The Freedom of Having an Only Child

Setelah 1 tahun 1 bulan 8 hari melahirkan Raya, banyak pertanyaan-pertanyaan mengenai "kapan adiknya Raya lahir?"
dan saya selalu jawab "Emang harus??" XD

Menurut analisa tong sampah saya, orang Indonesia itu cenderung terlalu kepo & mencampuri wilayah pribadi orang lain. Dari urusan punya pacar, nikah, punya anak, nambah anak, berat badan, umur, sampe hal-hal detail lainnya ditanyain. Teman saya bilang sih, kemungkinan itu orang ngga ada obrolan lain, tapi pliiiis deh... Kalo ngga ada obrolan lain ya udah diem aja sik, ngga perlu basa-basi yang bikin ngga hepi #kokjadisewoot

Saya sendiri selalu mencoba tidak menghakimi orang dengan keputusan orang tersebut. Contoh, dikantor ada satu teman yang sepakat tidak memiliki anak dengan suaminya, semua orang nanyain kenapa sih? Saya suka gemes balik nanya sama mereka, emang kenapaaa?
Semua keputusan pasti sudah dipikirkan matang-matang, ya udah sik ngga perlu kepo & sok-sokan nyaranin macem-macem. #maafyaaa

Kalau mau ditanya, kenapa saya belum minat nambah adik buat Raya, ini alasannya: 
  1. Saya nunggu dapetin Raya itu 5thn, jadi sekarang pengen menikmati masa-masa tumbuh kembang Raya secara utuh tanpa 'diganggu' oleh kehamilan & bayi baru
  2. Jujur, saya ngga terlalu suka hamil hahaha... Karena, saya bukan cewe yang hamil cantik yang BB nya ngga bertambah banyak, jadi terus terang saya malas kalau musti hamil lagi dalam waktu dekat. 
  3. Biaya punya anak itu mahal maaak, jadi semua anak harus dipersiapkan biayanya dengan baik, meskipun saya tau setiap anak ada rejekinya tapi saya & Abah sebagai orang tua merasa bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik untuk Raya.
  4. Umur yang sudah tidak muda, bikin saya mikir... Cape kalau punya anak lagiii... Sekarang aja badan udah rontok to the max... #faktorumur
  5. Ingin fokus mendidik & membesarkan Raya
Jika anak ngga punya saudara, beberapa orang kadang berpikir ada alasan-alasan tersembunyi: ngga suka jadi ortu (alias egois), terlalu mentingan status, kerjaan, uang & masalah keduniawian daripada anak (alias egois), atau ortu tersebut cukup menunda untuk mendapatkan anak (alias egois).
Sebut saya egois, or anything you want... hehehe, saya ngga peduli. Yang pasti saya & Abah udah sepakat untuk fokus pada Raya dulu.

Adalah hak & kebebasan orang lain untuk bisa bertanya kapan Raya akan mendapatkan adik, tapi pilihan 'hanya' memiliki Raya juga merupakan hak & kebebasan saya & Abah sebagai orang tua.. Jadi tolong dihargai dan dimengerti :)


Making the decision to have a child is momentous. It is to decide forever to have your heart go walking around outside your body - Elisabeth Stone

CONVERSATION

12 comments:

  1. bagus new templatenya :)
    maap ya mak, apakah aku termasuk yang suka tny2 kapan raya punya ade? hehhe
    kalo aku ga bermaksud apa2, tapi kadang untuk mencairkan suasana, cari bahan pembicaraan dll hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha bonbooon, bukan dirimuuuuuh...
      Sama emak juliers sih santai aje, ini curhat buat yang lain2.

      Iya nih bon, bosen sama template yg lama, jadi tadi coba gonta-ganti aja, thank you yak :)

      Delete
  2. mamiiihh templatenya yg ini dewasa dan serius banget... udah gitu postingannya juga serius..
    maapken yak klo saya termasuk yg suka nanya kpn raya punya ade.. sebenernya sama kaya bonie.. ngga bermaksud apa2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kaka nike, santai sajaah :D do not worries mak, kiss kiss
      Ganti template biar lebih clean & dewasa nyahahahahah..

      Delete
  3. mamihhh no hard feeling yes sm akuuhh...

    tapi sama siy suka males juga kalo ada yg suka kepo dan riwil aja sm urusan orang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah santai aja miii.. ini tulisan lama kok yg aku sharing lagi :D

      Delete
  4. Diupdate dong mbak foto Raya uda gedenya yang tetep imut dan cakeeeeppp :love :love

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha sengajaaaa.. kangen euy liat Raya gendut ginuk2 XD

      Delete
  5. Emaannngg....kadang2 kepo bangeeett. Mungkin banyak yang cuma sekedar basa basi atau cari topik pembicaraan. Hehehe... Anaknya mba cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya sih, mikirnya gitu paling cuman basa basi, tapi kalau tiap ketemu nanyain itu mulu kan empet juga XD
      Makasiiih tantee :-*

      Delete
  6. Saya gak akan menghakimi orang yang punya keinginan kaya mbak. Saya lebih mendukung mbak daripada punya anak banyak tapi pusing pinjam sana - sini untuk membesarkan anak. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba :) Menurut aku semua pasti punya pemikiran yg terbaik utk keluarganya jadi akan lebih baik utk menghargai keputusan tsb kan ya :D

      Delete

Back
to top