Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Mitos Ibu Hamil: Tidak Boleh Menyetir (tapi saya iya)

By 8:17:00 AM



Sebelum hamil, saya terbiasa nyetir sendiri kemana-mana.
Malah bisa dibilang udah kayak supir antar kota antar propinsi, karena sering PP tiap minggu ke Bandung, or jalan-jalan ke Yogya sambil nyetir :D

Setelah ketauan hamil, saya masih nyetir meski lebih hati-hati dan pelan-pelan.
Waktu cekup ke dokter, dimarahin sama dokternya hihihihi... Saya ngga boleh nyetir dulu sampai kandungan saya usianya 14 minggu (fase aman). Dokter bilang, selama awal kehamilan janin masih rentan, takutnya kecapean injek kopling dan stress karena nyetir bisa mempengaruhi kehamilan.

Akhirnya saya pake supir, tapiii sumpah ngga kuaat... Awal kehamilan itu hidung saya sensitif banget. Sedangkan si supir pake cologne yang ngga ngerti apa, dan baunya bikin saya pengen muntah tiap waktu. Udah gitu dia juga ngerokok. Meski ngga pernah ngerokok di mobil or depan saya, tapi mulutnya sumpah bau rokok... Hoeeek... Saya cuman bertahan 1 bulan pake supir, abis itu nyari alternatif lain.

Alasan pake mobil ke kantor karena rumah cukup jauh dari kantor (sedangkan kantor suami cuman 5 menit dari rumah.. blah). Trus akses transportasinya susaaah banget dari rumah itu, ngga ada kereta, angkot lama banget, xtrans ngantri, males deh pokoknya...

Untungnya saya punya temen kantor yang tetanggaan, jadi sampe 14 minggu, saya nebeng dia hehehe. Abis 14 minggu saya nyetir lagiiii...
Emang sih ada kekhawatiran takut ada apa-apa pas nyetir, terutama rasa cape & ngantuk yang ngga bisa dihindari.

Berdasarkan pengalaman & konsultasi ke dokter, sebenarnya boleh-boleh aja bumil nyetir. Tapi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  1. Bumil tidak mempunyai masalah diawal kehamilan
  2. Tidak ada penyakit yang membahayakan bumil
  3. Untuk bumil yang baru pertama kali mengandung (seperti saya) tidak dianjurkan untuk menyetir ketika kandungan dibawah usia 14 minggu
  4. Menyadari kekuatan fisik & mental sendiri, kalau memang tidak sanggup jangan dipaksakan :)
  5. Diatas 7 bulan, jangan nyetir lagi ya... Takut kontraksi or pecah ketuban, kan repot :D

Berikut tips (saya) kalau memang bumil ingin nyetir sendiri:
  1. Usahakan relax dan jangan stress dengan keadaan jalanan. Secara ya, jalanan di Jakarta ituuu bikin panas dalem hihihi... Tapi semenjak hamil saya coba untuk lebih tenang & nrimo, kalo stress kasian babynya
  2. Bikin mobil senyaman mungkin, siapkan musik-musik yang menengkan, bantal, slimut, boneka, apapun yang membuat bumil nyaman saat nyetir. 
  3. Jangan lupa pake seat-belt. Meskipun ya, meskipun ketika hamil pake seat-belt itu sangat tidak menyenangkan karena neken ke perut & bikin pengen pipis, tapi itu wajib dipake. Karena takutnya ketika ngerem mendadak, ngga pake seat-belt malah akan lebih membahayakan buat bumil. 
  4. Kalau cape & brasa ngantuk banget, mending melipir dulu... Jangan dipaksain nyetir, mlipir, keluar dulu bentar.. Senam2 kecil, kalau dah agak segeran baru nyetir lagi 
  5. Jangan lupa bawa cemilan & minuman. Penting banget inih... Secara macet kadang suka ngga jelas, kalau brasa laper bakal susah tuh. 
  6. Kalau bisa, diusahakan jangan nyetir sendiri (terutama malam hari). Sebisa mungkin nyari temen saat nyetir (takut ada apa2), kalau pun kepepet harus nyetir sendiri, pastikan semuanya aman & nyaman sebelum nyetir. 
  7. Terakhir yang paling penting... Berdoa,  menurut kepercayaan masing-masing :) Penting banget, biar kita selalu dijaga & dilindungin ketika nyetir. 
Semoga berguna, baru kepikiran segitu karena itu berdasarkan pengalaman selama nyetir pas hamil.

You Might Also Like

3 comments

  1. maksa bangeet seh?? makanya klo pake supri tuh hidung bungkus dulu,, jadi gak berasa baunya...!!
    ato modalin biar pake cologne yg pas sm bau mu..!!

    Emang berasa tuh bau rokoknya?? iseng banget pake nyium - nyium bau rokoknya??

    ReplyDelete
  2. biariiiiiiiin... kalo elo kan udah ketauan bau tancho :p
    itu supir mulutnya aja bau rokok kalo ngomong, iiih polusi udara tau

    ReplyDelete
  3. itu dulu,, tancho.... skarang BVLGARI sist....!!
    gak boleh bilang bau sama rokok,,, kalau gak ada Perokok ?? banyak pengangguran, dokter jantung gak laku, Gak bisa nonton event olah raga dunia... gak ada liga indonesia.. dll... dll... jadi berbaik hatilah sama perokok

    Masalah polusi udara... ?? Noh elo suruh orang jangan bawa mobil dan motor.. biar di jalan udara kagak pengap..!!

    Cius????

    ReplyDelete