Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

The Freedom of Having an Only Child

By 8:51:00 AM , , , ,

Setelah 1 tahun 1 bulan 8 hari melahirkan Raya, banyak pertanyaan-pertanyaan mengenai "kapan adiknya Raya lahir?"
dan saya selalu jawab "Emang harus??" XD

Menurut analisa tong sampah saya, orang Indonesia itu cenderung terlalu kepo & mencampuri wilayah pribadi orang lain. Dari urusan punya pacar, nikah, punya anak, nambah anak, berat badan, umur, sampe hal-hal detail lainnya ditanyain. Teman saya bilang sih, kemungkinan itu orang ngga ada obrolan lain, tapi pliiiis deh... Kalo ngga ada obrolan lain ya udah diem aja sik, ngga perlu basa-basi yang bikin ngga hepi #kokjadisewoot

Saya sendiri selalu mencoba tidak menghakimi orang dengan keputusan orang tersebut. Contoh, dikantor ada satu teman yang sepakat tidak memiliki anak dengan suaminya, semua orang nanyain kenapa sih? Saya suka gemes balik nanya sama mereka, emang kenapaaa?
Semua keputusan pasti sudah dipikirkan matang-matang, ya udah sik ngga perlu kepo & sok-sokan nyaranin macem-macem. #maafyaaa

Kalau mau ditanya, kenapa saya belum minat nambah adik buat Raya, ini alasannya: 

  1. Saya nunggu dapetin Raya itu 5thn, jadi sekarang pengen menikmati masa-masa tumbuh kembang Raya secara utuh tanpa 'diganggu' oleh kehamilan & bayi baru
  2. Jujur, saya ngga terlalu suka hamil hahaha... Karena, saya bukan cewe yang hamil cantik yang BB nya ngga bertambah banyak, jadi terus terang saya malas kalau musti hamil lagi dalam waktu dekat. 
  3. Biaya punya anak itu mahal maaak, jadi semua anak harus dipersiapkan biayanya dengan baik, meskipun saya tau setiap anak ada rejekinya tapi saya & Abah sebagai orang tua merasa bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik untuk Raya.
  4. Umur yang sudah tidak muda, bikin saya mikir... Cape kalau punya anak lagiii... Sekarang aja badan udah rontok to the max... #faktorumur
  5. Ingin fokus mendidik & membesarkan Raya
Jika anak ngga punya saudara, beberapa orang kadang berpikir ada alasan-alasan tersembunyi: ngga suka jadi ortu (alias egois), terlalu mentingan status, kerjaan, uang & masalah keduniawian daripada anak (alias egois), atau ortu tersebut cukup menunda untuk mendapatkan anak (alias egois).
Sebut saya egois, or anything you want... hehehe, saya ngga peduli. Yang pasti saya & Abah udah sepakat untuk fokus pada Raya dulu.

Adalah hak & kebebasan orang lain untuk bisa bertanya kapan Raya akan mendapatkan adik, tapi pilihan 'hanya' memiliki Raya juga merupakan hak & kebebasan saya & Abah sebagai orang tua.. Jadi tolong dihargai dan dimengerti :)

Making the decision to have a child is momentous. It is to decide forever to have your heart go walking around outside your body - Elisabeth Stone

You Might Also Like

4 comments

  1. bagus new templatenya :)
    maap ya mak, apakah aku termasuk yang suka tny2 kapan raya punya ade? hehhe
    kalo aku ga bermaksud apa2, tapi kadang untuk mencairkan suasana, cari bahan pembicaraan dll hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha bonbooon, bukan dirimuuuuuh...
      Sama emak juliers sih santai aje, ini curhat buat yang lain2.

      Iya nih bon, bosen sama template yg lama, jadi tadi coba gonta-ganti aja, thank you yak :)

      Delete
  2. mamiiihh templatenya yg ini dewasa dan serius banget... udah gitu postingannya juga serius..
    maapken yak klo saya termasuk yg suka nanya kpn raya punya ade.. sebenernya sama kaya bonie.. ngga bermaksud apa2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kaka nike, santai sajaah :D do not worries mak, kiss kiss
      Ganti template biar lebih clean & dewasa nyahahahahah..

      Delete