Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Tips (ala Saya) Mengatasi GTM (pada Raya)

By 10:29:00 AM , ,

Pertanyaan buat para Ibu-Ibu siapa siih yang anaknya ngga pernah mengalami GTM alias Gerakan Tutup Mulu? Kalau ngalamin mari tos sama saya!! Kalau ngga pernah ngalamin berarti hebat, jempol banget buat Ibu & anaknya :) 

Sebetulnya Raya itu alahamdulillah gampang makan, tapiiiiii.... Tetep ada saat-saat GTM yang bikin saya suka risau, galau, panik, & pusing. Berdasarkan pengalaman saya bersama GTM Raya yang masih sedikit, saya pengen sharing tips mengatasi GTM yang udah saya coba ke Raya.Siapa tau sedikit membantu ketika anak GTM. 

Langkah awal, mengetahui kenapa anak GTM
Ini penting banget nih, kalau Raya udah mulai males-malesan makan, sampe ngga mau nyentuh makanan & cuman mau nyusu, biasanya saya mikirin & cek hal-hal berikut: 
  • Cek apakah lagi tumbuh gigi
  • Kurang enak badan, panas, batuk, pilek atau diare 
  • Bosan dengan menu makanan yang saya kasih 
  • Bosan dengan tekstur makanan saat ini 
  • Makanan kurang variasi
  • Makanan kurang terlihat menarik
  • Tidak terbiasa makan makanan tersebut
  • Bosan dengan tempat / suasana makan
  • Malas makan sendirian
  • Picky eater alias milih-milih makanan
Hal-hal diatas biasanya ngaruh banget buat Raya pas lagi GTM, terutama kalau lagi sakit & tumbuh gigi. ya oliiii... Makanan cuman dimaenin doang dan tiap saya suapin mulutnya tertutup rapat sambil bilang.. "NGGAK MAU!!" -_-"

Setelah ketauan sebab musabnya akan sedikit lebih gampang membantu anak  untuk terlepas dari GTMnya. 

GTM Saat sakit & tumbuh gigi: Saya biasanya ngga terlalu memaksaan makan ketika Raya sakit atau tumbuh gigi. Karena kebayang ngga sih, kalau kita sendiri sakit & tumbuh gigi, itu rasanya maknyus banget... Apalagi anak-anak, mereka pasti merasa ngga enak & cuman pengen nyusu.

Tapiiiii, saya tetap memberikan Raya dengan trik-trik. Raya sekarang sudah makan nasi, nah kalau lagi sakit atau tumbuh gigi, saya kembalikan tekstur makanan ke lebih lembut seperti tim, bubur atau sup. Kalau masih mau makan ayam suwir bagus, tapi kalau tetep ngga mau ayamnya saya blender juga biar ngga keliatan dan bisa langsung ditelen tanpa kunyah. Trus saya kasih semua makanan favorit dia. Kalau masih tetep GTM saat teething & sakit, memperbanyak ngasih Raya jus-jusan, biasanya saya kasih di gelas-gelas lucu dengan karakter yang Raya suka kayak gambar Micky Mouse (Raya ngefans berat sam Micky). Kalau cuman lagi theeting tampa batpil & sakit, saya biasanya juga bikin rebusan-rebusan wortel, labu siam baby, brokoli, kemudian saya masukan dulu ke kulkas biar agak dingin & adem ketika digigit. Atau buah-buahan, saya cetak buah-buahan dengan cetakan lucu jadi Raya bisa main-main sambil makan. 

GTM karena bosan dengan makanan, kurang variasi, makanan kurang menarik, bosan tekstur makanan, atau belum terbiasa dengan makanan: Nah, kalau yang kayak gini yang bikin gara-gara GTM, itu saatnya saya harus banyak belanja macem-macem bahan makanan, kreatif bikin menu, & nyoba tekstur baru (langung minta petunjuk mbah google).

