Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Inovasi Infrastruktur Pariwisata, Solusi untuk Masa Depan Bangsa

By 1:33:00 PM , ,

"Infrastruktur yang minim merupakan salah satu dari tiga penyebab mengapa negara berpendapatan menengah terperangkap dan tidak mampu beranjak menjadi negara maju." 
Mantan Presiden Bank Dunia Robert B Zoellick

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tujuan wisata menarik. Tapi tidak dapat dipungkiri, pariwisata di Indonesia masih menghadapi banyak kendala, salah satunya adalah infrastruktur yang kurang memadai bagi para wisatawan lokal maupun manca negara, sehingga potensi pariwisata Indonesia belum tergali dengan maksimal.

Infrastruktur Curug Bidadari - Bogor
Poto dok. pribadi

Dengan banyaknya tempat pariwisata yang ada di Indonesia, sebetulnya dapat membantu meningkatkan perekonomian rakyat setempat. Sayangnya seringkali kendalan yang dihadapi adalah masalah infrastruktur, contohnya jalan menuju tempat wisata yang sulit dicapai, tidak tersedianya toilet umum, tidak ada akomodasi sekitar tempat wisata, dan tidak adanya fasilitas rambu-rambu atau penunjuk jalan ketempat wisata tersebut. Saat ini, bersadasarkan survei World Economic Forum (WEF), dari 139 negara, pariwisata di Indonesia sudah meningkat menjadi 74 (posisi sebelumnya 81). Sedangkan untuk Sedangkan untuk peringkat Human Development Index (HDI), peringkat HDI pariwisata Indonesia berada di urutan 95 dari 139 negara.

Jangankan dipulau lain, saat ini,  banyak pariwisata di pulau Jawa yang masih terbengkalai dan kurang dikelola infrastrukturnya. Saat ini, sistem jaringan jalan di Indonesia belum dteintegrasi, menjadi salah satu kendala dalam mengembangkan infrastruktur. Sistem jaringan jalan ini selain tersekat oleh pulau-pulau, juga volume lalu lintas distribusi yang dapat diangkut menjadi sangat heterogen dan susah untuk diseragamkan. Kendala keadaan demografi, geografi, dan sumber kekayaan alam Indonesia yang menyebar, membuat sulit untuk membangun sistem jaringan jalan yang memadai untuk menuju tempat pariwisata yang mendukung perekonomian dan dapat menesejahteraan masyarakat. 

Dengan potensi sumber daya manusia & alam yang ada, sebetulnya potensi wisata di Indonesia dapat dikembangkan dengan lebih baik. 

Menurut saya, ada beberapa inovasi yang sebetulnya dapat dilakukan untuk mengarap potensi pariwisata Indonesia, yaitu: 

1. Perbaiki Sarana & Prasarana (Infrastruktur) 
Sulitnya menuju tempat pariwisata di daerah pedalaman merupakan gambaran dari sarana dan prasarana tempat wisata yang jauh dari sempurna. Banyaknya rintangan yang dihadapi seperti; jalan rusak, bandara yang fasilitasnya kurang memadai, macet menuju tempat wisata saat liburan, adanya pungli / atau iuran yang tidak resmi sepanjang jalan menuju tempat wisata, sulitnya transportasi dan lain lain. 

Sarana dan prasarana yang dibutuhkan perlu dipersiapkan secara baik untuk menunjang kelancaran pariwisata. Pengadaan dan perbaikan jalan, telekomunikasi, saran umum seperti toilet, angkutan, pusat perbelanjaan wisata, restoran dan fasilitas lain disekitar lokasi daerah tujuan wisata sangat diperlukan.

Bandara H.A.S. Hanandjoeddin di Belitung. Fasilitas conveyor belt yang rusak membuat para penumpang tidak nyaman
Poto dok, pribadi 

2. Pengelolaan Pawisata Melibatkan Masyarakat Setempat.
Pengelolaan dan pengembangan infrastruktur tempat tujuan wisata harus melibatkan masyarakan setempat dan berbasis kemanusiaan (human infrasctucture). Prosedur dan peraturan yang ada harus ramah dan mudah dimengerti sehingga masyarakat dapat mudah memahaminya dan membantu menjaga keberadaan infrastruktur yang telah ada. Pemerintah setempat dibantu oleh para ahli harus merangkul masyarakan sekitar agar tercipta simbiosis mutualisma yang baik sehingga tercapai daerah tujuan wisata yang sesuai dan ramah untuk wisatawan.

3. Pengembangan Teknologi Tepat Guna
Pengembangan teknologi tepat guna harus digunakan dalam pembagunan infrasturktur sehinga dapat mendukung pemanfaatan sumber kekayaan pariwisata lokal. Teknologi yang diterapkan antara lain; sistem transportasi umum, bis-terminal, system keamanan penumpang, system Informasi perjalanan, tenaga Kerja, kepastian tariff, peta kota/objek wisata dan informasi lain yang dapat memudahkan wisatawan tiba daerah tujuan wisata.

