Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Raya Nonton TV?

By 1:21:00 PM , , , , ,

Apakah Raya nonton TV? 
Iya... 
Dan pertanyaan saya emang kenapa? 

Mungkin ada beberapa Ibu yang mengharamkan TV untuk anaknya, ya ngga masalah juga. Tiap orang tua kan punya preferensi sendiri dan lebih tau yang terbaik untuk anak & kondisi mereka, jadi saya sih akan cuek menjawab bahwa: Iya, Raya menonton TV. 

Karena dirumah kebetulan berlanganan televisi berbayar, saya selalu memasang saluran anak-anak untuk Raya ketika saya sedang rempong, contohnya ketika saya  lagi masak, beberes, triska baju & ke toilet untuk urusan bab. Selain saya pasang TV, tentunya kotak mainan Raya ada sekitar situ jadi Raya bisa milih, mau nonton atau main. 

Dan kalau saya perhatikan, meski saya pasang TV, Raya ngga pernah anteng terus mantengin itu gambar. hanya beberapa program yang dia suka, dan itu pun ngga full nonton satu program. Contohnya Hi5, Raya akan konsentrasi nonton kalau lagi nyanyi-nyanyi & ngikutin gerakan2 joged sesuai maunya dia, abis itu ya udah, coret2 lagi, mengambar lagi, maen2 sama maenan lagi. Lagian kalau dipikir-pikir, Raya itu paling banter nonton pas wiken aja. Secara hari kerja maen-maen di daycare & ngga ada TV. 

Trus saluran TV yang Raya tonton itu pake bahasa asing, bukan bahasa Indonesia, katanya akan membuat anak agak sulit bicara karena beragam bahasa itu. Alhamdulillah sih Raya baek-baek aja penguasaan bahasanya. Sekarang cerewet berat, ngga bisa disuruh diem, ada keuntungan program bahasa asing, Raya sekarang udah tau 2 bahasa, contoh: green = hijau, star = bintang, sun = matahari, dsb dst. 

Tentunya, selama Raya nonton, saya selalu mendampingin (meskipun lagi masak or beberes). Jadi kalau Raya nanya apa-ini, apa-itu bisa langsung saya terangin. TV juga membantu pas Raya ngga mau gosok gigi & keramas, pernah ada satu program yang dia suka lagi membahas gosok gigi & keramas, abis itu Raya ngga pernah susah lagi gosok gigi & keramas (meski tetep ya, pas keramas muka ngga boleh kena air -_-"). 

Btw, anyway busway, kalau saya ngga berlangganan TV berbayar, sepertinya saya ngga akan ngasih Raya nonton, program yang ditawarkan televisi kita. Bukan congkak bukan sombong, saya mending ngebeliin Raya DVD lagu or apapun yg berguna untuk perkembangan Raya. Soalnya boooo, program TV di Indonesia mah lebih banyak mudoratnya daripada manfaatnya. Dari pagi sampe siang gosip, trus siang sampe sore berita pembunuhan, kematian, dll, dilanjut abis itu sore ke malam sinetron pembodohan... Ampun dijeh!

Jadi, iya... Saya membiarkan Raya nonton TV, dan tidak, Raya nonton ngga seperti zombie didepan TV, dan iya, Raya mendapatkan manfaat dari nonton TV tersebut, dengan syarat dan ketentuan yang tentusaja saya berlakukan :) 

Biasanya Raya musti nyuci mobil dulu sebelum boleh nonton TV hahaha XD (kidding)

You Might Also Like

0 comments