Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Resep: Oseng Tuna Asap Pedas

By 9:33:00 AM , ,

Alhamdulillah weekend kemarin ketemuan sama temen dari Makassar & dapet oleh-oleh matau & tuna asap. Saya seneeeng banget, langsung bayangin bikin oseng tuna asap pedas, spaghetti tuna or tuna pasty.. Nom nom. 

Karena Abah selera nusantara, jadi saya bikin dulu oseng tuna pedas. Spaghetti & pastrynya ntar aja deh, menyusul :D


Bahan-bahan yang perlu disiapkan: 
250gr Tuna asap siap pakai - suwir-suwir
2 siung bawang putih - iris
3 siung bawang merah - iris
3 cabe merah keriting - iris serong
4 cabe merah setan (biar pedes) - iris serong
3 lembar daun jeruk - iris
1 tomat ijo - iris
10 lembar daun kemangi -potek-potek daunnya (bahasanya ga banget -_-")
1 sendok makan air jeruk nipis or air asem jawa (dipoto ga ada soalnya susah hihihi)
1 sdt garam (ngga terlalu banyak pake garam karena tuna asap udah asin)
1 sdt gula pasir (gula jawa jg boleh)
2 sdm olive oil untuk menumis (saya pake  olive oil biar lbh sehat #gaya) 

Cara pembuatan: 
Masukan minyak untuk menumis
Tumis bawang merah & putih sampai harum, lalu masukan sereh, disusul cabe, daun jeruk & tomat. 
Setelah semua wangi, masukan tuna asap, oseng-oseng sampe agak berubah warna. 
Masukan garam, gula & air jeruk nipis. 
Setelah semua matang, masukan kemangi aduk-aduk cepat (biar ngga terlalu matang kemanginya) 
Sajikan. 

Hasilnya? 

Tadaaa...

Alhamdulillah sukses, kemarin saya sampai 2x masak oseng tuna asap pedas ini karena ludes sama Abah. Dimakan cuma pake nasi putih anget aja bikin nambah berkali-kali... Sssllrrrppp. 

Kata Abah, minggu depan masak tuna pedas lagi yaa. Ok deh bah!!

You Might Also Like

0 comments