Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Resep: Sambal Mangga

By 12:02:00 PM ,

Si Mangga di teras rumah udah bener-bener bisa dipanen. 
Sebenernya aseli ini ngga jelas jenis mangga apa, pas mateng pohon rasanya manis banget kayak mangga gedong, tapi kalau dipetik pas muda rasanya mirip mangga indramayu... Nah lho bingungkan :D 

Sabtu kemarin, saya akhirnya berhasil bikin sambal mangga, setelah beberapa lama tertunda #jiaah. Ini resep sambal mangga versi saya, saya cuman ulek cabe & terasinya, dan si bawang cuman diiris-iris tipis biar kayak sambah matah. Silahkan dicoba kalau suka :)

Bahan-bahan yang diperlukan: 
1 buah mangga muda mengkal (lebih enak petik pohon kayak saya *minta ditimpuk) - iris seperti korek api, kemudian sisihkan.
3 siung bawang merah  - iris tipis
3 siung bawang putih - iris tipis
8 buah cabe merah
3 buah cabe rawit ijo - iris tipis
1 sdm minyak goreng 
1 sdt terasi 
Garam - secukupnya 
Gula - secukupnya (diresep2 lain pake gula merah, karena saya ngga punya, saya pake gula putih biasa) 
Caranya: 
Ulek cabe merah, terasi, gula, garam sampe halus. 
Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukan bawang merah, bawang putih - masak diapi kecil aja dan tunggu sampai wangi. 
Setelah itu masukan ulekan cabe merah & irisan cabe rawit sampai harus. 
Matikan kompor, lalu masukan mangga iris ke cabe yang ada di wajan. Aduk-aduk sampai merata. 


Hasilnya... Tadaaaa, bikin netes aer liur & nyam-nyam banget kalau jadi cocolan nasi panas + ikan goreng

Resep ini beda sama resep yang saya baca dibeberapa blog karena mangganya ngga saya ulek sama sambel, saya sengaja bikin versi ini biar si mangga lebih renyah & ngga  layu karena diulek. Agak layu dikit karena kena minyak panas tapi ngga mempengaruhi kerenyahan mangga mudanya.

Silahkan kalau mau coba, resep mudah buat nambah napsu makan hihihi.

Pohon mangga kesayangan :D Buahnya masih lumayan banyak jadi bisa dijadiin sambal mangga beberapa kali XD


You Might Also Like

9 comments

  1. bok..plis kirim ke rumah itu sambelnyaa slurrp banget kyknyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntaar sekalian hand gel kalo lo menaaang hahahaha XD XD

      Delete
  2. mihhh... mau dong cobain sambel mangganya.. klo ketemuan mau dong di bawain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyahahahah ini lagiiih kapan ketemuaaan??? Ayok giggles lagi diskon nih, hayuk cepetan ketemuan ntar keburu mangganya abis nih XD

      Delete
  3. Sambal mangganya look very nice~ enak :D

    ReplyDelete
  4. belum pernah makan sambal mangga gimana tuh mbak rasanya? hihi...
    tapi berhasil bikin air liur gonjang ganjing lihat gambarnya haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya enak sekaliii ayo cobaa pake mangga mengkal aseli bikin nambah napsu makan

      Delete