Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

TUMNgopiCantik: Living Place, Living with Children & IKEA

By 10:32:00 AM , , , , ,

Alhamdulillah Rabu 4 Mei 2016 kemarin dapat kesempatan untuk datang ke #TUMNgopiCantik di Restoran IKEA Alam Sutera. Waktu the Urban Mama ngumumin acara bulan Mei ini, saya langsung ikutan daftar dan niat cuti karena udah lama banget pengen ke IKEA lagi tapi belum ada waktu. Kalau ada acara gini kan sekalian, apalagi pembahasaannya mengenai Living Place, Living with Children dengan  narasumber sekaligus Expert TUM Diana Pratiwi (mama Montje) cocok banget deh dengan situasi saya saat ini. Plus bisa ketemu sama Mama2 kece disana, kebetulan udah janjian sama Mira, Aie & Desy yang juga ikutan acara, pokoknya semangat 45 deh!

Acara dimulai jam 9.30 pagi, saya berdua Raya udah nyampe IKEA jam 9.00 hohohoho *niat takut macet*. Untungnya tempat parkir masih kosong jadi bisa milih tempat yang khusus buat keluarga. Raya sepanjang jalan ceria, eeh sampe IKEA malah molor... Jam 9.30 pintu masuk dibuka saya langsung masuk & naik ke restoran tempat acara berlangsung. 

Masuk, registrasi, dapat vocer untuk sarapan. Karena sarapan nasi uduk pilihan diembat Raya, jadi saya pesan yang meat ball khas IKEA. 

 Sarapan dulu.. Nom nom..

Sambil sarapan sekitar jam 10, acara dimulai dan Mama Montje mulai menjelaskan bagaimana menata dan menciptakan rumah yang nyaman dan sesuai kebutuhan keluarga, khususnya untuk anak-anak yang dapat mengakomodasi kebutuhan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Mnurut Mba Montje ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah nyaman ditempati untuk anak-anak diantaranya: 

  1. Keselamatan, aspek keselamatan perlu diperhatin untuk anak, contohnya shape; hindari barang-barang yang berujung runcing yang dapat mencelakakan anak. Apabila sudah terlanjur membeli furniture yang berujung runcing, IKEA menyediakan pengaman yg dapat dengan mudah dipakai sehinga anak terhindar dari kecelakaan. 
  2. Barang yang multi fungsi, artinya barang / furniture yang dibeli harus mempunyai fungsi jangka panjang yang dapat digunakan kemudian hari atau digunakan dengan konsep lain ketika anak sudah beranjak dewasa. Usahakan membeli barang yang mengandung unsur edukasi bagi anak dan tidak hanya mengandung unsur pajangan. 
  3. Beli barang/ furniture sesuai dengan karakter anak, contohnya; anak dgn karakter pendiam dpt diberikan warna cerah, sehingga mebantu anak lebih aktif dan ceria. Warna soft untuk anak aktif agar dapat membantu menyeimbangkan karakternya. 
Kemudian, ada  beberapa design rumah yang dapat diadaptasi untuk rumah yang ramah untuk anak, diantaranya:
  1. Playfull, rumah dengan konsep ini dilengkapi dengan fasilitas bermain yang berwarna cerah sehinga anak dapat lebih banyak beraktifitas. 
  2. Stylish, rumah dengan konsep ini menggunakan barang/furniture yang stylish tapi tetap ramah untuk anak, contohnya laci/rak yang dapat disembunyikan untuk menyimpan mainan anak. 
  3. Explorer, rumah dengan konsep ini memiliki barang/furniture yang membantu anak untuk berekplorasi sekitar rumah tanpa membahayakan dirinya. 
Selanjutnya, penjelasan dari pihak IKEA (duh aku lupa nama Ibu yang nerangin siapa) mengenai visi-misi, kualitas dan barang-barang keperluan rumah tangga yang ramah anak dan dapat dipilih oleh para Mama. IKEA menawarkan produk yg fungsional, well design & dgn harga yg serendah mgkn shg org yg dpt memiliki barangnya, konsep IKEA adalah, range, system & method, membuat kostumernya dpt berexplorasi dengan mudah. 


IKEA juga menawarkan cara belanja  yang mudah, tanpa harus datang ke showroomnya, yaitu dengan melihat katalog & berbelanja secara online di website. Semua rancangan IKEA selalu child friendly, aman, tidak membahayakan anak. 
Ada 5 prinsip IKEA yang menurut saya sangat menarik untuk diketahui, yait: 
  1. Slalu melihat rumah dari sudut pandang anak, seperti yang telah dijelaskan, produk IKEA selalu child friendly, dan IKEA selalu melibatkan anak disemua kegiatan keluarga. 
  2. Tidak ada toleransi untuk keamanan & kesehatan anak, contohnya, semua mainan & barang2 di IKEA teruju keamanannya & hanya menggunakan bahan yang tidak membahayakan anak
  3. Knowledge, tim expert IKEA selalu berusaha & memikirkan membuat barang-barang yang dapat mengembangkan minat, kesukaan & keperluan anak
  4. Sustainability, barang-barang di IKEA bahan bakunya ramah lingkungan, berkelanjutan dan berjangka panjang
  5. Diupayakan harga yang terjangkau, setiap tahun IKEA tidak pernah menaikan harga barang, tetapi malah menurunkannya. Saya penasaran nih tentang ini, dirumah ada katalog lama tahun 2015, ketika saya bandingkan dengan katalog 2016, barang yang sama harganya tetap sama lho!
Perlengkapan & mainan anak di IKEA, berbahan aman, plastik food grade, soft toy yg lembut & kuat

Setelah diberikan penjelasan mengenai visi-misi dan prinsip dasar IKEA, para Mama diajak untuk tour kecil ke showroom IKEA. Pemberhentian pertama adalah di showcase dekat pintu masuk. 





