Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Baby Raya 21Mo Update

By 9:15:00 AM , , ,

Tanggal 12 April kemarin Raya sudah 21 bulan, daaan 3 bulan lagi persiapan untuk menyapih... 

Saat ini Raya lagi jadi peniru yang handal, dan otaknya menyerap semua informasi yang ada. Jadi saya & Abah hati-hati banget kalau ngelakuin or bicara sesuatu, soalnya langsung diikutin sama Raya.

Kosakata Raya sampai 21 bulan ini: 
  1. Bobo
  2. Duduk
  3. Memeh = Mamih (-_-"), tapi kadang manggil saya dengan sebutan "Aca" ngga tau dari mana...
  4. Abah = ini mah dari Raya segede emprit juga paling jelas ngomongnya.
  5. Yaya/Aya = manggil diri sendiri 
  6. Pupu = pupi, jadi kalau sekarang Raya pupi, dia nunjuk-nujuk diapersnya & bilang pupu, pupu
  7. Meng = kucing 
  8. Upu-upu = Kupu-kupu 
  9. Ngga adah = Kalau ditanyain sesuatu/orang dan Raya ngga liat sesuatu / orang tsb pasti jawabnya ngga adah sambil geleng-geleng. 
  10. Nga = Bunga 
  11. Patu = Sepatu 
  12. Punya Yaya = semua barang kepunyaan yaya
  13. Punya memeh = semua barang mamih 
  14. Punya abah = semua barang abah
  15. Tar = Star 
  16. Mam = Makan 
  17. Num = Minum 
  18. Ka = Buka 
  19. Tup = Tutup 
  20. Atu, wa, ga = Satu, dua, tiga
  21. Inih = Sini (perbedaan ini nunjuk sama inih = sini adalah kalau inih = sini, Raya bakal ngegapai-gapai tangannya nyuruh saya mendekat ketempatnya)
Apalagi ya kosakatanya hihihi, itu yang saya inget. Tapi Raya juga udah bisa melengkapi kata, kalau saya bilang Raya can.. Raya pasti mengakhiri dengan tik, Raya pin... diakhiri dengan ter :D juga kalau bilang bismillahirohmaniro... diakhiri Raya dengam him :). Mungkin ada beberapa anak yang kosakatanya udah jauuuh lebih banyak & ngomongnya jauh lebih jelas dari Raya, tapi saya sih woles aja, karena yang lebih pendiem dari Raya pun ngga sedikit. 

Sekarang kalau mau makan & habis makan Raya cuci tangan, setelah itu pasti menuju handuk & elap tangan sendiri. Sikat giginya udah pinter (jadi inget bulan ini mau daftar ke dokter gigi anak buat meriksa gigi Raya). BB sekarang masih 11kg, karena sempet turun banyak pas 2 minggu teething & batpil, tinggi udah 81cm. Udah banyak gaya milih baju & sepatu sendiri kalau pergi, suka drama kalau pake baju yang ngga disukai (tapi masih bisa dibujuk pake nyusu), tambah posesif saya saya (Abah ngga boleh pegang2 mamih), udah mulai banyak jalan & sedikit berkurang minta gendongnya, doyan pedes (ngabisin satu bungkus keripik singkong pedes sendirian), tambah cantik (subyektif dari mamihnya), tambah pinter, hobi nyibak rambutnya yang udah nutupin mata dengan gaya, ngegambar, joged-joged & nyanyi. Kalau mandi udah bisa nyabunin badan sendiri, guyur badan saya, masih drama kalau rambutnya dikasih sampo.  Suka ikutan kalau sholat, trus udah punya sajadah sendiri (lagi nyari mukena buat anak nih).
 
Untuk masalah persiapan menyapih, saya  biasakan ngga ngasih Raya nyusu kalau lagi jalan-jalan. Biasanya saya siapin susu uht kecil rasa coklat atau vanila sebagai pengganti nyusu & banyak cemilan kayak roti, kacang-kacangan, dan makanan yang Raya suka. Alhamdulillah sih sampai saat ini kalau lagi jalan-jalan & maen udah ngga minta nyusu lagi, tapiiiii kalau udah masuk mobil, langsung deh jilbab saya disibak & minta nyusu.... Perjuangan persiapan menyapih masih panjang saudara-saudara... 
 
Alhamdulillah sampai saat ini Raya selalu sehat, ceria, tumbuh kembangnya sesuai milestone, & tambah pinter. Saya & Abah sangat, sangat bersyukur & berbahagia dengan keberadaan Raya ditengah-tengah kami saat ini, we couldn't ask for more :)
 

   She's not a baby anymore, please don't grow up too fast baby girl :'(
 

You Might Also Like

0 comments