Kalau lagi gini, saya harus ikhlas kalau macam-macam makanan yang kita buat tetep ngga disentuh. Untuk masalah tekstur, biasanya saya bikin dari yang halus, agak kasar & ga diolah (misalnya nasi dibikin bubu, tim & nasi biasa). Saya masak ngga sekalian banyak, coba dikit-dikit aja, biar saya tau dulu Raya maunya tekstur kayak gimana, kalau udah ketauan.. Baru deh saya bikin agak banyakan.

Emang masa seperti ini akan sangat bikin pusing, stress, pengen nangis dll, tapi saya jalanin aja. Kadang kalau lagi males masak, Raya iseng saya tawarin roti tawar, eh malah dimakan sampai 2  lembar. Jadi saya bener-bener harus terbuka dan nyoba ngasih semua makanan ke Raya, tentunya makanan sehat yaaaa, tapi kalau emang udah kepepet dan pengen ngasih makanan macem-macem silahkan lhooo, kembali lagi pada keputusan masing-masing :) Saya paling rajin deh borsing google & pinterest untungnya dengan semua informasi yang ada, dan tantangan untuk bikin Raya ga GTM, saya tambah semangat berkreasi bikin makanan. Kalau Raya ngga mau makan kan makannya bisa saya kasih ke Abah hihihihi. 

GTM karena bosan dengan suasana / tempat makan & malas makan sendirian: Saya adalah penganut faham kalau makan harus dimeja makan sambil duduk :D Tapi ketika Raya GTM, saya lebih fleksible memperbolehkan Raya makan sambil digendong, jalan-jalan, sambil main, nari, berdiri, joged, apapun lah yang penting Raya makan! (kecuali tempat tidur, ini area yang tidak saya perbolehkan untuk makan). 

Saya juga sebenarnya paling anti kalau Raya makan sambil digendong & jalan-jalan. Ketika GTM, ini ngga berlaku sodara-sodara!. Saya akan ajak Raya jalan-jalan pagi ke lapangan sambil nyuapin. Kalau perlu saya bawa high chairnya ke lapangan deket rumah biar Raya bisa makan sambil duduk & makan sendiri (karena selama ini Raya udah ngga mau disuapin, maunya makan sendiri). 

Selain fleksible itu saya pun fleksible atau menganti rutinitas makan. Kalau biasanya Raya makan sendiri, saya coba disuapin, baik pakai sendok atau langsung pake tangan saya. Pokoknya melakukan hal baru yang bukan rutinitas makan biasa, jadi Raya lebih exited dan mau makan, setidaknya buka mulut & masuk satu-dua-tiga-empat-lima sendok deh, ngga perlu sampe habis juga ga papa.Saat GTM, Raya lebih mau makan ketika ada yang menemani. Kalau ada anak tetangga makan atau saudaranya makan, Raya akan lebih semangat ikut makan. Kalau ngga ada anak lain yang makan, saya ajak Raya duduk dipangkuan saya ketika saya lagi makan. Jadi Raya bisa nyomot-nyomot makanan saya dengan bebas, dan ini biasanya ampuh banget buat Raya. 

Urusan piring, gelas & peralatan makan juga penting ketika GTM. Coba berikan peralatan makan yang beda ketika GTM, Raya udah pinter banget kalau liat piring & gelasnya dia, langsung tutup mulut. Jadi suka saya akalin, pake piring & gelas yang biasa saya & Abah pakai kalau makan, piring biasa yang bikin Raya berasa gede & dipercaya makan pake piring beling. Lagian kan diawasin sama saya, jadi Raya tetap aman.

GTM picky eater alias milih-milih makan: Biasanya nih Raya picky eater itu karena saya kurang variatif dan jarang memperkenalkan Raya pada makan-makanan lain. Terlepas dari teething or sakit ya. Ini bener-bener picky eater yg ngga bisa makan apapun selain makanan yg Raya suka. 

