih atas partisipasinya dalam lomba blog yang diadakan oleh Airpaz. Semoga menang dan dapat tiket pesawat gratis dari Airpaz :)

    ReplyDelete
  12. wow, cantik sekali yah,.,,,jadi pengen nyebur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha iya emang pengen nyebur banget liat yg biru2

      Delete
  13. Blm pernah kesana, udah ada rencana kesana, jd pengen cpt2 kesana nih liat foto2nya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari lah dilaksanakan kesana! Asik banget main2 pantai :)

      Delete
  14. belitung memang selalu indah ya kka

    ReplyDelete
  15. bener sangat sangat pengen kesana ! informasi yang lengkap mbak semoga buan datang bisa kesana
    jangan lupa mbak main main ke www.gusbolang.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rencanakan kesana mas, bagus & harga tiketnya pun ngga mahal. Makasih dah mampir, nanti aku mampir ke blognya

      Delete
  16. Wah..keren ternyata belitong.lg mau expro Indonesia..nih.
    Thankyou ini artikel yg saya butuhin.fotonya bwagus2...mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah ajak2 dong kalau mau explore hihihi. Alhamdulillah kalau bisa bantu. Ini alamnya emang baguuusss aku cuman pake kamera HP aja udah bagus banget, apalagi pake kamera canggih :D

      Delete
  17. Foto ituu....pantai ituuu....bikin mupeeeng.....mudah2an bisa kesana suatu hari nanti, aamiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, emang aku pun mupeng pengen kesitu lagi. AMIIN! Ayo babymoon kesana hihihi XD

      Delete
  18. apiik foto-fotonya
    ya gak heran sih belitung semakin diperhitungkan sebagai destinasi wisata favorit karena buk dan film laskar pelangi yang begitu fenomenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, dan ongkos kesini pun sangat affordable Mas. Foto2nya cuman pake kamera hp udah kereeen, kebayang kan kl pake kamera benera.
      Makasih dah mampir yo!

      Delete
  19. Replies
    1. Emang indah banget Mba Kania! Subhanallah deh kalau kesini, rasanya berasa banget kuasa & ciptaan Allah itu indah banget :)

      Delete