Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Resep: Nastar Lebaran

By 8:44:00 AM , ,

Kenapa disebut nastar lebaran? Karena kue ini hanya saya buat ketika Ramadan sebelum lebaran XD
Awal-awal nikah, pertama kali ramadan bareng, Abah request dibuatkan nastar. Karena dulu dirumah, nyokap selalu buat sendiri nastar, kue keju, dll dan saya selalu bantuin jadi pede aja bikin ini nastar. Dan alhamdulillah Abah suka & setiap tahun pasti bikin kue nastar ini (kecuali pas abis lahiran Raya). 

Dulu sih saya rajin banget bikin macem2 kue lebaran, tapi semenjak ada Raya ngga sempet booo, gile deh, mikirin ngulenin bahannya aja ntar dulu deh hihihi. Apalagi sekarang oven tangkringnya udah rada ngga layak dipake meskipun masih bisa digunakan *kodekerasbuatAbah*. Tapi Abah tetep hepi, karena yang penting nastar lebaran selalu saya buatin. 

Dari berbagai resep yang bekeliaran, saya konsisten memakai resep ini karena mudah diingat, ngga perlu mixer (karena mixer dirumah lagi ngga ada) hasilnya si nastar yg renyah buttery banget. Satu hal yang paling saya suka kalau bikin nastar yaitu, bisa ngisi selai nanasnya dengan semena-mena alias penuh hihiihi. Abis biasanya kalau beli, cuman kebagian selai nanas yg seiprit ditengah, kalau bikin sendiri bisa sampai bleber hihihi. 


Bahan-bahan: 
250gr Butter (saya pake Elle & Vivre)
250gr Margarin (saya pake blueband biasa)
100gr gula tepung 
700gr tepung terigu 
4 butir kuning telur 
4sdm susu full cream
1 butir kuning telur utk olesan 

Bahan Selai Nanas:
Nanas matang 4 buah (ukuran sedang) - diparut / potong kecil2
40 sdm gula pasir 
2 sdt kayu manis bubuk 
5-6 butir cengkeh

Langkah-langkah pembuatan (ini versi saya yang ngga pake mixer): 
Campur tepung terigu dengan butter, diremas-remas sampai butter lenyap & menyatu dengan tepung. Kemudian masukan margarin, perlakukan sama sampai semuanya menyatu. 
Lalu masukan gula tepung dan susu full cream. 
Uleni semua bahan sampai tercampur rata.
Masukan kuning terlur stu persatu - uleni lagi sampai terasa lembut & semua bahannya menyatu. 
Setelah semua tercampur rata, saya masukan adonan ke dalam kulkas agar lebih gampang dibentuk (karena berbahan dasar butter adonan gampang lembek ketika dibentuk dgn tangan yang hangat). 

Selai Nanas: 
Masukan nanas kedalam wajan & masak sampai empuk
Setelah nanas empuk, masukan gula, kayu manis & cengkeh
Masak semuanya sampai gula mengental & berwarna kecoklatan
Angkat apabila selai nanas sudah sesuai tekstur yang diinginkan. 

Keluarkan adonan nastar dari kulkas, kemudian bentuk bundar, isi selai, sampai adonan & selain habis. 
Panggang nastar dioven dengan panas kurleb 150 derajat celcius. 
Panggang nastar sampai 1/2 matang, kemudian keluarkan dan olesi dengan kuning telur diatasnya. Bisa juga diberi keju/toping lain sesuai selera. 
Kemudian masukan lagi kedalam oven sampai matang & kecoklatan kurang lebih 25 menit. 
Keluarkan nastar setelah matang, dinginkan... Baru ditata kedalam toples. 


Penampakan setelah keluar dari oven. 

Resep nastar ini dijamin anti gagal, dan pasti bikin ketagihan :) 
Selamat mencoba ya. 








You Might Also Like

1 comments

  1. waahhh salah nih buka blog nya pas siang2 begini.. jadi mupeenng :(

    ReplyDelete