Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Cara (saya) Mengatasi Sembelit Saat Hamil

By 4:23:00 PM

Udah lama juga ngga nulis tentang kehamilan saya. Alhamdulillah, saat ini kehamilan sudah memasuki minggu ke 18, awal bulan cekup ke dokter lagi.

Sekarang, saya pengen membahas masalah sembelit saat hamil. Sembelit alias susah BAB pas ngga hamil aja nyiksa, apalagi kalau lagi hamil :(
Untung alhamdulillah, selama kehamilan ini BAB saya lancar. Jadi mungkin saya sedikit kasih tips untuk mengatasi masalah sembelit saat hamil.

  1. Banyak minum air putih, sebetulnya dengan kegiatan kantor dari pagi sampe sore membuat saya kadang kurang minum. Tapi, karena kebetulan saya positif ACA saya usahakan untuk rutin minum air putih, minimal 1 liter dikantor (itu minimaaaal banget). Ternyata, minum banyak air putih juga membantu melancarkan BAB, meskiiii.. resikonya ya saya harus bulak-balik tiap 10mnt sekali ke toilet, ngga papa deh, yang penting saya & bayi sehat :)
  2. Makan buah-buahan sehari 3x. Udah kayak obat ya.. Sehari makan buah 3x :D tapi saya ngerasa itu benar-benar bermanfaat untuk kelancaran BAB saya. Setiap habis makan, saya selalu usahakan makan buah, ngemil menjelang sore pun saya lebih baik makan buah, karena selain membantu BAB, buah juga bikin rasa mual saya berkurang. (di 18 minggu ini saya masih mual-mual & sedikit lebih parah daripada semester pertama)
  3. Kurangi teh/kopi, ganti dengan jus buah. Kadang saya bosen banget minum air putih mulu, brasa pengen minum yang berwarna & manis-manis, karena kopi/teh kurang disarankan untuk Bumil, akhirnya saya minum jus buah. Jus ini juga berguna kalau saya ngga sempat makan buah-buahan. Bagusnya sih jus buah aseli yaa... Tapiiii kalau memang ngga ada, jus biasa juga saya jabanin. Asal dicek ingredient nya, dan saya pilih Jus yang tidak terlalu banyak mengandung gula. 
  4. Aktif bergerak. Selama hamil ini, saya bawaannya maleeees banget, pengennya tiduuuur dan leyeh-leyeh, kadang abis makan maunya langsung ngegoler. Ngga masalah sih istirahat, tapi ternyata bergerak juga bantu untuk mengatasi sembelit. Saya juga ngga terlalu aktif buat jalan-jalan, tapi karena pekerjaan, saya musti bolak-balik jalan dari satu ruangan ke ruangan lain. Dan, kebetulan kantor saya ada di depan Pacific Place, jadi kalau pengen bergerak, saya jalan2 kesana sambil liat-liat pemandangan. Bergerak/jalan juga ternyata bagus lho untuk Bumil, bisa memperbaiki mood dan mengurangi cedera. Jangan lupa, jalannya pelan aja ya.. udah gitu jangan pake high heels.. pegeel :D
  5. Jangan menahan keinginan untuk BAB. Hehehe saya pernah nih mengalami hal ini, karena males ke toilet, pas pengen BAB nggak langsung dikeluarin. Alhasil, hari itu saya susah BAB dan perut berasa ngga enak. Malamnya, saya sengaja makan banyak buah-buahan, dan alhamdulillah, pagi-pagi lancaaar lagi.
  6. Sayur juga penting, makan sayur sehari sekali juga peting untuk mengatasi BAB, sayur kan banyak serat, berguna banget lah buat bikin lancar. 
  7. Mengganti nasi putih menjadi nasi merah. Ini beneran ngaruh hehehe, cobain deh
Oh iya, karena semenjak hamil saya alergi susu/produk susu, pernah lagi susah BAB saya langsung tuh makan yogurt or susu. Hasilnya bukan lancar lagi... Malah diare.. :(
Jadi kapok deh minum susu/produk olahan susu, mending buah & air putih aja yg lebih gampang.
Satu lagi, saya ngga pernah nyoba obat anti sembelit, sereeeem, selama hamil ngga pernah minum sembarangan obat. Menurut saya yang natural pasti lebih baik daripada obat-obatan kimia :)

You Might Also Like

0 comments