Biasanya kalau kayak gini, saya harus konsisten ngasih makanan favoritnya + makanan yang Raya ngga suka. Selain itu, saya suka ikutan makan bareng sama Raya, saya makan duluan, terus Raya sesuap (seringnya sih saya makan banyak Raya cuman sesuap). Tapi saya ngga patah semangat, urusan memperkenalkan makan itu harus konsisten. Lain waktu saya coba dengan trik saya yang makan, saya sengaja pura-pura mempersiapkan makanan untuk saya sendiri, Raya cuman ikutan liat. Raya sering banget tertarik sama apa yang saya makan, nanti Raya ambil yang punya saya... Ragu-ragu dimakan, terus dilepeh.. Ngga papa santai aja. Biasanya saya ulangi situasi seperti ini 3x setelah tawaran ke 4, Raya udah mau makan-makanan lain itu. Horeeee!!

Untuk mencegah picky eater, saya tidak membatasi makan untuk Raya (tapi makanan sebangsa junk food & kripik yang mengandung MSG ngga termasuk yaaa). Kalau Raya mau, saya selalu kasih, kebetulan saya masak dirumah ngga pernah pake MSG, dan sedikit gulgar, jadi ngga masalah kalau Raya mau comot-comot. Sekali-kali juga saya suka ngasih Raya nyobain makanan-makanan yang manis (kayak kue-kue), pedes (kayak tuna pedas), asin (kayak keripik singkong) dan setelah itu ketauan, Raya ngga doyan kue manis-manis, biskuit manis dll (alhamdulillah), tapi lebih doyan ke yang gurih & pedes. Untungnya makanan gurih pun Raya ngga suka yang berMSG, karena pernah saya tawarin taro, cuman diambil sekali abis itu ngga disentuh lagi (alhamdulillah). 

Huaaaah lumayan panjang ya.. 

Semua yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya ketika Raya GTM, semoga sih bisa sedikiiit membantu para Ibu-Ibu yang anaknya suka GTM. 

Pokoknya, prinsip saya ketika Raya GTM, selalu tetap tawarkan makanan, berikan pilihan variasi / tekstur makanan, tetap konsisten, jangan pantang menyerah, jangan patah semangat & jangan strees. Soalnya kalau saya stress, Raya suka malah tambah rewel. 

Emang susah ya jadi Ibu, tapi saya sedang mencoba belajar, dan semoga GTM cepat berlalu & ngga datang lagi.. Amiin. 


Raya lahap makan setelah 2 minggu GTM karena teething, erupsi gigi taring & batpil. Selama 2 minggu saya membuat bubur, dan setelah itu saya kembalikan teksur makanan ke tekstur biasa, plus Raya makan memakai piring 'orang dewasa'


Ngga disangka ngga dinyana, makannya lahap banget... Sampe habis satu piring. Saya bikin ayam teriyaki & oseng toge-buncis untuk teman nasi saat itu. 


Setelah semua makanan habis, Raya masih ngegadoin ayam teriyaki & toge... Saya senaaaang sampe mau mewek, rasanya semua jerih payah saya mikir, masak & bikin Raya makan terbayar sudah :')





You Might Also Like

7 comments

  1. wah pinter ya raya..... makannya banyak dan habis semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lagi banyak ludes Bon, tapi kalau lagi GTM.. ampuun deh, rasanya pengen mewek juga XD

      Delete
  2. Waaaa, terima kasih banyak udah nulis ini, mba. Sungguh sedih rasanya kalo anak GTM. Broken heart bener bener deh.
    Bismillah, mupuk stok sabar diri sendiri ngadepin GTM baby. Semoga segera terlewati. Aamiin.
    Salam kenal, btw 😊😳

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mba!! :) Alhamdulillah kalau ilmu cetek aku bisa ngebantu, semoga GTM cepat berlalu... Salam kenal juga

      Delete
  3. Terimakasih atas infonya. Semoga jadi petunjuk utk istri saya yg mulai patah semangat.

    ReplyDelete