Welcome to our website !

My Kidney Bean

Story about me, family & my Baby

Berapa sih Berat Badan yang Normal untuk Bumil?

By 12:27:00 PM

Waktu terakhir cek-up, berat badan saya cuma naik 1kg selama 12 minggu. Suami langsung cerewet, dan gosip sama dokter kalau saya jarang makan (iyalah.. wong enek). Dokternya cuman senyum dan menyarankan agar saya banyak makan, biar bayinya sehat & nutrisinya tercukupi.

Semenjak itu, suami kerjaannya nyuruh makaaaaan terus.. Doh, mpe pusing. Kadang lagi enek2 gitu ngga ngerti mo makan apa kan ya, suka bikin esmosi. Udah gitu bingung kalau makanan yg dimau ngga ada... PeeR banget dah semester pertama ini. 

Belum lagi saya ngga doyan susu, suami keukeuh sureukeuh ngasih tau saya harus minum susu. Akhirnya kemarin, saya beli deh tuh susu coklat dingin, walhasiiil... Seharian diare, trus tetep maksa minum susu lagi, dan saya sukses diare 2 hari sodara-sodara. Akhirnya saya sms dokternya, dia bilang susunya dihentikan *yipiiiii* dan boleh minum diantab kalau masih diare. Untungnya, diare berangsur berhenti setelah hari ke 2. Jadi ngga perlu minum obat lagi.

Sekarang, napsu makan saya masih turun-naik. Sumpah deh, rasa makanan ngga ada yg enak, lidah rasanya pait (selalu) dan setiap makanan baunya bikin enek. Tapi saya ngga tega sama si bayi, kalau saya kurang makan jangan-jangan nanti bayinya kurang gizi juga :(

Akhirnya saya browsing2 deh, sebenernya berapa sih berat badan yang normal untuk bumil di tiap semester? Saya mendapatkan jawaban dari berbagai blog atau website yang berhubungan dengan ibu hamil, tapi jawaban yang menurut saya paling lengkap itu didapat dari sini

Dan ini, tulisan yang saya copas dari website tersebut:
TRIMESTER I : 1 – 2,5 kilogram
Trimester pertama penting karena saat itu terjadi pembentukan dan pertumbuhan otak, syaraf, jantung dan organ-organ reproduksi janin. Pada saat yang sama, kemungkinan nafsu makan ibu berkurang karena mual-mual dan muntah. Tidak heran jika kenaikan bobot ibu pada trimester pertama tidak banyak. Bahkan kadang berat badan malah turun sekilo, dua kilo.
Jangan khawatir janin kurang nutrisi karena tubuh anda akan selalu memprioritaskan kebutuhan janin, meski harus ‘mencuri’ cadangan gizi dari tubuh anda.

TRIMESTER II : 5 kilogram
Pada trimester kedua nafsu makan anda biasanya pulih sehingga berat badan meningkat rata-rata 0,35-0,4 kg per minggu. Pertumbuhan janin pun ngebut. Sebagian besar berat badan anda ‘terserap’ untuk pertambahan berat janin.

TRIMESTER III: 4 – 5 kilogram
Meski pada minggu ke-28 pertambahan volume darah ibu hamil mencapai puncaknya, namun secara keseluruhan pertambahan berat badan pada trimester ini kembali melambat. Syukurlah, karena itu pun sudah membuat ibu hamil kepayahan membawa perut pesarnya.

Berdasarkan perhitungan diatas, BB saya masih normal. Tapi, saya sadar kok saya musti tetep banyak makan. Jadi, saya usahakan ngemil & makan meskipun sedikit-sedikit. Semoga BB saya bertambah pas cekup awal Februari nanti, oh ya.. dan saat itu, kami dapat mengetahui jenis kelamin si bayi. Yippppppiiii

You Might Also Like

0 comments