Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Resep: Donat Kampung - No Mixer Needed

By 1:58:00 PM , , ,

Selama ini saya pengen banget bikin donat kampung, tapi karena ngga punya mixer dan semua resep kayaknya mengharuskan adonan dicampur pake mixer biar lembut, jadi saya nyerah... Emang ngga punya mixer, gimana dong kakaaak *ngarep ada yg ngasih*. Kesulitan bertambah tiap liat resep donat yang berkeliaran semua porsi kok gede-gede, pake terigu berjumlah 500gr keatas *bahasa apa iniih*, secara saya dirumah cuman 2,5 orang (Abah, saya & Raya) gimana mau ngabisin donat yang sebanyak itu kaaan. 

Browsing punya browsing, saya nemuin resep donat yang sesuai dihati. Meskipun pake acara bahan A & bahan B tapi cuma menggunakan tepung sejumlah 250gr saja! Agak lama ini resep disimpen, karena males-malesan, kemaren kok ya pengen banget bikin. Kebetulan mumpung Raya lagi main-main sama Abah, saya bisa fokus ngulenin & ngga ada yang ganggu proses pembuatan si donat *haiish*. 

Biar ngga kebanyakan cerita kemana2, ini bahan, bahan yang harus dipersiapkan: 

Bahan A: 
250gr tepun terigu cakra kembar
11gr/ 1 bungkus ragi instan (saya pake fermipan)
1/2 sdt garam secukupnya
susu cair 170ml

Campur semua bahan A, campurnya yang penting rata, tahap ini ngga perlu diuleni. Diamkan selama 80 menit, kemudian sisihkan. 

Bahan B
50gr tepung terigu segitiga
1 butir telur ayam  
20gr butter
10gr mentega
30gr gula pasir

Campur terigu + butter, hanceur2in aja butternya sampe rata ke terigu, trus masukan mentega, gula pasir, terakhir masukan telur. Aduk semuanya sampe rata, dan tunggu si adonan A mengembang. 

Setelah adonan A mengembang, campur dengan adonan B. 
Ditahap ini, adonan A, harus diremes-remes sampai nyampur ke adonan B. Agak belepotan sih, tapi kalau lagi stress lumayan ngebantu menyalurkan kepusingan juga hahahah. 
Pokoknya itu adonan diulenin sampe kalis, ngga nempel ditangan & lembut. 
Setelah itu diamkan selama 15 menit. 
Setelah 15 menit, adonan digiling berbentuk kotak setebal 1cm, lalu diamkan lagi 15 menit. 
Bentuk adonan bulat2 (saya pake gelas plastik raya & tengahnya dibolongin pake botol)
Adonan bulat siap digoreng!
Goreng adonan pake api kecil aja biar ngga cepet gosong ya. 

Penampakan adonan yang udah dibentuk & udah digoreng dalam api kecil

Sumpah ini donat, enak lembut, ngga mahteh & menyenangkan hahahah. Untuk saya pake toping gula tepung, buat Raya & Abah pake meses coklat kesukaan mereka. Seperti ini penampakannya:  

Tadaaa... Donat kampung pun jadi

Happy? Tentuu... Akhirnya berhasil bikin donat kampung tanpa mixer, yeaay *victory dance*. Abah & Raya nyobain, mereka bilang asli enak! Donatnya ringan & agak krenyes2 mirip cronut dikit. Sekali makan Raya & Abah abis 2... 

Dengan resep yang cuman pake 250gr terigu aja, sisa donat masih banyak dirumah, akhirnya dibawa ke kantor, dan tetep ngga abis karena janjian ketemuan sama temen2 IHB, eeeh kagak bisa. 

Tapi tetep, donat ini JUARA! Saya mau bikin lagi ntar-ntar.. mau nyobai dibulet2in aja buat dibagi2in di daycare Raya :) 

Oh iya, buat yang ngga punya mixer, jangan khawatir... Pake resep ini ngga perlu mixer, ngga punya cetakan donat? Pake  gelas & botol buat ngelubangin, ngga punya rollingan buat giling? Pake aja botol kaca (kayak saya) hahahahha... Pokoknya tetep semangat masak meskipun barang2 terbatas *lirik abah* *modus minta dijajanin peralatan masak*

Selamat mencobaaa!

You Might Also Like

12 comments

  1. aku mauuu dong mamihhh donatnya.. pengen makannya doang tapi males bikinnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl pny micer mah bikin lbh gampang Nikkk hihihi

      Delete
  2. mba, kenapa harus dipisah adonan A dan B?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena adonan A harus didiamkan dl selama 80mnt biar mengembang dulu mba, baru ditambah bahan B, dgn tahapan itu adonan jd lbh empuk & lembut

      Delete
  3. Aku jadi laparrr. Sayang banget kemarin kaga jadi ketemu ya karna Mami Sri :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti insha Allah aku buatin lagi pas kita ketemuan yak!

      Delete
  4. Wuih, bisa, ya? Kudu nyoba nih. Anak-anak di rumah suka banget sama donut. Tfs resepnya, mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok cobain mba, ini gampang banget kok bikinnya :)

      Delete
  5. Ku suka donat kampung yang nggak macem-macem.. Bikinnya tanpa mixer pula, bisa lah bikin nih.. Ihhiy thanks ya mbaaaak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dah bikin bagi bagi yaaaa... *ngarep* XD

      Delete