Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Bayinya Montok Sekali Pake Susu Merek Apa?

By 9:04:00 AM , , ,

Heiiiih?
Pake Susu merek apa?
Pertanyaan tersebut saya dapatkan ketika lagi jalan-jalan sore dirumah sama Raya. Kebetulan Ibu tetangga sebelah sedang bagi-bagiin nasi kotak, syukuran karena putrinya sudah hamil 4 bulan.

Ibu tersebut gemes sekali liat Raya yang montok & pipinya gembil, beliau bertanya pake susu merek apa?  Dan ketika saya bilang Raya hanya minum ASI, beliau terkejut. Katanya, kalau bayi ASI biasanya ngga semontok Raya, Raya seperti bayi yg minum sufor.

Iiiiih siapa bilang bayi ASI ngga bisa montok? ASI kan cairan ajaib yang sangat berguna buat bayi & ada zat-zat untuk menggemukan juga.

Tapi beneran deh, pertanyaan ini banyak sekali dilontarkan pada saya, ketika mereka melihat Raya. Padahal kan Raya montok karena minum ASI hinmilk yang mengandung lemak dan berguna untuk menggemukan bayi.

Alhamdulillah sebelum lahiran saya ikutan parenting classnya dr. Tiwi. Di seminar tersebut dijelaskan mengenai ASI hindmilk & foremilk. Apa sih ASI foremilk & hindmilk itu?  Saya coba jelaskan dengan bahasa saya yang seadanya yaaaa...

ASI foremilk : ASI berbentuk encer yang keluar diawal ketika bayi menyusu di PD moms. Foremilk mengandung banyak air dan berguna untuk menghilangkan dahaga bayi, kurang mengandung lemak tetapi memiliki kandungan zat & vitamin yang berguna untuk bayi.

ASI hindmilk: ASI yang lebih kental dan keluar setelah bayi menyusu beberapa menit di PD moms. Hindmilk memiliki banyak kandungan lemak yang berguna untuk tumbuh kembang bayi & bikin bayi montok. Hindmilk juga membantu mengenyangkan perut bayi. Jadi menurut dr. Tiwi, apabila bayi rewel saat tidur, itu dikarenakan perutnya masih lapar & belum mendapatkan ASI hindmilk.

Jadi, apabila para Busui menyusui bayinya diusahakan menghabiskan satu PD dulu, setelah PD terasa kopong, maka bayi bisa beralih di PD lain apabila masih haus. Misalnya 15-20 menit di PD kiri, kemudian 15-20 menit di PD kanan, Busui kan pasti berasa kalau PDnya kosong. Hal ini juga berguna untuk menambah produksi ASI. Jadi bayi senang, tidak rewel & sehat, ASI pun berlimpah.


Sekian sedikit info tentang hindmilk & foremilk.
Terima kasih :)

Gambar diambil dari sini

 Raya 2 bulan, pipinya montok karena hindmilk :D

You Might Also Like

0 comments