Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Let's Eat Fruits & Veggies

By 10:08:00 AM , ,

Kemarin Raya playdate sama sepupu-sepupunya & saya minta traktir sama Kakak #3 di Giggles *iyeee Giggles agaaain*

Ada satu komen si Kakak yang kepikiran sampe sekarang yaitu: "Raya gampang banget ya makan buah & sayur

Dan percaya atau tidak, komen diatas sering juga saya dapetin dari beberapa teman yang takjub banget liat Raya lahap makan sayur & terutama buah-buahan.  

Boleh percaya atau ngga, Raya itu awalnya ngga doyan buah :D
Kalau sayur sih, dia emang dari kecil dah doyan, sebangsa wortel, (apalagi) brokoli, labu siam, dll Raya doyan banget karena saya sering nyodorin Raya. Dan nyodorin disini ngga saya pure atau blender ya... Saya selalu nyodorin Raya sayuran kukus yang saya potong gede-gede sesuai genggaman Raya karena pengen ngajarin BLW. Karena saya sadar ketika awal dititip daycare mereka ngasih Raya makanan halus, tapi ngga mengecilkan minat saya memperkenalkan makanan-makanan gede biar mamih ngga repot :D 

Beda dengan sayuran, pas dikasih buah Raya gelian gitu, apalagi harus megang semangka, melon, jeruk, mangga dkk yang licin & aneh dipegang tangan Raya. Walhasil itu buah cuman dicemek-cemek dan dicuekin aja. Bahkan pisang yang menurut missnya Raya doyan banget kalau di daycare, pas saya kasih bulet-bulet gitu Raya nolak... Akhirnya ya udah deh itu semua buah masuk mulut mamih. 

Apakah saya menyerah??? Tentu tidaaaak!!

Saya malah tambah getol nyodorin Raya buah-buahan. Salah satu trik yang saya pake adalah saya makan buah didepan Raya tanpa nyodorin atau nawarin itu buah *sok jual mahal gitu*. Soalnya Raya selalu tertarik sama apa yang saya makan, jadi akhirnya itu buah-buahan disamber, meskipun pas masuk mulut lalu dilempar lagi XD

Setelah beberapa kali dan menghabiskan beberapa kilo jeruk *lebay*. Akhirnya Raya mau makan jeruk tanpa diperes dong.. Huhuuuy *victory dance* udah gitu dengan pinternya, Raya ngelepehin semua bungkus jeruk & bijinya setelah sarinya udah ngga ada... Kemudian lanjut pisang, karena Abah doyan pisang, Raya pun jadi ikut-ikutan pengen makan. Sukses banget lah si pisang & jeruk ini... Sampe-sampe tukang sayur depan rumah demen banget liat Raya, karena selalu mborong pisang & jeruk, trus itu pisang bisa abis 2 buah padahal saya belum kelar belanja hihihi. 

Apakah dengan itu Raya juga jadi doyan buah yang lain? Tentu tidaaaak hahahahaha

Si pisang & jeruk pokoknya paporit pisan. Tapi saya ngga pernah patah semangat! Soalnya saya doyan banget buah-buahan & beda sama Abah yg picky makan buah. Saya ngga mau Raya picky buah. Saya kemudian memperkenalkan jambu kristal. Raya itu doyan banget jus jambu merah, tapi karena jambu merah kurang enak digado, saya beli jambu kristal yang manis & ngga berbiji. Awalnya dilepeh-lepeh (kemudian lepehannya saya yang makan), tapi setelah beberapa kali nyodorin & ngasih, akhirnya Raya sekarang doyan jambu kristal dipotong-potong, bisa abis 1 buletan... :) 

Begitupun dengan nanas, rambutan, mangga, melon, anggur, semangka, salak (iya Raya doyan banget salak karena liat saya sering makan salak hahahaha) & (minggu kemarin sukses bikin Raya doyan) apel, alhamdulillah semua sukses sampe sekarang. Pokoknya pake acara saya sok makan buah depan Raya itu aseli sukses banget deh. Pun secara sayanya doyan buah, jadi ya seneng aja ngajarin Raya dengan cara itu. 

Berdasarkan pengalaman ini, saya tau, kalau Raya belajar dari saya... Ketika Raya sering liat saya makan sayur & buah, maka Raya akhirnya mau makan sayur & akhirnya mau buah. Dan satu lagi pelajaran yang saya dapat, ketika anak ngga suka satu makanan, jangan berhenti nyoba ngasih (tapi ngga pake paksaaan & bikin anak trauma yaa hahahah). 

Jadi ortu itu emang ngga gampang, sulit my men!, harus jadi panutan anak pan. Ini juga berlaku sama buah & sayur. Gimana anak mau doyan sayur & buah kalau mereka ngga pernah liat ortunya makan buah & sayur... Iya ngga? (iya aja deh biar cepet :D) 

Makdarit, mari makan sayut & buah, biar anak juga ikut-ikutan makan sayur & buah, tambah sehat, pinter, bebas obesitas & jarang sembelit :) 

Btw jangan lupa ikutan MyKidneyBean 1st Giveaway yaaaaaaa. Minggu ini terakhir submit, ditunggu sampe tanggal 12 Juni. Saya, Raya & Abah tanggal 10 mau liburan dolo ke Yogya, jadi tanggal 15 pemenangnya diumumiiin... Mari ikutan & makasih banget buat yg udah ikutan :)

Raya suka pisaaang :D

Juga suka anggur :D 

Kalau brokoli sih jangan ditanyaaa, beuh... Raya maniak! :D

You Might Also Like

4 comments

  1. gitu ya mbak caranya, anakku yang pertama susah banget makan buah dan sayur, pilih-pilih gitu
    aku mau coba ah triknya mbak supaya anakku yang kedua doyan buah dan sayur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sukses adek sukses makan buah ya mba :)
      Ini berdasarkan pengalamanku aja, soalnya kalau masih kecil kan mereka penasaran banget sama apa yg kita makan.. Selamat mencoba :)

      Delete
  2. aku mau coba trik nya aaahh biar si kakak doyan buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Niik, kalau kakak andhin mah udah gedeee hihihihi, kayaknya agak sulit tapi patut di coba sih, mungkin dibikin bento sekalian buat bekel buahnya kali ya?
      Soalnya anak kakak juga udah kelas 2 SD & susaaah banget makan buah karena dari kecil jarang makan

      Delete