4. Bekerjasama dengan Sektor Swasta
Pemerintah pusat harus bekerjasama dengan kalangan swasta dan pemerintah daerah setempat untuk pengelolaan tempat pariwisata secara profesional dengan mutu pelayanan yang memadai. Selain itu alternatif lain adalah  kerjasama di antara penyelenggara pariwisata seperti agen biro perjalanan, penyelenggara tempat wisata, pengusaha jasa akomodasi dan komponen-komponen terkait lainnya merupakan hal sangat penting bagi keamanan kelancaran dan kesuksesan pariwisata.

Seiring dengan gencarnya penyebaran informasi yang mengajak para wisatawan lokal dan manca negara untuk mengunjungi daerah tujuan wisata di Indonesia, sudah selayaknya inovasi infrastruktur ini dilakukan secara bersama-sama dan  menjadi salah satu fokus bagi Kementrian PURR yang sedang gencar melakukan kampanye "Hadirkan Solusi Seiring Inovasi - Inovasi Infrastruktur Masa Depan". Perpaduan antara perencanaan, pelaksanaan, dan perawatan yang mengerti apa kebutuhan masyarakat menjadi kunci untuk berinovasi dan mewujudkan kesejahteraan perekonomian yang baik demi masa depan bangsa.





You Might Also Like

20 comments

  1. setuju banget untuk memperbaiki sarana dan prasarana tempat wisata yang lokasinya masih sulit di jangkau, padahal di situ terdapat potensi alam yang bisa di jadikan kawasan pariwisata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget Nik! Karena sarana & prasarana kurang memadai jadi harga ketempat tujuan melambung tinggi euy

      Delete
  2. Makkkk..postingannya berat amat maakkk :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha kali2 agak ciyus dikit kaaak :p

      Delete
  3. Quote pembukanya ngga kuku kakaaaaa, hohoho. Tsakep amat tulisan ini. Tapi agak dilema kalo aku san, kadang tempat wisata di Indonesia, dibagusin infrastrukturnya tp lantas jadi kotor karena wisatawan yang datang belum disiplin jaga kebersihan. Jadi bukan cuma infrastrurnya aja si ya, tapi behavior pengunjung/wisatawannya juga perlu ditatar. >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah mantap yg punya quote hahahaha. Iya, emang kesadaran masyarakat & wisatawan jg harus dibina, makanya harus berbasis human infrastructure

      Delete
  4. Iya ya, coba klo infrastrukturnya bagus pasti banyak yang datang. Ini kesempatan pemerintah hrsnya untuk buka lapangan pekerjaan dan menambah pemasukan untuk daerah itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan Mba Ros, peningkatan ekonomi otomatis bikin masyarakat sekitar lebih sejahtera kaan :)

      Delete
  5. Semoga masyarakat nya juga ikut menjaga pariwisata nya daru segala sektor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mas Cumi, masyarakat jg harus sadar kalau menjaga fasilitas yang ada bukan hanya tugas pemerintah

      Delete
  6. Setuju mba sandra.. Sayang banget kalau tempat wisata ngga didukumg infrastruktur memadai :) semoga bisa segera diperbaiki :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, biar bisa gampang jalan2 ke tempat wisata yg bagus2 ya Hana :)

      Delete
  7. iya mi bener..selain gencar dengan iklan dan promosi dan lain lain, infrastruktur tuh harus bener-bener dibangun dengan serius..ga mau kan kalau kita liat di website or iklan keliatannya bagus tapi sampe sana kondisinya masih memprihatinkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emberan.. kadang poto kan emang diambil yg bagus2nya aja hihihi jarang diposting poto yg jelek2nya :D

      Delete
  8. setuju setuju, mengingat indonesia masih banyak sarana dan prasarana yg kurang memadai untuk pariwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sayang kan ya kalau pariwisata Indonesia yg bagus ngga didukung sama sarana & prasarananya :)

      Delete
  9. Setuju bnget. Indonesia sangat kaya dan indah alamnya, syang banyak fasilitas mangkrak dan pengunjung tempat isatanya kurang bertanggungjawab, msh ada yg corat-coret, buang sampah sembarangan dll. Moga pengelolanya lbg ketat lg jg menegakkan peraturan soal merusak tempat wisata ini. Dan kita sbg wisatawan jg berusaa bantu supaya td merusak fsilitas yg ada. Moga2 yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, masyarakat sekitar & wisatawan lokal emang harus sadar akan hal ini. Tapi sayangnya kadang fasilitas ngga memadai, kayak tempat sampah disekitarnya sangat jarang malah kadang ngga ada, jadi bikin orang2 seenaknya buang sampah

      Delete
  10. Aku baru baca postingan yang ini... berat banget kakaaaaa.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahahah.. Ngga seberat timbangan aku sih Aie XD XD

      Delete