Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Menyapih Raya

By 9:44:00 AM , , , , ,

Setelah akhir tahun gagal menyapih Raya, awal tahun ini saya sangat niat untuk berhasil menyapih Raya.

Bukan apa-apa, sekarang setiap menyusui, rasanya agak sakit & agak luka kayak sariawan karena Raya ngga sengaja gigit puting ketika nyusu sambil bobo, meskipun saya tau Raya ngga pernah sengaja untuk gigit. 

Senin kemarin, sakitnya udah bikin males & saya coba pakai plester tempel dikedua area tempat menyusu. Waktu Raya pengen nyusu, saya bilang sama Raya kalau saya lagi sakit & memperlihatkan tempelan tensoplas. Reaksi Raya lucu banget, sangat empati & khawatir dengan luka saya, sampai-sampai usaha nyari obat luka buat ditetesin ditempat yang sakit. Udah gitu Raya juga ngasih tau Abah kalau saya sakit, Raya ngga mau pegang luka saya dan dari wajahnya keliatan banget kalau Raya khawatir & kasian sama saya.. *aaah love you nak*. 

Permasalahnya tiba ketika mau bobo malam. Raya tau kalau saya lagi sakit dan mulai stress karena ngga bisa nyusu, awalnya mau digendong Abah & mulai ngantuk, waktu direbahin ke tempat tidur, mulai deh gelisah. Sakaunya menjadi-jadi waktu liat saya, tapi ngga minta nyusu, cuman nangis-nangis dan nendang-nendang. Saya coba redakan dengan elus-elus, katanya ngga mau, akhirnya saya biarkan nangis tapi saya dekatkan wajahnya ke wajah saya sambil sekali-kali dielus & menawarkan mau saya gendong apa ngga. Setelah 1/2 jam nangis, akhirnya Raya minta gendong & langsung bobo. Saya gendong 1/2 jam, alhamdulillah Raya bisa bobo di kasur dengan lelap. 

Jam 1, Raya mulai nangis-nangis lagi, karena biasanya jam segitu emang minta nyusu. Saya liatin lagi plester disekitar tempat nyusu, Raya ngga jadi nyusu tapi tetap nangis, kemudian minta gendong lagi & tidur. Jam 3 gitu lagi... Jadi otomatis Senin kemarin saya kayak zombie & harus sabaaar pas ngantuk jangan sampai marah-marah sama Raya, karena saya tau Raya lagi sakau & lagi usaha untuk tidak nyusu hihihih. 

Pagi-pagi setelah saya mandi, Raya bangun, saya bilang kalau saya masih sakit & Raya minta liat plesternya (untung itu plester saya tempel lagi hihihihi), setelah yakin liat sendiri plesternya masih nempel, Raya tidur-tiduran sambil nungguin saya siap-siap tanpa rewel *good job Raya*. Dimobil saya kasih pujian karena Raya bobo tanpa nyusu & waktu tiba di daycare saya ceritain kalau Raya pintar tadi malam, biar Raya termotivasi ngga nyusu lagi. 

Tadi malam, alhamdulillah Raya bisa bobo tanpa sakau & nangis-nangis. Kompensasinya saya ceritain tentang 2 ekor kelinci sampe 15 kali nyahahahahaha, abis itu Raya minta gendong sebentar & kemudian tidur sendiri tanpa nyusu sambil saya elus-elus kakinya *terharu*. Tadi malam Raya hanya nangis 1x jam 1 pagi, dan reda lagi setelah liat plester (teteup) dan bobo setelah saya gendong. 

Pagi ini juga solehah & pinter ngga minta susu lagi, dan tetap saya puji & bilang bangga karena Raya udah 2 malam ngga nyusu :) Semoga malam ini lebih mulus & Raya tidur lebih lelap tanpa nangis lagi, amiin. 

Oh iya, kompensasi Raya ngga nyusu, selain saya musti ngedongeng & nyanyi2 sebelum bobo, Raya minta makan nasi full telor & sayur satu piring penuh jam 8 malem ajah. Hihihihi, secara kata Ibu-Ibu yang lain kalau anak disapih napsu makannya tambah banyak... Oh well, saya sih ngga masalah, secara Raya emang ngga mau minum susu formula or uht malem-malem, makan nasi lengkap sih ngga masalah buat saya :)

Semoga istiqomah disapih ya nak, insha Allah kali ini Raya & mamih siap. Love u kiddo.

You Might Also Like

12 comments

  1. Hebaatt ih Raya!!..maminya jg hebat bisa ngajarin anaknya sampe punya empati bagus begituuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante vari, mamih emang hebat! hahahah *sombong*

      Delete
  2. semangat raya,suka deh sama raya yang doyan makan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih tanteee, makasih ya.. Raya emang doyan banget makan, tapi ntah kemanain karena badannya ya segitu2 aja XD

      Delete
  3. aihh...neng yaya manis sekali..mamih hebat euy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasin tante nana, mamih emang hebat #eh hahahaha

      Delete
  4. Yeaaay yaya hebaatt... Semoga ga inget nenen lagi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaay! mengadaptasi ide lo nih Nik pake plester, alhamdulillah berhasil buat yaya :D

      Delete
  5. Pinter Yaya!
    Ide plester ini boleh juga untuk dicontek, hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante anya, silahkan dicontek, aku pun nyontk temen hihihi dan ternyata ruaar biasa sakses :D

      Delete