Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Baby Raya 18Mo, Up date yang (lama) tertunda

By 10:38:00 AM , ,

Udah lama banget ya, ngga nulis perkembangan Raya... 
Terakhir nulis pas setahun (kalo ngga salah) dan sekarang Raya udah 18 bulan. Jadi update ini rapelan dari 13 - 18 bulan... Glegh.. 

Jadi perkembangan apa aja yang udah dilalui sama Raya sampai saat ini? 
  1. Gigi geraham udah tumbuh atas & bawah yang atas pake demam, yang bawah ngga pake demam alhamdulillah 
  2. Udah bisa ngomong dan menggunakan haknya dengan bilang ngga mau / mau untuk sesuatu. Kadang suka ngga konsisten juga tapi, contohnya kalau lagi nonton, bilang ngga mau tapi tetep ditonton -_-"
  3. Kosa katanya udah mulai banyak. Ngomong inih, itu, inih... Kadang nunjuk ini, itu tapi ngga jelas maunya apa.. Abis itu nangis.. Ampun deeeh 
  4. Bisa jalan pas 17 bulan. Ini kayaknya milestone yang ditunggu2 tiap orang, abis kalau ketemu Raya yang ditanyain pasti, "udah bisa jalan belum?" Alhamdulillah sekarang tambah lancar, dah lari-lari meski kadang masih suka jatuh
  5. Semakin pemilih, dari makanan, baju, tontonan, semuanya deh... Sekarang kalau ngga suka sama baju/sepatu yang saya kasih, dia bisa nolak & kalau dipaksa make, aseli nangis kejer. 
  6. Peniru yang handal, pinter banget niruin saya or abahnya sekarang. Liat saya buang sampah, dia ikutan buang sampah, cuci tangan, ikut cuci tangan, mandi gosok2 badan, gosok gigi juga dilakukan dengan ikut-ikutan liat nyontohin saya. Jadi perilaku saya & abah harus bener-bener dijaga karena pasti ditiru Raya. 
  7. Rajin sholat, hihihi karena peniru handal, tiap liat sajadah raja pasti sujud & ruku. Tiap liat saya & abahnya sholat suka ikut2an. Alhamdulillah, semoga solehah ya nak :) 
  8. Seneng banget dansa & denger lagu-lagu
  9. Reaktif, mulai tantrum. Ini nih yang paling susah dan harus nyediain stok sabar. Raya kalau saya liat sangat reaktif kalau ada maunya yang saya larang, bisa mewek kejer & pake gaya narik-narik baju/lempar barang/guncang2 barang disekitar & melemparkan badan sendiri. Biasanya kalau lagi kayak gitu, saya diemin aja, kalau udah agak reda baru saya gendong & pas udah reda banget nangisnya, saya kasih pengertian pelan-pelan kalau kelakuannya tadi ngga baik & lain kali jangan. Semoga seiring bertambahnya usia Raya, bisa lebih mengerti & bisa ngomong biar Raya juga ngga frustasi kalau keinginannya ngga kelaksana.
  10. Posesif & attach banget sama saya. 
  11. Udah bisa tau mana yang belain Raya, kalau lagi marah-marah keinginannya saya ngga penuhi, Raya tau kalau abahnya bakal belain, jadi kalau nangis suka panggil-panggil abah.. -_-" 
  12. BB 11kg, tinggi belum diukur. Tapi Raya lumayan tinggi karena sekarang smua celana udah kependekan, sekarang harus pake yang ukuran 2-3 tahun, kalau ngga pasti kayak celana 3/4 hehehehe
  13. Udah ngerti kalau dikasih pilihan. Kalau lagi dimobil & minta gendong saya bilang kalau digendong jangan rewel ya.. Kalau rewel Raya duduk di carseat. Dan Raya nurut, Raya udah ngerti kalau banyak ulah dia bakalan saya dudukin dicarseat hehehehe
  14. Narsis akut... Sekarang Raya seneng banget selfie & liat diri sendiri di kaca :D 
  15. Udah pinter mewarnai & coret2 gambar sendiri, tiap liat kertas & pulpen/crayon/pensil, pasti seneng coret2. 
  16. Hobi banget naek perosotan
  17. Hobi makan nasi putih, jus jambu merah, pisang, jeruk (bisa abis 4 buah jeruk sekali makan), buncis, wortel, kacang panjang & ayam pop
  18. Ukuran kaki sekarang masih cimut, pake yang 21 masih longgar hihihihi.. 
  19. Di daycare udah full uht waktu umur 15 bulan, tadinya masih saya campur asi & uht tapi karena ngga sempet mompa terus, akhirnya dari 15 bulan sampe sekarang full uht di daycare, tapi tetep full asi dirumah & tiap ketemu saya :)
  20. Hobi banget renang & main air. Kemarin di Bali, renang dari jam 3-6 sore dong, dan tiap liat kolam renang minta nyebur. Beda banget waktu umur 11 bulan, saya ajak renang malah ketakutan :) 
  21. Udah pinter makan sendiri pake sendok, garpu & sumpit. Sekarang udah ngga mau disuapin, jadi betul2 udah makan sendiri kalau dirumah. Dan kalau udah selesai makan, Raya akan bilang udah, sambil ngasih piringnya kesaya :) 
Apalagi ya updatenya... Gara-gara jarang nulis update, saya jadi lupa. Tapi beberapa milestone penting udah kecatat diatas. 

Sekarang saya lagi kepikiran gimana cara nyapih ntar kalau Raya udah 2tahun? Secara sekarang susaaah banget lepas dari tete & asi... Semoga pada saatnya nanti Raya & saya dah siap, jadi proses menyapih bisa berjalan lancar bagi kami berdua.. Amiin. 

Sehat-sehat terus ya nak. Love you to the moon & back. 

 

You Might Also Like

2 comments

  1. Udah makin gede en langsing ya skrg..tmbh pinter terus ya raya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaciy tante vari, iya Raya semakin langsing hihihihi, ini aja aku dah pegel kalau gendong, jadi ngga papa deh ga usah endut2 :D kiss kiss

      Delete