 Tim IKEA sedang menjelaskan konsep tempat makan indoor

Disini tim IKEA menjelaskan mengenai konsep ruang makan indoor & ourdoor, IKEA seperti yang saya tulis sebelumnya selalu melibatkan anak dalam semua acara keluarga, contohnya kursi kecil untuk anak yang disediakan dimeja makan, tapi itu untuk anak yang udah 3 thn keatas yaa... Bukan buat bayi hihihi. 

Tour selanjutnya kami diajak melihat-lihat barang keperluan masak (ini yg penting) yang dapat membantu para Mama menghemat waktu, dan tenaga ketika berurusan dengan peralatan dapur. 


 Garlic press... Saya naksir ini! Harganya cuman RP. 24,900 dan akhirnya beli dong hihi


 Potato press, pengen beli juga tapi tapi galau hahaha

 Serutan keju *apalah apalah itu namanya* lengkap dengan tempatnya jadi ngga refot

 Pemotong telur

 Pemotong aple

 Anak kecil ngga dijual XD



 Penyaring kopi, dan banyak lagiii... *nyesel ngga ajak dompet Abah*

Abis ngiler-ngiler dengan peralatan masak, kemudian tambah ngiler lagi karena tour berlanjut ke area tempat tidur anak. Semua furniture anak di IKEA tidak memiliki ujung tajam, tempat tidurnya extendable alias dapat dipanjangkan sampai 2m jadi bisa dipakai sampai anak besar, lemari/laci dll memiliki pegangan yang bolong & tidak berkunci mencegah anak terjepit atau terkunci didalam. Kaca untuk anak pun sangat aman karena terbuat dari kertas dan tidak dapat pecah, keren yak!






Pas lagi tour ini, tetiba bocil minta pupi... yayaya... Abis dari toilet tournya udah selesai & ngga sempet poto2 bareng semuanya hiks, eh tapi ternyata sama menang live tweet wohooo! Rejeki dapet vocher IKEA *kipas2* 

 Abaikan wajah cape & keringetan ribet abis nyebokin Raya XD

Selanjutnya, saya, Aie, Mira & Desy keliling liat-liat plus niat poto kekinian di lorong IKEA yang iconic banget itu. Aseli ya, jalan-jalan sama Mama2 kece ini seru banget, setiap barang dikomentari ditawarin, dibahas hahaha, kagak nyampe2 di lorong tempat poto plus blanjaan tambah berat karena ngiler pengen belanja semuanyaaaaa!




 Mama2 kece ngga kalah gayanya sama ABG XD 

It was so much fun! 
Thank you TUM untuk undangan acara #TUMNgopiCantik 
Thank you IKEA  untuk pengalaman, ilmu, sharing & voucher belanjannya #AyokeIKEA
Thank you Mama2 kece, kita ketemuan lagi yaaa... 


IKEA Indonesia
Alamat: Jl. Jalur Sutera Boulevard Kav. 45 
Alam Sutera Serpong, Serpong 
Kec. Tangerang, Banten
Phone:(021) 29853900





















You Might Also Like

8 comments

  1. Serunyaaa 😍 IKEA ini memang a happy place bangettt... Pas hamil aja aku 3x ke Ikea wkkwkwkk.. Jadi belanja apa aja mak? 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha macem2 Tia, itu pun ambil2 pas bayar galau... Salah nih ngga ngajak suami XD XD

      Delete
  2. Hahhahahaha.. Itu perjalanan ke lorong yang teramat lama gara-gara gak kelar-kelar ngomentarin segala macem. Tapi seruuuu.. Harus ketemu lagi kita.. Yah yah yah yah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpah mo kelorong aja bisa mpe sejam! hahahha, manalah ada yg mo beli gorden udah nanya2 ngga jadi hihihi *lirik Desy*

      Delete
  3. Gw malah plg ga suka berlama2 di lorong2 warehouse itu..paranoid takut kejatohan brg...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilorongnya poto2 aja Var, itu berlama2 dishowroomnya, tiap barang dikomentarin & dicek hihihi, gue jg takut lama2 dilorong mah hahahaha

      Delete
  4. ngeliat postingan ini jadi pengen ke ikea...
    emang barang barang nya ikea mah keren banget!
    btw itu mama mama cantik emang asikk semua.. cuma sama mama aie yg belum kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nik, keren2, tapi kalau ngga ada duit ngga keren *jiaaah* Sok atuh kenalan dolo ma Aie :D

      Delete