Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Negosiasi Dengan Raya :)

By 2:49:00 PM , , ,

Meskipun Raya belum lancar bicara, dan masih sering bicara dengan bahasa planet, tapi Raya sekarang udah pinter dan mengerti untuk diajak negosiasi. Beberapa kejadian, ketika Raya saya ajak bicara dan negosiasi, kalau setuju Raya mengangguk dan jawab iya. Tapi kalau ngga sesuai pasti dia bilang "Ngga mau!" mmmpppfffhhh. 

Negosiasi ini tapi cukup berguna dibeberapa kondisi. 

Kondisi pertama, saya lagi nongkrong di toilet kamar mandi. Raya seperti biasa nongkrongin saya didepan pintu, nungguin saya kelar urusan (ya kalii bisa cepat selesai kalau ditongkroning gitu -_-"). 
Saya: Raya mo pegan hp mamih ngga? 
Raya: Mau, mau (semangat ngangguk)
Saya: Tapi kalau mau, Raya main diruang tv aja ya, mamih disini dulu sebentar
Raya: Ngangguk & mengambil hp saya sambil melengos ke ruang tv
Saya: Yes!!! (iyaaa, saya emang ngasih gadget ke Raya, iyaaa guilty as charge)

Kondisi kedua, lagi jalan-jalan, Raya pengen sesuatu tapi saya medit ngga bawa uang.
Raya: (tunjuk-tunjuk barang yang dimau & mau masuk toko tersebut)
Saya: Raya, mamih lagi ngga punya uang (muka sedih), nanti aja ya masuknya... Boleh ya sayang, nanti kalau mamih ada uang kita kesini lagi yaa... 
Raya: (ngeliatin muka saya dengan seksama dan kemudia mengangguk dengan wajah malaikat dan jalan kearah lain) 
Saya: alhamdulillaaah.. yes!

Kondisi ketiga, kuota internet dihp tiris tapi Raya lagi pengen nonton youtube. 
Saya: Raya, kalau mainin hp mamih, boleh ngga jangan nonton youtube dulu... (muka melas). Mamih ngga punya pulsa nih, kuota internetnya udah abis... Jangan nonton youtube dulu yaaa.. 
Raya: (ngasih muka yang sepertinya mengerti)
Saya: Yes!.... 
Tiba-tiba abis itu Raya tetep buka youtube dan negosiasi ini pun gagal. Glegh... 

Kondisi keempat, ngga mau dipakein baju, drama & teriak-teriak ngga mau setiap bajunya dideketin. 
Saya: Raya mau nyusu ngga? 
Raya: Mau (dengan semangat) 
Saya : Kalau gitu pake baju dulu ya.. 
Raya : (angguk, angguk...)
Tapi abis itu mewek & drama lagi pas bajunya dimasukin. 
Saya : Yah Raya kok gitu, yuk pake baju yuk... Kan mau nyusu, biar ngga masuk angin pake baju dulu sebelum nyusu
Raya: Ngga mau!
Saya : Ya udah deh kalau gitu nyusu sambil pake baju mau ngga? 
Raya: Mau!!
Akhirnya saya nyusuin Raya sambil makein baju -_-" 

Negosiasi sama Raya kadang berhasil, kadang ngga, tapi saya seneng sekarang Raya udah ngerti apa maunya dan ngerti konsekuensi kalau bilang mau/ngga mau untuk sesuatu. Bravo Raya :)


Abis belanja Raya pengen bawa tasnya sendiri, ya udahlah saya kasih... :D dengan catatan kalau bawa belanjaan Raya ngga usah digendong mamih ya, dan Raya pun mengangguk. Mamih: yess!! (tapi itu cuman beberapa menit, dan kemudian Raya ngasih belanjaan sambil minta gendong... Baiklaaah)

You Might Also Like

2 comments

  1. Replies
    1. Emang juliers ini lagi pada pinter2 banget ya bon -_-" spechless kadang

      Delete